Petualang Asmara Jilid 01 - Sonny Ogawa

Halaman

    Social Items

Petualang Asmara Jilid 01
Karya : Kho Ping Hoo

Cerita Silat Mandarin Serial Pedang Kayu Harum Karya Kho Ping Hoo
ANAK LAKI-LAKI itu tidak akan lebih dari sepuluh tahun usianya. Tubuhnya tinggi dan tegap bagi anak setua itu. Baju dan celananya terbuat dari sutera, bentuknya amat sederhana. Bajunya warna kuning polos dengan pinggiran merah tua, membuat warna kuning baju itu tampak menyala bersih. Pada pinggangnya membelit tali sutera dan celananya berwarna biru muda. Sepatunya yang coklat itu masih baru namun penuh debu.

Wajah anak itu terang dan tampan, berbentuk bulat dengan sepasang telinga lebar yang menjulang di kanan kiri karena rambutnya disatukan di atas kepala membentuk sanggul dan dibungkus dengan kain kepala dari sutera hijau. Kedua matanya lebar dan bersinar terang, dilindungi sepasang alis yang hitam dan sudah dapat diduga bahwa kelak alis itu akan menjadi tebal dan berbentuk golok. Hidung serta mulutnya kecil membayangkan kehalusan budi, akan tetapi tarikan syaraf pada dagunya membayangkan kemauan yang membaja.

Dengan lenggangnya yang bebas lepas anak itu melangkah di dalam hutan yang sedang menyambut munculnya sang mentari pagi. Wajahnya gembira sekali, sepasang matanya bersinar-sinar memandangi segala yang tampak di depannya, yang jauh mau pun yang dekat, dan mulutnya tersenyum. Secara tiba-tiba dia berhenti, matanya terbelalak penuh kegembiraan memandang ke arah kiri, melihat seekor kelinci yang mendadak keluar dari semak-semak.

Agaknya kelinci itu pun terkejut, berhenti, kemudian menengok ke kanan kiri. Hidungnya bergerak-gerak kembang kempis membuat cambangnya yang hanya beberapa helai itu juga turut bergerak-gerak naik turun. Matanya yang jernih dan lebar bergerak-gerak liar, sepasang daun telinganya yang panjang menjungat ke atas, bergerak-gerak ke atas dan ke bawah menangkap segala suara yang datang dari sekelilingnya.

“Hi-hik...!" Anak itu tak dapat menahan geli hatinya melihat binatang yang lucu itu dan si kelinci terperanjat, berloncatan lenyap ke dalam semak-semak kembali.

Anak laki-laki itu pun melanjutkan langkahnya. Hanya mata seorang yang pikirannya tidak dibebani sepenuhnya dengan segala macam persoalan hidup seperti mata anak itulah yang akan dapat menikmati keindahan dalam hutan di pagi hari itu, dan sesungguhnyalah bahwa hanya anak-anak saja yang dapat menikmati hidup ini, karena manusia dewasa, kecuali mereka yang sudah sadar dan bebas, hidupnya penuh dengan persoalan yang timbul dari pertentangan-pertentangan batin dan lahir.

Betapa indahnya rumput-rumput menghijau di hutan itu. Ada yang rebah, ada pula yang berdiri, ada yang panjang ada yang pendek, semua begitu bebas dan segar, begitu wajar namun lebih rapi dari pada kalau diatur tangan manusia, nampak gembira dengan batang membasah bermandikan cahaya matahari pagi, berkilauan seolah-olah dari setiap batang rumput mengeluarkan cahaya kesucian.

Daun-daun pohon menari-nari perlahan dihembus angin pagi, bagai mengangguk-angguk membawa butiran-butiran lembut yang gemilang seperti mutiara. Burung-burung kecil dan beraneka warna bulunya, lincah bergembira dan berkejaran sambil mencuit bersiul saling sahut, berloncatan dari dahan ke dahan.

Sinar matahari yang menyerbu pohon, menembus di antara celah-celah daun membentuk garis-garis putih di antara cahaya kuning kemerahan, cahaya keemasan. Adakah lukisan yang seindah kenyataan? Adakah rangkaian kata-kata yang bisa menceritakan keindahan yang wajar, mulus asli dan ajaib ini?

Beberapa helai daun pohon menguning lepas dari tangkainya, lalu melayang-layang ke bawah, menari-nari ke kanan kiri seperti gerak pinggul seorang penari yang lincah dan lemas, seolah-olah merasa sayang meninggalkan tangkainya tetapi tidak dapat menahan daya tarik bumi. Betapa mata tidak akan menjadi sehat dan segar menyaksikan semua keindahan ini?

Sayang bahwa jarang terdapat manusia seperti anak laki-laki itu yang dapat memandang dengan mata terbuka, terang dan jernih, tak terselubung tirai persoalan hidup yang keruh. Makin terang cahaya matahari, semakin ramai suara memenuhi hutan. Ramai akan tetapi sedap didengar bagi mereka yang mampu mempergunakan telinganya untuk mendengar, seperti anak itu, sehingga mampu menangkap keindahan hidup dalam pendengarannya.

Suara burung beraneka macam, dengan keindahannya masing-masing, ada yang tinggi melengking, ada yang menciap-ciap pendek, ada yang rendah parau, akan tetapi sukar membedakan mana yang lebih indah bagi telinga yang mendengar tanpa perbandingan sehingga tidak ada lagi istilah baik dan buruk!

Di antara perlombaan suara burung ini, kadang-kadang terdengar kokok ayam hutan dan sayup-sayup terdengar suara gemerciknya air dari anak sungai yang mengalir di dalam hutan, suara air bermain dengan batu-batu hitam, seperti suara gelak tawa dan kekeh manja sekumpulan anak perawan yang sedang bersendau gurau.

Kegembiraan memenuhi hati anak itu, membuat dia merasa menjadi sebagian dari alam dan keindahan itu sendiri. Dan dengan wajah tampak berseri-seri, anak itu lalu membuka mulut dan bernyanyi! Nyanyian aneh yang dinyanyikan dengan wajah berseri dan suara gembira, akan tetapi kata-kata dalam nyanyian itu sendiri adalah kata-kata keluhan yang menyedihkan!

Agaknya, nyanyian itulah yang dihafal olehnya, dan jelas bahwa dia bernyanyi sekedar melepaskan kegembiraan yang berkumpul di dalam hatinya, sekedar mengeluarkan suara mengikuti contoh burung-burung di dalam hutan, tanpa mempedulikan isi nyanyian yang dihafalnya di luar kepala. Dia tidak peduli akan kata-kata dalam nyanyian, karena dalam keadaan seperti dirinya di saat itu, kata-kata merupakan benda usang yang sama sekali tidak ada artinya! Baginya, yang penting bukan kata-katanya, melainkan suaranya yang menggetar nyaring penuh daya hidup!

Berbahagialah anak itu yang mempunyaii seni memandang dan mendengar sewajarnya. Dengan pandangan dan pendengaran wajar, penuh perhatian, penuh kasih sayang, tanpa disertai penilaian, tanpa perbandingan, tanpa pamrih, tanpa prasangka, maka tampak dan terdengarlah olehnya segala keindahan yang tak ternilai.

Lukisan-lukisan terindah yang ada di dunia ini hanya akan tampak bagaikan benda lapuk saja dibandingkan dengan kenyataannya. Nyanyian sajak-sajak yang paling terkenal di dunia ini hanya akan terdengar bagai kata-kata hampa dibandingkan dengan suara alam itu sendiri jika didengarkan dengan pikiran bebas.

Suara anak itu masih lembut dan ringan seperti suara wanita. Suaranya belum pecah dan parau, menunjukkan bahwa dia belum dewasa. Namun suaranya nyaring sekali, karena dia bernyanyi dengan bebas lepas, dari dalam dadanya!

Langit di atas bumi di bawah,
mengapit ketidak adilan
perut lapar minta makan,
minta kepada siapa?
ayah bunda pun belum makan,
semua kelaparan!
minta kepada Si bangsawan
digigit anjing penjaga
minta kepada Si kaya
diberi maki dan pukulan!
Hayaaaa...!


Anak itu mengulang-ulang dengan suara gembira, akan tetapi pada ulangan ke empat kalinya, dia berhenti di tengah-tengah karena mendengar suara teguran,

"Haiiii!"

Anak itu menghentikan langkahnya, kemudian membalikkan tubuh.

Seorang laki-laki setengah tua, memikul kayu bakar, mendekat dengan langkahnya yang pendek-pendek namun cepat, mengimbangi ayunan pikulannya. Setibanya di depan anak itu, dia menurunkan pikulan, menghapus keringat dari muka dan leher, meludah ke kiri, kemudian memandang lagi kepada anak itu dengan mulut menyeringai. Agaknya sudah menjadi kebiasaan orang ini menyeringai seperti itu dengan mulut menyerong ke kanan, mata kanan agak disipitkan sehingga tampak garis-garis tertentu pada bagian kulit muka yang berlipat.

"Wah, engkau bukan pengemis!" serunya dengan nada heran setelah menyapu pakaian anak itu dengan pandang matanya.

"Memang aku bukan pengemis," jawab anak itu. "Dan engkau seorang tukang pencari kayu agaknya, lopek (paman tua)?"

"Memang aku mencari kayu. Setiap pagi aku mencari kayu di hutan ini, lalu kubawa ke kota dan kujual sebagai penukar bahan pengisi perut kami bertiga."

"Bertiga?"

"Ya, aku sendiri, anakku dan ibunya."

"Ohhhh..."

"Hemm, dan selama bertahun-tahun aku mencari kayu, baru pagi ini aku melihat hal-hal aneh, di antaranya melihat seorang anak kecil berkeliaran seorang diri di dalam hutan, menyanyikan lagu pengemis padahal engkau bukan pengemis."

"Anehkah itu?"

"Tentu saja aneh. Pakaianmu dari sutera halus, sepatumu baru. Engkau bukan pengemis dan biasanya, hanya para pengemis dan orang miskin saja yang suka menyanyikan lagu itu. Dan engkau pasti bukan pengemis."

"Sudah kukatakan aku bukan pengemis."

"Dan bukan orang miskin pula."

Anak itu mengerutkan alisnya, meragu lalu menggeleng kepala. "Entahlah, aku tidak tahu apakah orang tuaku kaya ataukah miskin. Bagaimanakah untuk membedakan yang kaya dengan yang miskin?"

Tukang mencari kayu itu juga mengerutkan alisnya, menggaruk-garuk kepala kemudian meludah lagi ke kiri. Tampaknya meludah ke kiri ini pun menjadi kebiasaannya, seperti kebiasaan menyeringai dengan mulut menyerong ke kanan.

"Yang hidup serba kecukupan itu orang kaya, yang serba kekurangan itu orang miskin."

Anak itu kembali termenung, kedua alisnya berkerut hampir bertemu di atas batas hidung, kemudian dia memandang kakek itu sambil bertanya lagi, "Lopek, yang dikatakan serba cukup itu bagaimana, dan yang serba kekurangan itu bagaimana?"

Agaknya kakek itu sudah lelah. Pagi ini dia mengumpulkan kayu hampir dua kali lebih dari biasanya karena dia membutuhkan uang kelebihan, untuk membeli sepatu anaknya yang rewel minta dibelikan sepatu baru. Bukan baru benar melainkan bekas akan tetapi yang masih baik dan belum usang.

"Yang serba kecukupan itu adalah... hemm, yang dapat menutup kebutuhannya, sedang yang serba kekurangan itu tentu saja yang tak pernah terpenuhi segala kebutuhannya."

"Ohhh, jadi tergantung dari kebutuhannya, ya? Apa bila kebutuhannya hanya sedikit tentu cukup dengan sedikit pula sedangkan yang kebutuhannya banyak sekali melebihi semua yang dimilikinya, mana bisa mencukupi?"

"Wah, sulit juga kalau begitu. Yang cukup adalah yang dapat makan setiap hari...," kata Si Kakek agak bingung karena persoalan yang dianggapnya remeh itu kini menjadi sulit.

"Lopek. apakah lopek dapat makan setiap hari?"

"Hemm... ya, biar pun hanya dengan sayur sederhana."

"Kalau begitu, lopek adalah seorang kaya!" Anak itu berkata gembira seakan-akan dia dapat memecahkan teka-teki yang amat sulit.

"Hahh...?!" Pencari kayu itu terbelalak.

"Menurut lopek, orang kaya adalah yang kecukupan, yang kecukupan adalah yang setiap hari bisa makan. Lopek setiap hari bisa makan, berarti kecukupan, dan karena kecukupan berarti kaya!" Anak itu gembira sekali lalu membungkuk membalikkan tubuh dan berkata, "Selamat pagi, lopek!"

Kakek itu masih berdiri terpukau pada tempatnya. Matanya memandang kosong karena pikirannya bekerja keras mengingat semua ucapan anak itu. "Aku... kaya..? Heiiiii! Nanti dulu! Tunggu dulu...!" dia memanggil.

Anak itu menoleh, membalikkan tubuh dan tersenyum. Senyum bebas lepas dan wajar. "Ada apakah, lopek?"

"Tentang kaya dan miskin, aku menarik semua pendapatku. Aku bukan orang kaya, tetapi apakah aku miskin...hemm, entahlah. Tetapi engkau yang berpakaian mahal, mengapa menyanyikan lagu pengemis kelaparan?"

"Lagu adalah lagu, lopek. Siapa saja beleh melagukannya!"

"Tapi isi kata-katanya itu! Tentang kelaparan! Apakah engkau pernah kelaparan?"

Kini si anak tercengang. Baru sekarang ia sadar bahwa nyanyiannya itu bercerita tentang anak kelaparan. Dia menggeleng kepala dan berkata lambat-lambat, "Aku belum pernah kelaparan, lopek. Akan tetapi... apakah bedanya? Melihat anak-anak pengemis pun sama sengsaranya terasa dalam hati. Ada nyanyiannya tentu ada kenyataannya, bukan? Ehh, lopek. Katakanlah, mengapa di dunia ini ada anak-anak yang kelaparan? Mengapa ada bangsawan yang berkuasa amat tinggi, ada hartawan yang memiliki kekayaan berlebihan dan berlimpahan, akan tetapi sebaliknya ada pekerja yang paling rendah kedudukannya, dan ada pengemis-pengemis yang kelaparan?"

Kakek itu kembali terbelalak, kini memandang kepada anak itu dengan heran. Selamanya belum pernah terpikirkan olehnya akan kenyataan yang sebetulnya sudah dia lihat sendiri itu. Ya, kenapa?

"Wah, kenapa ya? Mengapa keadaan bisa begitu?"

"Lopek, salah siapakah itu? Apakah salah si bangsawan tinggi? Apakah si pekerja kasar rendahan yang salah? Si hartawan kaya raya ataukah si pengemis yang salah? Apakah si bangsawan tinggi terlampau menindas, ataukah si pekerja rendah terlalu menjilat? Apakah hartawan terlampau kikir, ataukah pengemis terlampau malas? Salah siapa lopek?"

"Cuhh! Cuhhh!" Kakek itu kini meludah hingga dua kali, dengan hati-hati dia mengarahkan ludah yang ke dua agar tepat mengenai yang pertama, akan tetapi bidikannya meleset jauh.

"Agaknya yang salah adalah..." Tiba-tiba dia menengok ke kanan kiri dengan muka takut karena baru saja terpikir olehnya bahwa dia telah membawa diri dengan percakapan yang amat berbahaya, percakapan yang mungkin akan mengakibatkan kepalanya terpenggal kalau terdengar oleh ‘yang berwajib’! Maka disambungnya kata-katanya tadi,

"... adalah Thian (Tuhan)!"

"Ah, engkau mencari kambing hitam yang tak tampak saja, lopek!" Anak itu membantah.

Si kakek lalu tergesa-gesa mengangkat dan memikul kembali pikulan kayunya sambil berkata, "Wah, menuruti engkau bercakap-cakap, aku akan kesiangan menjual kayu!"

Ucapan ini dikeluarkan dengan suara keras, tapi kemudian disambungnya berbisik, "Anak baik, engkau anak siapakah?"

"Ayahku membuka toko obat di ujung Jembatan Hijau..."

"Wah, engkau putera Yap-sinshe (tukang obat Yap)?" Pencari kayu itu bertanya.

"Ya, namaku Yap Kun Liong...," anak itu menjawab,

Sesudah mendengar jawaban anak itu, Si Pencari Kayu lalu berbisik lagi, "Siauw-kongcu (tuan kecil), lebih baik engkau pulang saja. Hutan ini tidak aman hari ini. Tadi, masih gelap sekali sudah kulihat banyak orang aneh berkeliaran di dalam hutan, seperti setan-setan saja. Hayo, pulang saja ke kota bersamaku."

Kun Liong, anak itu mengerutkan alisnya sambil meruncingkan mulutnya, menggelengkan kepala. "Aku belum ingin pulang, masih suka bermain-main di dalam hutan. Selamat pagi, lopek." Anak itu karena khawatir kalau-kalau akan dipaksa pulang oleh pencari kayu yang agaknya mengenal ayahnya, lalu berlari memasuki hutan.

Tukang pencari kayu itu hanya menggeleng kepala, lalu memikul kayunya sambil bicara seorang diri, "Yap-sinshe orang baik, pernah mengobati isteriku. Aku harus memberi tahu. Jangan-jangan anaknya berada dalam bahaya."

Tergesa-gesa dia kemudian melanjutkan perjalanannya keluar dari hutan untuk menjual kayunya ke kota.

Kun Liong sudah melupakan pertemuan dan percakapan dengan pencari kayu tadi. Hari terlampau cerah, hutan terlampau indah untuk diganggu kenangan peristiwa yang tak ada artinya itu. Cahaya matahari pagi yang keemasan, dengan garis-garis putih yang hidup dan mengandung kehidupan karena di dalamnya tampak jutaan benda-benda kecil yang bergerak-gerak, berselang-seling dengan pohon-pohon besar kecil dengan dahan serta cabangnya yang mencuat ke sana sini dengan bebas. Indah bukan main!

Dia sudah tahu bahwa tidak jauh dari situ, tepat di tengah-tengah hutan, di bagian yang agak tinggi merupakan anak bukit, di sana terdapat sebuah kuil tua yang kini sudah tidak berpenghuni lagi. Sudah beberapa kali dia bermain-main di dalam kuil itu, dan sekarang ke sanalah dia menuju.

Ada serumpun bambu kuning berbelang-belang hijau di belakang kuil tua itu dan dia ingin mengambil sebatang bambu yang indah itu. Menurut kata ayahnya, bambu belang itu adalah sejenis bambu ular yang kuat dan tebal, lubangnya hanya kecil saja dan bambu itu sendiri, yang sudah tua, kulitnya mengkilap dan besarnya sama dengan lengannya.

Hatinya yang gembira itu berubah ketika dia tiba di depan kuil tua karena dia mendengar suara hiruk-pikuk dari dalam kuil! Kun Liong teringat akan cerita Si Tukang Mencari Kayu, maka dia cepat bersembunyi di belakang sebatang pohon depan kuil sambil mengintai.

Dia mendengar suara bentakan-bentakan seperti orang sedang bersilat dan bertempur, kemudian disusul suara teriakan-teriakan mengerikan dan dari pintu kecil yang sudah tak berdaun lagi, yang terbuka menganga, tampak tubuh dua orang terlempar dan terbanting ke atas tanah depan kuil itu. Lemparan itu amat kuat sehingga dua batang tubuh manusia itu bergulingan dan akhirnya terhenti tak jauh dari tempat Kun Liong bersembunyi, tidak bergerak-gerak lagi.

Dari tempat persembunyiannya Kun Liong memandang dengan mata terbelalak. Ia sering mengikuti ayah dan ibunya mengobati orang sakit, dan sering pula melihat orang mati. Kini, melihat letak tangan, kaki, dan kepala dua orang lelaki setengah tua yang terlempar tadi, tahulah dia bahwa mereka berdua itu sudah tak bernyawa lagi!

Kun Liong tidak takut atau ngeri melihat orang mati, akan tetapi dia merasa penasaran sekali. Siapakah yang begitu kejam membunuh orang begitu saja di pagi hari seindah itu? Pembunuh yang amat kejam, hal ini dia ketahui sesudah mendekati dan memeriksa dua mayat itu yang ternyata tewas dengan mata mendelik dan di dahi mereka tampak bekas jari tangan berwarna putih! Walau pun pelajaran ilmu silatnya belum setinggi itu, sebagai putera suami isteri pendekar, Kun Liong dapat menduga bahwa pembunuh kedua orang ini mempunyai ilmu pukulan beracun yang amat jahat!

Tiba-tiba dia mendengar sesuatu dan cepat menyelinap kembali, bersembunyi di dalam semak-semak. Kiranya suara itu adalah suara tiga orang laki-laki yang berpakaian seperti petani, bertopi caping lebar dan sedang berjalan menuju kuil dengan cepat sekali. Mereka berhenti di dekat mayat dua orang itu, memandang sebentar kemudian seorang di antara mereka berkata perlahan,

"Si Iblis itu benar-benar berada di dalam kuil."

Kedua orang temannya mengangguk dan tangan mereka bertiga meraba-raba gagang pedang, kemudian ketiganya dengan gerakan cepat dan ringan lari memasuki kuil tua.

Kun Liong tertarik sekali menyaksikan apa yang akan terjadi di dalam kuil. Akan tetapi, untuk mengikuti mereka tadi begitu saja, dia tidak berani karena dia mengerti bahwa akan terjadi hal-hal yang hebat. Dia harus berlaku hati-hati sekali. Dengan menyelinap di antara semak-semak dan pohon-pohon, dia mengambil jalan memutar, menuju ke belakang kuil.

Tembok belakang yang melingkari kuil tua itu sudah ambruk, maka bagian belakang kuil itu tampak jelas. Kun Liong sudah sering mengunjungi tempat ini, maka dia hafal benar. Dengan hati-hati akhirnya dia dapat bersembunyi di belakang rumpun bambu kuning. Kini bambu-bambu kuning yang sudah banyak yang tua dan mengkilap itu tak diperhatikannya lagi karena perhatiannya tercurah ke sebelah belakang kuil dan dia memandang dengan jantung berdebar tegang.

Kiranya tiga orang tadi sudah berada di halaman belakang kuil, berdiri dengan sikap tegak dan telah bersiap-siap menghadapi seorang kakek yang aneh! Dari balik daun-daun dan batang-batang bambu kuning, Kun Liong mengintai penuh perhatian. Kebetulan sekali kakek aneh itu duduknya tidak membelakanginya benar sehingga dia dapat melihat muka kakek itu dari samping.

Dia adalah seorang kakek yang berpakaian serba putih, hanya merupakan kain panjang membelit-belit tubuhnya yang tinggi kurus. Rambutnya sudah berwarna dua, digelung ke atas model sanggul para tosu (pendeta beragama To), kedua kakinya memakai kaus kaki dan sandal pendeta. Tosu yang usianya tentu tak kurang dari enam puluh tahun ini duduk bersila di atas sebuah benda yang aneh.

Benda itu berbentuk bunga teratai dan berwarna putih. Bunga logam putih itu terletak di tengah halaman dan di sekeliling kakek itu tampak goresan di atas tanah yang bergaris tengah tiga meter lebih.

Agaknya kedatangan tiga orang petani bertopi caping lebar itu tidak dipedulikan tosu yang tetap duduk bersila sambil memejamkan mata memangku sebatang tongkat bambu yang panjangnya kira-kira tiga kaki.

"Totiang, harap maafkan kalau kami datang mengganggu totiang yang sedang beristirahat dalam kuil tua ini." Seorang di antara ketiga orang petani itu, yang memelihara cambang melintang di bawah hidung, menjura sambil mengeluarkan kata-kata yang nadanya sopan menghormat itu.

Tosu tua itu membuka kedua matanya dan terkejutlah tiga orang itu melihat betapa mata tosu itu hampir tidak tampak hitamnya. Mata seorang buta, atau setidaknya tentu lamur!

"Siancai...! Sam-wi ada keperluan apakah?"
"Kami kebetulan lewat di dalam hutan dan di depan kuil kami melihat ada dua orang yang telah menjadi mayat. Selain itu kami telah mendengar di kota bahwa sepekan yang lalu, di dalam hutan pohon pek di selatan kota, juga terdapat mayat lima orang dengan ciri yang sama, yaitu di dahi mayat-mayat itu terdapat tanda tapak jari tangan putih. Totiang yang sejak tadi berada di dalam kuil ini tentu mengetahui sebab kematian dua orang di luar kuil itu. Maukah totiang memberitahukan kepada kami?"

Sejenak kakek itu hanya memandang tiga orang tadi penuh perhatian, seolah-olah kedua matanya dapat melihat dengan jelas. Biar pun tiga orang itu merasa yakin benar bahwa dua buah mata yang maniknya yang sudah menjadi putih itu tidak dapat melihat dengan baik, mereka merasa tidak enak dan diam-diam bulu tengkuk mereka meremang ketika sepasang mata itu ditujukan kepada mereka sampai lama tidak pernah berkejap!

Kemudian, kedua mata itu dipejamkan, kakek itu lalu membuka mulutnya dan bernyanyi!

Bunga suci, Teratai Putih
di tengah lumpur, tetap bersih,
Siapa saja hendak mengotori
berarti mencari mati sendiri!
Jika ada yang melanggar
garis lingkaran pemisah
dia akan menjadi korban
Pek-tok-ci yang sakti!


Ketiga orang itu saling pandang, kemudian mereka memandang ke arah garis lingkaran yang melingkari tempat duduk aneh kakek itu. Si Cambang Melintang melangkah maju selangkah, tepat di luar garis lingkaran, dan dia membentak sambil mencabut pedangnya, diikuti oleh dua orang kawannya.

"Tosu Pek-lian-kauw, kami sudah mengenal engkau! Menyerahlah, kami adalah petugas-petugas pemerintah yang bertugas menangkap Loan Khi Tosu tokoh Pek-lian-kauw!"

Tosu lamur (setengah buta) itu kembali membuka matanya dan tersenyum. "Kiranya tiga ekor anjing pemerintah! Pinto (aku) memang Loan Khi Tosu dari Pek-lian-kauw. Habis kalian mau apa? Pinto tetap tidak akan mengganggu kalian asalkan tidak melanggar garis lingkaran. Hal ini sudah menjadi pegangan pinto!"

Setelah berkata demikian, kakek itu mengetuk-ngetukkan tongkat bambunya pada bunga teratai putih dari logam yang didudukinya. Terdengar bunyi nyaring berirama, kemudian bunyi ketukan itu dijadikan irama mengikuti nyanyian yang kembali dinyanyikan oleh Si Kakek aneh. Akan tetapi berbeda dengan tadi, suara yang menyanyikan lagu ini terdengar menggetar dan melengking menusuk telinga!

Tahu akan kebodohan sendiri
adalah waspada,
tidak tahu mengaku tahu
adalah sebuah penyakit,
yang mengenal kenyataan ini
berarti sehat!
Sang Bijaksana berpikiran sehat
melihat penyelewengan seperti apa adanya
karenanya takkan pernah sakit.
Siancai...!


Kun Liong yang bersembunyi di balik rumpun bambu kuning, terkejut bukan main ketika mendengar suara nyanyian itu. Dia mengenal kata-kata nyanyian itu sebagai ujar-ujar di dalam kitab To-tik-keng yang banyak berubah. Akan tetapi bukan itu yang membuatnya terkejut, melainkan suaranya itulah!

Suara itu sangat tidak enak bagi telinganya, melengking tinggi rendah dan seakan-akan kedua telinganya ditusuk-tusuk jarum! Dan yang lebih hebat lagi, tiga orang yang sudah mencabut pedang itu, kini berdiri terhuyung-huyung, tidak dapat berdiri tegak. Mereka itu kelihatan ragu-ragu untuk menyerang sebab muka mereka pucat sekali dan tubuh mereka agak menggigil!

Kakek itu mengulangi lagi nyanyiannya. Kun Liong diam-diam menjadi marah. Nyanyian buruk itu masih hendak diulangi lagi? Dia marah dan hatinya panas. Kakek itu jelas bukan orang baik-baik, pikirnya dan karena dia pun tidak akan mampu berbuat sesuatu, untuk mengganggu kakek itu dia pun lalu membarengi kakek itu bernyanyi, bahkan mendahului sedikit,. Tentu saja yang dinyanyikannya adalah lagu pengemis tadi.

Maka segera terdengarlah nyanyian-nyanyian hiruk-pikuk tidak karuan, campur aduk dan aneh sekali, kacau-balau dan lucu karena nyanyian itu menjadi begini,

Langit di atas bumi di bawah
tahu akan kebodohan sendiri
mengapit ketidak adilan
adalah waspada!
perut lapar minta makan
tidak tahu mengaku tahu
minta kepada siapa?
adalah sebuah penyakit!
ayah bunda pun belum makan
yang mengenal kenyataan ini
semua kelaparan
berarti sehat.


Baru sampai di situ, kakek itu menghentikan nyanyiannya dan berteriak marah, melompat turun dari bunga teratai baja yang didudukinya. Tiga orang itu pun sudah menerjang maju dengan pedang mereka dan ternyata ilmu pedang mereka cukup hebat sedangkan wajah mereka tidak lagi pucat seperti tadi.

Tanpa disengaja, nyanyian Kun Liong tadi telah menolong tiga orang petugas pemerintah itu. Mereka sebetulnya adalah para perwira petugas keamanan yang sedang melakukan penyelidikan, orang-orang yang memiliki ilmu kepandaian tinggi.

Ketika tosu tadi bernyanyi, dia menggunakan khikang sambil mengerahkan sinkang-nya hingga suaranya itu merupakan serangan yang sangat hebat. Bagi orang yang memiliki ilmu kepandaian tinggi, dia dapat menggunakan suara untuk mencelakakan lawan, seperti yang dilakukan Loan Khi Tosu tadi.

Suara dapat menyerang melalui pendengaran, lalu mengusik hati mengacau pikiran dan menggetarkan urat syaraf, lama-lama dapat menyerang jantung lawan dan membunuhnya tanpa turun tangan! Karena masih kanak-kanak dan pikirannya masih bebas, atau paling tidak belum terlalu kotor dan penuh seperti pikiran manusia dewasa, walau pun suara itu amat tidak enak didengarnya, akan tetapi Kun Liong tidaklah amat menderita seperti yang diderita tiga orang perwira yang manyamar sebagai petani-petani itu.

Kemudian tanpa disengajanya, tapi hanya untuk menyatakan rasa mendongkol terhadap kakek itu, Kun Liong dapat memecahkan atau membikin rusak pengaruh khikang dalam nyanyian Loan Khi Tosu dengan mengacaukan nyanyiannya dengan nyanyiannya sendiri! Hal ini membuat keadaan tiga orang tadi pulih kembali dan mereka lalu menerjang maju, sedangkan Loan Khi Tosu dengan marah sekali sudah turun dari bunga teratai baja dan menghadapi tiga orang lawannya dengan tongkat bambunya.

Tiga orang perwira itu bukanlah orang-orang sembarangan. Mereka adalah kepala-kepala pengawal di kota Leng-kok dan menjadi orang-orang kepercayaan kepala daerah kota Leng-kok. Mereka adalah bekas anak buah Jenderal Yung Lo yang kini sudah menjadi kaisar. Ilmu kepandaian mereka cukup tinggi dan kini mereka mengurung tosu itu dengan membentuk barisan segitiga.

Si Cambang Melintang rupa-rupanya menjadi pimpinan mereka. Ia lebih dulu membentak keras dan menyerang dengan pedangnya, menusuk ke leher tosu itu dari samping kiri. Gerakannya cepat dan kuat sekali, dan menyusul gerakannya ini, temannya yang berada di depan tosu itu telah menerjang dengan tusukan pedang ke arah perut.

Orang ke tiga segera menyusul dengan sambaran pedangnya yang membabat ke arah kaki lawan. Dengan demikian, secara beruntun dan cepat sekali merupakan rangkaian serangan bersambung, tosu itu dihujani serangan ke leher, perut, dan kakinya!

Melihat sinar tiga batang pedang berkilat menyambar secara berturut-turut itu, Loan Khi Tosu tak menjadi gentar atau pun gugup. Dengan tenang-tenang saja dia menggerakkan tongkat, menangkis pedang yang menyambar leher, tongkatnya dipentalkan dan langsung menangkis pedang yang menusuk perut kemudian tubuhnya mencelat ke atas sehingga sambaran pedang ke arah kakinya itu tidak mengenai sasaran.

Dari atas, dia sudah menggerakkan lagi tongkatnya, menusuk ke arah ubun-ubun kepala Si Cambang sambil menampar dengan tangan kiri ke arah orang di depannya, sedangkan kakinya menendang ke arah orang di sebelah kanannya. Dapatlah dibayangkan betapa cepat gerakan kakek itu yang selagi tubuhnya masih berada di atas telah dapat mengirim serangan kepada tiga orang lawannya sekaligus!

Akan tetapi, ketiga orang lawannya juga dapat mengelak dengan cepat, kemudian segera menyerang lagi secara teratur ketika kakek itu sudah turun kembali. Pertandingan yang seru segera terjadi di halaman belakang kuil itu.

Tadi tosu itu agaknya memandang rendah para pengeroyoknya yang disangkanya sama lemahnya dengan dua orang musuh yang baru saja dibunuhnya. Dikiranya bahwa sekali menggerakkan tongkatnya, dia akan dapat membunuh mereka. Setelah kini ternyata tiga orang perwira itu belum juga dapat dirobohkan sesudah mereka bertanding selama tiga puluh jurus lebih, hanya mampu mendesak mereka saja dengan gerakan tongkatnya, dia menjadi penasaran dan marah sekali.

"Mampuslah kalian!" bentaknya.

Ketiga orang itu terkejut sekali ketika tiba-tiba Si Tosu melakukan gerakan cepat, tangan kirinya menyerang mereka bertubi-tubi dengan tamparan-tamparan yang mendatangkan hawa pukulan panas laksana api! Tahulah mereka bahwa kakek itu sudah mengeluarkan ilmu pukulan simpanannya yang selama ini digunakan untuk membunuhi orang, pukulan Pek-tok-ci (Jari Tangan Beracun Putih) yang selalu meninggalkan bekas tapak jari tangan pada tubuh korbannya.

Karena tahu akan kelihaian jari tangan itu, mereka mencelat mundur, sama sekali tidak menyangka bahwa pada saat itu, Loan Khi Tosu yang lihai telah meniup ujung tongkatnya tiga kali dan tampak sinar hitam berkelebat tiga kali ke arah tiga orang perwira itu. Mereka berteriak kaget dan terjungkal roboh, leher mereka sudah terkena serangan gelap berupa jarum-jarum hitam yang ternyata disembunyikan di dalam tongkat yang berlubang itu dan yang dapat dipergunakan sebagai semacam sumpit.

"Heh-heh, mata-mata laknat, anjing pemerintah yang busuk. Kalian harus mati!" Tosu itu melangkah lebar menghampiri tiga orang yang telah terluka, lalu mengangkat tongkatnya hendak mengirim pukulan terakhir.

"Kakek tua bangka, engkau jahat sekali, ya?"

Loan Khi Tosu menahan tongkatnya, cepat membalikkan tubuh dan melihat seorang anak laki-laki lari menghampirinya sambil memandangnya dengan sepasang mata yang jernih dan menyinarkan kemarahan. Setelah tiba di depan tosu itu, Kun Liong bertolak pinggang dan berkata, suaranya lantang penuh keberanian dan kemarahan.

"Melihat pakaianmu, engkau tentulah seorang tosu dan menurut pengetahuanku, seorang pendeta selalu mengutamakan kebaikan dan berpantang melakukan kejahatan! Di dalam kitab-kitab Agama To tidak terdapat pelajaran yang membenarkan kekejaman, bahkan Nabi Lo-cu selalu menentang kekerasan. Mengapa engkau ini seorang tosu, begini kejam dan suka melakukan pembunuhan?"

Loan Khi Tosu tercengang dan sejenak tak dapat bicara, hanya menatap anak itu dengan pengerahan kekuatan matanya agar dapat melihat lebih jelas. Matanya yang lamur hanya melihat bentuk seorang anak laki-laki dan hanya pendengaran telinganya yang jelas bisa menangkap suara itu dan ia menduga bahwa anak itu tentu tidak lebih dari sepuluh tahun usianya.

Kalau yang menegurnya seorang dewasa, teguran itu tentu dianggapnya penghinaan dan membuatnya marah, akan tetapi yang menegurnya adalah seorang anak kecil. Selama hidupnya belum pernah dia menghadapi hal yang seaneh ini. Akhirnya dia menarik napas panjang dan berkata,

"Siancai... agaknya engkau juga yang tadi mengacaukan nyanyianku. Engkau sungguh bernyali besar dan karena keberanianmu itu aku suka menjawab. Ketahuilah bahwa tosu dari Pek-lian-kauw di samping mengutamakan kebajikan dan kegagahan, terutama sekali kekerasan terhadap musuh. Membunuh musuh bukanlah perbuatan kejam namanya..."

"Omong kosong! Membunuh tetap membunuh, membunuh siapa pun juga, dengan alasan apa pun juga, tetap pembunuh namanya dan membunuh adalah perbuatan yang paling terkutuk, paling keji dan yang paling busuk di dunia ini!"

Loan Khi Tosu menggerakkan kedua pundaknya. "Karena kau seorang anak-anak, pinto kagum menyaksikan sikapmu. Kalau engkau sudah dewasa dan mengeluarkan kata-kata seperti itu berarti engkau musuh pula dan tentu telah pinto bunuh. Sudahlah, pinto tidak ada waktu melayani seorang anak kecil!" Tosu itu membalik, dan sekarang tongkatnya digerakkan ke arah tubuh tiga orang lawannya yang sudah roboh pingsan itu!

"Wuuuuttt... trakkkk!"

Loan Khi Tosu meloncat ke belakang, tongkatnya tergetar dan hanya dengan pengerahan tenaga sinkang sekuatnya saja membuat dia berhasil mencegah tongkatnya terlepas dari pegangannya.

"Siancai...! Siapakah engkau dan mengapa berani mencampuri urusan pinto?" Loan Khi Tosu menegur seorang lelaki yang tadi menangkis tongkatnya dan yang sekarang berdiri dengan tenang di depannya sambil menyimpan kembali senjatanya yang istimewa karena senjatanya itu berupa sepasang pit (alat tulis, pensil buku) hitam dan putih.

Laki-laki itu berpakaian sastrawan, pakaian dan sikapnya sederhana, akan tetapi di balik kesederhanaannya, tampak kegagahannya yang berwibawa. Wajahnya tampan, tubuhnya tegak dan padat berisi membayangkan tenaga yang halus dan amat kuat. Usianya kurang sedikit dari empat puluh tahun, namun rambut di atas sepasang telinganya sudah mulai bercampur uban.

Dia bernama Yap Cong San, seorang tokoh Siauw-lim-pai yang terkenal, murid dari Tiong Pek Hosiang, tokoh nomor satu di Siauw-lim-pai, bekas ketua yang kini tidak muncul lagi di dunia ramai karena sudah bertapa untuk selamanya dalam Ruang Kesadaran, yaitu di sebuah ruangan tertutup dari kuil Siauw-lim-pai.

Yap Cong San sendiri sudah dipecat sebagai anak murid Siauw-lim-pai, pemecatan yang berdasarkan kebijaksanaan Ketua Siauw-lim-pai karena ingin menjaga nama baik Siauw-lim-pai, akan tetapi pribadi pendekar ini tidak dimusuhi, bahkan dianggap sebagai sahabat baik dari Siauw-lim-pai.

Bagi para pembaca cerita Pedang Kayu Harum, nama Yap Cong San tentu bukan nama yang asing. Akan tetapi untuk para pembaca cerita ini yang belum membaca Pedang Kayu Harum sebaiknya berkenalan dengan Yap Cong San secara singkat.

Setelah kehilangan keanggotaannya dari Siauw-lim-pai, Yap Cong San menikah dengan seorang pendekar wanita perkasa yang bernama Gui Yan Cu, seorang wanita amat cantik jelita, berkepandaian tinggi dan juga mempunyai keahlian dalam ilmu pengobatan. Suami isteri ini tinggal di kota Leng-kok, membuka sebuah toko obat dan mereka mempunyai seorang putera, yaitu Yap Kun Liong, anak yang pemberani tadi.

Karena dia sendiri merupakan seorang ahli silat dari Siauw-lim-pai yang sangat lihai dan sedikit banyak mengerti akan ilmu pengobatan, sesudah menjadi suami Gui Yan Cu dan membuka toko obat, Yap Cong San mempelajari ilmu pengobatan sehingga sering kali dia mewakili isterinya memeriksa serta mengobati orang sakit. Isterinya hanya memeriksa wanita-wanita yang sakit.

Karena pekerjaannya ini, Yap Cong San lebih dikenal sebagai seorang ahli pengobatan dan disebut Yap-sinshe dari pada seorang ahli silat yang berilmu tinggi. Bertahun-tahun sudah dia dan isterinya tidak mencampuri urusan dunia kang-ouw, seolah-olah sepasang suami isteri pendekar ini bersembunyi di kota kecil Leng-kok, sehingga jarang ada orang mengenal namanya.

Ketika tadi mendengar dari pencari kayu yang menjadi langganannya pula, bahwa Kun Liong sedang berkeliaran di dalam hutan di luar kota, sedangkan menurut pencari kayu itu, di dalam hutan terdapat orang-orang yang aneh dan mencurigakan, Yap Cong San merasa khawatir sekali. Cepat dia lantas meninggalkan toko obatnya, menyuruh isterinya menjaga dan dia sendiri lalu pergi ke dalam hutan membawa sepasang senjatanya yang istimewa, yaitu Im-yang-pit hitam putih. Dahulu Yap Cong San terkenal sekali dengan ilmu silatnya, terutama sekali permainan Im-yang-pit, sepasang pensil yang tidak hanya dapat dipergunakan sebagai senjata, bahkan juga dapat dipakai untuk menulis.

Di samping sepasang Im-yang-pit ini, dia juga mahir melepaskan senjata rahasia berupa uang logam tembaga yang selain dapat dipakai berbelanja, juga dapat digunakan sebagai senjata rahasia yang sangat berbahaya dan disebut Touw-kut-ji (Uang Logam Penembus Tulang).

Pendekar ini tiba di belakang kuil tepat pada saat Loan Khi Tosu menggerakkan tongkat hendak membunuh tiga orang yang telah terluka itu. Sebagai seorang pendekar, biar pun sudah bertahun-tahun dia tidak mempunyai urusan dengan dunia kang-ouw, tak mungkin dia membiarkan saja pembunuhan dilakukan di hadapan matanya. Cepat dia meloncat ke depan menggerakkan senjatanya menangkis sehingga tongkat tosu itu terpental.

Sebelum menjawab, Yap Cong San melirik ke arah puteranya yang masih berdiri di sana dan Kun Liong tersenyum kepada ayahnya, senyum yang memancing maaf dari ayahnya. Semenjak kecil, Kun Liong paling takut kepada ayahnya dan paling manja kepada ibunya. Mungkin karena ayahnya bersikap keras maka ibunya memanjakannya atau bisa jadi juga sebaliknya, karena ibunya memanjakannya maka ayahnya bersikap keras terhadapnya. Melihat puteranya tidak apa-apa, legalah hati pendekar itu dan dia cepat menjura kepada tosu yang bermata lamur itu.

"Totiang, saya tak berniat mencampuri urusan orang lain. Akan tetapi karena pekerjaanku adalah menolong orang sakit, sedapat mungkin berusaha mencegah kematian merenggut nyawa orang, tentu saja saya tidak tega menyaksikan totiang hendak membunuh orang."

"Ayah, kakek tua bangka ini sudah membunuh banyak sekali orang. Dia iblis jahat!" Kun Liong tiba-tiba berkata sambil menudingkan telunjuknya kepada tosu itu.

"Kun Liong, diam!" Ayahnya membentak.

Tosu itu mengangguk-angguk. "Hemmm, kiranya dia anakmu? Pantas pemberani, kiranya ayahnya adalah seorang yang lihai. Gerakanmu tadi terang menunjukkan bahwa engkau tentu seorang tokoh Siauw-lim-pai yang sangat lihai, Sicu (orang gagah). Karena Siauw-lim-pai merupakan perkumpulan besar yang disegani serta dihormati oleh perkumpulan kami, biarlah pinto mengalah terhadapmu dan ketahuilah bahwa pinto adalah Loan Khi Tosu, pemimpin Pek-lian-kauw di daerah ini. Yang terbunuh oleh pinto adalah kaki tangan pemerintah yang selalu memusuhi kami, maka pinto harap sicu tidak ikut campur."

Yap Cong San memang sudah menduga bahwa tosu itu seorang tokoh Pek-lian-kauw saat ia melihat bunga teratai putih dari baja itu. Ia menjadi tak enak hati karena maklum bahwa Pek-lian-kauw merupakan kumpulan orang-orang yang menentang pemerintah, yang menganggap pemerintah mulai menyeleweng, pembesar-pembesarnya tukang korup dan rakyat mulai ditindas pula, tidak becus menanggulangi gangguan-gangguan yang datang dari para bajak laut yang hanya menyusahkan kehidupan rakyat.

Dia menganggap mereka itu sekumpulan orang-orang yang memberontak. Namun karena dia melihat pula akan keadaan pemerintah yang makin memburuk saja, maka dia selalu menjauhkan diri dan tidak mau mencampuri pertentangan antara Pek-lian-kauw dengan pemerintah itu.

"Totiang, saya datang hanya untuk menyusul anak saya yang ternyata berada di tempat ini. Karena totiang tidak mengganggu anak saya, maka saya pun tidak akan mengganggu totiang, akan tetapi tiga orang yang terluka itu menjadi tanggungan saya untuk mencoba mengobati dan menyembuhkannya."

Tosu itu menyeringai, "Heh-heh, boleh kau coba, sicu. Dan melihat muka sicu, pinto mau mengampuni mereka. Bolehkah pinto mengetahui nama besar sicu?"

"Saya hanyalah seorang biasa saja yang tidak terkenal, tidak ada gunanya dikenal oleh seorang tokoh Pek-lian-kauw seperti totiang."

Tosu itu mendengus. Dia maklum dari tangkisan tadi bahwa yang berada di hadapannya adalah seorang tokoh Siauw-lim-pai yang berkepandaian tinggi. Karena itu, dia tidak mau mencari perkara dan suka mengalah. Pertama, oleh karena agaknya akan sukar baginya untuk menandingi lawan ini, kedua karena para pimpinan Pek-lian-kauw melarang dengan keras orang Pek-lian-kauw mencari bibit permusuhan dengan perkumpulan-perkumpulan besar seperti Siauw-lim-pai yang amat kuat.

"Kalau begitu, selamat tinggal dan sampai jumpa lagi, sicu!" Tosu itu menyambar bunga teratai putih dari baja yang tadi menjadi tempat duduknya, kemudian sekali meloncat dia sudah lenyap dari situ, tubuhnya melayang cepat sekali keluar dari kuil tua.

"Ayah, mengapa ayah membiarkan si jahat itu pergi?" Kun Liong bertanya penasaran.

Ayahnya memandangnya dengan bengis. "Kun Liong, jangan mencampuri urusan orang lain! Mau apa engkau berkeliaran sampai ke tempat ini?"

Mendengar suara ayahnya dan melihat sikap bengis itu, Kun Liong menundukkan muka dan menjawab lirih. "Tadinya aku hendak mencari bambu kuning, ayah..."

"Hemmm, mencari bambu tetapi melibatkan diri dengan urusan gawat! Anak lancang, kau tak tahu akan bahaya. Kalau tosu itu berhati kejam, apa kau kira sekarang engkau masih hidup? Hayo lekas pulang dan minta bantuan beberapa orang untuk mengangkut mereka yang terluka ini. Cepat!"

Kun Liong mengangguk-angguk kemudian melarikan diri secepatnya pulang ke kota untuk memenuhi perintah ayahnya. Yap Cong San lalu berlutut memeriksa keadaan tiga orang itu. Mereka belum tewas, bahkan Si Cambang Melintang sudah siuman.

"Yap... sinshe... tolonglah kami...," katanya sambil mengeluh.

Pendekar itu mengenal mereka sebagai perwira-perwira pengawal kepala daerah, maka ia mengangguk dan memeriksa. Kiranya di leher tiga orang itu menancap sebatang jarum hitam. Melihat keadaan luka di sekeliling jarum yang kulitnya menghitam, tidak ragu lagi hatinya bahwa jarum itu tentu mengandung racun yang jahat.

Di samping dikenal mempunyai banyak orang pandai, Pek-lian-kauw juga terkenal dengan keahlian mereka menggunakan racun. Cepat dia mencabuti jarum-jarum itu dan kembali Si Cambang Melintang jatuh pingsan.

Tak lama kemudian datanglah pasukan pengawal dari Ma-taijin yang terdiri dari belasan orang. Pasukan ini dikirim sesudah ibu Kun Liong mendengar dari puteranya mengenai peristiwa di kuil tua dan nyonya perkasa itu sendiri melaporkan kepada kepala daerah.

Tubuh ketiga orang perwira pengawal itu, juga mayat dua orang yang terdahulu dibunuh Loan Khi Tosu diangkut. Yap Cong San mengikuti dari belakang setelah menyimpan tiga batang jarum hitam. Jarum-jarum itu diperlukan untuk diselidiki racunnya sebelum dia bisa mengobati tiga orang perwira itu, dan dia perlu berunding dengan isterinya yang lebih ahli dalam hal racun dibandingkan dengan dia.

Setelah memasuki kota Leng-kok, para korban itu segera diangkut ke perkemahan kepala daerah sedangkan Cong San pulang ke rumahnya untuk berunding dengan isterinya dan mengambil obat.

********************

"Sungguh menjengkelkan sekali tosu itu, ibu. Sayang bahwa ayah membiarkannya pergi begitu saja sesudah dia membunuh dua orang dan melukai tiga orang. Enak sekali bagi tosu itu. Padahal aku yakin ayah pasti akan bisa mengalahkannya!" Kun Liong mengomel depan ibunya.

Nyonya Yap Cong San atau Gui Yan Cu yang masih kelihatan cantik dan muda sekali biar pun usianya sudah kurang lebih tiga puluh tahun, tersenyum dan menarik kedua tangan puteranya, lalu dirangkulnya dengan penuh kasih sayang.

"Habis, jika menurut pendapatmu, dia harus diapakan? Apakah ayahmu harus membunuh tosu itu?"

Kun Liong menatap wajah ibunya dengan mata terbelalak. "Membunuh? Ayah membunuh dia? Aihhh…! Sama sekali tidak, ibu. Bukan maksudku supaya ayah menjadi pembunuh. Akan tetapi sedikitnya, tosu itu harus ditangkap lantas diserahkan kepada yang berwajib agar supaya mendapat hukuman atas kejahatannya. Kalau dibiarkan saja terlepas seperti yang dilakukan ayah, bukankah terlalu enak?"

"Husshh, kau tahu apa, Kun Liong? Di balik peristiwa itu tentu ada hal-hal lain sehingga ayahmu membiarkannya pergi. Kalau mendengarkan ceritamu tadi, tosu itu yang duduk di atas sebuah bunga teratai putih dari baja, dan mendengar nyanyian seperti yang engkau ceritakan tentulah seorang tokoh Pek-lian-kauw. Karena itulah ayahmu ingin lepas tangan dan tidak mau terlibat."

"Ibu, apakah Pek-lian-kauw itu?"

"Dijelaskan juga engkau tidak akan mengerti, anakku. Pek-lian-kauw sebuah perkumpulan besar yang menentang pemerintah."

"Apakah ayah takut kepada Pek-lian-kauw?"

"Bukan soal takut atau berani, akan tetapi ayahmu tidak mau terlibat pertentangan besar itu, dan aku membenarkan ayahmu karena memang tidak ada gunanya melibatkan diri, akan membawa akibat yang berkepanjangan dan hebat saja. Yang penting sekali adalah bahwa engkau tidak diganggunya dan syukur demikian, tadi hatiku sudah khawatir sekali ketika pencari kayu memberi tahu."

Percakapan itu berhenti dengan masuknya Yap Cong San. Isterinya segera menyambut sang suami dan bertanya, "Bagaimana dengan para korban itu?"

Yap Cong San menggelengkan kepala, menarik napas panjang dan mengeluarkan tiga batang jarum hitam, memperlihatkan kepada isterinya sambil berkata, "Aku tak mengenal jarum ini, maka baru kuberi obat untuk mencegah menjalarnya racun dan kutotok jalan darah mereka."

Gui Yan Cu memeriksa jarum hitam, memasukkan jarum itu ke dalam mangkok putih, menuangkan air jernih sedikit dan air itu berubah hitam. Dia mencabut tusuk sanggulnya yang terbuat dari perak, lalu mencelupkan benda itu ke dalam air beracun. Ujung tusuk sanggul yang putih itu kini berubah menghijau. Sesudah memeriksa dan mencium racun itu, mata yang indah dan lebar itu terbelalak dan dia pun berseru.

"Racun ular senduk...!"

"Apa? Kalau begitu... nyawa mereka takkan dapat tertolong lagi!" Yap Cong San berkata, "Hemmm... Loan Khi Tosu dari Pek-lian-kauw itu benar-benar terlalu kejam."

"Memang dia kejam!" Tiba-tiba Kun Liong berseru, "Tidak seharusnya ayah melepaskan dia begitu saja!"

"Diam kau! Anak kecil tahu apa?" Yap Cong San membentak.

Isterinya memandang kepadanya, lalu menarik napas panjang dan dengan halus berkata kepada Kun Liong, "Liong-ji, (anak Liong), ayah dan ibumu sedang sibuk, kau pergilah bermain-main di luar dan menjaga toko kalau-kalau ada tamu datang mencari kami."

Kun Liong bersungut-sungut. Selalu begitu. Ayahnya demikian keras dan ibunya demikian lunak kepadanya. Kalau saja ayahnya selunak ibunya, atau ibunya sekeras ayahnya, dia akan mengerti dan tidak menjadi penasaran! Dia berlari ke luar dan duduk termenung di bangku dalam toko obat.

Baru saja anak itu keluar dan suami isteri itu sekali lagi meneliti racun jarum, Kun Liong sudah berlari masuk lagi dan berkata, "Ada tamu utusan dari Ma-taijin!"

Yap Cong San beserta isterinya segera keluar dan utusan itu mengatakan bahwa kepala daerah she Ma memanggil Yap-sinshe untuk datang menghadap. Karena maklum bahwa tentu kepala daerah ingin melihat dia cepat-cepat mengobati tiga orang perwiranya yang terluka, Yap Cong San segera berangkat sambil membawa beberapa macam obat anti racun yang ada, meski pun dia tahu bahwa obat-obat itu tidak akan dapat menyembuhkan luka yang terkena racun ular senduk.

Seperginya Yap Cong San, melihat anaknya masih cemberut merasa tidak puas, Gui Yan Cu merangkul puteranya dan berkata,

"Kun Liong, jangan kau kecewa pada ayahmu. Ayahmu bersikap tepat dan benar. Biarlah kuceritakan kepadamu tentang Pek-lian-kauw. Perkumpulan itu bukan perkumpulan orang jahat, walau pun seperti perkumpulan yang menamakan dirinya pejuang rakyat, mereka bisa berlaku amat kejam terhadap musuh-musuh mereka. Mereka menentang pemerintah karena di dalam anggapan mereka, pemerintah tidak baik dan menindas rakyat, membikin sengsara rakyat. Karena itu mereka dimusuhi oleh pemerintah yang tentu berusaha keras membasminya. Nah, ayahmu tidak ingin melihat dirinya terlibat dalam permusuhan itu dan sikapnya itu tepat sekali. Mengertikan engkau?"

"Ibu, aku tidak kecewa atau menyesal kepada ayah. Aku hanya ingin melihat di dunia ini jangan ada orang menyakiti atau membunuh orang lain dan apa bila itu terjadi, dia harus dihukum!"

Ibunya tersenyum dan merasa bangga. "Memang sebaiknyalah memiliki pendirian seperti itu, anakku. Pendirian seorang pendekar yang selalu menentang penindasan. Akan tetapi engkau harus tahu bahwa yang melakukan kejahatan itu tentulah mereka yang lebih kuat, sedangkan yang dijatuhi atau yang menderita tentulah mereka yang lemah. Karena itu, seorang pendekar harus menggembleng diri sendiri agar supaya kuat..."

"Wah, dan menjadi penindas jahat?" Kun Liong memotong.

"Hushh, bukan begitu. Akan tetapi kalau engkau ingin menghukum si jahat, engkau harus dapat menundukkan yang jahat bukan? Dan untuk dapat menundukkan si jahat, engkau harus lebih kuat dari mereka, padahal mereka itu adalah orang-orang kuat. Itulah perlunya engkau memperdalam ilmu silat dan mempergiat latihanmu, di samping pelajaran sastra dan pengobatan."

Kun Liong mengangguk-angguk, namun kemudian mengerutkan alisnya. "Akan tetapi aku paling tidak suka melihat kekerasan, tidak suka melihat perkelahian, Ibu. Aku tidak mau berkelahi, aku benci perkelahian."

"Siapa menyuruh engkau berkelahi? Belajar ilmu silat itu bukan untuk berkelahi!"

"Ibu tadi bilang seorang pendekar harus menentang si jahat, kalau ditentang tentu berarti berkelahi."

"Bukan, anakku. Perkelahian hanya terjadi antara dua pihak yang ingin mempertahankan kepentingan diri sendiri masing-masing, ingin memperebutkan sesuatu yang baik berupa kebenaran sendiri mau pun berupa keuntungan bagi diri sendiri. Kalau kita membela yang tertindas dan menentang si jahat sehingga terjadi pertandingan, itu bukanlah pertandingan namanya. Mengertikah engkau?"

Kun Liong mengerutkan kedua alisnya, meruncingkan mulutnya, dan menggeleng kepala. "Aku tidak mengerti, dan aku tetap tidak suka, aku tetap benci pertempuran."

Ibunya terkesiap, memandang dengan sinar mata penuh selidik. "Liong-ji, apakah engkau takut akan pertempuran? Takut terluka, takut mati, takut kalah?"

Sepasang mata anak itu terbelalak memandang ibunya, penasaran dan suaranya lantang, "Aku...? Takut...? Tidak, ibu, aku tidak takut apa pun. Aku hanya benci akan kekerasan. Dan Pek-lian-kauw itu, kenapa menentang pemerintah? Kenapa menganggap pemerintah menindas rakyat? Betulkah itu, ibu?"

Ibunya menggeleng kepala. "Aku tidak tahu, Liong. Yang sudah jelas, kalau ada dua pihak bertentangan, sudah pasti sekali mereka itu saling menyalahkan, sudah pasti mereka itu masing-masing menganggap pihak sendiri benar dan pihak sana yang salah. Itu adalah urusan orang-orang yang murka akan kedudukan serta kemuliaan, kita tidak perlu turut mencampurinya, maka sikap ayahmu adalah tepat dan benar. Andai kata ayahmu melukai atau membunuh tosu itu, berarti bukan dia seorang, melainkan kita semua terlibat dalam permusuhan dan pertentangan yang tiada habisnya."

Sambil bercakap-cakap menceritakan keadaan dunia kang-ouw kepada puteranya yang mendengarkan dengan bengong dan penuh kagum, apa lagi pada saat ibunya menyebut-nyebut nama para tokoh kang-ouw yang dianggap sebagai pendekar-pendekar pilihan, timbullah keinginan hati Kun Liong untuk menjumpai pendekar-pendekar itu! Sedangkan ibunya sibuk membuat campuran obat yang diambil dari resep simpanan, sambil menanti kembalinya suaminya.

Tak lama kemudian Yap Cong San muncul dengan wajah keruh. Begitu memasuki toko, dia melempar diri di atas kursinya dan mengeluh, "Tetap saja tersangkut!"

"Apa maksudmu? Apa kehendak Ma-taijin memanggilmu?" tanya isterinya.

"Aku dituduh bersahabat dengan tosu Pek-lian-kauw!"

"Wah, itu fitnah!" Kun Liong berteriak penasaran.

"Apa sebabnya kau dituduh begitu?" Gui Yan Cu bertanya, sepasang alisnya berkerut, hatinya ikut penasaran.

"Agaknya, seorang di antara tiga perwira itu melihat pertemuanku dengan Loan Khi Tosu, melihat betapa aku dapat menangkis tongkat tosu itu dan menyelamatkan nyawa mereka, kemudian melihat betapa aku melepaskan tosu itu pergi tanpa bertanding dengannya, lalu melaporkan hal ini kepada Ma-taijin. Pembesar ini menegurku, kenapa aku yang memiliki kepandaian tidak turun tangan terhadap seorang pemberontak yang sudah jelas melukai dan membunuh orang, apa lagi melukai tiga orang perwira pengawal. Dia lalu bertanya apakah aku bersimpati kepada pihak pemberontak!"

"Hemmm... tuduhannya hanya ngawur belaka. Kemudian bagaimana?"

"Aku menjawab bahwa aku segan bermusuhan dengan Pek-lian-kauw yang mempunyai banyak orang pandai. Aku bilang bahwa aku takut..."

"Ayah membohong! Aku tahu betul, ayah dan ibu tidak takut terhadap apa pun, terhadap setan dan iblis pun tidak takut. Dan aku tahu, tosu itulah yang gentar menghadapi ayah!"

"Kun Liong, diamlah!" Ayahnya membentak marah, "Berapa kali telah kukatakan padamu, engkau tidak boleh mencampuri urusan orang-orang tua. Dengarkan saja dan tutup mulut, kalau tidak bisa menutup mulut, pergilah dan jangan mendengarkan!"

"Baik, ayah." Kun Liong menundukkan kepala dan kedua bibirnya dirapatkan masuk ke dalam mulutnya.

"Lalu bagaimana?" Gui Yan Cu mendesak, alisnya makin dalam.

"Dia bilang dapat memaafkan sikapku, akan tetapi aku harus dapat menyembuhkan tiga orang perwiranya."

"Hemm, harus katanya? Nyawa orang berada di tangan Thian, bukan di tangan kita. Lalu bagaimana jawabanmu?"

"Aku menjawab terus terang bahwa racun di tubuh mereka itu adalah racun ular senduk yang sangat berbahaya dan sukar sekali dicari obatnya dan bahwa aku akan berusaha sekuatku."

"Bagaimana sambutannya?"

"Dia bilang tidak peduli diobati apa dan bagaimana asal tiga orang perwiranya itu sembuh. Dalam kata-katanya terkandung ancaman bahwa apa bila aku gagal mengobati, tentu dia akan mengungkit kembali urusan tosu Pek-lian-kauw itu."

"Hemm, pembesar itu agaknya mempunyai niat buruk. Akan tetapi kita tak perlu gelisah. Memang amat sukar mengobati racun ular senduk sampai sembuh, akan tetapi ada obat yang untuk sementara waktu, sedikitnya sebulan, dapat menahannya sehingga si korban tidak akan tewas. Dalam waktu sebulan itu, kalau engkau suka minta pertolongan ke kuil Siauw-lim-pai di mana aku mendengar disimpan banyak sekali obat-obat yang mukjijat, kurasa mereka masih akan dapat diselamatkan."

Berseri wajah Yap Cong San. "Bagus kalau begitu! Memang aku juga mempunyai ingatan untuk minta pertolongan kepada para suhu di Siauw-lim-si (Kuil Siauw-lim-pai), akan tetapi perjalanannya pulang pergi ke sana akan memakan waktu paling cepat setengah bulan dan tadinya aku tidak mempunyai harapan untuk menolong mereka. Akan tetapi, kalau engkau ada obat penawar selama sebulan, bagus sekali, isteriku!"

"Inilah obatnya, sejak tadi telah kusediakan. Berikan kepada mereka, dimasak dengan air lalu diminumkan, kemudian cepat-cepat berangkat ke Siauw-lim-si, tentu urusan ini akan dapat diatasi dengan baik."

Yap Cong San memandang isterinya dengan wajah berseri dan penuh rasa syukur.

"Engkau memang bijaksana sekali, isteriku." Dia hendak merangkul, akan tetapi isterinya melirik ke arah Kun Liong, tersenyum dengan kedua pipi kemerahan sambil meruncingkan mulut, persis seperti kebiasaan Kun Liong.

"Husshhh...!"
Suaminya teringat, mengurungkan niatnya dan Kun Liong berkata, "Ayah, aku hendak ikut ke Siauw-lim-si!"

"Wah, kau kira ayahmu pergi melancong ya? Keperluan ini amat penting, bukan waktunya melancong."

Melihat puteranya menunduk dan kecewa, Yan Cu langsung berkata, "Kun Liong, ayahmu betul. Perjalanan ini sangat jauh dan perlu cepat-cepat. Kelak bila mana tak ada sesuatu kepentingan, engkau akan kuajak melancong ke Telaga Barat yang indah!"

Hiburan ini tidak meringankan hati Kun Liong yang lalu berkata, "Ibu selalu membenarkan ayah!" Kemudian dia berlari ke luar.

Suami isteri yang saling mencinta itu kini tidak malu-malu lagi untuk saling berpelukan dan berciuman mesra.

"Dia tidak tahu betapa engkau mencintaku, tentu saja engkau selalu membenarkan aku!" Yap Cong San berbisik sambil mengelus rambut kepala isterinya.

"Ahh, dan kau jangan terlalu keras kepadanya. Kasihan dia, tidak punya saudara..."

"Aihh, apakah engkau ingin sekali dia mempunyai adik?" Si suami menggoda, akan tetapi si isteri berkata sungguh-sungguh,

"Siapa yang tidak ingin mempunyai seorang anak perempuan yang mungil sebagai adik Kun Liong?"

"Mudah-mudahan Kwan Im Pouw-sat (Dewi Welas Asih) akan memberkahi kita dengan seorang anak perempuan. Apa bila urusan ini sudah selesai, mari kita bersembahyang di Kuil Kwan Im Bio, kemudian kita menyewa perahu di telaga semalam suntuk kita berdua berpengantin baru di perahu, siapa tahu Kwan Im Pouwsat akan kebetulan bersenang hati memberi anugerah..."

"Husshhh, tidak tahu malu! Sudah berapa umur kita, masih mau berpengantin baru! Kau lekas berangkatlah. Urusan antara kita baru akan terlaksana kalau urusan Ma-taijin sudah beres dan berhasil baik. Berangkatlah, dan hati-hatilah di jalan, suamiku. Dan sampaikan hormatku kepada para suhu di Siauw-lim-si, terutama sekali kepada locianpwe (orang tua gagah) Thian Kek Hwesio ketua Siauw-lim-pai."

Thian Kek Hwesio adalah ketua Siauw-lim-pai yang baru, menggantikan kedudukan Tiong Pek Hosiang yang sudah mengundurkan diri karena merasa bahwa dia telah melakukan perbuatan sesat pada waktu mudanya sehingga dia tak ingin mengotori nama baik Siauw-lim-pai.

Yap Cong San dan isterinya sangat menghormat serta menjunjung tinggi hwesio tua ini, tidak hanya karena Cong San adalah bekas anak murid Siauw-lim-pai dan karena hwesio itu adalah ketua Siauw-lim-pai, akan tetapi terutama sekali karena hwesio itulah yang dulu telah berjasa mengingatkan Cong San dengan nasehat-nasehat yang amat berharga saat pendekar ini hampir mengalami keretakan rumah tangganya akibat cemburu sehingga dia sadar akan kekeliruannya.

Hal itu sudah dijelaskan oleh Cong San kepada isterinya sehingga Yan Cu juga merasa berhutang budi kepada hwesio tua yang dianggapnya sudah mempunyai jasa besar akan kebahagiaan rumah tangganya, berarti kebahagiaan hidupnya pula.

Pada hari itu juga Cong San berangkat menuju Kuil Siauw-lim-pai setelah dia mengobati tiga orang perwira dengan obat penawar buatan isterinya. Dengan menunggang kuda, dia dapat melakukan perjalanan cepat dan seperti yang telah dia harapkan Thian Kek Hwesio menerima bekas sute (adik seperguruan) itu dengan amat ramah dan segera memberikan obat yang dibutuhkan Cong San setelah mendengar penuturan bekas sute-nya.

"Yap-sicu, engkau sudah bersikap benar sekali. Pinceng (aku) merasa berterima kasih bahwa sicu masih menjaga akan nama Siauw-lim-pai sehingga tidak melibatkan diri dalam pertentangan yang buruk itu."

"Ahh, suheng mengapa berkata demikian? Ahh…, maaf, losuhu (sebutan pendeta), teecu (murid) sampai lupa menyebutmu suheng (kakak seperguruan). Mengapa losuhu bersikap sungkan? Sudah tentu sekali teecu menjaga nama Siauw-lim-pai, bukan hanya karena teecu adalah bekas anak muridnya, namun terutama sekali karena Siauw-lim-pai adalah sebuah perkumpulan besar dan mulia, tidak selayaknya kalau sampai terseret ke dalam pemberontakan Pek-lian-kauw."

Setelah bermalam satu malam dan melewatkan waktu semalam untuk melepaskan rindu terhadap bekas saudara-saudara seperguruannya, dan mendengar bahwa sudah selama bertahun-tahun bekas gurunya, yaitu Tiong Pek Hosiang, tidak pernah keluar dari Ruang Kesadaran, pada keesokan harinya Cong San berpamit dan kembali secepatnya ke kota Leng-kok.

********************

Kun Liong duduk dengan tenang di dalam kamarnya, tekun membaca kitab kitab kuno (lama) yang bertumpuk di atas mejanya. Seperti sudah lajim pada jaman itu, setiap orang pelajar sastra yang sesungguhnya mempelajari membaca dan menulis, diharuskan pula menghafal isi kitab-kitab lama.

Kitab-kitab itu adalah kitab-kitab filsafat yang isinya sangat berat dan sama sekali bukan ‘makanan’ otak seorang anak laki-laki berusia sepuluh tahun seperti Kun Liong! Bukan hanya kitab Su-si Ngo-keng, yaitu kitab yang mengandung pelajaran Nabi Khong Cu, akan tetapi bahkan oleh ayahnya dia disuguhi kitab Agama Buddha dan kitab To-tik-keng dari Agama To!

Karena sudah hampir hafal semua akan isi kitab-kitab itu, maka Kun Liong membalik-balik lembaran kitab itu dengan acuh tak acuh. Dia diharuskan berdiam di kamar karena ayah bundanya sedang sibuk membuatkan obat untuk tiga orang perwira yang keracunan. Obat Siauw-lim-si yang katanya mesti dicampur dengan ramuan lain. Agar jangan mengganggu, maka dia diharuskan membaca kitab-kitab itu seorang diri di dalam kamarnya.

Hati Kun Liong merasa kesal karena bosan. Hampir saja dibantingnya kitab-kitab itu. Apa perlunya menghafal semua isi kitab lama itu? Apa perlunya mengasah otak mencari-cari dan menafsirkan makna dari segala kata-kata yang diucapkan dan dituliskan manusia di jaman dahulu kala? Apa gunanya mengerti akan isi hati manusia kuno kalau tidak dapat mengerti akan isi hati sendiri?

"Apa gunanya?" Kun Liong mengeluh dan melemparkan kitab-kitab itu ke atas meja. "Apa gunanya kalau sesudah orang hafal akan seribu satu macam ujar-ujar kebatinan namun tidak ada seorang pun melaksanakan sebuah pun dalam kehidupan sehari-hari?"

Ucapan Kun Liong ini timbul dari lubuk hatinya karena hampir setiap hari ia menyaksikan kenyataan-kenyataan akan adanya pertentangan dan perlawanan antara isi ujar-ujar dari sikap serta perbuatan manusia. Meski ucapan ini keluar dari mulut seorang kanak-kanak yang mungkin bukan menjadi hasil pemikiran mendalam, tetapi membuat kita termenung.

Memang sesungguhnyalah, apa gunanya semua itu apa bila kita melihat betapa semua pelajaran kebatinan dihafal oleh orang sedunia sejak kebudayaan berkembang? Ribuan tahun orang mengikuti dan menghafalnya, berlomba keras dan bagus saat menyanyikan ujar-ujar kuno itu.

Semua orang hafal akan ujar-ujar yang berbunyi bahwa ‘
Di empat penjuru lautan, semua manusia adalah saudara’, namun apa gunanya ujar-ujar yang hanya menjadi kata-kata hampa ini bila sehari-hari tampak kenyataan hidup yang berlawanan? Pada kenyataannya, yang dianggap ‘saudara’ hanya orang-orang yang menguntungkan kita, yang segolongan dengan kita, sealiran kepercayaan, seperkumpulan, sesuku, sebangsa dengan kita! Apa artinya menghafal ujar-ujar itu kalau kita melihat bahwa si pembesar dijilat, si hartawan dihormat, si pandai dipuji-puji, sedangkan si kecil ditekan, si miskin dihina dan si bodoh dimaki?

Makin banyak pelajaran tentang kebaikan dan contoh-contoh manusia budiman, semakin banyak timbul orang-orang munafik yang ingin disebut baik, ingin dirinya dianggap seperti manusia budiman. Kita selalu melupakan bahwa kebaikan bukanlah sesuatu yang dapat dipelajari!

Melakukan kebaikan untuk mentaati pelajaran adalah perbuatan yang palsu, dipaksakan, dan diikuti pamrih (mengandung keinginan tertentu demi diri pribadi), karenanya munafik! Kebaikan harus keluar dari dalam hati, tanpa paksaan, tanpa kekhawatiran, tanpa adanya keinginan di balik itu, tanpa pamrih, bahkan tanpa disadari bahwa kita sedang berbuat baik! Dapatkah rasa kasihan dipelajari atau pun dilatih? Dapatkah rasa haru dipelajari? Dapatkah orang belajar mencinta? Kalau dipelajari maka palsulah itu!

Kalau kita berbuat kebaikan supaya dipuji, baikkah itu? Kalau kita berbuat kebaikan agar dibalas dengan bunganya, baikkah itu? Kalau kita berbuat kebaikan agar jangan dihukum, baikkah itu? Yang dua pertama dasarnya menginginkan sesuatu, yang terakhir dasarnya takut. Ketiganya palsu! Segala sesuatu, termasuk perbuatan, haruslah wajar dan asli.

Yang asli dan wajar itu selalu benar dan indah. Apa bila diperkosa, diubah dengan paksa, maka akan timbul kepalsuan, pertentangan dan keburukan. Menginsyafi dan menyadari akan keburukan diri sendiri berarti merintis jalan ke arah lenyapnya keburukan itu, dan hanya dengan tidak adanya keburukan maka keindahan tercipta.

Perbuatan buruk timbul dari rasa sayang diri. Mengusahakan supaya dirinya baik dengan jalan pengekangan, tapa brata, menyiksa diri, dan lain sebagainya tidak akan membawa hasil, karena usaha ini pun merupakan kembang dari rasa sayang diri, jadi tiada bedanya dengan keburukan. Dimana ada keburukan, di sana kebenaran, kebaikan dan keindahan tak akan muncul. Yang terpenting adalah rnengenal diri pribadi, mengenal sifat-sifatnya, keburukan-keburukannya, cacat-cacatnya, menginsyafi, menyadari dengan kesungguhan bukan pura-pura, maka keburukan akan tiada! Kalau keburukan tiada, dengan sendirinya yang ada hanyalah kebenaran, dan keindahan.


Kun Liong bersungut-sungut. Sudah dua hari ayah bundanya sibuk mempersiapkan obat untuk perwira yang terluka. Mengapa ayah ibunya demikian sibuk mengurus ketiga orang perwira sehingga tak mempedulikannya, bahkan sudah beberapa kali menolak undangan orang-orang untuk memeriksa keluarga yang sakit?

"Ayah dan lbu pilih kasih! Apakah karena yang memerintahkan adalah Ma-taijin, seorang pembesar, dan karena itu undangan orang-orang kampung tak dihiraukan? Apakah ayah dan ibu sudah menjadi orang-orang mata duitan?

“Ihhh... bodoh kau!" Ia menampar dahi sendiri, merasa betapa tidak baik jalan pikirannya terhadap ayah bundanya.

Seekor anjing berbulu putih memasuki kamarnya. Wajah Kun Liong yang tadinya muram itu kini berseri. Anjing itu bagus sekali, tubuhnya kecil seperti kucing, bulunya tebal putih seperti kapas, ekornya pendek dan ujungnya mekar, sepasang matanya berwarna kuning dan bergerak-gerak serta mulutnya yang kecil mengeluarkan salak lucu.

"Pek-pek (Si Putih) ke sinilah...!"

Akan tetapi anjing kecil itu bagaikan menggodanya, mendekat akan tetapi kalau hendak ditangkap, meloncat dan lari menjauh. Beberapa kali Kun Liong berusaha menangkapnya, akan tetapi anjing itu gesit sekali dan selalu dapat mengelak dengan loncatan-loncatan yang lucu, melarikan diri ke kolong meja, bangku dan ranjang membuat Kun Liong payah mengejarnya dan kehabisan akal. Kalau anjing yang bertubuh kecil itu menyusup-nyusup ke bawah kolong, mana bisa dia mengejar dan menangkapnya?

"Pek-pek, lihat ini kuberi roti!"

Anjing itu mendengus-dengus dan menggerak-gerakkan ekornya yang pendek, kemudian segera menghampiri Kun Liong, menerima sepotong roti kering itu dengan mulutnya, lalu memakannya dengan ekor bergoyang dan tidak lari lagi ketika Kun Liong merangkulnya.

"Kau memang nakal! Kalau tidak diberi hadiah tidak mau mendekat!" Kun Liong berkata, lalu membelitkan kain tilam mejanya pada pinggang anjing itu. "Nah, pergilah dan larilah sekarang kalau bisa!"

Dia memegangi ujung kain dan tentu saja anjing kecil itu tidak bisa lari lagi. Akan tetapi dia pun agaknya sudah tidak ingin lari lagi setelah diberi roti, hanya terus mengeluarkan bunyi ngak-nguk minta lagi karena sepotong roti tadi sudah habis.

Karena merasa kesepian dan bosan, timbul kenakalan Kun Liong untuk mempermainkan anjing peliharaan keluarga itu. Sisa rotinya dia berikan semua kepada Si Putih dan dia lalu mengambil kaleng-kaleng kosong dan sebuah kelenengan diikatkan pada ekor dan leher anjingnya.

Setelah anjing itu menghabiskan semua sisa roti, Kun Liong mengajaknya bermain-main. Dia lari ke sana-sini sambil memanggil-manggil. Anjing itu segera mengejarnya dan tentu saja kaleng-kaleng kosong dan kelenengan yang bergelantungan pada leher dan ekornya mengeluarkan bunyi gaduh.

Kun Liong tertawa dan anjing itu menjadi bingung dan ketakutan. Agaknya dia mengira bahwa ada sesuatu yang mengejarnya dari belakang, sesuatu yang menakutkan karena mengeluarkan suara gaduh. Beberapa kali dia menoleh dan berusaha menggigit ekornya yang diganduli kaleng-kaleng kosong, akan tetapi gerakannya membuat kaleng-kaleng itu terseret dan mengeluarkan suara sehingga anjing itu terkejut dan melompat ke depan.

Tentu saja setiap lompatannya membuat kaleng-kaleng itu terbanting dan makin gaduh suaranya. Dengan ketakutan anjing itu meloncat dan berlari, keluar dari kamar Kun Liong diikuti suara ketawa anak itu yang segera mengejar.

Makin kencang lari anjing itu, makin keras pula suara kelenengan dan kaleng-kaleng yang ikut terseret itu, dan makin takutlah binatang itu yang mengeluarkan suara ngak-nguk dan berlari menabrak sana-sini. Mula-mula Kun Liong merasa gembira sekali, mengejar sambil tertawa-tawa, akan tetapi ketika dia melihat anjing itu memasuki kamar obat di ruangan belakang, dia menjadi terkejut sekali.

"Heiii! Pek-pek... tidak boleh ke situ...! Hayo keluar kau...!"

Dia mengejar ke dalam kamar yang pintunya terbuka itu, siap menerima omelan ayahnya yang tentunya akan marah-marah. Akan tetapi kamar itu kosong, agaknya ayah bundanya sedang beristirahat di ruangan depan setelah dua hari sibuk di dalam kamar obat itu.

"Pek-pek... mari sini...!"

"Pranggg... prakk...!"

Anjing itu meloncat ke atas meja, menabrak dua buah guci yang terletak di atas meja sehingga dua buah guci itu jatuh dan pecah, seluruh isinya tumpah.

"Aduh, celaka...!" Kun Liong berseru dengan mata terbelalak dan muka berubah pucat.

"Haiii, suara apa itu...?"

Mendengar seruan suara ayahnya, Kun Liong cepat menyelinap dan bersembunyi di balik gulungan tirai. Yap Cong San berlari masuk dari kamar yang menembus ruangan tengah.

"Wah... sungguh celaka... obatnya tumpah semua...!"

Pendekar itu cepat mengambil dua buah guci dan dengan hati-hati dia menampung isinya yang tinggal sedikit. Ada pun Pek-pek telah keluar dari kamar itu melalui jendela. Setelah menaruh obat yang tinggal sedikit itu ke dalam guci lain, Cong San lalu menjenguk ke luar jendela.

"Hemmm... Pek-cu yang menumpahkannya. Dia ketakutan diganduli kaleng kosong dan kelenengan. Haiii... Kun Liong..." Dia memanggil dan meloncat keluar dari jendela untuk menangkap Pek-pek.

Kun Liong menggigil. Tidak mungkin dia menyangkal lagi. Tentu ayahnya mengerti siapa yang menjadi biang keladi tumpahnya obat itu dan tentu sekali ini ayahnya tidak hanya mengomel saja, melainkan telapak tangan ayahnya akan ikut pula beraksi. Entah pantat atau telinganya, yang jelas dia akan menjadi korban hukuman, bahkan sekali ini ibunya pun akan marah kepadanya!

Ngeri menghadapi semua itu, terutama sekali menghadapi kemarahan ibunya yang tentu akan menyakitkan hatinya, Kun Liong berindap-indap keluar dari kamar obat, melalui pintu samping dan melarikan diri keluar dari rumah, terus berlari ke luar kota dan memasuki hutan.!

********************

Selama dua hari dua malam Kun Liong melarikan diri, hanya berhenti bila kakinya sudah tidak kuat lagi berlari. Dia melarikan diri dengan tergesa-gesa sekali, dibayangi rasa takut kalau-kalau ayahnya melakukan pengejaran.

Oleh karena sekali ini dia melakukan perjalanan dibayangi rasa takut, maka jauh bedanya dengan perjalanannya masuk keluar hutan pada waktu dia pergi mencari bambu kuning dulu. Kini dia tidak lagi dapat menikmati segala keindahan yang terbentang di depannya.

Perutnya hanya diisi kalau sudah tidak sanggup menahan lapar, diisi apa saja yang dapat ditemukan dalam hutan. Buah-buah, daun-daun muda, akar-akaran dan kadang-kadang kalau dia berhasil menangkap kelinci dengan sambitan batu, dapat juga dia makan daging kelinci.

Untung baginya bahwa pada waktu itu pemerintah dikendalikan oleh tangan Kaisar Yung Lo yang amat keras. Kaisar ini terus berusaha memperbaiki keadaan negara dan rakyat, dengan memberantas kejahatan, membasmi perampok-perampok sehingga pada waktu itu tak ada perampok yang berani muncul. Kalau tidak demikian keadaannya, sudah pasti sebelum lewat sehari menjelajahi hutan-hutan itu, Kun Liong sudah akan bertemu dengan perampok.

Harus diakui bahwa Kaisar Yung Lo yang berhasil merebut kedudukan Kaisar dari tangan keponakannya sendiri, yaitu Kaisar Hui Ti, sudah melakukan banyak usaha keras untuk mendatangkan kemakmuran bagi rakyatnya. Pertama, untuk menghindarkan pemerintah yang dipimpinnya dari pengaruh pembesar-pembesar korup sebagai sisa-sisa kaki tangan pemerintah yang lalu, ibu kota yang tadinya berada di Nanking dipindahkannya ke Peking. Di kota itu oleh Kaisar Yung Lo didirikan bangunan-bangunan yang luar biasa besar dan indahnya, yang gilang-gemilang sehingga menurut sejarah tidak ada taranya di jaman itu.

Di samping pembangunan yang mengandung seni bangunan megah itu ia pun menyuruh susun, perbaiki dan perkuat bangunan Tembok Besar di sebelah utara. Tembok besar ini dimulai pembangunannya pada abad ke dua sebelum tarikh Masehi oleh Kaisar Chin She dari Kerajaan Cin yang kemudian sering mengalami perbaikan-perbaikan selama sejarah berkembang. Maksud pertama dari pembangunan Tembok Besar ini adalah untuk dapat mencegah serbuan-serbuan bangsa asing dari utara yang semenjak dahulu merupakan ancaman.

Selain memerintah untuk memperbaiki dan memperkuat Tembok Besar yang panjangnya lebih dari tiga ribu lima ratus kilometer itu, juga Kaisar Yung Lo melanjutkan pekerjaan besar membuat Terusan Besar yang dimulai penggaliannya oleh para kaisar Mongol di jaman Kerajaan Goan-tiauw yang lalu. Terusan ini menghubungkan Sungai Yang-ce dan Sungai Huang-ho, lalu terus ke utara hingga dekat kota raja Peking. Untuk pembangunan-pembangunan yang hebat itu tentu saja dibutuhkan banyak sekali biaya-biaya dan tenaga manusia, namun dengan kekerasan, pekerjaan raksasa itu dapat juga diteruskan.

Kaisar Yung Lo tidak hanya mengusahakan kemajuan pembangunan-pembangunan saja, akan tetapi juga perdagangan dengan luar negeri. Untuk keperluan ini maka harus dicari hubungan dengan negara-negara baru di seberang lautan dan dia memerintahkan kepada seorang laksamana yang terkenal amat sakti dan pandai, yaitu The Hoo...
Selanjutnya,

Petualang Asmara Jilid 01

Petualang Asmara Jilid 01
Karya : Kho Ping Hoo

Cerita Silat Mandarin Serial Pedang Kayu Harum Karya Kho Ping Hoo
ANAK LAKI-LAKI itu tidak akan lebih dari sepuluh tahun usianya. Tubuhnya tinggi dan tegap bagi anak setua itu. Baju dan celananya terbuat dari sutera, bentuknya amat sederhana. Bajunya warna kuning polos dengan pinggiran merah tua, membuat warna kuning baju itu tampak menyala bersih. Pada pinggangnya membelit tali sutera dan celananya berwarna biru muda. Sepatunya yang coklat itu masih baru namun penuh debu.

Wajah anak itu terang dan tampan, berbentuk bulat dengan sepasang telinga lebar yang menjulang di kanan kiri karena rambutnya disatukan di atas kepala membentuk sanggul dan dibungkus dengan kain kepala dari sutera hijau. Kedua matanya lebar dan bersinar terang, dilindungi sepasang alis yang hitam dan sudah dapat diduga bahwa kelak alis itu akan menjadi tebal dan berbentuk golok. Hidung serta mulutnya kecil membayangkan kehalusan budi, akan tetapi tarikan syaraf pada dagunya membayangkan kemauan yang membaja.

Dengan lenggangnya yang bebas lepas anak itu melangkah di dalam hutan yang sedang menyambut munculnya sang mentari pagi. Wajahnya gembira sekali, sepasang matanya bersinar-sinar memandangi segala yang tampak di depannya, yang jauh mau pun yang dekat, dan mulutnya tersenyum. Secara tiba-tiba dia berhenti, matanya terbelalak penuh kegembiraan memandang ke arah kiri, melihat seekor kelinci yang mendadak keluar dari semak-semak.

Agaknya kelinci itu pun terkejut, berhenti, kemudian menengok ke kanan kiri. Hidungnya bergerak-gerak kembang kempis membuat cambangnya yang hanya beberapa helai itu juga turut bergerak-gerak naik turun. Matanya yang jernih dan lebar bergerak-gerak liar, sepasang daun telinganya yang panjang menjungat ke atas, bergerak-gerak ke atas dan ke bawah menangkap segala suara yang datang dari sekelilingnya.

“Hi-hik...!" Anak itu tak dapat menahan geli hatinya melihat binatang yang lucu itu dan si kelinci terperanjat, berloncatan lenyap ke dalam semak-semak kembali.

Anak laki-laki itu pun melanjutkan langkahnya. Hanya mata seorang yang pikirannya tidak dibebani sepenuhnya dengan segala macam persoalan hidup seperti mata anak itulah yang akan dapat menikmati keindahan dalam hutan di pagi hari itu, dan sesungguhnyalah bahwa hanya anak-anak saja yang dapat menikmati hidup ini, karena manusia dewasa, kecuali mereka yang sudah sadar dan bebas, hidupnya penuh dengan persoalan yang timbul dari pertentangan-pertentangan batin dan lahir.

Betapa indahnya rumput-rumput menghijau di hutan itu. Ada yang rebah, ada pula yang berdiri, ada yang panjang ada yang pendek, semua begitu bebas dan segar, begitu wajar namun lebih rapi dari pada kalau diatur tangan manusia, nampak gembira dengan batang membasah bermandikan cahaya matahari pagi, berkilauan seolah-olah dari setiap batang rumput mengeluarkan cahaya kesucian.

Daun-daun pohon menari-nari perlahan dihembus angin pagi, bagai mengangguk-angguk membawa butiran-butiran lembut yang gemilang seperti mutiara. Burung-burung kecil dan beraneka warna bulunya, lincah bergembira dan berkejaran sambil mencuit bersiul saling sahut, berloncatan dari dahan ke dahan.

Sinar matahari yang menyerbu pohon, menembus di antara celah-celah daun membentuk garis-garis putih di antara cahaya kuning kemerahan, cahaya keemasan. Adakah lukisan yang seindah kenyataan? Adakah rangkaian kata-kata yang bisa menceritakan keindahan yang wajar, mulus asli dan ajaib ini?

Beberapa helai daun pohon menguning lepas dari tangkainya, lalu melayang-layang ke bawah, menari-nari ke kanan kiri seperti gerak pinggul seorang penari yang lincah dan lemas, seolah-olah merasa sayang meninggalkan tangkainya tetapi tidak dapat menahan daya tarik bumi. Betapa mata tidak akan menjadi sehat dan segar menyaksikan semua keindahan ini?

Sayang bahwa jarang terdapat manusia seperti anak laki-laki itu yang dapat memandang dengan mata terbuka, terang dan jernih, tak terselubung tirai persoalan hidup yang keruh. Makin terang cahaya matahari, semakin ramai suara memenuhi hutan. Ramai akan tetapi sedap didengar bagi mereka yang mampu mempergunakan telinganya untuk mendengar, seperti anak itu, sehingga mampu menangkap keindahan hidup dalam pendengarannya.

Suara burung beraneka macam, dengan keindahannya masing-masing, ada yang tinggi melengking, ada yang menciap-ciap pendek, ada yang rendah parau, akan tetapi sukar membedakan mana yang lebih indah bagi telinga yang mendengar tanpa perbandingan sehingga tidak ada lagi istilah baik dan buruk!

Di antara perlombaan suara burung ini, kadang-kadang terdengar kokok ayam hutan dan sayup-sayup terdengar suara gemerciknya air dari anak sungai yang mengalir di dalam hutan, suara air bermain dengan batu-batu hitam, seperti suara gelak tawa dan kekeh manja sekumpulan anak perawan yang sedang bersendau gurau.

Kegembiraan memenuhi hati anak itu, membuat dia merasa menjadi sebagian dari alam dan keindahan itu sendiri. Dan dengan wajah tampak berseri-seri, anak itu lalu membuka mulut dan bernyanyi! Nyanyian aneh yang dinyanyikan dengan wajah berseri dan suara gembira, akan tetapi kata-kata dalam nyanyian itu sendiri adalah kata-kata keluhan yang menyedihkan!

Agaknya, nyanyian itulah yang dihafal olehnya, dan jelas bahwa dia bernyanyi sekedar melepaskan kegembiraan yang berkumpul di dalam hatinya, sekedar mengeluarkan suara mengikuti contoh burung-burung di dalam hutan, tanpa mempedulikan isi nyanyian yang dihafalnya di luar kepala. Dia tidak peduli akan kata-kata dalam nyanyian, karena dalam keadaan seperti dirinya di saat itu, kata-kata merupakan benda usang yang sama sekali tidak ada artinya! Baginya, yang penting bukan kata-katanya, melainkan suaranya yang menggetar nyaring penuh daya hidup!

Berbahagialah anak itu yang mempunyaii seni memandang dan mendengar sewajarnya. Dengan pandangan dan pendengaran wajar, penuh perhatian, penuh kasih sayang, tanpa disertai penilaian, tanpa perbandingan, tanpa pamrih, tanpa prasangka, maka tampak dan terdengarlah olehnya segala keindahan yang tak ternilai.

Lukisan-lukisan terindah yang ada di dunia ini hanya akan tampak bagaikan benda lapuk saja dibandingkan dengan kenyataannya. Nyanyian sajak-sajak yang paling terkenal di dunia ini hanya akan terdengar bagai kata-kata hampa dibandingkan dengan suara alam itu sendiri jika didengarkan dengan pikiran bebas.

Suara anak itu masih lembut dan ringan seperti suara wanita. Suaranya belum pecah dan parau, menunjukkan bahwa dia belum dewasa. Namun suaranya nyaring sekali, karena dia bernyanyi dengan bebas lepas, dari dalam dadanya!

Langit di atas bumi di bawah,
mengapit ketidak adilan
perut lapar minta makan,
minta kepada siapa?
ayah bunda pun belum makan,
semua kelaparan!
minta kepada Si bangsawan
digigit anjing penjaga
minta kepada Si kaya
diberi maki dan pukulan!
Hayaaaa...!


Anak itu mengulang-ulang dengan suara gembira, akan tetapi pada ulangan ke empat kalinya, dia berhenti di tengah-tengah karena mendengar suara teguran,

"Haiiii!"

Anak itu menghentikan langkahnya, kemudian membalikkan tubuh.

Seorang laki-laki setengah tua, memikul kayu bakar, mendekat dengan langkahnya yang pendek-pendek namun cepat, mengimbangi ayunan pikulannya. Setibanya di depan anak itu, dia menurunkan pikulan, menghapus keringat dari muka dan leher, meludah ke kiri, kemudian memandang lagi kepada anak itu dengan mulut menyeringai. Agaknya sudah menjadi kebiasaan orang ini menyeringai seperti itu dengan mulut menyerong ke kanan, mata kanan agak disipitkan sehingga tampak garis-garis tertentu pada bagian kulit muka yang berlipat.

"Wah, engkau bukan pengemis!" serunya dengan nada heran setelah menyapu pakaian anak itu dengan pandang matanya.

"Memang aku bukan pengemis," jawab anak itu. "Dan engkau seorang tukang pencari kayu agaknya, lopek (paman tua)?"

"Memang aku mencari kayu. Setiap pagi aku mencari kayu di hutan ini, lalu kubawa ke kota dan kujual sebagai penukar bahan pengisi perut kami bertiga."

"Bertiga?"

"Ya, aku sendiri, anakku dan ibunya."

"Ohhhh..."

"Hemm, dan selama bertahun-tahun aku mencari kayu, baru pagi ini aku melihat hal-hal aneh, di antaranya melihat seorang anak kecil berkeliaran seorang diri di dalam hutan, menyanyikan lagu pengemis padahal engkau bukan pengemis."

"Anehkah itu?"

"Tentu saja aneh. Pakaianmu dari sutera halus, sepatumu baru. Engkau bukan pengemis dan biasanya, hanya para pengemis dan orang miskin saja yang suka menyanyikan lagu itu. Dan engkau pasti bukan pengemis."

"Sudah kukatakan aku bukan pengemis."

"Dan bukan orang miskin pula."

Anak itu mengerutkan alisnya, meragu lalu menggeleng kepala. "Entahlah, aku tidak tahu apakah orang tuaku kaya ataukah miskin. Bagaimanakah untuk membedakan yang kaya dengan yang miskin?"

Tukang mencari kayu itu juga mengerutkan alisnya, menggaruk-garuk kepala kemudian meludah lagi ke kiri. Tampaknya meludah ke kiri ini pun menjadi kebiasaannya, seperti kebiasaan menyeringai dengan mulut menyerong ke kanan.

"Yang hidup serba kecukupan itu orang kaya, yang serba kekurangan itu orang miskin."

Anak itu kembali termenung, kedua alisnya berkerut hampir bertemu di atas batas hidung, kemudian dia memandang kakek itu sambil bertanya lagi, "Lopek, yang dikatakan serba cukup itu bagaimana, dan yang serba kekurangan itu bagaimana?"

Agaknya kakek itu sudah lelah. Pagi ini dia mengumpulkan kayu hampir dua kali lebih dari biasanya karena dia membutuhkan uang kelebihan, untuk membeli sepatu anaknya yang rewel minta dibelikan sepatu baru. Bukan baru benar melainkan bekas akan tetapi yang masih baik dan belum usang.

"Yang serba kecukupan itu adalah... hemm, yang dapat menutup kebutuhannya, sedang yang serba kekurangan itu tentu saja yang tak pernah terpenuhi segala kebutuhannya."

"Ohhh, jadi tergantung dari kebutuhannya, ya? Apa bila kebutuhannya hanya sedikit tentu cukup dengan sedikit pula sedangkan yang kebutuhannya banyak sekali melebihi semua yang dimilikinya, mana bisa mencukupi?"

"Wah, sulit juga kalau begitu. Yang cukup adalah yang dapat makan setiap hari...," kata Si Kakek agak bingung karena persoalan yang dianggapnya remeh itu kini menjadi sulit.

"Lopek. apakah lopek dapat makan setiap hari?"

"Hemm... ya, biar pun hanya dengan sayur sederhana."

"Kalau begitu, lopek adalah seorang kaya!" Anak itu berkata gembira seakan-akan dia dapat memecahkan teka-teki yang amat sulit.

"Hahh...?!" Pencari kayu itu terbelalak.

"Menurut lopek, orang kaya adalah yang kecukupan, yang kecukupan adalah yang setiap hari bisa makan. Lopek setiap hari bisa makan, berarti kecukupan, dan karena kecukupan berarti kaya!" Anak itu gembira sekali lalu membungkuk membalikkan tubuh dan berkata, "Selamat pagi, lopek!"

Kakek itu masih berdiri terpukau pada tempatnya. Matanya memandang kosong karena pikirannya bekerja keras mengingat semua ucapan anak itu. "Aku... kaya..? Heiiiii! Nanti dulu! Tunggu dulu...!" dia memanggil.

Anak itu menoleh, membalikkan tubuh dan tersenyum. Senyum bebas lepas dan wajar. "Ada apakah, lopek?"

"Tentang kaya dan miskin, aku menarik semua pendapatku. Aku bukan orang kaya, tetapi apakah aku miskin...hemm, entahlah. Tetapi engkau yang berpakaian mahal, mengapa menyanyikan lagu pengemis kelaparan?"

"Lagu adalah lagu, lopek. Siapa saja beleh melagukannya!"

"Tapi isi kata-katanya itu! Tentang kelaparan! Apakah engkau pernah kelaparan?"

Kini si anak tercengang. Baru sekarang ia sadar bahwa nyanyiannya itu bercerita tentang anak kelaparan. Dia menggeleng kepala dan berkata lambat-lambat, "Aku belum pernah kelaparan, lopek. Akan tetapi... apakah bedanya? Melihat anak-anak pengemis pun sama sengsaranya terasa dalam hati. Ada nyanyiannya tentu ada kenyataannya, bukan? Ehh, lopek. Katakanlah, mengapa di dunia ini ada anak-anak yang kelaparan? Mengapa ada bangsawan yang berkuasa amat tinggi, ada hartawan yang memiliki kekayaan berlebihan dan berlimpahan, akan tetapi sebaliknya ada pekerja yang paling rendah kedudukannya, dan ada pengemis-pengemis yang kelaparan?"

Kakek itu kembali terbelalak, kini memandang kepada anak itu dengan heran. Selamanya belum pernah terpikirkan olehnya akan kenyataan yang sebetulnya sudah dia lihat sendiri itu. Ya, kenapa?

"Wah, kenapa ya? Mengapa keadaan bisa begitu?"

"Lopek, salah siapakah itu? Apakah salah si bangsawan tinggi? Apakah si pekerja kasar rendahan yang salah? Si hartawan kaya raya ataukah si pengemis yang salah? Apakah si bangsawan tinggi terlampau menindas, ataukah si pekerja rendah terlalu menjilat? Apakah hartawan terlampau kikir, ataukah pengemis terlampau malas? Salah siapa lopek?"

"Cuhh! Cuhhh!" Kakek itu kini meludah hingga dua kali, dengan hati-hati dia mengarahkan ludah yang ke dua agar tepat mengenai yang pertama, akan tetapi bidikannya meleset jauh.

"Agaknya yang salah adalah..." Tiba-tiba dia menengok ke kanan kiri dengan muka takut karena baru saja terpikir olehnya bahwa dia telah membawa diri dengan percakapan yang amat berbahaya, percakapan yang mungkin akan mengakibatkan kepalanya terpenggal kalau terdengar oleh ‘yang berwajib’! Maka disambungnya kata-katanya tadi,

"... adalah Thian (Tuhan)!"

"Ah, engkau mencari kambing hitam yang tak tampak saja, lopek!" Anak itu membantah.

Si kakek lalu tergesa-gesa mengangkat dan memikul kembali pikulan kayunya sambil berkata, "Wah, menuruti engkau bercakap-cakap, aku akan kesiangan menjual kayu!"

Ucapan ini dikeluarkan dengan suara keras, tapi kemudian disambungnya berbisik, "Anak baik, engkau anak siapakah?"

"Ayahku membuka toko obat di ujung Jembatan Hijau..."

"Wah, engkau putera Yap-sinshe (tukang obat Yap)?" Pencari kayu itu bertanya.

"Ya, namaku Yap Kun Liong...," anak itu menjawab,

Sesudah mendengar jawaban anak itu, Si Pencari Kayu lalu berbisik lagi, "Siauw-kongcu (tuan kecil), lebih baik engkau pulang saja. Hutan ini tidak aman hari ini. Tadi, masih gelap sekali sudah kulihat banyak orang aneh berkeliaran di dalam hutan, seperti setan-setan saja. Hayo, pulang saja ke kota bersamaku."

Kun Liong, anak itu mengerutkan alisnya sambil meruncingkan mulutnya, menggelengkan kepala. "Aku belum ingin pulang, masih suka bermain-main di dalam hutan. Selamat pagi, lopek." Anak itu karena khawatir kalau-kalau akan dipaksa pulang oleh pencari kayu yang agaknya mengenal ayahnya, lalu berlari memasuki hutan.

Tukang pencari kayu itu hanya menggeleng kepala, lalu memikul kayunya sambil bicara seorang diri, "Yap-sinshe orang baik, pernah mengobati isteriku. Aku harus memberi tahu. Jangan-jangan anaknya berada dalam bahaya."

Tergesa-gesa dia kemudian melanjutkan perjalanannya keluar dari hutan untuk menjual kayunya ke kota.

Kun Liong sudah melupakan pertemuan dan percakapan dengan pencari kayu tadi. Hari terlampau cerah, hutan terlampau indah untuk diganggu kenangan peristiwa yang tak ada artinya itu. Cahaya matahari pagi yang keemasan, dengan garis-garis putih yang hidup dan mengandung kehidupan karena di dalamnya tampak jutaan benda-benda kecil yang bergerak-gerak, berselang-seling dengan pohon-pohon besar kecil dengan dahan serta cabangnya yang mencuat ke sana sini dengan bebas. Indah bukan main!

Dia sudah tahu bahwa tidak jauh dari situ, tepat di tengah-tengah hutan, di bagian yang agak tinggi merupakan anak bukit, di sana terdapat sebuah kuil tua yang kini sudah tidak berpenghuni lagi. Sudah beberapa kali dia bermain-main di dalam kuil itu, dan sekarang ke sanalah dia menuju.

Ada serumpun bambu kuning berbelang-belang hijau di belakang kuil tua itu dan dia ingin mengambil sebatang bambu yang indah itu. Menurut kata ayahnya, bambu belang itu adalah sejenis bambu ular yang kuat dan tebal, lubangnya hanya kecil saja dan bambu itu sendiri, yang sudah tua, kulitnya mengkilap dan besarnya sama dengan lengannya.

Hatinya yang gembira itu berubah ketika dia tiba di depan kuil tua karena dia mendengar suara hiruk-pikuk dari dalam kuil! Kun Liong teringat akan cerita Si Tukang Mencari Kayu, maka dia cepat bersembunyi di belakang sebatang pohon depan kuil sambil mengintai.

Dia mendengar suara bentakan-bentakan seperti orang sedang bersilat dan bertempur, kemudian disusul suara teriakan-teriakan mengerikan dan dari pintu kecil yang sudah tak berdaun lagi, yang terbuka menganga, tampak tubuh dua orang terlempar dan terbanting ke atas tanah depan kuil itu. Lemparan itu amat kuat sehingga dua batang tubuh manusia itu bergulingan dan akhirnya terhenti tak jauh dari tempat Kun Liong bersembunyi, tidak bergerak-gerak lagi.

Dari tempat persembunyiannya Kun Liong memandang dengan mata terbelalak. Ia sering mengikuti ayah dan ibunya mengobati orang sakit, dan sering pula melihat orang mati. Kini, melihat letak tangan, kaki, dan kepala dua orang lelaki setengah tua yang terlempar tadi, tahulah dia bahwa mereka berdua itu sudah tak bernyawa lagi!

Kun Liong tidak takut atau ngeri melihat orang mati, akan tetapi dia merasa penasaran sekali. Siapakah yang begitu kejam membunuh orang begitu saja di pagi hari seindah itu? Pembunuh yang amat kejam, hal ini dia ketahui sesudah mendekati dan memeriksa dua mayat itu yang ternyata tewas dengan mata mendelik dan di dahi mereka tampak bekas jari tangan berwarna putih! Walau pun pelajaran ilmu silatnya belum setinggi itu, sebagai putera suami isteri pendekar, Kun Liong dapat menduga bahwa pembunuh kedua orang ini mempunyai ilmu pukulan beracun yang amat jahat!

Tiba-tiba dia mendengar sesuatu dan cepat menyelinap kembali, bersembunyi di dalam semak-semak. Kiranya suara itu adalah suara tiga orang laki-laki yang berpakaian seperti petani, bertopi caping lebar dan sedang berjalan menuju kuil dengan cepat sekali. Mereka berhenti di dekat mayat dua orang itu, memandang sebentar kemudian seorang di antara mereka berkata perlahan,

"Si Iblis itu benar-benar berada di dalam kuil."

Kedua orang temannya mengangguk dan tangan mereka bertiga meraba-raba gagang pedang, kemudian ketiganya dengan gerakan cepat dan ringan lari memasuki kuil tua.

Kun Liong tertarik sekali menyaksikan apa yang akan terjadi di dalam kuil. Akan tetapi, untuk mengikuti mereka tadi begitu saja, dia tidak berani karena dia mengerti bahwa akan terjadi hal-hal yang hebat. Dia harus berlaku hati-hati sekali. Dengan menyelinap di antara semak-semak dan pohon-pohon, dia mengambil jalan memutar, menuju ke belakang kuil.

Tembok belakang yang melingkari kuil tua itu sudah ambruk, maka bagian belakang kuil itu tampak jelas. Kun Liong sudah sering mengunjungi tempat ini, maka dia hafal benar. Dengan hati-hati akhirnya dia dapat bersembunyi di belakang rumpun bambu kuning. Kini bambu-bambu kuning yang sudah banyak yang tua dan mengkilap itu tak diperhatikannya lagi karena perhatiannya tercurah ke sebelah belakang kuil dan dia memandang dengan jantung berdebar tegang.

Kiranya tiga orang tadi sudah berada di halaman belakang kuil, berdiri dengan sikap tegak dan telah bersiap-siap menghadapi seorang kakek yang aneh! Dari balik daun-daun dan batang-batang bambu kuning, Kun Liong mengintai penuh perhatian. Kebetulan sekali kakek aneh itu duduknya tidak membelakanginya benar sehingga dia dapat melihat muka kakek itu dari samping.

Dia adalah seorang kakek yang berpakaian serba putih, hanya merupakan kain panjang membelit-belit tubuhnya yang tinggi kurus. Rambutnya sudah berwarna dua, digelung ke atas model sanggul para tosu (pendeta beragama To), kedua kakinya memakai kaus kaki dan sandal pendeta. Tosu yang usianya tentu tak kurang dari enam puluh tahun ini duduk bersila di atas sebuah benda yang aneh.

Benda itu berbentuk bunga teratai dan berwarna putih. Bunga logam putih itu terletak di tengah halaman dan di sekeliling kakek itu tampak goresan di atas tanah yang bergaris tengah tiga meter lebih.

Agaknya kedatangan tiga orang petani bertopi caping lebar itu tidak dipedulikan tosu yang tetap duduk bersila sambil memejamkan mata memangku sebatang tongkat bambu yang panjangnya kira-kira tiga kaki.

"Totiang, harap maafkan kalau kami datang mengganggu totiang yang sedang beristirahat dalam kuil tua ini." Seorang di antara ketiga orang petani itu, yang memelihara cambang melintang di bawah hidung, menjura sambil mengeluarkan kata-kata yang nadanya sopan menghormat itu.

Tosu tua itu membuka kedua matanya dan terkejutlah tiga orang itu melihat betapa mata tosu itu hampir tidak tampak hitamnya. Mata seorang buta, atau setidaknya tentu lamur!

"Siancai...! Sam-wi ada keperluan apakah?"
"Kami kebetulan lewat di dalam hutan dan di depan kuil kami melihat ada dua orang yang telah menjadi mayat. Selain itu kami telah mendengar di kota bahwa sepekan yang lalu, di dalam hutan pohon pek di selatan kota, juga terdapat mayat lima orang dengan ciri yang sama, yaitu di dahi mayat-mayat itu terdapat tanda tapak jari tangan putih. Totiang yang sejak tadi berada di dalam kuil ini tentu mengetahui sebab kematian dua orang di luar kuil itu. Maukah totiang memberitahukan kepada kami?"

Sejenak kakek itu hanya memandang tiga orang tadi penuh perhatian, seolah-olah kedua matanya dapat melihat dengan jelas. Biar pun tiga orang itu merasa yakin benar bahwa dua buah mata yang maniknya yang sudah menjadi putih itu tidak dapat melihat dengan baik, mereka merasa tidak enak dan diam-diam bulu tengkuk mereka meremang ketika sepasang mata itu ditujukan kepada mereka sampai lama tidak pernah berkejap!

Kemudian, kedua mata itu dipejamkan, kakek itu lalu membuka mulutnya dan bernyanyi!

Bunga suci, Teratai Putih
di tengah lumpur, tetap bersih,
Siapa saja hendak mengotori
berarti mencari mati sendiri!
Jika ada yang melanggar
garis lingkaran pemisah
dia akan menjadi korban
Pek-tok-ci yang sakti!


Ketiga orang itu saling pandang, kemudian mereka memandang ke arah garis lingkaran yang melingkari tempat duduk aneh kakek itu. Si Cambang Melintang melangkah maju selangkah, tepat di luar garis lingkaran, dan dia membentak sambil mencabut pedangnya, diikuti oleh dua orang kawannya.

"Tosu Pek-lian-kauw, kami sudah mengenal engkau! Menyerahlah, kami adalah petugas-petugas pemerintah yang bertugas menangkap Loan Khi Tosu tokoh Pek-lian-kauw!"

Tosu lamur (setengah buta) itu kembali membuka matanya dan tersenyum. "Kiranya tiga ekor anjing pemerintah! Pinto (aku) memang Loan Khi Tosu dari Pek-lian-kauw. Habis kalian mau apa? Pinto tetap tidak akan mengganggu kalian asalkan tidak melanggar garis lingkaran. Hal ini sudah menjadi pegangan pinto!"

Setelah berkata demikian, kakek itu mengetuk-ngetukkan tongkat bambunya pada bunga teratai putih dari logam yang didudukinya. Terdengar bunyi nyaring berirama, kemudian bunyi ketukan itu dijadikan irama mengikuti nyanyian yang kembali dinyanyikan oleh Si Kakek aneh. Akan tetapi berbeda dengan tadi, suara yang menyanyikan lagu ini terdengar menggetar dan melengking menusuk telinga!

Tahu akan kebodohan sendiri
adalah waspada,
tidak tahu mengaku tahu
adalah sebuah penyakit,
yang mengenal kenyataan ini
berarti sehat!
Sang Bijaksana berpikiran sehat
melihat penyelewengan seperti apa adanya
karenanya takkan pernah sakit.
Siancai...!


Kun Liong yang bersembunyi di balik rumpun bambu kuning, terkejut bukan main ketika mendengar suara nyanyian itu. Dia mengenal kata-kata nyanyian itu sebagai ujar-ujar di dalam kitab To-tik-keng yang banyak berubah. Akan tetapi bukan itu yang membuatnya terkejut, melainkan suaranya itulah!

Suara itu sangat tidak enak bagi telinganya, melengking tinggi rendah dan seakan-akan kedua telinganya ditusuk-tusuk jarum! Dan yang lebih hebat lagi, tiga orang yang sudah mencabut pedang itu, kini berdiri terhuyung-huyung, tidak dapat berdiri tegak. Mereka itu kelihatan ragu-ragu untuk menyerang sebab muka mereka pucat sekali dan tubuh mereka agak menggigil!

Kakek itu mengulangi lagi nyanyiannya. Kun Liong diam-diam menjadi marah. Nyanyian buruk itu masih hendak diulangi lagi? Dia marah dan hatinya panas. Kakek itu jelas bukan orang baik-baik, pikirnya dan karena dia pun tidak akan mampu berbuat sesuatu, untuk mengganggu kakek itu dia pun lalu membarengi kakek itu bernyanyi, bahkan mendahului sedikit,. Tentu saja yang dinyanyikannya adalah lagu pengemis tadi.

Maka segera terdengarlah nyanyian-nyanyian hiruk-pikuk tidak karuan, campur aduk dan aneh sekali, kacau-balau dan lucu karena nyanyian itu menjadi begini,

Langit di atas bumi di bawah
tahu akan kebodohan sendiri
mengapit ketidak adilan
adalah waspada!
perut lapar minta makan
tidak tahu mengaku tahu
minta kepada siapa?
adalah sebuah penyakit!
ayah bunda pun belum makan
yang mengenal kenyataan ini
semua kelaparan
berarti sehat.


Baru sampai di situ, kakek itu menghentikan nyanyiannya dan berteriak marah, melompat turun dari bunga teratai baja yang didudukinya. Tiga orang itu pun sudah menerjang maju dengan pedang mereka dan ternyata ilmu pedang mereka cukup hebat sedangkan wajah mereka tidak lagi pucat seperti tadi.

Tanpa disengaja, nyanyian Kun Liong tadi telah menolong tiga orang petugas pemerintah itu. Mereka sebetulnya adalah para perwira petugas keamanan yang sedang melakukan penyelidikan, orang-orang yang memiliki ilmu kepandaian tinggi.

Ketika tosu tadi bernyanyi, dia menggunakan khikang sambil mengerahkan sinkang-nya hingga suaranya itu merupakan serangan yang sangat hebat. Bagi orang yang memiliki ilmu kepandaian tinggi, dia dapat menggunakan suara untuk mencelakakan lawan, seperti yang dilakukan Loan Khi Tosu tadi.

Suara dapat menyerang melalui pendengaran, lalu mengusik hati mengacau pikiran dan menggetarkan urat syaraf, lama-lama dapat menyerang jantung lawan dan membunuhnya tanpa turun tangan! Karena masih kanak-kanak dan pikirannya masih bebas, atau paling tidak belum terlalu kotor dan penuh seperti pikiran manusia dewasa, walau pun suara itu amat tidak enak didengarnya, akan tetapi Kun Liong tidaklah amat menderita seperti yang diderita tiga orang perwira yang manyamar sebagai petani-petani itu.

Kemudian tanpa disengajanya, tapi hanya untuk menyatakan rasa mendongkol terhadap kakek itu, Kun Liong dapat memecahkan atau membikin rusak pengaruh khikang dalam nyanyian Loan Khi Tosu dengan mengacaukan nyanyiannya dengan nyanyiannya sendiri! Hal ini membuat keadaan tiga orang tadi pulih kembali dan mereka lalu menerjang maju, sedangkan Loan Khi Tosu dengan marah sekali sudah turun dari bunga teratai baja dan menghadapi tiga orang lawannya dengan tongkat bambunya.

Tiga orang perwira itu bukanlah orang-orang sembarangan. Mereka adalah kepala-kepala pengawal di kota Leng-kok dan menjadi orang-orang kepercayaan kepala daerah kota Leng-kok. Mereka adalah bekas anak buah Jenderal Yung Lo yang kini sudah menjadi kaisar. Ilmu kepandaian mereka cukup tinggi dan kini mereka mengurung tosu itu dengan membentuk barisan segitiga.

Si Cambang Melintang rupa-rupanya menjadi pimpinan mereka. Ia lebih dulu membentak keras dan menyerang dengan pedangnya, menusuk ke leher tosu itu dari samping kiri. Gerakannya cepat dan kuat sekali, dan menyusul gerakannya ini, temannya yang berada di depan tosu itu telah menerjang dengan tusukan pedang ke arah perut.

Orang ke tiga segera menyusul dengan sambaran pedangnya yang membabat ke arah kaki lawan. Dengan demikian, secara beruntun dan cepat sekali merupakan rangkaian serangan bersambung, tosu itu dihujani serangan ke leher, perut, dan kakinya!

Melihat sinar tiga batang pedang berkilat menyambar secara berturut-turut itu, Loan Khi Tosu tak menjadi gentar atau pun gugup. Dengan tenang-tenang saja dia menggerakkan tongkat, menangkis pedang yang menyambar leher, tongkatnya dipentalkan dan langsung menangkis pedang yang menusuk perut kemudian tubuhnya mencelat ke atas sehingga sambaran pedang ke arah kakinya itu tidak mengenai sasaran.

Dari atas, dia sudah menggerakkan lagi tongkatnya, menusuk ke arah ubun-ubun kepala Si Cambang sambil menampar dengan tangan kiri ke arah orang di depannya, sedangkan kakinya menendang ke arah orang di sebelah kanannya. Dapatlah dibayangkan betapa cepat gerakan kakek itu yang selagi tubuhnya masih berada di atas telah dapat mengirim serangan kepada tiga orang lawannya sekaligus!

Akan tetapi, ketiga orang lawannya juga dapat mengelak dengan cepat, kemudian segera menyerang lagi secara teratur ketika kakek itu sudah turun kembali. Pertandingan yang seru segera terjadi di halaman belakang kuil itu.

Tadi tosu itu agaknya memandang rendah para pengeroyoknya yang disangkanya sama lemahnya dengan dua orang musuh yang baru saja dibunuhnya. Dikiranya bahwa sekali menggerakkan tongkatnya, dia akan dapat membunuh mereka. Setelah kini ternyata tiga orang perwira itu belum juga dapat dirobohkan sesudah mereka bertanding selama tiga puluh jurus lebih, hanya mampu mendesak mereka saja dengan gerakan tongkatnya, dia menjadi penasaran dan marah sekali.

"Mampuslah kalian!" bentaknya.

Ketiga orang itu terkejut sekali ketika tiba-tiba Si Tosu melakukan gerakan cepat, tangan kirinya menyerang mereka bertubi-tubi dengan tamparan-tamparan yang mendatangkan hawa pukulan panas laksana api! Tahulah mereka bahwa kakek itu sudah mengeluarkan ilmu pukulan simpanannya yang selama ini digunakan untuk membunuhi orang, pukulan Pek-tok-ci (Jari Tangan Beracun Putih) yang selalu meninggalkan bekas tapak jari tangan pada tubuh korbannya.

Karena tahu akan kelihaian jari tangan itu, mereka mencelat mundur, sama sekali tidak menyangka bahwa pada saat itu, Loan Khi Tosu yang lihai telah meniup ujung tongkatnya tiga kali dan tampak sinar hitam berkelebat tiga kali ke arah tiga orang perwira itu. Mereka berteriak kaget dan terjungkal roboh, leher mereka sudah terkena serangan gelap berupa jarum-jarum hitam yang ternyata disembunyikan di dalam tongkat yang berlubang itu dan yang dapat dipergunakan sebagai semacam sumpit.

"Heh-heh, mata-mata laknat, anjing pemerintah yang busuk. Kalian harus mati!" Tosu itu melangkah lebar menghampiri tiga orang yang telah terluka, lalu mengangkat tongkatnya hendak mengirim pukulan terakhir.

"Kakek tua bangka, engkau jahat sekali, ya?"

Loan Khi Tosu menahan tongkatnya, cepat membalikkan tubuh dan melihat seorang anak laki-laki lari menghampirinya sambil memandangnya dengan sepasang mata yang jernih dan menyinarkan kemarahan. Setelah tiba di depan tosu itu, Kun Liong bertolak pinggang dan berkata, suaranya lantang penuh keberanian dan kemarahan.

"Melihat pakaianmu, engkau tentulah seorang tosu dan menurut pengetahuanku, seorang pendeta selalu mengutamakan kebaikan dan berpantang melakukan kejahatan! Di dalam kitab-kitab Agama To tidak terdapat pelajaran yang membenarkan kekejaman, bahkan Nabi Lo-cu selalu menentang kekerasan. Mengapa engkau ini seorang tosu, begini kejam dan suka melakukan pembunuhan?"

Loan Khi Tosu tercengang dan sejenak tak dapat bicara, hanya menatap anak itu dengan pengerahan kekuatan matanya agar dapat melihat lebih jelas. Matanya yang lamur hanya melihat bentuk seorang anak laki-laki dan hanya pendengaran telinganya yang jelas bisa menangkap suara itu dan ia menduga bahwa anak itu tentu tidak lebih dari sepuluh tahun usianya.

Kalau yang menegurnya seorang dewasa, teguran itu tentu dianggapnya penghinaan dan membuatnya marah, akan tetapi yang menegurnya adalah seorang anak kecil. Selama hidupnya belum pernah dia menghadapi hal yang seaneh ini. Akhirnya dia menarik napas panjang dan berkata,

"Siancai... agaknya engkau juga yang tadi mengacaukan nyanyianku. Engkau sungguh bernyali besar dan karena keberanianmu itu aku suka menjawab. Ketahuilah bahwa tosu dari Pek-lian-kauw di samping mengutamakan kebajikan dan kegagahan, terutama sekali kekerasan terhadap musuh. Membunuh musuh bukanlah perbuatan kejam namanya..."

"Omong kosong! Membunuh tetap membunuh, membunuh siapa pun juga, dengan alasan apa pun juga, tetap pembunuh namanya dan membunuh adalah perbuatan yang paling terkutuk, paling keji dan yang paling busuk di dunia ini!"

Loan Khi Tosu menggerakkan kedua pundaknya. "Karena kau seorang anak-anak, pinto kagum menyaksikan sikapmu. Kalau engkau sudah dewasa dan mengeluarkan kata-kata seperti itu berarti engkau musuh pula dan tentu telah pinto bunuh. Sudahlah, pinto tidak ada waktu melayani seorang anak kecil!" Tosu itu membalik, dan sekarang tongkatnya digerakkan ke arah tubuh tiga orang lawannya yang sudah roboh pingsan itu!

"Wuuuuttt... trakkkk!"

Loan Khi Tosu meloncat ke belakang, tongkatnya tergetar dan hanya dengan pengerahan tenaga sinkang sekuatnya saja membuat dia berhasil mencegah tongkatnya terlepas dari pegangannya.

"Siancai...! Siapakah engkau dan mengapa berani mencampuri urusan pinto?" Loan Khi Tosu menegur seorang lelaki yang tadi menangkis tongkatnya dan yang sekarang berdiri dengan tenang di depannya sambil menyimpan kembali senjatanya yang istimewa karena senjatanya itu berupa sepasang pit (alat tulis, pensil buku) hitam dan putih.

Laki-laki itu berpakaian sastrawan, pakaian dan sikapnya sederhana, akan tetapi di balik kesederhanaannya, tampak kegagahannya yang berwibawa. Wajahnya tampan, tubuhnya tegak dan padat berisi membayangkan tenaga yang halus dan amat kuat. Usianya kurang sedikit dari empat puluh tahun, namun rambut di atas sepasang telinganya sudah mulai bercampur uban.

Dia bernama Yap Cong San, seorang tokoh Siauw-lim-pai yang terkenal, murid dari Tiong Pek Hosiang, tokoh nomor satu di Siauw-lim-pai, bekas ketua yang kini tidak muncul lagi di dunia ramai karena sudah bertapa untuk selamanya dalam Ruang Kesadaran, yaitu di sebuah ruangan tertutup dari kuil Siauw-lim-pai.

Yap Cong San sendiri sudah dipecat sebagai anak murid Siauw-lim-pai, pemecatan yang berdasarkan kebijaksanaan Ketua Siauw-lim-pai karena ingin menjaga nama baik Siauw-lim-pai, akan tetapi pribadi pendekar ini tidak dimusuhi, bahkan dianggap sebagai sahabat baik dari Siauw-lim-pai.

Bagi para pembaca cerita Pedang Kayu Harum, nama Yap Cong San tentu bukan nama yang asing. Akan tetapi untuk para pembaca cerita ini yang belum membaca Pedang Kayu Harum sebaiknya berkenalan dengan Yap Cong San secara singkat.

Setelah kehilangan keanggotaannya dari Siauw-lim-pai, Yap Cong San menikah dengan seorang pendekar wanita perkasa yang bernama Gui Yan Cu, seorang wanita amat cantik jelita, berkepandaian tinggi dan juga mempunyai keahlian dalam ilmu pengobatan. Suami isteri ini tinggal di kota Leng-kok, membuka sebuah toko obat dan mereka mempunyai seorang putera, yaitu Yap Kun Liong, anak yang pemberani tadi.

Karena dia sendiri merupakan seorang ahli silat dari Siauw-lim-pai yang sangat lihai dan sedikit banyak mengerti akan ilmu pengobatan, sesudah menjadi suami Gui Yan Cu dan membuka toko obat, Yap Cong San mempelajari ilmu pengobatan sehingga sering kali dia mewakili isterinya memeriksa serta mengobati orang sakit. Isterinya hanya memeriksa wanita-wanita yang sakit.

Karena pekerjaannya ini, Yap Cong San lebih dikenal sebagai seorang ahli pengobatan dan disebut Yap-sinshe dari pada seorang ahli silat yang berilmu tinggi. Bertahun-tahun sudah dia dan isterinya tidak mencampuri urusan dunia kang-ouw, seolah-olah sepasang suami isteri pendekar ini bersembunyi di kota kecil Leng-kok, sehingga jarang ada orang mengenal namanya.

Ketika tadi mendengar dari pencari kayu yang menjadi langganannya pula, bahwa Kun Liong sedang berkeliaran di dalam hutan di luar kota, sedangkan menurut pencari kayu itu, di dalam hutan terdapat orang-orang yang aneh dan mencurigakan, Yap Cong San merasa khawatir sekali. Cepat dia lantas meninggalkan toko obatnya, menyuruh isterinya menjaga dan dia sendiri lalu pergi ke dalam hutan membawa sepasang senjatanya yang istimewa, yaitu Im-yang-pit hitam putih. Dahulu Yap Cong San terkenal sekali dengan ilmu silatnya, terutama sekali permainan Im-yang-pit, sepasang pensil yang tidak hanya dapat dipergunakan sebagai senjata, bahkan juga dapat dipakai untuk menulis.

Di samping sepasang Im-yang-pit ini, dia juga mahir melepaskan senjata rahasia berupa uang logam tembaga yang selain dapat dipakai berbelanja, juga dapat digunakan sebagai senjata rahasia yang sangat berbahaya dan disebut Touw-kut-ji (Uang Logam Penembus Tulang).

Pendekar ini tiba di belakang kuil tepat pada saat Loan Khi Tosu menggerakkan tongkat hendak membunuh tiga orang yang telah terluka itu. Sebagai seorang pendekar, biar pun sudah bertahun-tahun dia tidak mempunyai urusan dengan dunia kang-ouw, tak mungkin dia membiarkan saja pembunuhan dilakukan di hadapan matanya. Cepat dia meloncat ke depan menggerakkan senjatanya menangkis sehingga tongkat tosu itu terpental.

Sebelum menjawab, Yap Cong San melirik ke arah puteranya yang masih berdiri di sana dan Kun Liong tersenyum kepada ayahnya, senyum yang memancing maaf dari ayahnya. Semenjak kecil, Kun Liong paling takut kepada ayahnya dan paling manja kepada ibunya. Mungkin karena ayahnya bersikap keras maka ibunya memanjakannya atau bisa jadi juga sebaliknya, karena ibunya memanjakannya maka ayahnya bersikap keras terhadapnya. Melihat puteranya tidak apa-apa, legalah hati pendekar itu dan dia cepat menjura kepada tosu yang bermata lamur itu.

"Totiang, saya tak berniat mencampuri urusan orang lain. Akan tetapi karena pekerjaanku adalah menolong orang sakit, sedapat mungkin berusaha mencegah kematian merenggut nyawa orang, tentu saja saya tidak tega menyaksikan totiang hendak membunuh orang."

"Ayah, kakek tua bangka ini sudah membunuh banyak sekali orang. Dia iblis jahat!" Kun Liong tiba-tiba berkata sambil menudingkan telunjuknya kepada tosu itu.

"Kun Liong, diam!" Ayahnya membentak.

Tosu itu mengangguk-angguk. "Hemmm, kiranya dia anakmu? Pantas pemberani, kiranya ayahnya adalah seorang yang lihai. Gerakanmu tadi terang menunjukkan bahwa engkau tentu seorang tokoh Siauw-lim-pai yang sangat lihai, Sicu (orang gagah). Karena Siauw-lim-pai merupakan perkumpulan besar yang disegani serta dihormati oleh perkumpulan kami, biarlah pinto mengalah terhadapmu dan ketahuilah bahwa pinto adalah Loan Khi Tosu, pemimpin Pek-lian-kauw di daerah ini. Yang terbunuh oleh pinto adalah kaki tangan pemerintah yang selalu memusuhi kami, maka pinto harap sicu tidak ikut campur."

Yap Cong San memang sudah menduga bahwa tosu itu seorang tokoh Pek-lian-kauw saat ia melihat bunga teratai putih dari baja itu. Ia menjadi tak enak hati karena maklum bahwa Pek-lian-kauw merupakan kumpulan orang-orang yang menentang pemerintah, yang menganggap pemerintah mulai menyeleweng, pembesar-pembesarnya tukang korup dan rakyat mulai ditindas pula, tidak becus menanggulangi gangguan-gangguan yang datang dari para bajak laut yang hanya menyusahkan kehidupan rakyat.

Dia menganggap mereka itu sekumpulan orang-orang yang memberontak. Namun karena dia melihat pula akan keadaan pemerintah yang makin memburuk saja, maka dia selalu menjauhkan diri dan tidak mau mencampuri pertentangan antara Pek-lian-kauw dengan pemerintah itu.

"Totiang, saya datang hanya untuk menyusul anak saya yang ternyata berada di tempat ini. Karena totiang tidak mengganggu anak saya, maka saya pun tidak akan mengganggu totiang, akan tetapi tiga orang yang terluka itu menjadi tanggungan saya untuk mencoba mengobati dan menyembuhkannya."

Tosu itu menyeringai, "Heh-heh, boleh kau coba, sicu. Dan melihat muka sicu, pinto mau mengampuni mereka. Bolehkah pinto mengetahui nama besar sicu?"

"Saya hanyalah seorang biasa saja yang tidak terkenal, tidak ada gunanya dikenal oleh seorang tokoh Pek-lian-kauw seperti totiang."

Tosu itu mendengus. Dia maklum dari tangkisan tadi bahwa yang berada di hadapannya adalah seorang tokoh Siauw-lim-pai yang berkepandaian tinggi. Karena itu, dia tidak mau mencari perkara dan suka mengalah. Pertama, oleh karena agaknya akan sukar baginya untuk menandingi lawan ini, kedua karena para pimpinan Pek-lian-kauw melarang dengan keras orang Pek-lian-kauw mencari bibit permusuhan dengan perkumpulan-perkumpulan besar seperti Siauw-lim-pai yang amat kuat.

"Kalau begitu, selamat tinggal dan sampai jumpa lagi, sicu!" Tosu itu menyambar bunga teratai putih dari baja yang tadi menjadi tempat duduknya, kemudian sekali meloncat dia sudah lenyap dari situ, tubuhnya melayang cepat sekali keluar dari kuil tua.

"Ayah, mengapa ayah membiarkan si jahat itu pergi?" Kun Liong bertanya penasaran.

Ayahnya memandangnya dengan bengis. "Kun Liong, jangan mencampuri urusan orang lain! Mau apa engkau berkeliaran sampai ke tempat ini?"

Mendengar suara ayahnya dan melihat sikap bengis itu, Kun Liong menundukkan muka dan menjawab lirih. "Tadinya aku hendak mencari bambu kuning, ayah..."

"Hemmm, mencari bambu tetapi melibatkan diri dengan urusan gawat! Anak lancang, kau tak tahu akan bahaya. Kalau tosu itu berhati kejam, apa kau kira sekarang engkau masih hidup? Hayo lekas pulang dan minta bantuan beberapa orang untuk mengangkut mereka yang terluka ini. Cepat!"

Kun Liong mengangguk-angguk kemudian melarikan diri secepatnya pulang ke kota untuk memenuhi perintah ayahnya. Yap Cong San lalu berlutut memeriksa keadaan tiga orang itu. Mereka belum tewas, bahkan Si Cambang Melintang sudah siuman.

"Yap... sinshe... tolonglah kami...," katanya sambil mengeluh.

Pendekar itu mengenal mereka sebagai perwira-perwira pengawal kepala daerah, maka ia mengangguk dan memeriksa. Kiranya di leher tiga orang itu menancap sebatang jarum hitam. Melihat keadaan luka di sekeliling jarum yang kulitnya menghitam, tidak ragu lagi hatinya bahwa jarum itu tentu mengandung racun yang jahat.

Di samping dikenal mempunyai banyak orang pandai, Pek-lian-kauw juga terkenal dengan keahlian mereka menggunakan racun. Cepat dia mencabuti jarum-jarum itu dan kembali Si Cambang Melintang jatuh pingsan.

Tak lama kemudian datanglah pasukan pengawal dari Ma-taijin yang terdiri dari belasan orang. Pasukan ini dikirim sesudah ibu Kun Liong mendengar dari puteranya mengenai peristiwa di kuil tua dan nyonya perkasa itu sendiri melaporkan kepada kepala daerah.

Tubuh ketiga orang perwira pengawal itu, juga mayat dua orang yang terdahulu dibunuh Loan Khi Tosu diangkut. Yap Cong San mengikuti dari belakang setelah menyimpan tiga batang jarum hitam. Jarum-jarum itu diperlukan untuk diselidiki racunnya sebelum dia bisa mengobati tiga orang perwira itu, dan dia perlu berunding dengan isterinya yang lebih ahli dalam hal racun dibandingkan dengan dia.

Setelah memasuki kota Leng-kok, para korban itu segera diangkut ke perkemahan kepala daerah sedangkan Cong San pulang ke rumahnya untuk berunding dengan isterinya dan mengambil obat.

********************

"Sungguh menjengkelkan sekali tosu itu, ibu. Sayang bahwa ayah membiarkannya pergi begitu saja sesudah dia membunuh dua orang dan melukai tiga orang. Enak sekali bagi tosu itu. Padahal aku yakin ayah pasti akan bisa mengalahkannya!" Kun Liong mengomel depan ibunya.

Nyonya Yap Cong San atau Gui Yan Cu yang masih kelihatan cantik dan muda sekali biar pun usianya sudah kurang lebih tiga puluh tahun, tersenyum dan menarik kedua tangan puteranya, lalu dirangkulnya dengan penuh kasih sayang.

"Habis, jika menurut pendapatmu, dia harus diapakan? Apakah ayahmu harus membunuh tosu itu?"

Kun Liong menatap wajah ibunya dengan mata terbelalak. "Membunuh? Ayah membunuh dia? Aihhh…! Sama sekali tidak, ibu. Bukan maksudku supaya ayah menjadi pembunuh. Akan tetapi sedikitnya, tosu itu harus ditangkap lantas diserahkan kepada yang berwajib agar supaya mendapat hukuman atas kejahatannya. Kalau dibiarkan saja terlepas seperti yang dilakukan ayah, bukankah terlalu enak?"

"Husshh, kau tahu apa, Kun Liong? Di balik peristiwa itu tentu ada hal-hal lain sehingga ayahmu membiarkannya pergi. Kalau mendengarkan ceritamu tadi, tosu itu yang duduk di atas sebuah bunga teratai putih dari baja, dan mendengar nyanyian seperti yang engkau ceritakan tentulah seorang tokoh Pek-lian-kauw. Karena itulah ayahmu ingin lepas tangan dan tidak mau terlibat."

"Ibu, apakah Pek-lian-kauw itu?"

"Dijelaskan juga engkau tidak akan mengerti, anakku. Pek-lian-kauw sebuah perkumpulan besar yang menentang pemerintah."

"Apakah ayah takut kepada Pek-lian-kauw?"

"Bukan soal takut atau berani, akan tetapi ayahmu tidak mau terlibat pertentangan besar itu, dan aku membenarkan ayahmu karena memang tidak ada gunanya melibatkan diri, akan membawa akibat yang berkepanjangan dan hebat saja. Yang penting sekali adalah bahwa engkau tidak diganggunya dan syukur demikian, tadi hatiku sudah khawatir sekali ketika pencari kayu memberi tahu."

Percakapan itu berhenti dengan masuknya Yap Cong San. Isterinya segera menyambut sang suami dan bertanya, "Bagaimana dengan para korban itu?"

Yap Cong San menggelengkan kepala, menarik napas panjang dan mengeluarkan tiga batang jarum hitam, memperlihatkan kepada isterinya sambil berkata, "Aku tak mengenal jarum ini, maka baru kuberi obat untuk mencegah menjalarnya racun dan kutotok jalan darah mereka."

Gui Yan Cu memeriksa jarum hitam, memasukkan jarum itu ke dalam mangkok putih, menuangkan air jernih sedikit dan air itu berubah hitam. Dia mencabut tusuk sanggulnya yang terbuat dari perak, lalu mencelupkan benda itu ke dalam air beracun. Ujung tusuk sanggul yang putih itu kini berubah menghijau. Sesudah memeriksa dan mencium racun itu, mata yang indah dan lebar itu terbelalak dan dia pun berseru.

"Racun ular senduk...!"

"Apa? Kalau begitu... nyawa mereka takkan dapat tertolong lagi!" Yap Cong San berkata, "Hemmm... Loan Khi Tosu dari Pek-lian-kauw itu benar-benar terlalu kejam."

"Memang dia kejam!" Tiba-tiba Kun Liong berseru, "Tidak seharusnya ayah melepaskan dia begitu saja!"

"Diam kau! Anak kecil tahu apa?" Yap Cong San membentak.

Isterinya memandang kepadanya, lalu menarik napas panjang dan dengan halus berkata kepada Kun Liong, "Liong-ji, (anak Liong), ayah dan ibumu sedang sibuk, kau pergilah bermain-main di luar dan menjaga toko kalau-kalau ada tamu datang mencari kami."

Kun Liong bersungut-sungut. Selalu begitu. Ayahnya demikian keras dan ibunya demikian lunak kepadanya. Kalau saja ayahnya selunak ibunya, atau ibunya sekeras ayahnya, dia akan mengerti dan tidak menjadi penasaran! Dia berlari ke luar dan duduk termenung di bangku dalam toko obat.

Baru saja anak itu keluar dan suami isteri itu sekali lagi meneliti racun jarum, Kun Liong sudah berlari masuk lagi dan berkata, "Ada tamu utusan dari Ma-taijin!"

Yap Cong San beserta isterinya segera keluar dan utusan itu mengatakan bahwa kepala daerah she Ma memanggil Yap-sinshe untuk datang menghadap. Karena maklum bahwa tentu kepala daerah ingin melihat dia cepat-cepat mengobati tiga orang perwiranya yang terluka, Yap Cong San segera berangkat sambil membawa beberapa macam obat anti racun yang ada, meski pun dia tahu bahwa obat-obat itu tidak akan dapat menyembuhkan luka yang terkena racun ular senduk.

Seperginya Yap Cong San, melihat anaknya masih cemberut merasa tidak puas, Gui Yan Cu merangkul puteranya dan berkata,

"Kun Liong, jangan kau kecewa pada ayahmu. Ayahmu bersikap tepat dan benar. Biarlah kuceritakan kepadamu tentang Pek-lian-kauw. Perkumpulan itu bukan perkumpulan orang jahat, walau pun seperti perkumpulan yang menamakan dirinya pejuang rakyat, mereka bisa berlaku amat kejam terhadap musuh-musuh mereka. Mereka menentang pemerintah karena di dalam anggapan mereka, pemerintah tidak baik dan menindas rakyat, membikin sengsara rakyat. Karena itu mereka dimusuhi oleh pemerintah yang tentu berusaha keras membasminya. Nah, ayahmu tidak ingin melihat dirinya terlibat dalam permusuhan itu dan sikapnya itu tepat sekali. Mengertikan engkau?"

"Ibu, aku tidak kecewa atau menyesal kepada ayah. Aku hanya ingin melihat di dunia ini jangan ada orang menyakiti atau membunuh orang lain dan apa bila itu terjadi, dia harus dihukum!"

Ibunya tersenyum dan merasa bangga. "Memang sebaiknyalah memiliki pendirian seperti itu, anakku. Pendirian seorang pendekar yang selalu menentang penindasan. Akan tetapi engkau harus tahu bahwa yang melakukan kejahatan itu tentulah mereka yang lebih kuat, sedangkan yang dijatuhi atau yang menderita tentulah mereka yang lemah. Karena itu, seorang pendekar harus menggembleng diri sendiri agar supaya kuat..."

"Wah, dan menjadi penindas jahat?" Kun Liong memotong.

"Hushh, bukan begitu. Akan tetapi kalau engkau ingin menghukum si jahat, engkau harus dapat menundukkan yang jahat bukan? Dan untuk dapat menundukkan si jahat, engkau harus lebih kuat dari mereka, padahal mereka itu adalah orang-orang kuat. Itulah perlunya engkau memperdalam ilmu silat dan mempergiat latihanmu, di samping pelajaran sastra dan pengobatan."

Kun Liong mengangguk-angguk, namun kemudian mengerutkan alisnya. "Akan tetapi aku paling tidak suka melihat kekerasan, tidak suka melihat perkelahian, Ibu. Aku tidak mau berkelahi, aku benci perkelahian."

"Siapa menyuruh engkau berkelahi? Belajar ilmu silat itu bukan untuk berkelahi!"

"Ibu tadi bilang seorang pendekar harus menentang si jahat, kalau ditentang tentu berarti berkelahi."

"Bukan, anakku. Perkelahian hanya terjadi antara dua pihak yang ingin mempertahankan kepentingan diri sendiri masing-masing, ingin memperebutkan sesuatu yang baik berupa kebenaran sendiri mau pun berupa keuntungan bagi diri sendiri. Kalau kita membela yang tertindas dan menentang si jahat sehingga terjadi pertandingan, itu bukanlah pertandingan namanya. Mengertikah engkau?"

Kun Liong mengerutkan kedua alisnya, meruncingkan mulutnya, dan menggeleng kepala. "Aku tidak mengerti, dan aku tetap tidak suka, aku tetap benci pertempuran."

Ibunya terkesiap, memandang dengan sinar mata penuh selidik. "Liong-ji, apakah engkau takut akan pertempuran? Takut terluka, takut mati, takut kalah?"

Sepasang mata anak itu terbelalak memandang ibunya, penasaran dan suaranya lantang, "Aku...? Takut...? Tidak, ibu, aku tidak takut apa pun. Aku hanya benci akan kekerasan. Dan Pek-lian-kauw itu, kenapa menentang pemerintah? Kenapa menganggap pemerintah menindas rakyat? Betulkah itu, ibu?"

Ibunya menggeleng kepala. "Aku tidak tahu, Liong. Yang sudah jelas, kalau ada dua pihak bertentangan, sudah pasti sekali mereka itu saling menyalahkan, sudah pasti mereka itu masing-masing menganggap pihak sendiri benar dan pihak sana yang salah. Itu adalah urusan orang-orang yang murka akan kedudukan serta kemuliaan, kita tidak perlu turut mencampurinya, maka sikap ayahmu adalah tepat dan benar. Andai kata ayahmu melukai atau membunuh tosu itu, berarti bukan dia seorang, melainkan kita semua terlibat dalam permusuhan dan pertentangan yang tiada habisnya."

Sambil bercakap-cakap menceritakan keadaan dunia kang-ouw kepada puteranya yang mendengarkan dengan bengong dan penuh kagum, apa lagi pada saat ibunya menyebut-nyebut nama para tokoh kang-ouw yang dianggap sebagai pendekar-pendekar pilihan, timbullah keinginan hati Kun Liong untuk menjumpai pendekar-pendekar itu! Sedangkan ibunya sibuk membuat campuran obat yang diambil dari resep simpanan, sambil menanti kembalinya suaminya.

Tak lama kemudian Yap Cong San muncul dengan wajah keruh. Begitu memasuki toko, dia melempar diri di atas kursinya dan mengeluh, "Tetap saja tersangkut!"

"Apa maksudmu? Apa kehendak Ma-taijin memanggilmu?" tanya isterinya.

"Aku dituduh bersahabat dengan tosu Pek-lian-kauw!"

"Wah, itu fitnah!" Kun Liong berteriak penasaran.

"Apa sebabnya kau dituduh begitu?" Gui Yan Cu bertanya, sepasang alisnya berkerut, hatinya ikut penasaran.

"Agaknya, seorang di antara tiga perwira itu melihat pertemuanku dengan Loan Khi Tosu, melihat betapa aku dapat menangkis tongkat tosu itu dan menyelamatkan nyawa mereka, kemudian melihat betapa aku melepaskan tosu itu pergi tanpa bertanding dengannya, lalu melaporkan hal ini kepada Ma-taijin. Pembesar ini menegurku, kenapa aku yang memiliki kepandaian tidak turun tangan terhadap seorang pemberontak yang sudah jelas melukai dan membunuh orang, apa lagi melukai tiga orang perwira pengawal. Dia lalu bertanya apakah aku bersimpati kepada pihak pemberontak!"

"Hemmm... tuduhannya hanya ngawur belaka. Kemudian bagaimana?"

"Aku menjawab bahwa aku segan bermusuhan dengan Pek-lian-kauw yang mempunyai banyak orang pandai. Aku bilang bahwa aku takut..."

"Ayah membohong! Aku tahu betul, ayah dan ibu tidak takut terhadap apa pun, terhadap setan dan iblis pun tidak takut. Dan aku tahu, tosu itulah yang gentar menghadapi ayah!"

"Kun Liong, diamlah!" Ayahnya membentak marah, "Berapa kali telah kukatakan padamu, engkau tidak boleh mencampuri urusan orang-orang tua. Dengarkan saja dan tutup mulut, kalau tidak bisa menutup mulut, pergilah dan jangan mendengarkan!"

"Baik, ayah." Kun Liong menundukkan kepala dan kedua bibirnya dirapatkan masuk ke dalam mulutnya.

"Lalu bagaimana?" Gui Yan Cu mendesak, alisnya makin dalam.

"Dia bilang dapat memaafkan sikapku, akan tetapi aku harus dapat menyembuhkan tiga orang perwiranya."

"Hemm, harus katanya? Nyawa orang berada di tangan Thian, bukan di tangan kita. Lalu bagaimana jawabanmu?"

"Aku menjawab terus terang bahwa racun di tubuh mereka itu adalah racun ular senduk yang sangat berbahaya dan sukar sekali dicari obatnya dan bahwa aku akan berusaha sekuatku."

"Bagaimana sambutannya?"

"Dia bilang tidak peduli diobati apa dan bagaimana asal tiga orang perwiranya itu sembuh. Dalam kata-katanya terkandung ancaman bahwa apa bila aku gagal mengobati, tentu dia akan mengungkit kembali urusan tosu Pek-lian-kauw itu."

"Hemm, pembesar itu agaknya mempunyai niat buruk. Akan tetapi kita tak perlu gelisah. Memang amat sukar mengobati racun ular senduk sampai sembuh, akan tetapi ada obat yang untuk sementara waktu, sedikitnya sebulan, dapat menahannya sehingga si korban tidak akan tewas. Dalam waktu sebulan itu, kalau engkau suka minta pertolongan ke kuil Siauw-lim-pai di mana aku mendengar disimpan banyak sekali obat-obat yang mukjijat, kurasa mereka masih akan dapat diselamatkan."

Berseri wajah Yap Cong San. "Bagus kalau begitu! Memang aku juga mempunyai ingatan untuk minta pertolongan kepada para suhu di Siauw-lim-si (Kuil Siauw-lim-pai), akan tetapi perjalanannya pulang pergi ke sana akan memakan waktu paling cepat setengah bulan dan tadinya aku tidak mempunyai harapan untuk menolong mereka. Akan tetapi, kalau engkau ada obat penawar selama sebulan, bagus sekali, isteriku!"

"Inilah obatnya, sejak tadi telah kusediakan. Berikan kepada mereka, dimasak dengan air lalu diminumkan, kemudian cepat-cepat berangkat ke Siauw-lim-si, tentu urusan ini akan dapat diatasi dengan baik."

Yap Cong San memandang isterinya dengan wajah berseri dan penuh rasa syukur.

"Engkau memang bijaksana sekali, isteriku." Dia hendak merangkul, akan tetapi isterinya melirik ke arah Kun Liong, tersenyum dengan kedua pipi kemerahan sambil meruncingkan mulut, persis seperti kebiasaan Kun Liong.

"Husshhh...!"
Suaminya teringat, mengurungkan niatnya dan Kun Liong berkata, "Ayah, aku hendak ikut ke Siauw-lim-si!"

"Wah, kau kira ayahmu pergi melancong ya? Keperluan ini amat penting, bukan waktunya melancong."

Melihat puteranya menunduk dan kecewa, Yan Cu langsung berkata, "Kun Liong, ayahmu betul. Perjalanan ini sangat jauh dan perlu cepat-cepat. Kelak bila mana tak ada sesuatu kepentingan, engkau akan kuajak melancong ke Telaga Barat yang indah!"

Hiburan ini tidak meringankan hati Kun Liong yang lalu berkata, "Ibu selalu membenarkan ayah!" Kemudian dia berlari ke luar.

Suami isteri yang saling mencinta itu kini tidak malu-malu lagi untuk saling berpelukan dan berciuman mesra.

"Dia tidak tahu betapa engkau mencintaku, tentu saja engkau selalu membenarkan aku!" Yap Cong San berbisik sambil mengelus rambut kepala isterinya.

"Ahh, dan kau jangan terlalu keras kepadanya. Kasihan dia, tidak punya saudara..."

"Aihh, apakah engkau ingin sekali dia mempunyai adik?" Si suami menggoda, akan tetapi si isteri berkata sungguh-sungguh,

"Siapa yang tidak ingin mempunyai seorang anak perempuan yang mungil sebagai adik Kun Liong?"

"Mudah-mudahan Kwan Im Pouw-sat (Dewi Welas Asih) akan memberkahi kita dengan seorang anak perempuan. Apa bila urusan ini sudah selesai, mari kita bersembahyang di Kuil Kwan Im Bio, kemudian kita menyewa perahu di telaga semalam suntuk kita berdua berpengantin baru di perahu, siapa tahu Kwan Im Pouwsat akan kebetulan bersenang hati memberi anugerah..."

"Husshhh, tidak tahu malu! Sudah berapa umur kita, masih mau berpengantin baru! Kau lekas berangkatlah. Urusan antara kita baru akan terlaksana kalau urusan Ma-taijin sudah beres dan berhasil baik. Berangkatlah, dan hati-hatilah di jalan, suamiku. Dan sampaikan hormatku kepada para suhu di Siauw-lim-si, terutama sekali kepada locianpwe (orang tua gagah) Thian Kek Hwesio ketua Siauw-lim-pai."

Thian Kek Hwesio adalah ketua Siauw-lim-pai yang baru, menggantikan kedudukan Tiong Pek Hosiang yang sudah mengundurkan diri karena merasa bahwa dia telah melakukan perbuatan sesat pada waktu mudanya sehingga dia tak ingin mengotori nama baik Siauw-lim-pai.

Yap Cong San dan isterinya sangat menghormat serta menjunjung tinggi hwesio tua ini, tidak hanya karena Cong San adalah bekas anak murid Siauw-lim-pai dan karena hwesio itu adalah ketua Siauw-lim-pai, akan tetapi terutama sekali karena hwesio itulah yang dulu telah berjasa mengingatkan Cong San dengan nasehat-nasehat yang amat berharga saat pendekar ini hampir mengalami keretakan rumah tangganya akibat cemburu sehingga dia sadar akan kekeliruannya.

Hal itu sudah dijelaskan oleh Cong San kepada isterinya sehingga Yan Cu juga merasa berhutang budi kepada hwesio tua yang dianggapnya sudah mempunyai jasa besar akan kebahagiaan rumah tangganya, berarti kebahagiaan hidupnya pula.

Pada hari itu juga Cong San berangkat menuju Kuil Siauw-lim-pai setelah dia mengobati tiga orang perwira dengan obat penawar buatan isterinya. Dengan menunggang kuda, dia dapat melakukan perjalanan cepat dan seperti yang telah dia harapkan Thian Kek Hwesio menerima bekas sute (adik seperguruan) itu dengan amat ramah dan segera memberikan obat yang dibutuhkan Cong San setelah mendengar penuturan bekas sute-nya.

"Yap-sicu, engkau sudah bersikap benar sekali. Pinceng (aku) merasa berterima kasih bahwa sicu masih menjaga akan nama Siauw-lim-pai sehingga tidak melibatkan diri dalam pertentangan yang buruk itu."

"Ahh, suheng mengapa berkata demikian? Ahh…, maaf, losuhu (sebutan pendeta), teecu (murid) sampai lupa menyebutmu suheng (kakak seperguruan). Mengapa losuhu bersikap sungkan? Sudah tentu sekali teecu menjaga nama Siauw-lim-pai, bukan hanya karena teecu adalah bekas anak muridnya, namun terutama sekali karena Siauw-lim-pai adalah sebuah perkumpulan besar dan mulia, tidak selayaknya kalau sampai terseret ke dalam pemberontakan Pek-lian-kauw."

Setelah bermalam satu malam dan melewatkan waktu semalam untuk melepaskan rindu terhadap bekas saudara-saudara seperguruannya, dan mendengar bahwa sudah selama bertahun-tahun bekas gurunya, yaitu Tiong Pek Hosiang, tidak pernah keluar dari Ruang Kesadaran, pada keesokan harinya Cong San berpamit dan kembali secepatnya ke kota Leng-kok.

********************

Kun Liong duduk dengan tenang di dalam kamarnya, tekun membaca kitab kitab kuno (lama) yang bertumpuk di atas mejanya. Seperti sudah lajim pada jaman itu, setiap orang pelajar sastra yang sesungguhnya mempelajari membaca dan menulis, diharuskan pula menghafal isi kitab-kitab lama.

Kitab-kitab itu adalah kitab-kitab filsafat yang isinya sangat berat dan sama sekali bukan ‘makanan’ otak seorang anak laki-laki berusia sepuluh tahun seperti Kun Liong! Bukan hanya kitab Su-si Ngo-keng, yaitu kitab yang mengandung pelajaran Nabi Khong Cu, akan tetapi bahkan oleh ayahnya dia disuguhi kitab Agama Buddha dan kitab To-tik-keng dari Agama To!

Karena sudah hampir hafal semua akan isi kitab-kitab itu, maka Kun Liong membalik-balik lembaran kitab itu dengan acuh tak acuh. Dia diharuskan berdiam di kamar karena ayah bundanya sedang sibuk membuatkan obat untuk tiga orang perwira yang keracunan. Obat Siauw-lim-si yang katanya mesti dicampur dengan ramuan lain. Agar jangan mengganggu, maka dia diharuskan membaca kitab-kitab itu seorang diri di dalam kamarnya.

Hati Kun Liong merasa kesal karena bosan. Hampir saja dibantingnya kitab-kitab itu. Apa perlunya menghafal semua isi kitab lama itu? Apa perlunya mengasah otak mencari-cari dan menafsirkan makna dari segala kata-kata yang diucapkan dan dituliskan manusia di jaman dahulu kala? Apa gunanya mengerti akan isi hati manusia kuno kalau tidak dapat mengerti akan isi hati sendiri?

"Apa gunanya?" Kun Liong mengeluh dan melemparkan kitab-kitab itu ke atas meja. "Apa gunanya kalau sesudah orang hafal akan seribu satu macam ujar-ujar kebatinan namun tidak ada seorang pun melaksanakan sebuah pun dalam kehidupan sehari-hari?"

Ucapan Kun Liong ini timbul dari lubuk hatinya karena hampir setiap hari ia menyaksikan kenyataan-kenyataan akan adanya pertentangan dan perlawanan antara isi ujar-ujar dari sikap serta perbuatan manusia. Meski ucapan ini keluar dari mulut seorang kanak-kanak yang mungkin bukan menjadi hasil pemikiran mendalam, tetapi membuat kita termenung.

Memang sesungguhnyalah, apa gunanya semua itu apa bila kita melihat betapa semua pelajaran kebatinan dihafal oleh orang sedunia sejak kebudayaan berkembang? Ribuan tahun orang mengikuti dan menghafalnya, berlomba keras dan bagus saat menyanyikan ujar-ujar kuno itu.

Semua orang hafal akan ujar-ujar yang berbunyi bahwa ‘
Di empat penjuru lautan, semua manusia adalah saudara’, namun apa gunanya ujar-ujar yang hanya menjadi kata-kata hampa ini bila sehari-hari tampak kenyataan hidup yang berlawanan? Pada kenyataannya, yang dianggap ‘saudara’ hanya orang-orang yang menguntungkan kita, yang segolongan dengan kita, sealiran kepercayaan, seperkumpulan, sesuku, sebangsa dengan kita! Apa artinya menghafal ujar-ujar itu kalau kita melihat bahwa si pembesar dijilat, si hartawan dihormat, si pandai dipuji-puji, sedangkan si kecil ditekan, si miskin dihina dan si bodoh dimaki?

Makin banyak pelajaran tentang kebaikan dan contoh-contoh manusia budiman, semakin banyak timbul orang-orang munafik yang ingin disebut baik, ingin dirinya dianggap seperti manusia budiman. Kita selalu melupakan bahwa kebaikan bukanlah sesuatu yang dapat dipelajari!

Melakukan kebaikan untuk mentaati pelajaran adalah perbuatan yang palsu, dipaksakan, dan diikuti pamrih (mengandung keinginan tertentu demi diri pribadi), karenanya munafik! Kebaikan harus keluar dari dalam hati, tanpa paksaan, tanpa kekhawatiran, tanpa adanya keinginan di balik itu, tanpa pamrih, bahkan tanpa disadari bahwa kita sedang berbuat baik! Dapatkah rasa kasihan dipelajari atau pun dilatih? Dapatkah rasa haru dipelajari? Dapatkah orang belajar mencinta? Kalau dipelajari maka palsulah itu!

Kalau kita berbuat kebaikan supaya dipuji, baikkah itu? Kalau kita berbuat kebaikan agar dibalas dengan bunganya, baikkah itu? Kalau kita berbuat kebaikan agar jangan dihukum, baikkah itu? Yang dua pertama dasarnya menginginkan sesuatu, yang terakhir dasarnya takut. Ketiganya palsu! Segala sesuatu, termasuk perbuatan, haruslah wajar dan asli.

Yang asli dan wajar itu selalu benar dan indah. Apa bila diperkosa, diubah dengan paksa, maka akan timbul kepalsuan, pertentangan dan keburukan. Menginsyafi dan menyadari akan keburukan diri sendiri berarti merintis jalan ke arah lenyapnya keburukan itu, dan hanya dengan tidak adanya keburukan maka keindahan tercipta.

Perbuatan buruk timbul dari rasa sayang diri. Mengusahakan supaya dirinya baik dengan jalan pengekangan, tapa brata, menyiksa diri, dan lain sebagainya tidak akan membawa hasil, karena usaha ini pun merupakan kembang dari rasa sayang diri, jadi tiada bedanya dengan keburukan. Dimana ada keburukan, di sana kebenaran, kebaikan dan keindahan tak akan muncul. Yang terpenting adalah rnengenal diri pribadi, mengenal sifat-sifatnya, keburukan-keburukannya, cacat-cacatnya, menginsyafi, menyadari dengan kesungguhan bukan pura-pura, maka keburukan akan tiada! Kalau keburukan tiada, dengan sendirinya yang ada hanyalah kebenaran, dan keindahan.


Kun Liong bersungut-sungut. Sudah dua hari ayah bundanya sibuk mempersiapkan obat untuk perwira yang terluka. Mengapa ayah ibunya demikian sibuk mengurus ketiga orang perwira sehingga tak mempedulikannya, bahkan sudah beberapa kali menolak undangan orang-orang untuk memeriksa keluarga yang sakit?

"Ayah dan lbu pilih kasih! Apakah karena yang memerintahkan adalah Ma-taijin, seorang pembesar, dan karena itu undangan orang-orang kampung tak dihiraukan? Apakah ayah dan ibu sudah menjadi orang-orang mata duitan?

“Ihhh... bodoh kau!" Ia menampar dahi sendiri, merasa betapa tidak baik jalan pikirannya terhadap ayah bundanya.

Seekor anjing berbulu putih memasuki kamarnya. Wajah Kun Liong yang tadinya muram itu kini berseri. Anjing itu bagus sekali, tubuhnya kecil seperti kucing, bulunya tebal putih seperti kapas, ekornya pendek dan ujungnya mekar, sepasang matanya berwarna kuning dan bergerak-gerak serta mulutnya yang kecil mengeluarkan salak lucu.

"Pek-pek (Si Putih) ke sinilah...!"

Akan tetapi anjing kecil itu bagaikan menggodanya, mendekat akan tetapi kalau hendak ditangkap, meloncat dan lari menjauh. Beberapa kali Kun Liong berusaha menangkapnya, akan tetapi anjing itu gesit sekali dan selalu dapat mengelak dengan loncatan-loncatan yang lucu, melarikan diri ke kolong meja, bangku dan ranjang membuat Kun Liong payah mengejarnya dan kehabisan akal. Kalau anjing yang bertubuh kecil itu menyusup-nyusup ke bawah kolong, mana bisa dia mengejar dan menangkapnya?

"Pek-pek, lihat ini kuberi roti!"

Anjing itu mendengus-dengus dan menggerak-gerakkan ekornya yang pendek, kemudian segera menghampiri Kun Liong, menerima sepotong roti kering itu dengan mulutnya, lalu memakannya dengan ekor bergoyang dan tidak lari lagi ketika Kun Liong merangkulnya.

"Kau memang nakal! Kalau tidak diberi hadiah tidak mau mendekat!" Kun Liong berkata, lalu membelitkan kain tilam mejanya pada pinggang anjing itu. "Nah, pergilah dan larilah sekarang kalau bisa!"

Dia memegangi ujung kain dan tentu saja anjing kecil itu tidak bisa lari lagi. Akan tetapi dia pun agaknya sudah tidak ingin lari lagi setelah diberi roti, hanya terus mengeluarkan bunyi ngak-nguk minta lagi karena sepotong roti tadi sudah habis.

Karena merasa kesepian dan bosan, timbul kenakalan Kun Liong untuk mempermainkan anjing peliharaan keluarga itu. Sisa rotinya dia berikan semua kepada Si Putih dan dia lalu mengambil kaleng-kaleng kosong dan sebuah kelenengan diikatkan pada ekor dan leher anjingnya.

Setelah anjing itu menghabiskan semua sisa roti, Kun Liong mengajaknya bermain-main. Dia lari ke sana-sini sambil memanggil-manggil. Anjing itu segera mengejarnya dan tentu saja kaleng-kaleng kosong dan kelenengan yang bergelantungan pada leher dan ekornya mengeluarkan bunyi gaduh.

Kun Liong tertawa dan anjing itu menjadi bingung dan ketakutan. Agaknya dia mengira bahwa ada sesuatu yang mengejarnya dari belakang, sesuatu yang menakutkan karena mengeluarkan suara gaduh. Beberapa kali dia menoleh dan berusaha menggigit ekornya yang diganduli kaleng-kaleng kosong, akan tetapi gerakannya membuat kaleng-kaleng itu terseret dan mengeluarkan suara sehingga anjing itu terkejut dan melompat ke depan.

Tentu saja setiap lompatannya membuat kaleng-kaleng itu terbanting dan makin gaduh suaranya. Dengan ketakutan anjing itu meloncat dan berlari, keluar dari kamar Kun Liong diikuti suara ketawa anak itu yang segera mengejar.

Makin kencang lari anjing itu, makin keras pula suara kelenengan dan kaleng-kaleng yang ikut terseret itu, dan makin takutlah binatang itu yang mengeluarkan suara ngak-nguk dan berlari menabrak sana-sini. Mula-mula Kun Liong merasa gembira sekali, mengejar sambil tertawa-tawa, akan tetapi ketika dia melihat anjing itu memasuki kamar obat di ruangan belakang, dia menjadi terkejut sekali.

"Heiii! Pek-pek... tidak boleh ke situ...! Hayo keluar kau...!"

Dia mengejar ke dalam kamar yang pintunya terbuka itu, siap menerima omelan ayahnya yang tentunya akan marah-marah. Akan tetapi kamar itu kosong, agaknya ayah bundanya sedang beristirahat di ruangan depan setelah dua hari sibuk di dalam kamar obat itu.

"Pek-pek... mari sini...!"

"Pranggg... prakk...!"

Anjing itu meloncat ke atas meja, menabrak dua buah guci yang terletak di atas meja sehingga dua buah guci itu jatuh dan pecah, seluruh isinya tumpah.

"Aduh, celaka...!" Kun Liong berseru dengan mata terbelalak dan muka berubah pucat.

"Haiii, suara apa itu...?"

Mendengar seruan suara ayahnya, Kun Liong cepat menyelinap dan bersembunyi di balik gulungan tirai. Yap Cong San berlari masuk dari kamar yang menembus ruangan tengah.

"Wah... sungguh celaka... obatnya tumpah semua...!"

Pendekar itu cepat mengambil dua buah guci dan dengan hati-hati dia menampung isinya yang tinggal sedikit. Ada pun Pek-pek telah keluar dari kamar itu melalui jendela. Setelah menaruh obat yang tinggal sedikit itu ke dalam guci lain, Cong San lalu menjenguk ke luar jendela.

"Hemmm... Pek-cu yang menumpahkannya. Dia ketakutan diganduli kaleng kosong dan kelenengan. Haiii... Kun Liong..." Dia memanggil dan meloncat keluar dari jendela untuk menangkap Pek-pek.

Kun Liong menggigil. Tidak mungkin dia menyangkal lagi. Tentu ayahnya mengerti siapa yang menjadi biang keladi tumpahnya obat itu dan tentu sekali ini ayahnya tidak hanya mengomel saja, melainkan telapak tangan ayahnya akan ikut pula beraksi. Entah pantat atau telinganya, yang jelas dia akan menjadi korban hukuman, bahkan sekali ini ibunya pun akan marah kepadanya!

Ngeri menghadapi semua itu, terutama sekali menghadapi kemarahan ibunya yang tentu akan menyakitkan hatinya, Kun Liong berindap-indap keluar dari kamar obat, melalui pintu samping dan melarikan diri keluar dari rumah, terus berlari ke luar kota dan memasuki hutan.!

********************

Selama dua hari dua malam Kun Liong melarikan diri, hanya berhenti bila kakinya sudah tidak kuat lagi berlari. Dia melarikan diri dengan tergesa-gesa sekali, dibayangi rasa takut kalau-kalau ayahnya melakukan pengejaran.

Oleh karena sekali ini dia melakukan perjalanan dibayangi rasa takut, maka jauh bedanya dengan perjalanannya masuk keluar hutan pada waktu dia pergi mencari bambu kuning dulu. Kini dia tidak lagi dapat menikmati segala keindahan yang terbentang di depannya.

Perutnya hanya diisi kalau sudah tidak sanggup menahan lapar, diisi apa saja yang dapat ditemukan dalam hutan. Buah-buah, daun-daun muda, akar-akaran dan kadang-kadang kalau dia berhasil menangkap kelinci dengan sambitan batu, dapat juga dia makan daging kelinci.

Untung baginya bahwa pada waktu itu pemerintah dikendalikan oleh tangan Kaisar Yung Lo yang amat keras. Kaisar ini terus berusaha memperbaiki keadaan negara dan rakyat, dengan memberantas kejahatan, membasmi perampok-perampok sehingga pada waktu itu tak ada perampok yang berani muncul. Kalau tidak demikian keadaannya, sudah pasti sebelum lewat sehari menjelajahi hutan-hutan itu, Kun Liong sudah akan bertemu dengan perampok.

Harus diakui bahwa Kaisar Yung Lo yang berhasil merebut kedudukan Kaisar dari tangan keponakannya sendiri, yaitu Kaisar Hui Ti, sudah melakukan banyak usaha keras untuk mendatangkan kemakmuran bagi rakyatnya. Pertama, untuk menghindarkan pemerintah yang dipimpinnya dari pengaruh pembesar-pembesar korup sebagai sisa-sisa kaki tangan pemerintah yang lalu, ibu kota yang tadinya berada di Nanking dipindahkannya ke Peking. Di kota itu oleh Kaisar Yung Lo didirikan bangunan-bangunan yang luar biasa besar dan indahnya, yang gilang-gemilang sehingga menurut sejarah tidak ada taranya di jaman itu.

Di samping pembangunan yang mengandung seni bangunan megah itu ia pun menyuruh susun, perbaiki dan perkuat bangunan Tembok Besar di sebelah utara. Tembok besar ini dimulai pembangunannya pada abad ke dua sebelum tarikh Masehi oleh Kaisar Chin She dari Kerajaan Cin yang kemudian sering mengalami perbaikan-perbaikan selama sejarah berkembang. Maksud pertama dari pembangunan Tembok Besar ini adalah untuk dapat mencegah serbuan-serbuan bangsa asing dari utara yang semenjak dahulu merupakan ancaman.

Selain memerintah untuk memperbaiki dan memperkuat Tembok Besar yang panjangnya lebih dari tiga ribu lima ratus kilometer itu, juga Kaisar Yung Lo melanjutkan pekerjaan besar membuat Terusan Besar yang dimulai penggaliannya oleh para kaisar Mongol di jaman Kerajaan Goan-tiauw yang lalu. Terusan ini menghubungkan Sungai Yang-ce dan Sungai Huang-ho, lalu terus ke utara hingga dekat kota raja Peking. Untuk pembangunan-pembangunan yang hebat itu tentu saja dibutuhkan banyak sekali biaya-biaya dan tenaga manusia, namun dengan kekerasan, pekerjaan raksasa itu dapat juga diteruskan.

Kaisar Yung Lo tidak hanya mengusahakan kemajuan pembangunan-pembangunan saja, akan tetapi juga perdagangan dengan luar negeri. Untuk keperluan ini maka harus dicari hubungan dengan negara-negara baru di seberang lautan dan dia memerintahkan kepada seorang laksamana yang terkenal amat sakti dan pandai, yaitu The Hoo...
Selanjutnya,