Asmara Si Pedang Tumpul Jilid 08 - Sonny Ogawa

Halaman

    Social Items

WAJAH itu berseri dan sepasang mata itu bersinar-sinar. "Katakanlah, siapa orang yang sedang kau cari itu, nona? Kami akan membantumu sekuat tenaga dan kami yakin dalam waktu singkat kami akan dapat memberi tahu kepadamu di mana adanya orang yang kau cari itu. Siapa dia?"

"Dia adalah seorang tokoh Butong-pai berjuluk Sin-kiam-eng (Pendekar Pedang Sakti) dan namanya Bhok Cun Ki," kata Lili sambil menatap tajam wajah itu untuk melihat reaksinya.

Ya-kongcu terbelalak. "Sin-kiam-eng Bhok Cun Ki? Ahh, tentu saja aku mengenal siapa dia, nona! Akan tetapi, sebelum kuberi tahu kepadamu di mana dia, aku ingin tahu lebih dulu, apa hubunganmu dengan Sin-kiam-eng?"

Tentu saja hati Lili merasa gembira sekali mendengar bahwa Ya-kongcu mengenal orang yang sedand dicarinya. Tak disangkanya akan demikian mudahnya dia dapat menemukan musuh besar suci-nya. Karena dia seorang yang jujur dan terbuka, apa lagi jika dia sudah percaya kepada seseorang, maka mendengar pertanyaan Ya-kongcu dia pun mengaku terus terang.

"Aku mencari Sin-kiam-eng Bhok Cun Ki untuk membunuhnya."

"Ahhh...!" Ya-kongcu berseru, terbelalak.

"Mengapa, kongcu?" tanya Lili dan alisnya berkerut ketika dia teringat sesuatu. "Apakah dia sahabat baikmu atau keluargamu?"

Pria itu tertawa sambil menggeleng kepala. "Sama sekali bukan, nona. Malah sebaliknya, dia juga musuh besarku, maka tentu saja aku suka sekali membantumu menentangnya. Akan tetapi aku hanya terkejut mendengar engkau hendak membunuh Sin-kiam-eng Bhok Cun Ki. Dia seorang pendekar ahli pedang yang sangat tangguh, nona. Bahkan namanya paling terkenal di antara para tokoh Bu-tong-pai!"

"Hem, boleh jadi dia lihai, akan tetapi aku tidak takut," jawab Lili gagah dan dingin, penuh kepercayaan kepada kemampuannya sendiri.

"Tang Siocia, kalau boleh kami mengetahui, ada permusuhan apa antara engkau dengan dia?"

"Ini merupakan urusan pribadi yang tak dapat kuceritakan kepada siapa pun juga, kongcu. Cukup kau ketahui saja bahwa aku mencari dia untuk mengajaknya bertanding dan kalau mungkin membunuhnya." Di dalam suara gadis itu terkandung ketegasan yang membuat Ya-kongcu berhati-hati dan tidak berani mendesak.

"Aku mengerti, nona, dan aku tidak berani mencampuri urusan pribadi nona. Akan tetapi kurasa tidaklah mudah untuk melaksanakan keinginanmu itu, sungguh tidak mudah sama sekali.”

Dengan alis masih berkerut Lili berkata, "Katakan saja di mana aku dapat menemukan Sin-kiam-eng Bhok Cun Ki dan selanjutnya aku tidak berani merepotkanmu, kongcu."

"Nona Tang, dalam hal ini akan lebih baik jika kita bekerja sama. Aku akan membantumu menemukan dan menghadapi Sin-kiam-eng, dan aku akan mengerahkan kawan-kawanku untuk membantu suhu-mu agar terpilih sebagai bengcu."

Lili adalah seorang gadis yang cukup cerdik. Mendengar janji kesanggupan ini, ia menatap tajam. "Dan sebaliknya? Apa yang harus kulakukan untukmu?"

Lelaki itu tersenyum. "Tidak apa-apa, nona. Cukup kalau nona menganggap kami sebagai sahabat baik, cukuplah. Di antara sahabat baik tentu saja saling membantu tanpa pamrih, bukan?"

"Ya-kongcu, aku akan berterima kasih sekali apa bila engkau suka membantuku memberi tahu di mana musuh besarku itu. Dan engkau akan kuanggap seorang sahabat baik kalau keteranganmu itu betul sehingga aku dapat menemukan musuh itu. Nah, katakan di mana dia?"

"Tang Siocia, Sin-kiam-eng Bhok Cun Ki telah berjasa besar terhadap Kerajaan Beng dan karena jasa-jasanya membantu para petani memberontak dan menggulingkan pemerintah Goan, maka kini dia diangkat menjadi seorang jenderal yang berkuasa dan berkedudukan tinggi di kota raja."

"Hemmm…, jadi dia tinggal di kota raja?" tanya Lili. Kedudukan tinggi itu sama sekali tidak berkesan baginya. Yang penting dia dapat menemukan orang itu!

"Dia tinggal di kota raja, nona. Akan tetapi, sebagai seorang jenderal dia tinggal di dalam benteng di mana terdapat ribuan orang tentara. Agaknya tidak mungkin bagi nona untuk mencari dia di dalam tempat tinggalnya."

Mendengar ini barulah Lili tertegun. Betapa tinggi pun ilmu kepandaiannya, jika dia harus mencari musuh besarnya ke dalam benteng pasukan yang ribuan orang banyaknya, sama saja dengan bunuh diri. Tidak mungkin dia akan berhasil.

"Hemm, begitukah? Lalu bagaimana aku akan bisa berhadapan dengan dia?" gumamnya seperti pada diri sendiri.

"Itulah sebabnya mengapa tadi aku menawarkan bantuan kepadamu, nona. Kita harus bekerja sama dan aku akan mendapatkan jalan agar engkau dapat bertemu muka dengan jenderal itu. Kalau engkau mau bekerja sama, marilah kita melakukan perjalanan bersama karena kami pun ingin pergi ke kota raja."

Tentu saja Lili menyetujuinya. Biar pun dia seorang gadis dan akan melakukan perjalanan yang jauh bersama seorang pria yang mempunyai banyak anak buah dan semuanya pria, dia sama sekali tidak merasa canggung. Dia seorang gadis yang bebas dan yakin akan kemampuan diri sendiri sehingga dia tidak khawatir akan gangguan pria.

Apa lagi semua anak buah Ya-kongcu sudah mengenal siapa gadis itu dan tentu tidak ada seorang pun yang akan berani mengusiknya lagi. Hajaran yang diberikan Lili kepada tujuh orang itu sudah cukup keras, apa lagi dua orang pengganggu pertama dihukum pancung kepala oleh Ya-kongcu.

Lili juga tidak ingin tahu siapa sebenarnya pria itu. Andai kata dia tahu akan keadaan Ya-kongcu yang sesungguhnya, agaknya dia tidak akan peduli. Yang penting baginya adalah menemukan Sin-kiam-eng supaya dia dapat melaksanakan tugas yang diberikan suci-nya kepadanya.

Siapakah sebetulnya Ya Lu Ta yang disebut Ya-kongcu itu? Dia bukan sembarang orang, karena dia adalah Pangeran Yaluta, seorang di antara para pangeran dari Kerajaan Goan, yaitu Kerajaan Mongol yang telah runtuh.

Bersama sisa keluarga kerajaan, Pangeran Yaluta juga terpaksa melarikan diri mengungsi ke utara, kembali ke tanah air bangsa Mongolia di utara karena seluruh usaha sisa-sisa pasukan Mongol untuk melawan pasukan Kerajaan Beng gagal. Semua pasukan Mongol dihancurkan, banyak yang tewas dan yang masih bisa menyelamatkan diri lalu melarikan diri ke Mongolia.

Tentu saja banyak anggota keluarga, terutama para pangeran Mongol, yang belum mau menerima nasib dan masih sangat penasaran. Bagaimana mungkin keluarga yang tadinya merajai seluruh daratan Cina, yang berada di puncak kekuasaan, hidup mulia, terhormat dan kaya raya, kini harus kembali ke daerah tandus di utara dan hidup sebagai bangsa pengembara lagi?

Tidak, mereka akan tetap berusaha untuk mencoba menguasai kembali daratan selatan! Di antara para pangeran yang paling gigih adalah Pangeran Yaluta yang memang memiliki kemampuan besar itu. Dia mempunyai ilmu silat tinggi, pandai memimpin pasukan dan dia juga seorang ahli sastera.

Selama hampir seabad menjajah daratan Cina, orang-orang Mongol, terutama sekali kaum bangsawannya, telah meleburkan diri menjadi pribumi, berusaha mempelajari kebudayaan dan peradaban bangsa Cina yang lebih tinggi. Maka tak sulit bagi Pangeran Yaluta untuk mengaku bernama Ya Lu Ta seperti orang pribumi dan kalau saja dia berpakaian pribumi, takkan ada seorang pun menyangka dia seorang pangeran Mongol. Tidak ada sedikit pun pada dirinya yang berbekas Mongol.

Semenjak jatuhnya Kerajaan Mongol, Pangeran Yaluta atau yang kini dikenal sebagai Ya-kongcu itu telah berusaha keras untuk merebut kembali tahta kerajaan yang telah terjatuh ke tangan orang-orang Han sendiri yang kini mendirikan Kerajaan Beng yang baru. Akan tetapi usahanya dengan menggunakan kekerasan selalu gagal, selalu pasukannya dipukul hancur oleh pasukan Beng yang sangat kuat. Oleh karena itu selama beberapa tahun ini Ya-kongcu mempergunakan siasat lain.

Dia tidak lagi mempergunakan kekuatan pasukan untuk mencoba menyerang ke selatan, melainkan mempergunakan siasat halus. Dia mengirim para pembantunya yang lihai dan cerdik, menyebar banyak sekali mata-mata ke selatan. Bahkan orang-orangnya yang lihai itu sudah beberapa kali berusaha melakukan pembunuhan-pembunuhan rahasia terhadap orang-orang penting dari pemerintah Kerajaan Beng, ada yang berhasil tetapi banyak pula yang gagal. Kemudian dia memberi perintah baru kepada orang-orang yang merupakan anggota jaringan mata-mata di Kerajaan Beng. Usaha kekerasan agar dihentikan, dan dia menggunakan siasat lain.

Jabatan bengcu dunia persilatan harus dikuasai oleh orang yang dapat mereka pengaruhi, dan persaingan antara pangeran-pangeran Kerajaan Beng harus dimanfaatkan agar dapat menimbulkan pertikaian di antara mereka dan memperlemah kedudukan Kerajaan Beng. Untuk tugas yang penting ini, Ya-kongcu bertekad hendak turun tangan sendiri, memimpin langsung di tempat lawan, yaitu di kota raja!

Oleh seorang ahli pengobatan di negerinya, Ya Lu Ta telah membiarkan wajahnya diubah dengan pembedahan dan pengobatan sehingga bentuk mata, hidung dan mulutnya sudah berubah. Tidak akan ada seorang pun di kota raja yang akan mengenal wajahnya sebagai wajah pangeran Mongol yang terkenal. Di kota raja sendiri dia telah mempunyai wakil atau tangan kanan yang selama ini memimpin jaringan mata-mata, seseorang yang memegang kedudukan penting di Kerajaan Beng, yang sudah bisa dia pengaruhi dan dia manfaatkan tenaganya.

Demi tercapainya cita-citanya itulah maka Ya-kongcu bersikap ramah kepada Lili, setelah dia mengetahui bahwa gadis itu memiliki ilmu kepandaian tinggi, apa lagi setelah mereka berkenalan dan dia tahu bahwa gadis itu adalah murid See-thian Coa-ong. Dia harus bisa merangkul orang-orang yang pandai, apa lagi para datuk yang selain lihai juga mempunyai kekuasaan besar, memiliki banyak pengikut. Kalau kelak bengcu menjadi sekutunya, dan dia bisa merangkul banyak perkumpulan besar, juga mempengaruhi pejabat-pejabat tinggi, kiranya cita-citanya bukan merupakan mimpi belaka.

********************

Cerita silat serial Si Pedang Tumpul karya kho ping hoo

Ya-kongcu selalu menerima laporan dari para kaki tangannya maka bekas pangeran ini mengetahui dengan baik segala peristiwa yang terjadi di kota raja, bahkan dia mengenal nama mereka yang mempunyai kedudukan penting, mana yang dianggap berbahaya bagi pergerakannya, dan pejabat mana yang kiranya dapat ditarik menjadi sekutu. Oleh karena itu, keterangannya tentang Bhok Cun Ki kepada Lili bukanlah keterangan bohong.

Memang Bhok Cun Ki kini sudah menjadi seorang jenderal yang dipercaya di kota raja. Semenjak terjadinya perjuangan menumbangkan kekuasaan Mongol yang dipimpin oleh Chu Goan Ciang yang kemudian menjadi Kaisar Thai-cu, kaisar pertama Kerajaan Beng (1368-1398), Bhok Cun Ki sudah ikut dalam perjuangan sebagai seorang tokoh pemimpin yang gagah perkasa. Dia memang seorang pendekar, murid Butong-pai yang lihai sekali. Oleh karena itu, setelah perjuangan berhasil dan Chu Goan Ciang menjadi kaisar, maka pemimpin pejuang ini tidak melupakan rekan-rekannya.

Di samping dua orang panglima besar seperti Jenderal Shu Ta dan Jenderal Yauw Ti yang memperoleh kedudukan panglima pertama dan ke dua, masih banyak tokoh pejuang yang menerima kedudukan sesuai dengan kecakapan dan kemampuan mereka. Di antaranya adalah Bhok Cun Ki yang diberi kedudukan jenderal dan menjadi salah seorang di antara para pembantu Jenderal Shu Ta.

Hanya ada sedikit saja kekeliruan keterangan yang diberikan Ya-kongcu kepada Lili, yaitu mengenai tempat tinggal Bhok-Goanswe (Jenderal Bhok). Dia beserta keluarganya tidak tinggal di dalam benteng, melainkan di sebuah gedung yang cukup besar dan megah.

Sebagai seorang panglima tentu saja siang malam rumahnya selalu dijaga oleh pengawal yang biar pun hanya belasan orang banyaknya, namun mereka merupakan prajurit-prajurit kepercayaan Jenderal Bhok dan merupakan orang-orang pilihan yang selain sangat setia juga memiliki ilmu silat yang cukup tangguh.

Di dalam gedungnya Bhok Cun Ki tinggal bersama keluarganya. Dia kini berusia empat puluh lima tahun, dan dalam usia yang setengah tua ini dia masih nampak gagah perkasa. Wajahnya ganteng dengan kumis dan jenggot tipis, matanya lebar berwibawa, hidungnya mancung dan mulutnya membayangkan kelembutan hati walau pun dagunya milik orang yang keras dan teguh hati.

Sebelum menjadi panglima dia telah terkenal di dunia persilatan dengan julukan Sin-kiam-eng (Pendekar Pedang Sakti) karena dengan ilmu pedang dari Butong-pai yang indah dan cepat, dia memang merupakan seorang ahli pedang yang sukar dicari bandingnya.

Sebelum Kerajaan Mongol jatuh, Bhok Cun Ki telah menikah dengan seorang wanita yang masih berdarah bangsawan karena isterinya adalah puteri dari seorang pembesar bagian kebudayaan, seorang Han yang ketika terjadi perjuangan, juga berpihak kepada pejuang, meninggalkan kedudukannya dan meninggalkan kota raja bersama keluarganya.

Bersama isterinya dia mempunyai dua orang anak, yaitu seorang pemuda yang kini sudah berusia dua puluh tahun dan seorang gadis yang sekarang berusia delapan belas tahun. Pemuda itu bernama Bhok Ci Han, tampan dan tegap, pendiam dan gagah perkasa, ada pun adiknya bernama Bhok Ci Hwa, cantik manis, lincah jenaka tidak seperti kakaknya yang pendiam.

Semenjak kecil kedua kakak beradik ini sudah digembleng oleh ayahnya sendiri sehingga setelah kini mereka dewasa, keduanya selain memiliki ilmu sastera yang cukup baik, juga mereka mewarisi ilmu silat Butong-pai yang tangguh. Biar pun diluarnya mereka nampak seperti seorang kongcu (tuan muda) dan seorang siocia (nona) yang lemah lembut, juga pandai membaca kitab, pandai bersajak dan kesenian lain, akan tetapi sebetulnya mereka berdua adalah pendekar-pendekar Butong-pai yang lihai.

Bhok Cun Ki tinggal bersama isteri dan dua orang anaknya di gedung yang selalu terjaga prajurit pengawal. Gardu penjagaan berada di dekat pintu gerbang, akan tetapi sering kali, terutama pada waktu malam, serombongan pengawal melakukan perondaan mengelilingi gedung, bahkan ada pula yang memeriksa keamanan dari atap gedung.

Pada suatu sore Panglima Bhok menerima surat undangan yang bersifat panggilan dari atasannya, yaitu Jenderal Shu Ta yang menjadi panglima besar kepercayaan kaisar yang utama. Tentu saja Bhok Cun Ki merasa heran karena biasanya atasannya tidak pernah memanggilnya di waktu hari telah sore. Kalau hal ini terjadi, berarti atasannya itu memiliki alasan yang kuat dan tentu ada urusan yang teramat penting sehingga Jenderal Shu Ta tidak segan-segan mengganggu waktunya beristirahat. Dia segera berangkat, naik kereta dan dikawal selusin orang prajurit pengawal, menuju ke perbentengan karena dia dipanggil menghadap ke sana.

Setelah tiba di dalam benteng dan dipersilakan memasuki ruangan yang biasa digunakan untuk rapat, di situ telah menanti Jenderal Shu Ta dan pembantu utamanya, yaitu Jenderal Yauw Ti, serta beberapa orang panglima muda lainnya dan seorang pemuda berpakaian sederhana, pakaian rakyat biasa. Kiranya Jenderal Shu Ta akan mengadakan rapat yang lengkap dengan para panglima, pikir Bhok Cun Ki, kemudian dia pun memandang sejenak kepada pemuda tinggi tegap berkulit gelap itu.

Jenderal Shu Ta berusia kurang lebih lima puluh tiga tahun, tubuhnya agak gemuk namun kokoh kuat, mukanya kemerahan dan sikapnya tegas berwibawa. Sedangkan wakil atau pembantu utamanya, Jenderal Yauw Ti, bertubuh tinggi besar dengan pinggang ramping, usianya sekitar lima puluh tahun akan tetapi dia masih nampak muda dan tegap.

Di samping menjadi pembantu utama panglima besar, Jenderal Yauw Ti ini juga menjadi penasehat kaisar di bagian kemiliteran. Dan karena dia terkenal pandai dalam ilmu silat dan ilmu perang, dia pun dijadikan guru bagi para panglima muda dalam hal ilmu perang.

Kedua orang jenderal ini sudah banyak jasanya di waktu perjuangan, karena itu mereka merupakan dua orang yang paling tinggi kedudukannya di bagian kemiliteran, walau pun Jenderal Yauw Ti lebih dipercaya dan lebih dekat dengan kaisar yang merupakan sahabat karibnya di waktu perjuangan dan mereka masih menjadi pemuda-pemuda dari kalangan rakyat kecil biasa.

Sebaliknya Jenderal Yauw Ti semenjak muda sudah menjadi seorang perwira walau pun dahulu dia seorang perwira pasukan Mongol. Ketika terjadi pemberontakan rakyat, dia pun meninggalkan pasukannya dan berpihak kepada rakyat, maka jasanya besar dan kini dia memperoleh kedudukan tinggi yang hanya kalah oleh Jenderal Shu Ta saja.

Ada belasan panglima yang hadir, dan kesemuanya adalah orang-orang yang menduduki jabatan penting di bagian ketentaraan dan keamanan. Maka tentu saja mengherankan hati Bhok Cun Ki saat melihat bahwa di situ hadir pula seorang pemuda asing, bukan anggota pasukan, apa lagi panglima atau perwira.

"Bhok-ciangkun telah datang, kini lengkap sudah, kita boleh mulai bicara," kata Jenderal Shu Ta yang memimpin pertemuan itu. "Pertama-tama kami perkenalkan dahulu kepada ciangkun (perwira tinggi) sekalian, saudara ini adalah murid yang mewakili locianpwe Ciu-sian (Dewa Arak) Tong Kui. Namanya adalah Sin Wan dan dia datang sebagai utusan dan wakil dari locianpwe Ciu-sian."

Bhok Cun Ki mengamati pemuda yang berdiri dan sekarang memberi hormat ke sekeliling itu. Nampaknya tidak mengesankan akan tetapi dia dapat menduga bahwa murid Ciu-sian tentulah lihai, apa lagi sudah menjadi wakil tokoh besar dunia persilatan itu. Dan walau pun dalam sikap yang sopan dan pendiam itu tidak dapat dilihat kelihaiannya, namun sinar matanya yang bersinar-sinar itu menunjukkan bahwa dia bukan pemuda sembarangan.

“Maaf, Shu-goanswe (jenderal Shu), saya telah mengenal locianpwe Ciu-sian, akan tetapi bagaimana kita dapat yakin bahwa pemuda ini murid dan datang mewakilinya? Kita harus yakin benar mengenai hal ini, mengingat akan bahayanya kalau ada orang luar yang tidak berhak menyelundup," kata Bhok Cun Ki dan para rekannya mengangguk setuju.

Jenderal Shu Ta tersenyum senang dan menoleh pada Sin Wan setelah mempersilakan pemuda itu duduk kembali. "Nah, engkau sudah mendengar dan melihat sendiri, taihiap, betapa teliti dan berhati-hati para rekan panglima di sini. Tentu engkau maklum betapa besar bahayanya kalau sampai ada mata-mata musuh datang menyusup. Rahasia kami akan diketahui musuh dan hal itu amat berbahaya. Karena itu maafkan sikap mereka jika meragukan keaslianmu sebagai murid dan wakil locianpwe Ciu-sian."

Sin Wan mengangguk. "Tidak ada yang perlu dimaafkan, bahkan saya merasa kagum sekali. Nah, sebaiknya cu-wi ciangkun (para panglima sekalian) memeriksa tanda kuasa yang diberikan suhu kepada saya ini, dan juga surat keterangan yang ditulis suhu seperti yang tadi telah saya perlihatkan kepada Shu-goanswe.”

Sin Wan mengeluarkan sehelai leng-ki, yaitu sebuah bendera kecil sebagai tanda bahwa pemegangnya merupakan utusan kaisar yang akan menerima sambutan penghormatan dan bantuan dari setiap orang pejabat, dari yang paling rendah sampai yang paling tinggi kedudukannya.

Dulu kaisar telah memanggil Ciu-sian dan kaisar sendiri yang menyerahkan sehelai leng-ki kepada Ciu-sian dan memberi tugas kepada Dewa Arak itu untuk membantu pemerintah, melakukan penyelidikan dan menentang jaringan mata-mata Mongol yang berbahaya bagi keamanan negara.

Di samping leng-ki itu, Sin Wan juga mengeluarkan segulung surat tulisan Dewa Arak yang menerangkan bahwa karena dia sudah terlalu tua, maka dia menyerahkan tugas dari kaisar kepada muridnya bernama Sin Wan yang akan bertindak mewakilinya dalam segala hal, dan bahwa dialah yang bertanggung jawab akan sepak terjang Sin Wan.

Membaca surat keterangan dan melihat leng-ki itu, belasan orang panglima itu langsung memberi hormat secara militer, berdiri tegak lantas berlutut sebelah kaki. Bendera kecil (leng-ki) itu adalah tanda kuasa dari kaisar yang diberikan kepada seorang utusan, maka bukan utusan itu yang dihormati, melainkan leng-ki yang merupakan lambang kehadiran kaisar.

"Hari ini Sin Wan taihiap (pendekar besar) datang berkunjung dengan maksud untuk minta keterangan dan penjelasan mengenai jaringan mata-mata musuh seperti yang kita ketahui supaya dia bisa memulai dengan penyelidikannya. Karena melihat pentingnya tugas yang dilakukannya, dan kita semua mengharapkan bantuannya, maka kami mengundang cu-wi (anda sekalian) untuk membicarakan urusan ini."

"Nanti dulu, tai-ciangkun," kata Jenderal Yauw Ti. "Sejak dahulu kita semua telah bekerja untuk menentang musuh, dan kita selalu menyelidiki jaringan mata-mata Mongol. Namun kita tak pernah menemukan jaringan mata-mata itu, kecuali ditangkapnya beberapa orang yang kita curigai. Itu pun tidak ada hasilnya karena tidak ada yang mengaku, dan mungkin mereka hanya terkena fitnah belaka. Dengan kekuatan seluruh pasukan, kita pasti dapat menanggulangi segala ancaman musuh. Lalu apa artinya Saudara Sin Wan yang hanya seorang diri ini untuk menghadapi jaringan mata-mata, kalau memang ada?"

Mendengar ini, beberapa orang panglima mengangguk menyetujui. Bagaimana pun juga mereka merasa diremehkan. Mereka adalah panglima-panglima yang memimpin pasukan dan selama ini mereka berhasil menghalau semua musuh Kerajaan Beng. Kalau sekarang ada seorang pemuda yang hendak bertugas menyelidiki jaringan mata-mata, bukankah hal itu sama saja dengan meremehkan kekuatan dan kemampuan mereka? Apa artinya seorang pemuda saja, betapa pun pandainya?

Jenderal Shu Ta yang dahulunya juga seorang rakyat biasa, namun sejak muda sudah berkecimpung di dunia kangouw, mengerutkan alisnya. "Harap cu-wi tidak berpendapat sepicik itu. Cu-wi agaknya lupa bahwa orang-orang dari dunia persilatan seperti locianpwe Ciu-sian atau muridnya ini dapat bergerak lebih bebas dari pada kita. Mereka akan dapat menghubungi orang-orang kangouw, dan mereka juga bisa melakukan penyelidikan tanpa diketahui pihak lawan. Kita sudah dikenali, maka kalau kita bergerak, tentu musuh sudah mengetahuinya. Jika musuh yang datang itu pasukan yang menyerang dengan berterang, tentu saja kita dengan pasukan kita yang maju, bukan perorangan seperti taihiap ini. Akan tetapi pihak lawan bergerak dengan cara sembunyi, maka kita pun harus mempercayakan kepada para pendekar seperti taihiap ini. Lupakah cu-wi ketika benda-benda pusaka milik Sribaginda dicuri orang? Kita sudah mengerahkan pasukan untuk mencari, tetapi hasilnya sia-sia saja. Kemudian, sesudah Sribaginda mengutus Sam-sian untuk mencarinya, maka para locianpwe itu berhasil membawa kembali benda-benda pusaka. Nah, apa yang dapat cu-wi katakan lagi?"

Jenderal Yauw Ti mengangguk-angguk. "Kini kami mengerti dan kami menanti perintah ciangkun," katanya mengalah.

Jenderal Shu Ta lalu menceritakan keadaan keamanan pada waktu itu, terutama sekali kepada Sin Wan, dan juga berita baru tentang perubahan gerakan orang-orang Mongol.

"Kami sudah menerima laporan dari para komandan pasukan, juga dari Raja Muda Yung Lo bahwa kini orang-orang Mongol telah mengundurkan diri, tidak lagi melakukan tekanan di perbatasan. Belum diketahui dengan pasti sebab-sebabnya mengapa mereka tiba-tiba saja mengendurkan tekanan sehingga jarang terjadi serangan terhadap para penjaga di perbatasan. Hal ini hanya ada dua kemungkinan. Pertama, mereka sengaja mundur untuk membuat kita lengah, sementara mereka memperkuat kedudukan dengan memperbesar pasukan. Kemungkinan kedua, mereka akhirnya sadar bahwa penyerangan mereka untuk menembus perbatasan selalu gagal dan tidak mungkin dilanjutkan, maka mereka mungkin akan menyerang dari jurusan lain, bisa dari barat dan mungkin juga mereka membonceng keadaan yang dibikin kacau oleh para bajak, menyerang dari timur menggunakan perahu, biar pun kemungkinan ini kecil sekali. Betapa pun juga kita harus memperkuat penjagaan di barat, juga mengamati dengan ketat pantai timur." Jenderal Shu Ta berhenti sebentar dan memandang kepada semua pembantunya. "Bagaimana pendapat cuwi?"

"Ciangkun, saya melihat kemungkinan lain," tiba-tiba Bhok Cun Ki berkata.

Semua orang memandang kepada panglima yang tampan dan gagah itu.

"Bhok-ciangkun, katakan apa pendapatmu."

"Sudah berulang kali orang-orang Mongol kita pukul mundur. Bahkan sejak Shu-goanswe memimpin pasukan besar ke utara belasan tahun yang lampau, kita menyeberangi gurun Gobi, kita menggempur kemudian membakar kota lama Karakorum, malah terus ke utara sampai ke Pegunungan Yablonoi dan menghancurkan setiap pasukan Mongol. Semenjak itu boleh dibilang kekuatan pasukan Mongol telah hancur dan agaknya tidak mungkin bagi mereka untuk bangkit kembali. Jika sekarang mereka menghentikan penyerangan, hal itu wajar saja dan ada kemungkinan yang cukup membahayakan kita, yaitu bahwa mungkin mereka akan mengganti siasat, tidak menyerang dengan kekerasan lagi."

"Tidak menyerang dengan kekerasan lagi? Kalau begitu, kenapa kau katakan berbahaya, Bhok-ciangkun?" tanya Jenderal Shu Ta.

Memang dulu, ketika dia memimpin pasukan besar mengejar bangsa Mongol sampai jauh ke utara, Bhok Cun Ki merupakan seorang di antara pembantunya yang gagah perkasa dan berjasa besar.

“Mungkin mereka sedang menggunakan siasat halus, antara lain penyebaran mata-mata yang lebih tekun, memasang jaringan mata-mata untuk mendatangkan kekacauan di kota raja dan kota-kata besar lainnya. Mungkin mereka hendak merangkul dan mempengaruhi para pejabat yang memang tidak suka kepada Kerajaan Beng, atau mereka itu bersekutu dengan para pengkhianat, memanfaatkan perkumpulan-perkumpulan dari golongan sesat untuk membuat kekacauan agar kehidupan rakyat menjadi tidak aman. Bisa saja mereka melakukan usaha pembunuhan terhadap tokoh-tokoh penting pemerintahan kita."

Suasana menjadi hening sesudah Bhok Cun Ki berbicara karena semua orang tenggelam dalam lamunannya masing-masing, membayangkan kemungkinan itu dengan hati merasa ngeri. Bagi orang-orang yang biasa menghadapi pertempuran ini, mereka malah merasa ngeri menghadapi musuh yang bekerja secara sembunyi. Melakukan kekacauan dengan cara apa saja, cara yang bagi mereka amatlah hina dan curang, dan mereka tidak biasa menghadapi cara-cara seperti itu.

"Benar apa yang diucapkan Bhok-ciangkun," kata Jenderal Shu Ta. "Oleh karena itulah maka usaha untuk menanggulangi jaringan mata-mata ini perlu digalakkan, dan lebih-lebih kita sangat membutuhkan bantuan para pendekar. Dalam hal inilah tenaga para pendekar seperti Sin Wan taihiap ini amat kita butuhkan. Nah, siapa lagi yang mempunyai pendapat yang kiranya berguna bagi kita untuk kita bicarakan?"

Seorang panglima yang bertubuh tinggi kurus berkata dengan suaranya yang lantang dan mantap. "Shu-goanswe, saya setuju sekali dengan keterangan Bhok-ciangkun tadi bahwa mungkin sekali pihak musuh akan mendekati dan memanfaatkan perkumpulan golongan sesat. Saya teringat bahwa beberapa bulan lagi akan diadakan pemilihan bengcu di dunia persilatan. Kalau sampai kedudukan bengcu itu berada di tangan seorang datuk sesat, kemudian bengcu itu dapat dipengaruhi oleh orang Mongol dan dijadikan sekutu, maka hal itu akan berbahaya sekali. Maka sebaiknya kalau kita memperhatikan pemilihan bengcu itu."

"Benar sekali!" kata Jenderal Shu Ta. "Memang hal itu sudah kami bicarakan dengan Sin Wan taihiap ketika dia datang kepada kami, bahkan kami telah merencanakan pembagian tugas. Sebaiknya Sin Wan taihiap yang bertugas untuk mengamati pemilihan bengcu itu dan sedapat mungkin mencegah agar kedudukan bengcu jangan sampai jatuh ke tangan orang sesat. Dalam hal ini kami menunjuk Bhok-ciangkun untuk bekerja sama dengan Sin Wan taihiap, mengingat bahwa Bhok-ciangkun memiliki hubungan yang luas dengan para tokoh dunia kang-ouw."

Semua panglima dapat menyetujui dan Bhok Cun Ki mengangguk-angguk. Memang lebih baik begitu, pikirnya. Dia belum tahu sampai di mana kemampuan pemuda itu. Sungguh berbahaya kalau tugas yang sepenting itu diserahkan kepada pemuda itu seorang. Kalau bekerja sama dengan dia, maka dia akan dapat menguji pemuda itu, dan dia sendiri yang akan turun tangan kalau dalam pemilihan itu pihak golongan sesat akan menguasainya.

"Maaf, Shu tai-ciangkun!" kata Jenderal Yauw Ti. "Kami memiliki pendapat yang penting, akan tetapi agar dimaafkan kalau menyinggung karena pendapat ini hanya terdorong oleh keinginan menjaga keamanan bagi pihak kita sendiri."

"Silakan bicara, Yauw-ciangkun," kata Jenderal Shu Ta. Semua orang lantas memandang kepada Jenderal yang bertubuh tinggi besar namun ramping itu.

"Sebelumnya sekali lagi saya minta maaf kalau pendapat saya ini menyinggung, terutama kepada taihiap Sin Wan. Memang taihiap ini telah membawa leng-ki dan surat kuasa dari locianpwe Ciu-sian, tetapi terus terang saja, kita sama sekali belum pernah mengenalnya. Dan kalau mata saya yang tua ini belum berkurang kemampuannya, saya melihat bahwa taihiap ini seperti bukan orang Han! Dan siapakah keturunannya? Mengapa namanya Sin Wan begitu saja tanpa nama keluarga?"

Semua orang terdiam dan kini mereka memandang kepada Sin Wan, diam-diam mereka terkejut akan keberanian Jenderal Yauw Ti, karena bagaimana pun juga, ucapannya itu amat menyinggung dan jelas membayangkan ketidak kepercayaannya. Padahal pemuda itu membawa surat kuasa Ciu-sian dan bahkan membawa leng-ki dari kaisar.

Jenderal Shu Ta juga terkejut sekali, dan kini dia memandang kepada Sin Wan. Memang, di dalam hati kecilnya sesungguhnya juga ada pertanyaan ini, akan tetapi dia tidak berani mengeluarkannya karena dia melihat leng-ki dan surat dari Ciu-sian. Kini ada yang berani menanyakan, hal itu sungguh baik sekali dan dia mengharapkan jawaban sejujurnya dari Sin Wan.

Akan tetapi kekhawatiran para panglima itu sia-sia belaka. Pemuda itu sama sekali tidak nampak tersinggung. Memang Sin Wan tidak merasa tersinggung, bahkan dia pun hanya tersenyum. Dia tahu bahwa kini dia sedang berhadapan dengan orang-orang peperangan yang berwatak terbuka, keras dan jujur. Jika pertanyaan tadi diajukan oleh Jenderal Yauw Ti, jelas bahwa pertanyaan itu keluar dari hati yang jujur dan sama sekali tidak bermaksud menyinggung atau menghina. Dan memang dia tidak malu untuk mengakui keadaannya.

Dia menyapu wajah para panglima itu dengan pandang matanya. Dia melihat wajah-wajah yang gagah dan sinar mata yang tajam berwibawa. Semuanya membayangkan kekerasan dan ketegasan.

"Tidak apa-apa. Saya tidak merasa tersinggung sedikit pun, sebab pertanyaan itu memang sudah sewajarnya. Memang sebaiknya kalau cu-wi (anda sekalian) mengenal siapa saya sesungguhnya. Nama saya Sin Wan, tanpa nama keluarga karena saya memang bukan orang Han. Ayah dan ibu saya sudah meninggal dunia dan mereka berdua adalah orang-orang yang bersuku bangsa Uighur. Akan tetapi sejak kecil saya terdidik sebagai orang Han, dan menjadi murid ketiga suhu Sam-sian, maka saya merasa diri saya tidak berbeda dengan orang-orang Han yang merupakan pribumi asli."

"Suku bangsa Uighur?!" Terdengar Jenderal Yauw Ti berseru dan matanya terbuka lebar, lalu alisnya berkerut dan matanya mengamati wajah Sin Wan dengan penuh selidik. "Akan tetapi banyak orang Uighur yang berpihak kepada Mongol!"

Suasana menjadi hening dan seluruh mata memandang kepada Sin Wan penuh selidik. Suasana yang tegang itu dipecahkan oleh suara tawa Jenderal Shu Ta.

"Ha-ha-ha, tidak ada jeleknya kalau Yauw-ciangkun bersikap hati-hati. Namun ketahuilah bahwa kita sama sekali tidak menaruh curiga kepada taihiap ini, sebab tidak semua orang Uighur berpihak kepada Mongol. Selain taihiap ini adalah murid Sam-sian, telah dipercaya oleh locianpwe Ciu-sian yang memberi leng-ki kepadanya serta mengangkatnya sebagai wakil dalam melaksanakan perintah Sribaginda, juga taihiap Sin Wan ini pernah bersama Pek-sim Lo-kai Bu Lee Ki diundang sebagai tamu oleh Pangeran Yen atau Raja Muda Yung Lo, dan dijamu oleh beliau. Bukan itu saja, bahkan taihiap ini akan diangkat menjadi panglima oleh beliau akan tetapi taihiap Sin Wan menolaknya."

"Ehh? Kenapa menolak anugerah pangkat panglima yang akan diberikan Pangeran Yen?" tanya Jenderal Yauw penasaran.

Sin Wan tersenyum. Tentu saja dia tidak dapat mengatakan bahwa dia tidak menerima kedudukan itu karena di sana ada Lim Kui Siang, sumoi-nya yang dari cinta berbalik benci kepadanya. "Saya tidak dapat menerima anugerah itu karena terus terang saja, saya tidak betah tinggal di utara yang dingin. Saya lebih senang tinggal di selatan."

Alasan ini memang masuk di akal. Bagi orang yang biasa hidup di selatan, tinggal di utara memang tidak menyenangkan. Apa lagi kalau tiba musim salju, dinginnya bukan main.

"Nah, sekarang kita kembali lagi kepada pembagian tugas. Bhok-ciangkun kami tugaskan untuk menjaga agar kedudukan bengcu tidak sampai terjatuh ke tangan datuk sesat yang dapat dimanfaatkan oleh orang Mongol, sedangkan taihiap Sin Wan membantunya dalam pelaksanaan tugas itu. Sementara itu, engkau pun dapat melakukan penyelidikan di kota raja, taihiap, sebelum waktu pemilihan bengcu tiba. Untuk ini engkau boleh bekerja sama dengan Bhok-ciangkun, dan tentu akan kami bantu kalau sewaktu-waktu dibutuhkan."

"Terima kasih, mudah-mudahan saya dapat melaksanakan tugas dengan baik. Saya kira keadaan akan menjadi baik kalau Pek-sim Lo-kai Bu Lee Ki yang kelak menjadi bengcu. Dia seorang datuk besar yang tentu akan membawa semua orang kang-ouw mendukung pemerintah. Jika dunia kang-ouw telah bersikap demikian, menentang para pemberontak, maka tugas pemerintah akan lebih ringan. Menurut suhu Ciu-sian, yang paling berbahaya datangnya dari utara, dari orang-orang Mongol. Selain mereka mempunyai banyak orang pandai, juga mengenal baik seluruh keadaan di semua kota, juga di kota raja, terutama sekali mereka itu tentu berusaha mati-matian untuk dapat mendirikan kembali kerajaan mereka yang telah hancur, atau setidaknya akan berusaha membikin kacau..."

Jenderal Shu Ta mengangguk-angguk sambil mengelus jenggotnya yang pendek dan rapi. "Engkau benar, taihiap. Orang-orang Mongol itu agaknya sudah maklum bahwa mereka tak mungkin membangun kembali kerajaan mereka melalui kekerasan, karena setiap kali bergerak, pasukan mereka dapat kita hancurkan. Mereka tentu akan menggunakan siasat busuk, oleh karena itu senang dan legalah hati kami kalau sekarang Bhok-ciangkun dapat memperoleh bantuanmu. Kami yakin bahwa kalian berdua akan mampu menghancurkan setiap usaha jaringan mata-mata yang berbahaya, dimulai dari pemilihan Bengcu. Nah, kami semua mengharapkan kalian akan dapat melaksanakan tugas dengan baik, Bhok-ciangkun dan Sin Wan taihiap!"

Jenderal itu mengangkat cawan arak yang disambut dengan gembira oleh Sin Wan dan Bhok Cun Ki. Juga Jenderal Yauw Ti mengucapkan selamat dan menyampaikan harapan baiknya dengan secawan arak.

Sesudah pertemuan rahasia antara para panglima itu dibubarkan, panglima Bhok Cun Ki segera mengajak Sin Wan turut bersamanya. Karena pemuda itu sudah ditunjuk sebagai pembantunya, bekerja sama dengan dia, maka tentu saja mulai saat itu pendekar muda ini harus selalu dekat dengannya dan dia pun mengusulkan agar Sin Wan tinggal saja di rumahnya sehingga mereka dapat bekerja sama lebih baik...

Asmara Si Pedang Tumpul Jilid 08

WAJAH itu berseri dan sepasang mata itu bersinar-sinar. "Katakanlah, siapa orang yang sedang kau cari itu, nona? Kami akan membantumu sekuat tenaga dan kami yakin dalam waktu singkat kami akan dapat memberi tahu kepadamu di mana adanya orang yang kau cari itu. Siapa dia?"

"Dia adalah seorang tokoh Butong-pai berjuluk Sin-kiam-eng (Pendekar Pedang Sakti) dan namanya Bhok Cun Ki," kata Lili sambil menatap tajam wajah itu untuk melihat reaksinya.

Ya-kongcu terbelalak. "Sin-kiam-eng Bhok Cun Ki? Ahh, tentu saja aku mengenal siapa dia, nona! Akan tetapi, sebelum kuberi tahu kepadamu di mana dia, aku ingin tahu lebih dulu, apa hubunganmu dengan Sin-kiam-eng?"

Tentu saja hati Lili merasa gembira sekali mendengar bahwa Ya-kongcu mengenal orang yang sedand dicarinya. Tak disangkanya akan demikian mudahnya dia dapat menemukan musuh besar suci-nya. Karena dia seorang yang jujur dan terbuka, apa lagi jika dia sudah percaya kepada seseorang, maka mendengar pertanyaan Ya-kongcu dia pun mengaku terus terang.

"Aku mencari Sin-kiam-eng Bhok Cun Ki untuk membunuhnya."

"Ahhh...!" Ya-kongcu berseru, terbelalak.

"Mengapa, kongcu?" tanya Lili dan alisnya berkerut ketika dia teringat sesuatu. "Apakah dia sahabat baikmu atau keluargamu?"

Pria itu tertawa sambil menggeleng kepala. "Sama sekali bukan, nona. Malah sebaliknya, dia juga musuh besarku, maka tentu saja aku suka sekali membantumu menentangnya. Akan tetapi aku hanya terkejut mendengar engkau hendak membunuh Sin-kiam-eng Bhok Cun Ki. Dia seorang pendekar ahli pedang yang sangat tangguh, nona. Bahkan namanya paling terkenal di antara para tokoh Bu-tong-pai!"

"Hem, boleh jadi dia lihai, akan tetapi aku tidak takut," jawab Lili gagah dan dingin, penuh kepercayaan kepada kemampuannya sendiri.

"Tang Siocia, kalau boleh kami mengetahui, ada permusuhan apa antara engkau dengan dia?"

"Ini merupakan urusan pribadi yang tak dapat kuceritakan kepada siapa pun juga, kongcu. Cukup kau ketahui saja bahwa aku mencari dia untuk mengajaknya bertanding dan kalau mungkin membunuhnya." Di dalam suara gadis itu terkandung ketegasan yang membuat Ya-kongcu berhati-hati dan tidak berani mendesak.

"Aku mengerti, nona, dan aku tidak berani mencampuri urusan pribadi nona. Akan tetapi kurasa tidaklah mudah untuk melaksanakan keinginanmu itu, sungguh tidak mudah sama sekali.”

Dengan alis masih berkerut Lili berkata, "Katakan saja di mana aku dapat menemukan Sin-kiam-eng Bhok Cun Ki dan selanjutnya aku tidak berani merepotkanmu, kongcu."

"Nona Tang, dalam hal ini akan lebih baik jika kita bekerja sama. Aku akan membantumu menemukan dan menghadapi Sin-kiam-eng, dan aku akan mengerahkan kawan-kawanku untuk membantu suhu-mu agar terpilih sebagai bengcu."

Lili adalah seorang gadis yang cukup cerdik. Mendengar janji kesanggupan ini, ia menatap tajam. "Dan sebaliknya? Apa yang harus kulakukan untukmu?"

Lelaki itu tersenyum. "Tidak apa-apa, nona. Cukup kalau nona menganggap kami sebagai sahabat baik, cukuplah. Di antara sahabat baik tentu saja saling membantu tanpa pamrih, bukan?"

"Ya-kongcu, aku akan berterima kasih sekali apa bila engkau suka membantuku memberi tahu di mana musuh besarku itu. Dan engkau akan kuanggap seorang sahabat baik kalau keteranganmu itu betul sehingga aku dapat menemukan musuh itu. Nah, katakan di mana dia?"

"Tang Siocia, Sin-kiam-eng Bhok Cun Ki telah berjasa besar terhadap Kerajaan Beng dan karena jasa-jasanya membantu para petani memberontak dan menggulingkan pemerintah Goan, maka kini dia diangkat menjadi seorang jenderal yang berkuasa dan berkedudukan tinggi di kota raja."

"Hemmm…, jadi dia tinggal di kota raja?" tanya Lili. Kedudukan tinggi itu sama sekali tidak berkesan baginya. Yang penting dia dapat menemukan orang itu!

"Dia tinggal di kota raja, nona. Akan tetapi, sebagai seorang jenderal dia tinggal di dalam benteng di mana terdapat ribuan orang tentara. Agaknya tidak mungkin bagi nona untuk mencari dia di dalam tempat tinggalnya."

Mendengar ini barulah Lili tertegun. Betapa tinggi pun ilmu kepandaiannya, jika dia harus mencari musuh besarnya ke dalam benteng pasukan yang ribuan orang banyaknya, sama saja dengan bunuh diri. Tidak mungkin dia akan berhasil.

"Hemm, begitukah? Lalu bagaimana aku akan bisa berhadapan dengan dia?" gumamnya seperti pada diri sendiri.

"Itulah sebabnya mengapa tadi aku menawarkan bantuan kepadamu, nona. Kita harus bekerja sama dan aku akan mendapatkan jalan agar engkau dapat bertemu muka dengan jenderal itu. Kalau engkau mau bekerja sama, marilah kita melakukan perjalanan bersama karena kami pun ingin pergi ke kota raja."

Tentu saja Lili menyetujuinya. Biar pun dia seorang gadis dan akan melakukan perjalanan yang jauh bersama seorang pria yang mempunyai banyak anak buah dan semuanya pria, dia sama sekali tidak merasa canggung. Dia seorang gadis yang bebas dan yakin akan kemampuan diri sendiri sehingga dia tidak khawatir akan gangguan pria.

Apa lagi semua anak buah Ya-kongcu sudah mengenal siapa gadis itu dan tentu tidak ada seorang pun yang akan berani mengusiknya lagi. Hajaran yang diberikan Lili kepada tujuh orang itu sudah cukup keras, apa lagi dua orang pengganggu pertama dihukum pancung kepala oleh Ya-kongcu.

Lili juga tidak ingin tahu siapa sebenarnya pria itu. Andai kata dia tahu akan keadaan Ya-kongcu yang sesungguhnya, agaknya dia tidak akan peduli. Yang penting baginya adalah menemukan Sin-kiam-eng supaya dia dapat melaksanakan tugas yang diberikan suci-nya kepadanya.

Siapakah sebetulnya Ya Lu Ta yang disebut Ya-kongcu itu? Dia bukan sembarang orang, karena dia adalah Pangeran Yaluta, seorang di antara para pangeran dari Kerajaan Goan, yaitu Kerajaan Mongol yang telah runtuh.

Bersama sisa keluarga kerajaan, Pangeran Yaluta juga terpaksa melarikan diri mengungsi ke utara, kembali ke tanah air bangsa Mongolia di utara karena seluruh usaha sisa-sisa pasukan Mongol untuk melawan pasukan Kerajaan Beng gagal. Semua pasukan Mongol dihancurkan, banyak yang tewas dan yang masih bisa menyelamatkan diri lalu melarikan diri ke Mongolia.

Tentu saja banyak anggota keluarga, terutama para pangeran Mongol, yang belum mau menerima nasib dan masih sangat penasaran. Bagaimana mungkin keluarga yang tadinya merajai seluruh daratan Cina, yang berada di puncak kekuasaan, hidup mulia, terhormat dan kaya raya, kini harus kembali ke daerah tandus di utara dan hidup sebagai bangsa pengembara lagi?

Tidak, mereka akan tetap berusaha untuk mencoba menguasai kembali daratan selatan! Di antara para pangeran yang paling gigih adalah Pangeran Yaluta yang memang memiliki kemampuan besar itu. Dia mempunyai ilmu silat tinggi, pandai memimpin pasukan dan dia juga seorang ahli sastera.

Selama hampir seabad menjajah daratan Cina, orang-orang Mongol, terutama sekali kaum bangsawannya, telah meleburkan diri menjadi pribumi, berusaha mempelajari kebudayaan dan peradaban bangsa Cina yang lebih tinggi. Maka tak sulit bagi Pangeran Yaluta untuk mengaku bernama Ya Lu Ta seperti orang pribumi dan kalau saja dia berpakaian pribumi, takkan ada seorang pun menyangka dia seorang pangeran Mongol. Tidak ada sedikit pun pada dirinya yang berbekas Mongol.

Semenjak jatuhnya Kerajaan Mongol, Pangeran Yaluta atau yang kini dikenal sebagai Ya-kongcu itu telah berusaha keras untuk merebut kembali tahta kerajaan yang telah terjatuh ke tangan orang-orang Han sendiri yang kini mendirikan Kerajaan Beng yang baru. Akan tetapi usahanya dengan menggunakan kekerasan selalu gagal, selalu pasukannya dipukul hancur oleh pasukan Beng yang sangat kuat. Oleh karena itu selama beberapa tahun ini Ya-kongcu mempergunakan siasat lain.

Dia tidak lagi mempergunakan kekuatan pasukan untuk mencoba menyerang ke selatan, melainkan mempergunakan siasat halus. Dia mengirim para pembantunya yang lihai dan cerdik, menyebar banyak sekali mata-mata ke selatan. Bahkan orang-orangnya yang lihai itu sudah beberapa kali berusaha melakukan pembunuhan-pembunuhan rahasia terhadap orang-orang penting dari pemerintah Kerajaan Beng, ada yang berhasil tetapi banyak pula yang gagal. Kemudian dia memberi perintah baru kepada orang-orang yang merupakan anggota jaringan mata-mata di Kerajaan Beng. Usaha kekerasan agar dihentikan, dan dia menggunakan siasat lain.

Jabatan bengcu dunia persilatan harus dikuasai oleh orang yang dapat mereka pengaruhi, dan persaingan antara pangeran-pangeran Kerajaan Beng harus dimanfaatkan agar dapat menimbulkan pertikaian di antara mereka dan memperlemah kedudukan Kerajaan Beng. Untuk tugas yang penting ini, Ya-kongcu bertekad hendak turun tangan sendiri, memimpin langsung di tempat lawan, yaitu di kota raja!

Oleh seorang ahli pengobatan di negerinya, Ya Lu Ta telah membiarkan wajahnya diubah dengan pembedahan dan pengobatan sehingga bentuk mata, hidung dan mulutnya sudah berubah. Tidak akan ada seorang pun di kota raja yang akan mengenal wajahnya sebagai wajah pangeran Mongol yang terkenal. Di kota raja sendiri dia telah mempunyai wakil atau tangan kanan yang selama ini memimpin jaringan mata-mata, seseorang yang memegang kedudukan penting di Kerajaan Beng, yang sudah bisa dia pengaruhi dan dia manfaatkan tenaganya.

Demi tercapainya cita-citanya itulah maka Ya-kongcu bersikap ramah kepada Lili, setelah dia mengetahui bahwa gadis itu memiliki ilmu kepandaian tinggi, apa lagi setelah mereka berkenalan dan dia tahu bahwa gadis itu adalah murid See-thian Coa-ong. Dia harus bisa merangkul orang-orang yang pandai, apa lagi para datuk yang selain lihai juga mempunyai kekuasaan besar, memiliki banyak pengikut. Kalau kelak bengcu menjadi sekutunya, dan dia bisa merangkul banyak perkumpulan besar, juga mempengaruhi pejabat-pejabat tinggi, kiranya cita-citanya bukan merupakan mimpi belaka.

********************

Cerita silat serial Si Pedang Tumpul karya kho ping hoo

Ya-kongcu selalu menerima laporan dari para kaki tangannya maka bekas pangeran ini mengetahui dengan baik segala peristiwa yang terjadi di kota raja, bahkan dia mengenal nama mereka yang mempunyai kedudukan penting, mana yang dianggap berbahaya bagi pergerakannya, dan pejabat mana yang kiranya dapat ditarik menjadi sekutu. Oleh karena itu, keterangannya tentang Bhok Cun Ki kepada Lili bukanlah keterangan bohong.

Memang Bhok Cun Ki kini sudah menjadi seorang jenderal yang dipercaya di kota raja. Semenjak terjadinya perjuangan menumbangkan kekuasaan Mongol yang dipimpin oleh Chu Goan Ciang yang kemudian menjadi Kaisar Thai-cu, kaisar pertama Kerajaan Beng (1368-1398), Bhok Cun Ki sudah ikut dalam perjuangan sebagai seorang tokoh pemimpin yang gagah perkasa. Dia memang seorang pendekar, murid Butong-pai yang lihai sekali. Oleh karena itu, setelah perjuangan berhasil dan Chu Goan Ciang menjadi kaisar, maka pemimpin pejuang ini tidak melupakan rekan-rekannya.

Di samping dua orang panglima besar seperti Jenderal Shu Ta dan Jenderal Yauw Ti yang memperoleh kedudukan panglima pertama dan ke dua, masih banyak tokoh pejuang yang menerima kedudukan sesuai dengan kecakapan dan kemampuan mereka. Di antaranya adalah Bhok Cun Ki yang diberi kedudukan jenderal dan menjadi salah seorang di antara para pembantu Jenderal Shu Ta.

Hanya ada sedikit saja kekeliruan keterangan yang diberikan Ya-kongcu kepada Lili, yaitu mengenai tempat tinggal Bhok-Goanswe (Jenderal Bhok). Dia beserta keluarganya tidak tinggal di dalam benteng, melainkan di sebuah gedung yang cukup besar dan megah.

Sebagai seorang panglima tentu saja siang malam rumahnya selalu dijaga oleh pengawal yang biar pun hanya belasan orang banyaknya, namun mereka merupakan prajurit-prajurit kepercayaan Jenderal Bhok dan merupakan orang-orang pilihan yang selain sangat setia juga memiliki ilmu silat yang cukup tangguh.

Di dalam gedungnya Bhok Cun Ki tinggal bersama keluarganya. Dia kini berusia empat puluh lima tahun, dan dalam usia yang setengah tua ini dia masih nampak gagah perkasa. Wajahnya ganteng dengan kumis dan jenggot tipis, matanya lebar berwibawa, hidungnya mancung dan mulutnya membayangkan kelembutan hati walau pun dagunya milik orang yang keras dan teguh hati.

Sebelum menjadi panglima dia telah terkenal di dunia persilatan dengan julukan Sin-kiam-eng (Pendekar Pedang Sakti) karena dengan ilmu pedang dari Butong-pai yang indah dan cepat, dia memang merupakan seorang ahli pedang yang sukar dicari bandingnya.

Sebelum Kerajaan Mongol jatuh, Bhok Cun Ki telah menikah dengan seorang wanita yang masih berdarah bangsawan karena isterinya adalah puteri dari seorang pembesar bagian kebudayaan, seorang Han yang ketika terjadi perjuangan, juga berpihak kepada pejuang, meninggalkan kedudukannya dan meninggalkan kota raja bersama keluarganya.

Bersama isterinya dia mempunyai dua orang anak, yaitu seorang pemuda yang kini sudah berusia dua puluh tahun dan seorang gadis yang sekarang berusia delapan belas tahun. Pemuda itu bernama Bhok Ci Han, tampan dan tegap, pendiam dan gagah perkasa, ada pun adiknya bernama Bhok Ci Hwa, cantik manis, lincah jenaka tidak seperti kakaknya yang pendiam.

Semenjak kecil kedua kakak beradik ini sudah digembleng oleh ayahnya sendiri sehingga setelah kini mereka dewasa, keduanya selain memiliki ilmu sastera yang cukup baik, juga mereka mewarisi ilmu silat Butong-pai yang tangguh. Biar pun diluarnya mereka nampak seperti seorang kongcu (tuan muda) dan seorang siocia (nona) yang lemah lembut, juga pandai membaca kitab, pandai bersajak dan kesenian lain, akan tetapi sebetulnya mereka berdua adalah pendekar-pendekar Butong-pai yang lihai.

Bhok Cun Ki tinggal bersama isteri dan dua orang anaknya di gedung yang selalu terjaga prajurit pengawal. Gardu penjagaan berada di dekat pintu gerbang, akan tetapi sering kali, terutama pada waktu malam, serombongan pengawal melakukan perondaan mengelilingi gedung, bahkan ada pula yang memeriksa keamanan dari atap gedung.

Pada suatu sore Panglima Bhok menerima surat undangan yang bersifat panggilan dari atasannya, yaitu Jenderal Shu Ta yang menjadi panglima besar kepercayaan kaisar yang utama. Tentu saja Bhok Cun Ki merasa heran karena biasanya atasannya tidak pernah memanggilnya di waktu hari telah sore. Kalau hal ini terjadi, berarti atasannya itu memiliki alasan yang kuat dan tentu ada urusan yang teramat penting sehingga Jenderal Shu Ta tidak segan-segan mengganggu waktunya beristirahat. Dia segera berangkat, naik kereta dan dikawal selusin orang prajurit pengawal, menuju ke perbentengan karena dia dipanggil menghadap ke sana.

Setelah tiba di dalam benteng dan dipersilakan memasuki ruangan yang biasa digunakan untuk rapat, di situ telah menanti Jenderal Shu Ta dan pembantu utamanya, yaitu Jenderal Yauw Ti, serta beberapa orang panglima muda lainnya dan seorang pemuda berpakaian sederhana, pakaian rakyat biasa. Kiranya Jenderal Shu Ta akan mengadakan rapat yang lengkap dengan para panglima, pikir Bhok Cun Ki, kemudian dia pun memandang sejenak kepada pemuda tinggi tegap berkulit gelap itu.

Jenderal Shu Ta berusia kurang lebih lima puluh tiga tahun, tubuhnya agak gemuk namun kokoh kuat, mukanya kemerahan dan sikapnya tegas berwibawa. Sedangkan wakil atau pembantu utamanya, Jenderal Yauw Ti, bertubuh tinggi besar dengan pinggang ramping, usianya sekitar lima puluh tahun akan tetapi dia masih nampak muda dan tegap.

Di samping menjadi pembantu utama panglima besar, Jenderal Yauw Ti ini juga menjadi penasehat kaisar di bagian kemiliteran. Dan karena dia terkenal pandai dalam ilmu silat dan ilmu perang, dia pun dijadikan guru bagi para panglima muda dalam hal ilmu perang.

Kedua orang jenderal ini sudah banyak jasanya di waktu perjuangan, karena itu mereka merupakan dua orang yang paling tinggi kedudukannya di bagian kemiliteran, walau pun Jenderal Yauw Ti lebih dipercaya dan lebih dekat dengan kaisar yang merupakan sahabat karibnya di waktu perjuangan dan mereka masih menjadi pemuda-pemuda dari kalangan rakyat kecil biasa.

Sebaliknya Jenderal Yauw Ti semenjak muda sudah menjadi seorang perwira walau pun dahulu dia seorang perwira pasukan Mongol. Ketika terjadi pemberontakan rakyat, dia pun meninggalkan pasukannya dan berpihak kepada rakyat, maka jasanya besar dan kini dia memperoleh kedudukan tinggi yang hanya kalah oleh Jenderal Shu Ta saja.

Ada belasan panglima yang hadir, dan kesemuanya adalah orang-orang yang menduduki jabatan penting di bagian ketentaraan dan keamanan. Maka tentu saja mengherankan hati Bhok Cun Ki saat melihat bahwa di situ hadir pula seorang pemuda asing, bukan anggota pasukan, apa lagi panglima atau perwira.

"Bhok-ciangkun telah datang, kini lengkap sudah, kita boleh mulai bicara," kata Jenderal Shu Ta yang memimpin pertemuan itu. "Pertama-tama kami perkenalkan dahulu kepada ciangkun (perwira tinggi) sekalian, saudara ini adalah murid yang mewakili locianpwe Ciu-sian (Dewa Arak) Tong Kui. Namanya adalah Sin Wan dan dia datang sebagai utusan dan wakil dari locianpwe Ciu-sian."

Bhok Cun Ki mengamati pemuda yang berdiri dan sekarang memberi hormat ke sekeliling itu. Nampaknya tidak mengesankan akan tetapi dia dapat menduga bahwa murid Ciu-sian tentulah lihai, apa lagi sudah menjadi wakil tokoh besar dunia persilatan itu. Dan walau pun dalam sikap yang sopan dan pendiam itu tidak dapat dilihat kelihaiannya, namun sinar matanya yang bersinar-sinar itu menunjukkan bahwa dia bukan pemuda sembarangan.

“Maaf, Shu-goanswe (jenderal Shu), saya telah mengenal locianpwe Ciu-sian, akan tetapi bagaimana kita dapat yakin bahwa pemuda ini murid dan datang mewakilinya? Kita harus yakin benar mengenai hal ini, mengingat akan bahayanya kalau ada orang luar yang tidak berhak menyelundup," kata Bhok Cun Ki dan para rekannya mengangguk setuju.

Jenderal Shu Ta tersenyum senang dan menoleh pada Sin Wan setelah mempersilakan pemuda itu duduk kembali. "Nah, engkau sudah mendengar dan melihat sendiri, taihiap, betapa teliti dan berhati-hati para rekan panglima di sini. Tentu engkau maklum betapa besar bahayanya kalau sampai ada mata-mata musuh datang menyusup. Rahasia kami akan diketahui musuh dan hal itu amat berbahaya. Karena itu maafkan sikap mereka jika meragukan keaslianmu sebagai murid dan wakil locianpwe Ciu-sian."

Sin Wan mengangguk. "Tidak ada yang perlu dimaafkan, bahkan saya merasa kagum sekali. Nah, sebaiknya cu-wi ciangkun (para panglima sekalian) memeriksa tanda kuasa yang diberikan suhu kepada saya ini, dan juga surat keterangan yang ditulis suhu seperti yang tadi telah saya perlihatkan kepada Shu-goanswe.”

Sin Wan mengeluarkan sehelai leng-ki, yaitu sebuah bendera kecil sebagai tanda bahwa pemegangnya merupakan utusan kaisar yang akan menerima sambutan penghormatan dan bantuan dari setiap orang pejabat, dari yang paling rendah sampai yang paling tinggi kedudukannya.

Dulu kaisar telah memanggil Ciu-sian dan kaisar sendiri yang menyerahkan sehelai leng-ki kepada Ciu-sian dan memberi tugas kepada Dewa Arak itu untuk membantu pemerintah, melakukan penyelidikan dan menentang jaringan mata-mata Mongol yang berbahaya bagi keamanan negara.

Di samping leng-ki itu, Sin Wan juga mengeluarkan segulung surat tulisan Dewa Arak yang menerangkan bahwa karena dia sudah terlalu tua, maka dia menyerahkan tugas dari kaisar kepada muridnya bernama Sin Wan yang akan bertindak mewakilinya dalam segala hal, dan bahwa dialah yang bertanggung jawab akan sepak terjang Sin Wan.

Membaca surat keterangan dan melihat leng-ki itu, belasan orang panglima itu langsung memberi hormat secara militer, berdiri tegak lantas berlutut sebelah kaki. Bendera kecil (leng-ki) itu adalah tanda kuasa dari kaisar yang diberikan kepada seorang utusan, maka bukan utusan itu yang dihormati, melainkan leng-ki yang merupakan lambang kehadiran kaisar.

"Hari ini Sin Wan taihiap (pendekar besar) datang berkunjung dengan maksud untuk minta keterangan dan penjelasan mengenai jaringan mata-mata musuh seperti yang kita ketahui supaya dia bisa memulai dengan penyelidikannya. Karena melihat pentingnya tugas yang dilakukannya, dan kita semua mengharapkan bantuannya, maka kami mengundang cu-wi (anda sekalian) untuk membicarakan urusan ini."

"Nanti dulu, tai-ciangkun," kata Jenderal Yauw Ti. "Sejak dahulu kita semua telah bekerja untuk menentang musuh, dan kita selalu menyelidiki jaringan mata-mata Mongol. Namun kita tak pernah menemukan jaringan mata-mata itu, kecuali ditangkapnya beberapa orang yang kita curigai. Itu pun tidak ada hasilnya karena tidak ada yang mengaku, dan mungkin mereka hanya terkena fitnah belaka. Dengan kekuatan seluruh pasukan, kita pasti dapat menanggulangi segala ancaman musuh. Lalu apa artinya Saudara Sin Wan yang hanya seorang diri ini untuk menghadapi jaringan mata-mata, kalau memang ada?"

Mendengar ini, beberapa orang panglima mengangguk menyetujui. Bagaimana pun juga mereka merasa diremehkan. Mereka adalah panglima-panglima yang memimpin pasukan dan selama ini mereka berhasil menghalau semua musuh Kerajaan Beng. Kalau sekarang ada seorang pemuda yang hendak bertugas menyelidiki jaringan mata-mata, bukankah hal itu sama saja dengan meremehkan kekuatan dan kemampuan mereka? Apa artinya seorang pemuda saja, betapa pun pandainya?

Jenderal Shu Ta yang dahulunya juga seorang rakyat biasa, namun sejak muda sudah berkecimpung di dunia kangouw, mengerutkan alisnya. "Harap cu-wi tidak berpendapat sepicik itu. Cu-wi agaknya lupa bahwa orang-orang dari dunia persilatan seperti locianpwe Ciu-sian atau muridnya ini dapat bergerak lebih bebas dari pada kita. Mereka akan dapat menghubungi orang-orang kangouw, dan mereka juga bisa melakukan penyelidikan tanpa diketahui pihak lawan. Kita sudah dikenali, maka kalau kita bergerak, tentu musuh sudah mengetahuinya. Jika musuh yang datang itu pasukan yang menyerang dengan berterang, tentu saja kita dengan pasukan kita yang maju, bukan perorangan seperti taihiap ini. Akan tetapi pihak lawan bergerak dengan cara sembunyi, maka kita pun harus mempercayakan kepada para pendekar seperti taihiap ini. Lupakah cu-wi ketika benda-benda pusaka milik Sribaginda dicuri orang? Kita sudah mengerahkan pasukan untuk mencari, tetapi hasilnya sia-sia saja. Kemudian, sesudah Sribaginda mengutus Sam-sian untuk mencarinya, maka para locianpwe itu berhasil membawa kembali benda-benda pusaka. Nah, apa yang dapat cu-wi katakan lagi?"

Jenderal Yauw Ti mengangguk-angguk. "Kini kami mengerti dan kami menanti perintah ciangkun," katanya mengalah.

Jenderal Shu Ta lalu menceritakan keadaan keamanan pada waktu itu, terutama sekali kepada Sin Wan, dan juga berita baru tentang perubahan gerakan orang-orang Mongol.

"Kami sudah menerima laporan dari para komandan pasukan, juga dari Raja Muda Yung Lo bahwa kini orang-orang Mongol telah mengundurkan diri, tidak lagi melakukan tekanan di perbatasan. Belum diketahui dengan pasti sebab-sebabnya mengapa mereka tiba-tiba saja mengendurkan tekanan sehingga jarang terjadi serangan terhadap para penjaga di perbatasan. Hal ini hanya ada dua kemungkinan. Pertama, mereka sengaja mundur untuk membuat kita lengah, sementara mereka memperkuat kedudukan dengan memperbesar pasukan. Kemungkinan kedua, mereka akhirnya sadar bahwa penyerangan mereka untuk menembus perbatasan selalu gagal dan tidak mungkin dilanjutkan, maka mereka mungkin akan menyerang dari jurusan lain, bisa dari barat dan mungkin juga mereka membonceng keadaan yang dibikin kacau oleh para bajak, menyerang dari timur menggunakan perahu, biar pun kemungkinan ini kecil sekali. Betapa pun juga kita harus memperkuat penjagaan di barat, juga mengamati dengan ketat pantai timur." Jenderal Shu Ta berhenti sebentar dan memandang kepada semua pembantunya. "Bagaimana pendapat cuwi?"

"Ciangkun, saya melihat kemungkinan lain," tiba-tiba Bhok Cun Ki berkata.

Semua orang memandang kepada panglima yang tampan dan gagah itu.

"Bhok-ciangkun, katakan apa pendapatmu."

"Sudah berulang kali orang-orang Mongol kita pukul mundur. Bahkan sejak Shu-goanswe memimpin pasukan besar ke utara belasan tahun yang lampau, kita menyeberangi gurun Gobi, kita menggempur kemudian membakar kota lama Karakorum, malah terus ke utara sampai ke Pegunungan Yablonoi dan menghancurkan setiap pasukan Mongol. Semenjak itu boleh dibilang kekuatan pasukan Mongol telah hancur dan agaknya tidak mungkin bagi mereka untuk bangkit kembali. Jika sekarang mereka menghentikan penyerangan, hal itu wajar saja dan ada kemungkinan yang cukup membahayakan kita, yaitu bahwa mungkin mereka akan mengganti siasat, tidak menyerang dengan kekerasan lagi."

"Tidak menyerang dengan kekerasan lagi? Kalau begitu, kenapa kau katakan berbahaya, Bhok-ciangkun?" tanya Jenderal Shu Ta.

Memang dulu, ketika dia memimpin pasukan besar mengejar bangsa Mongol sampai jauh ke utara, Bhok Cun Ki merupakan seorang di antara pembantunya yang gagah perkasa dan berjasa besar.

“Mungkin mereka sedang menggunakan siasat halus, antara lain penyebaran mata-mata yang lebih tekun, memasang jaringan mata-mata untuk mendatangkan kekacauan di kota raja dan kota-kata besar lainnya. Mungkin mereka hendak merangkul dan mempengaruhi para pejabat yang memang tidak suka kepada Kerajaan Beng, atau mereka itu bersekutu dengan para pengkhianat, memanfaatkan perkumpulan-perkumpulan dari golongan sesat untuk membuat kekacauan agar kehidupan rakyat menjadi tidak aman. Bisa saja mereka melakukan usaha pembunuhan terhadap tokoh-tokoh penting pemerintahan kita."

Suasana menjadi hening sesudah Bhok Cun Ki berbicara karena semua orang tenggelam dalam lamunannya masing-masing, membayangkan kemungkinan itu dengan hati merasa ngeri. Bagi orang-orang yang biasa menghadapi pertempuran ini, mereka malah merasa ngeri menghadapi musuh yang bekerja secara sembunyi. Melakukan kekacauan dengan cara apa saja, cara yang bagi mereka amatlah hina dan curang, dan mereka tidak biasa menghadapi cara-cara seperti itu.

"Benar apa yang diucapkan Bhok-ciangkun," kata Jenderal Shu Ta. "Oleh karena itulah maka usaha untuk menanggulangi jaringan mata-mata ini perlu digalakkan, dan lebih-lebih kita sangat membutuhkan bantuan para pendekar. Dalam hal inilah tenaga para pendekar seperti Sin Wan taihiap ini amat kita butuhkan. Nah, siapa lagi yang mempunyai pendapat yang kiranya berguna bagi kita untuk kita bicarakan?"

Seorang panglima yang bertubuh tinggi kurus berkata dengan suaranya yang lantang dan mantap. "Shu-goanswe, saya setuju sekali dengan keterangan Bhok-ciangkun tadi bahwa mungkin sekali pihak musuh akan mendekati dan memanfaatkan perkumpulan golongan sesat. Saya teringat bahwa beberapa bulan lagi akan diadakan pemilihan bengcu di dunia persilatan. Kalau sampai kedudukan bengcu itu berada di tangan seorang datuk sesat, kemudian bengcu itu dapat dipengaruhi oleh orang Mongol dan dijadikan sekutu, maka hal itu akan berbahaya sekali. Maka sebaiknya kalau kita memperhatikan pemilihan bengcu itu."

"Benar sekali!" kata Jenderal Shu Ta. "Memang hal itu sudah kami bicarakan dengan Sin Wan taihiap ketika dia datang kepada kami, bahkan kami telah merencanakan pembagian tugas. Sebaiknya Sin Wan taihiap yang bertugas untuk mengamati pemilihan bengcu itu dan sedapat mungkin mencegah agar kedudukan bengcu jangan sampai jatuh ke tangan orang sesat. Dalam hal ini kami menunjuk Bhok-ciangkun untuk bekerja sama dengan Sin Wan taihiap, mengingat bahwa Bhok-ciangkun memiliki hubungan yang luas dengan para tokoh dunia kang-ouw."

Semua panglima dapat menyetujui dan Bhok Cun Ki mengangguk-angguk. Memang lebih baik begitu, pikirnya. Dia belum tahu sampai di mana kemampuan pemuda itu. Sungguh berbahaya kalau tugas yang sepenting itu diserahkan kepada pemuda itu seorang. Kalau bekerja sama dengan dia, maka dia akan dapat menguji pemuda itu, dan dia sendiri yang akan turun tangan kalau dalam pemilihan itu pihak golongan sesat akan menguasainya.

"Maaf, Shu tai-ciangkun!" kata Jenderal Yauw Ti. "Kami memiliki pendapat yang penting, akan tetapi agar dimaafkan kalau menyinggung karena pendapat ini hanya terdorong oleh keinginan menjaga keamanan bagi pihak kita sendiri."

"Silakan bicara, Yauw-ciangkun," kata Jenderal Shu Ta. Semua orang lantas memandang kepada Jenderal yang bertubuh tinggi besar namun ramping itu.

"Sebelumnya sekali lagi saya minta maaf kalau pendapat saya ini menyinggung, terutama kepada taihiap Sin Wan. Memang taihiap ini telah membawa leng-ki dan surat kuasa dari locianpwe Ciu-sian, tetapi terus terang saja, kita sama sekali belum pernah mengenalnya. Dan kalau mata saya yang tua ini belum berkurang kemampuannya, saya melihat bahwa taihiap ini seperti bukan orang Han! Dan siapakah keturunannya? Mengapa namanya Sin Wan begitu saja tanpa nama keluarga?"

Semua orang terdiam dan kini mereka memandang kepada Sin Wan, diam-diam mereka terkejut akan keberanian Jenderal Yauw Ti, karena bagaimana pun juga, ucapannya itu amat menyinggung dan jelas membayangkan ketidak kepercayaannya. Padahal pemuda itu membawa surat kuasa Ciu-sian dan bahkan membawa leng-ki dari kaisar.

Jenderal Shu Ta juga terkejut sekali, dan kini dia memandang kepada Sin Wan. Memang, di dalam hati kecilnya sesungguhnya juga ada pertanyaan ini, akan tetapi dia tidak berani mengeluarkannya karena dia melihat leng-ki dan surat dari Ciu-sian. Kini ada yang berani menanyakan, hal itu sungguh baik sekali dan dia mengharapkan jawaban sejujurnya dari Sin Wan.

Akan tetapi kekhawatiran para panglima itu sia-sia belaka. Pemuda itu sama sekali tidak nampak tersinggung. Memang Sin Wan tidak merasa tersinggung, bahkan dia pun hanya tersenyum. Dia tahu bahwa kini dia sedang berhadapan dengan orang-orang peperangan yang berwatak terbuka, keras dan jujur. Jika pertanyaan tadi diajukan oleh Jenderal Yauw Ti, jelas bahwa pertanyaan itu keluar dari hati yang jujur dan sama sekali tidak bermaksud menyinggung atau menghina. Dan memang dia tidak malu untuk mengakui keadaannya.

Dia menyapu wajah para panglima itu dengan pandang matanya. Dia melihat wajah-wajah yang gagah dan sinar mata yang tajam berwibawa. Semuanya membayangkan kekerasan dan ketegasan.

"Tidak apa-apa. Saya tidak merasa tersinggung sedikit pun, sebab pertanyaan itu memang sudah sewajarnya. Memang sebaiknya kalau cu-wi (anda sekalian) mengenal siapa saya sesungguhnya. Nama saya Sin Wan, tanpa nama keluarga karena saya memang bukan orang Han. Ayah dan ibu saya sudah meninggal dunia dan mereka berdua adalah orang-orang yang bersuku bangsa Uighur. Akan tetapi sejak kecil saya terdidik sebagai orang Han, dan menjadi murid ketiga suhu Sam-sian, maka saya merasa diri saya tidak berbeda dengan orang-orang Han yang merupakan pribumi asli."

"Suku bangsa Uighur?!" Terdengar Jenderal Yauw Ti berseru dan matanya terbuka lebar, lalu alisnya berkerut dan matanya mengamati wajah Sin Wan dengan penuh selidik. "Akan tetapi banyak orang Uighur yang berpihak kepada Mongol!"

Suasana menjadi hening dan seluruh mata memandang kepada Sin Wan penuh selidik. Suasana yang tegang itu dipecahkan oleh suara tawa Jenderal Shu Ta.

"Ha-ha-ha, tidak ada jeleknya kalau Yauw-ciangkun bersikap hati-hati. Namun ketahuilah bahwa kita sama sekali tidak menaruh curiga kepada taihiap ini, sebab tidak semua orang Uighur berpihak kepada Mongol. Selain taihiap ini adalah murid Sam-sian, telah dipercaya oleh locianpwe Ciu-sian yang memberi leng-ki kepadanya serta mengangkatnya sebagai wakil dalam melaksanakan perintah Sribaginda, juga taihiap Sin Wan ini pernah bersama Pek-sim Lo-kai Bu Lee Ki diundang sebagai tamu oleh Pangeran Yen atau Raja Muda Yung Lo, dan dijamu oleh beliau. Bukan itu saja, bahkan taihiap ini akan diangkat menjadi panglima oleh beliau akan tetapi taihiap Sin Wan menolaknya."

"Ehh? Kenapa menolak anugerah pangkat panglima yang akan diberikan Pangeran Yen?" tanya Jenderal Yauw penasaran.

Sin Wan tersenyum. Tentu saja dia tidak dapat mengatakan bahwa dia tidak menerima kedudukan itu karena di sana ada Lim Kui Siang, sumoi-nya yang dari cinta berbalik benci kepadanya. "Saya tidak dapat menerima anugerah itu karena terus terang saja, saya tidak betah tinggal di utara yang dingin. Saya lebih senang tinggal di selatan."

Alasan ini memang masuk di akal. Bagi orang yang biasa hidup di selatan, tinggal di utara memang tidak menyenangkan. Apa lagi kalau tiba musim salju, dinginnya bukan main.

"Nah, sekarang kita kembali lagi kepada pembagian tugas. Bhok-ciangkun kami tugaskan untuk menjaga agar kedudukan bengcu tidak sampai terjatuh ke tangan datuk sesat yang dapat dimanfaatkan oleh orang Mongol, sedangkan taihiap Sin Wan membantunya dalam pelaksanaan tugas itu. Sementara itu, engkau pun dapat melakukan penyelidikan di kota raja, taihiap, sebelum waktu pemilihan bengcu tiba. Untuk ini engkau boleh bekerja sama dengan Bhok-ciangkun, dan tentu akan kami bantu kalau sewaktu-waktu dibutuhkan."

"Terima kasih, mudah-mudahan saya dapat melaksanakan tugas dengan baik. Saya kira keadaan akan menjadi baik kalau Pek-sim Lo-kai Bu Lee Ki yang kelak menjadi bengcu. Dia seorang datuk besar yang tentu akan membawa semua orang kang-ouw mendukung pemerintah. Jika dunia kang-ouw telah bersikap demikian, menentang para pemberontak, maka tugas pemerintah akan lebih ringan. Menurut suhu Ciu-sian, yang paling berbahaya datangnya dari utara, dari orang-orang Mongol. Selain mereka mempunyai banyak orang pandai, juga mengenal baik seluruh keadaan di semua kota, juga di kota raja, terutama sekali mereka itu tentu berusaha mati-matian untuk dapat mendirikan kembali kerajaan mereka yang telah hancur, atau setidaknya akan berusaha membikin kacau..."

Jenderal Shu Ta mengangguk-angguk sambil mengelus jenggotnya yang pendek dan rapi. "Engkau benar, taihiap. Orang-orang Mongol itu agaknya sudah maklum bahwa mereka tak mungkin membangun kembali kerajaan mereka melalui kekerasan, karena setiap kali bergerak, pasukan mereka dapat kita hancurkan. Mereka tentu akan menggunakan siasat busuk, oleh karena itu senang dan legalah hati kami kalau sekarang Bhok-ciangkun dapat memperoleh bantuanmu. Kami yakin bahwa kalian berdua akan mampu menghancurkan setiap usaha jaringan mata-mata yang berbahaya, dimulai dari pemilihan Bengcu. Nah, kami semua mengharapkan kalian akan dapat melaksanakan tugas dengan baik, Bhok-ciangkun dan Sin Wan taihiap!"

Jenderal itu mengangkat cawan arak yang disambut dengan gembira oleh Sin Wan dan Bhok Cun Ki. Juga Jenderal Yauw Ti mengucapkan selamat dan menyampaikan harapan baiknya dengan secawan arak.

Sesudah pertemuan rahasia antara para panglima itu dibubarkan, panglima Bhok Cun Ki segera mengajak Sin Wan turut bersamanya. Karena pemuda itu sudah ditunjuk sebagai pembantunya, bekerja sama dengan dia, maka tentu saja mulai saat itu pendekar muda ini harus selalu dekat dengannya dan dia pun mengusulkan agar Sin Wan tinggal saja di rumahnya sehingga mereka dapat bekerja sama lebih baik...