Destinasi Wisata Indonesia Yang Mirip Di Luar Negeri


Destinasi Wisata Indonesia Yang Mirip Luar Negeri - Traveling di Indonesia dengan nuansa luar negeri bisa dilakukan jika Anda mengunjungi tempat-tempat keren ini. Masalah biaya tentu lebih murah ketimbang datang ke tempat aslinya. Jadi tak perlu repot lagi jauh-jauh pergi ke luar negeri.

Ingin melihat Taj Mahal tinggal datang ke Taj Mahal-nya Indonesia yang berada di Kota Pekanbaru Riau. Merasakan naik Tembok Besar di China cukup berkunjung ke Bukittinggi Sumatera Barat. Bahkan untuk berfoto dengan latar belakang patung Merlion tidak perlu jauh-jauh ke Singapura, cukup ke Bontang saja. Tidak percaya? Simak ulasan 12 destinasi wisata keren di Indonesia yang serasa di luar negeri berikut ini.

1. Masjid Agung An-Nur, Pekanbaru, Riau
Destinasi wisata Indonesia yang mirip di luar negeri
Wikipedia

Tak perlu jauh-jauh ke India untuk melihat Taj Mahal. Di Pekanbaru, Riau ada Masjid Agung An-Nur yang mirip dengan Taj Mahal yang berada di Negeri Bollywood India. Masjid Agung An-Nur disebut sebagai Taj Mahalnya Indonesia. Bila dilihat dari arsitektural masjid Agung An-Nur memang memiliki beberapa kesamaan dengan Taj Mahal. Bedanya, kalau Masjid An-nur memiliki warna dominan hijau.

2. Raja Ampat, Papua Barat

Keindahan kepulauan Raja Ampat sudah tidak asing lagi bagi para traveller luar maupun dalam negeri. Jajaran pulau yang masih asri dan panorama laut yang luar biasa indah pasti membuat siapa saja kagum. Pemandangan serupa juga bisa ditemukan di Filipina tepatnya di Danau Kayangan, Kepulauan Calamian, Palawan. Namun, bagi siapa saja yang pernah mengunjungi kedua tempat ini pasti setuju jika Raja Ampat jauh lebih indah dibandingkan dengan Danau Kayangan.

3. Patung Budha Tidur, Mojokerto, Jatim


Anda pasti tidak menyangka jika di Indonesia terdapat Patung Budha Tidur yang mirip dengan Patung Budha tidur di Wat Pho Thailand. Terletak di desa Bejijong Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto, Jawa timur.

Patung budha tidur ini terbesar di Indonesia dan menempati urutan ketiga setelah patung sejenis yang berada di negara Thailand dan Nepal. Patung budha tidur ini memiliki panjang mencapai 22 meter dan lebar 6 meter serta tinggi 4,5 meter berwarna keemasan.

4. Air Terjun Temam, Sumsel

Meski hanya berukuran tinggi sekitar 12 meter dan lebar 25 meter, air terjun Temam dapat membuat anda merasa seperti mendengar kerasnya suara air yang bergemuruh seperti Air Terjun Niagara yang berada diperbatasan USA dan Canada. Maka dari itu, banyak orang yang menyebut air terjun ini dengan julukan Air Terjun Niagara Mini.

5. Istana Anak-anak, TMII, Jakarta

Istana anak dan Istana Cinderella memang dibangun dengan konsep yang hampir sama, yaitu bertemakan mengenai kisah Cinderella. Istana anak terletak di Taman Mini Indonesia Indah sedangkan Istana Cinderella terletak di Disney Land, Florida, Amerika, yang membedakan dari kedua bangunan ini selain lokasinya adalah warna bangunan, untuk desain hampir sama.

6. Janjang Koto Gadang, Sumatera Barat
image: viva.co.id

China boleh bangga punya tembok besar yang membentang sepanjang lebih dari 8.000 km, tapi Indonesia juga tidak mau kalah. Meskipun tidak sebesar dan sepanjang di China.

Letaknya di antara Kabupaten Agam dan Kota Bukittinggi di Sumatera Barat, berupa jembatan sepanjang 1,7 km yang disebut Janjang Koto Gadang. Maka tak heran jika banyak orang yang menyebut sebagai Great Wall-nya Indonesia.

7. Taman Nasional Baluran, Jawa Timur

Ingin merasakan suasana padang savana dengan kawanan hewan liar di alam bebas? Tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk berangkat ke benua Afrika. Anda cukup pergi ke Situbondo Jawa Timur dan berkunjung ke Taman Nasional Baluran. 

Di lokasi ini Anda akan disuguhi pemandangan kawanan rusa yang berlarian, burung merak yang indah, gerombolan kerbau dan gajah, burung elang hingga kawanan monyet yang bergelantungan di pohon. Itulah mengapa, Taman Nasional Baluran sering dijuluki sebagai Afrika-nya Indonesia.

8. Kebun Raya Cibodas, Jawa Barat

Menikmati keindahan bunga sakura tidak perlu jauh-jauh pergi ke Jepang. Dengan mengunjungi Kebun Raya Cibodas, Anda bisa menjumpai bunga sakura bermekaran seperti di negara asalnya. Tak kurang dari 225 tanaman sakura spesies Prunus Cerosoides dengan dominasi warna pink dan putih, berjejer rapi menghiasi Taman Sakura yang bernuansa natural. Biasanya bunga Sakura akan mekar dan berkembang setiap Januari hingga Februari atau Februari sampai Maret. Jadi jangan sampai Anda datang di waktu yang kurang tepat ya!

9. Green Canyon, Ciamis, Jawa Barat

Terletak di daerah Cukang Taneuh, Ciamis, Jawa Barat terdapat satu destinasi wisata yang sangat mirip dengan Grand Canyon, Colorado, USA  yaitu deretan ngarai eksotis berhias stalaktit dan stalagmit yang telah berusia jutaan tahun. Saking miripnya dengan Grand Canyon yang ada di Colorado maka orang-orang kini menjuluki Cukang Taneuh sebagai Green Canyon. Di sini anda bisa menikmati alam hijau nan teduh sambil menyusuri Green Canyon di atas perahu. Perbedaannya terletak di luasnya area dan kondisi alam Grand Canyon Amerika yang jauh lebih gersang. 

10. Patung Merlion, Bontang, Kaltim

Saat melihat patung singa putih yang besar ini anda pasti akan langsung teringat patung Merlion di Singapura. Ternyata patung ini tak hanya ada di Singapura tapi juga di Bontang. Letaknya di tepi laut, membuat suasana makin mirip Singapura. Nah, bagi yang ingin berfoto dengan patung ini bisa datang ke kawasan Singapore Cafe yang ada di Tanjung Laut, Bontang, Kalimantan Timur. 


11. Pantai Ora, Maluku

Jika belum bisa mewujudkan keinginan untuk menjejakkan kaki di Maladewa, Anda bisa melakukan pemanasan dengan mengunjungi Pantai indah Ora di Maluku terlebih dahulu. Keduanya sama-sama memiliki laguna dengan pantai yang tenang, air yang jernih, dan banyak penginapan yang dibangun di atas air. Sama seperti di Maladewa bukan?

12. Jembatan Ampera, Palembang, Sumsel

Jembatan Ampera digadang-gadang sebagai Jembatan San Francisco–nya Indonesia. Gagasan untuk membuat Jembatan penghubung “Seberang Ulu dan Seberang Ilir” ternyata sudah muncul sejak tahun 1906, namun baru bisa terwujud pada tahun 1961. Jembatan Ampera akan semakin Indah jika dilihat pada malam hari.

Demikian hasil rangkuman dari sonnyogawa.com mengenai destinasi wisata keren di Indonesia yang mirip di luar negeri. Semoga tempat-tempat wisata diatas bisa menjadi referensi bagi para traveler tanah air memiliki banyak pilihan untuk melihat wajah dunia di negeri sendiri.

Disadur dari berbagai sumber
Thanks for reading Destinasi Wisata Indonesia Yang Mirip Di Luar Negeri I Tags:

Share Article:

Previous
Next Post »