X6P58KpuBfdX9YvoDfejjA12jdjgThuq3ef2E1Tb
Sonny Ogawa
Kumpulan Cerita Silat Online Indonesia dan Mandarin

Arya Manggada - Sejuknya Kampung Halaman

Cerita Silat Indonesia Serial Arya Manggada episode Sejuknya Kampung Halaman Karya SH Mintardja

Sejuknya Kampung Halaman adalah seri ke 4 dari rangkaian cerita silat Indonesia serial Arya Manggada karya Singgih Hadi Mintardja. Sejuknya Kampung Halaman merupakan lanjutan dari kisah Sang Penerus.

Cerita Silat Indonesia Serial Arya Manggada Karya Singgih Hadi Mintardja

(Cuplikan)... Demikianlah, selama Tapa Ngidang banyak sekali yang dapat dilihat oleh Manggada dan Laksana. Sementara itu, selama berada di hutan itu, Manggada dan Laksana telah menempa diri mereka pula. Selama menjalani laku, maka mereka makan apa saja yang mereka dapatkan di hutan itu.

Apa yang dapat dimakan oleh seekor kijang, maka merekapun dapat pula memakannya. Tetapi lebih dari itu, maka merekapun makan apa yang dapat dimakan oleh seekor kera. Bahkan apa yang dapat dimakan oleh seekor harimau. Sebagaimana dikatakan oleh Ki Pandi bahwa mereka tidak menjadi seekor kijang, tetapi mereka tetap berlandaskan akal budi mereka.

Karena itu, maka merekapun tetap menggunakan kemampuan membuat api. Kemampuan yang tidak dapat dilakukan seekor harimau jika harimau itu berhasil menangkap seekor kijang atau rusa. Dalam laku Tapa Ngidang, maka Manggada dan Laksana hampir di setiap dini hari, berlari-lari kencang, seperti seekor kijang yang sedang diburu oleh seekor harimau.

Menyusup di antara pohon-pohon perdu, melingkari pepohonan, meloncati batang-batang kayu yang melintang, menyusuri tepi rawa-rawa, menyeberangi sungai dan berloncatan di atas bebatuan serta mengatasi rintangan-rintangan yang lain. Mereka juga melatih ketajaman penglihatan mereka. Kepekaan mereka terhadap keadaan di sekitarnya. Namun juga pernafasan mereka.

Dari kehidupan berbagai macam binatang, mereka mendapatkan berbagai macam unsur gerak yang dapat mengisi kekurangan penguasaan mereka atas unsur-unsur gerak yang telah mereka pelajari. Ketrampilan mempergunakan tangan dan kaki, serta ketajaman naluri dan penggraita...

ARYA MANGGADA 4 - SEJUKNYA KAMPUNG HALAMAN
Sejuknya Kampung Halaman Bagian 01
Sejuknya Kampung Halaman Bagian 02
Sejuknya Kampung Halaman Bagian 03
Sejuknya Kampung Halaman Bagian 04
Sejuknya Kampung Halaman Bagian 05
Sejuknya Kampung Halaman Bagian 06
Sejuknya Kampung Halaman Bagian 07
Sejuknya Kampung Halaman Bagian 08
Sejuknya Kampung Halaman Bagian 09
Sejuknya Kampung Halaman Bagian 10
Sejuknya Kampung Halaman Bagian 11
Sejuknya Kampung Halaman Bagian 12
Sejuknya Kampung Halaman Bagian 13
Sejuknya Kampung Halaman Bagian 14
Sejuknya Kampung Halaman Bagian 15
Sejuknya Kampung Halaman Bagian 16
Sejuknya Kampung Halaman Bagian 17
Sejuknya Kampung Halaman Bagian 18
Selanjutnya Arya Manggada seri ke 5
MATAHARI SENJA