Obyek Wisata Danau Ranau


Obyek Wisata Danau Ranau

Obyek Wisata Danau Ranau – Danau Ranau adalah Danau kedua terbesar di Pulau Sumatera setelah Danau Toba. Berdasarkan data, luas danau ranau kurang lebih 128,9 km persegi dengan kedalaman 174 meter.

Secara geografis, danau ini berada pada perbatasan Lampung Barat dan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan yang merupakan salah satu andalan objek wisata bagi Propinsi Lampung dan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Propinsi Sumatra Selatan (namun lebih condong ke sumsel).

Asal Usul Danau Ranau

Menurut cerita, Danau Ranau terbentuk oleh gempa dahsyat dan letusan vulkanik Gunung berapi. Akibat dari peristiwa itu maka terbentuklah cekungan besar. Aliran sungai besar yang sebelumnya mengalir di kaki Bukit Barisan Selatan terus memenuhi cekungan dan membentuk sebuah danau.

Di sekeliling danau banyak ditumbuhi tanaman perdu, salah satunya adalah tanaman Ranau yang menutupi sekeliling danau. Maka dinamailah danau ini dengan Ranau. Sisa gunung api itu kini menjadi Gunung Seminung yang berdiri kokoh di tepi danau berair jernih tersebut.

Daya tarik Objek Wisata Danau Ranau

Jika Danau Toba memiliki Pulau Samosir di tengah-tengahnya, Danau Ranau pun memiliki pulau, namanya Pulau Marisa. Di pulau ini terdapat pemandian air panas yang kabarnya sangat berguna untuk kesehatan kulit.

Hal yang tak kalah menariknya dari danau Ranau adalah cerita legenda yang berkembang dan turun temurun dimasyarakat, khususnya masyarakat sekitar. Dan cerita legenda yang paling terkenal hingga sekarang dan telah diangkat kelayar lebar adalah Cerita Si Pahit Lidah dan Si Mata Empat.

Selain Danaunya yang eksotis, kegiatan wisata lain yang dapat anda lakukan di Danau Ranau adalah berkeliling danau dengan menggunakan perahu motor, trakking di Gunung Seminung dan memancing. Karena danau ini terkenal sebagai tempat mencari ikan bagi para nelayan. Beberapa jenis ikan yang dapat Anda tangkap antara lain mujair, kepor, kepiat, dan harongan.

Dan bagi yang punya hobi photografi, disini banyak sekali tempat yang bisa dijadikan objek, mulai dari hamparan sawah yang luas, perkebunan kopi, gunung, perbukitan dan air terjun.

Akses Ke Lokasi

Untuk menuju danau ini dapat diakses melalui Kota Palembang. Dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, wisatawan bisa menempuh perjalanan menggunakan mobil selama kurang lebih tujuh sampai delapan jam dengan rute Palembang – Prabumulih – Baturaja – Muaradua – Ranau.

Bagi wisatawan yang berasal dari Jakarta bisa menggunakan angkutan darat dari terminal Kampung Rambutan naik bus PO Ranau Indah dan Putra Sulung. Dan dari Lampung, rute untuk menuju danau ini, yang bisa wisatawan tempuh melalui Bandar Lampung – Kota Bumi – Bukit Kemuning – Liwa – Ranau. Perjalanan dari Bandar Lampung menuju Danau Ranau memakan waktu tujuh sampai delapan jam dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Lihat Juga: Wisata Air Terjun Curup Gangsa

Nah, bagi Anda yang sedang mencari objek wisata untuk menghabiskan liburan akhir pekan tidak ada salahnya objek wisata Danau Ranau ini menjadi pilihan, dijamin pasti anda akan ketagihan berkunjung ke tempat ini. Untuk para wisatawan yang ingin bermalam, tidak perlu khawatir. Di sekitar danau banyak tersedia Hotel, Villa Pusri dan penginapan. [Video Danau Ranau]

referensi: www.indonesia.travell
Thanks for reading Obyek Wisata Danau Ranau I Tags:

Share Article:

Previous
Next Post »