Sarapan Tepat, Hidup Sehat

Sarapan Tepat, Hidup Sehat - Banyak orang yang tidak menyadari bahwa, sarapan pagi adalah salah satu rahasia untuk menjaga kesehatan.
Sarapan Tepat, Hidup Sehat

Dengan sarapan rutin setiap hari dan menyantap makanan yang baik, akan memberikan modal energi yang akan membangkitkan semangat untuk melakukan aktivitas. Selain itu, kita juga tidak akan merasa lesu atau disibukkan oleh perut yang kelaparan.

Namun, untuk mendapatkan sarapan yang efektif, Anda perlu mengetahui jurus 3 J yakni; jadwal, jenis, dan jumlah.

1. Jadwal sarapan merupakan salah satu waktu makan dipagi hari yang tidak boleh dilewatkan karena sama pentingnya dengan makan siang dan makan malam. Idealnya dilakukan satu jam setelah bangun tidur karena pada waktu tersebut, metabolisme tubuh paling mendukung.

2. Jenis sarapan adalah variasi makanan yang akan dikonsumsi. Pola makan yang baik harus memenuhi konsep gizi seimbang dengan mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral sesuai kebutuhan seseorang.

3. Sementara jumlah sarapan, mengacu pada berapa banyak makanan yang dihabiskan pada saat sarapan. Total asupan zat gizi yang harus dikonsumsi setiap orang berbeda-beda bergantung pada kondisi fisiologi tubuh dan aktivitas sehari-hari.

Nah, supaya Anda lebih paham manfaatnya, berikut adalah penjelasan mengapa sarapan memberi kebaikan bagi tubuh serta tips bagaimana menjadikannya sebagai gaya hidup

Manfaat Sarapan Pagi

1. Sarapan Memberikan Energi Bagi Tubuh 

Setelah sepanjang malam tubuh kita beristirahat dan kehilangan cukup banyak energi. Maka sarapan dengan makanan yang kaya kandungan karbohidrat dan serat didalamnya seperti roti gandum dan oatmeal akan membuat tubuh Anda kembali berenergi. Mengkonsumsi makanan yang mengandung protein dan kalsium juga baik untuk sarapan.

2. Sarapan bisa menurunkan berat badan

Ketika Anda beraktivitas dengan perut kosong, tubuh akan membakar kalori secara lambat. Menurut ahli nutrisi, sarapan pagi setelah perut kosong semalaman dapat meningkatkan metabolisme, yang artinya pembakaran kalori sepanjang hari menjadi lebih efisien. Cara yang tepat untuk sarapan pagi adalah dengan mengkonsumsi jenis makanan yang berkarbohidrat kompleks seperti oatmeal atau roti gandum murni. Makanan dengan kadar serat tinggi dan rendah gula akan dicerna dengan lambat, sehingga menyediakan energi yang konstan dan membuat Anda tdak cepat lapar.

3. Sarapan tingkatkan kemampuan otak

Riset membuktikan bahwa pelajar yang selalu sarapan mencatat rata-rata skor 22 persen lebih tinggi ketimbang rekannya yang tidak sarapan. Ketika Anda bangun pagi, sebagian besar energi dalam bentuk glukosa dan glikogen telah habis terkuras oleh aktivitas sehari sebelumnya. Menurut para ahli, glukosa adalah satu-satunya bahan bakar yang dibutuhkan otak. Tanpa glukosa yang cukup, Anda merasa lelah dan berkunang-kunang.

4. Perlindungan terhadap penyakit berbahaya

Riset menunjukkan bahwa, orang yang malas sarapan cenderung memiliki kadar gula dan kolestrol yang tinggi dibandingkan dengan orang yang rajin sarapan. Kadar gula dan kolestrol yang tinggi merupakan faktor utama penyebab berbagai penyakit seperti jantung dan diabetes.

5. Menjaga Mood

Hasil penelitian mengenai sarapan pagi mengungkapkan bahwa sarapan dapat memengaruhi suasana hati seseorang. Ketika lapar, Orang lebih mudah kesal dan gampang marah. Bukti ilmiah juga menunjukkan, sarapan dapat membantu orang tetap dalam suasana hati yang lebih baik.

Tips sarapan sehat

1. Jika  tak ada waktu sarapan di rumah, Anda bisa membawa roti isi dan susu untuk dinikmati di perjalanan atau pun setelah sampai di tempat kerja.

2. Telur adalah bahan makanan yang relatif praktis dan mudah disajikan. Kandungan nutrisi dalam telur yakni vitamin A, B2, B6, B12, zat besi, kalium, kalsium, dan zat lain, sangat diperlukan tubuh kita.

3. Sarapan sebaiknya mengandung sekurangnya 5 gram serat, satu hidangan kalsium (setara dengan segelas susu atau yogurt) plus protein dan lemak. Batasi asupan gula hingga 6 gram (satu sendok setara 4 gram).

4. Supaya bervariasi, kita boleh mengonsumsi  buah favorit untuk kebutuhan vitamin bagi tubuh. Jika ada waktu luang dimalam hari, blenderlah buah dicampur yogurt atau susu dan simpanlah di lemari es untuk dikonsumsi pagi harinya.

5. Bila Anda selalu tidak merasa lapar saat pagi hari, sebaiknya Anda menghentikan makan setelah pukul 20.00 dimalam hari. Dalam dua atau tiga pekan kedepan, jam biologis nafsu makan Anda akan berubah. Setiap bangun pagi, Anda akan merasa lapar.

6. Hindari mengkonsumsi gorengan sebagai menu sarapan pagi, karena kalori yang tinggi dan penggunaan minyak goreng yang kurang baik untuk kesehatan.

Nah, Itulah alasan pentingnya sarapan, mulailah hidup sehat dari sekarang dengan menerapkan pola makan yang baik. Salah satunya dengan tidak meninggalkan sarapan pagi.
Thanks for reading Sarapan Tepat, Hidup Sehat I Tags:

Share Article:

Previous
Next Post »