Manfaaf Daun Khasiat Daun Salam Bagi Kesehatan

Salam adalah nama pohon penghasil daun rempah yang digunakan dalam masakan. Dalam bahasa Inggris salam dikenal sebagai Indonesian bay-leaf atau Indonesian laurel, sedangkan nama ilmiahnya adalah Syzygium polyanthum.

Manfaat dan khasiat daun salam bagi kesehatan

Daun salam digunakan terutama sebagai rempah pengharum dan penambah cita rasa masakan di sejumlah negera di Asia Tenggara, baik untuk masakan daging, ikan, sayuran, maupun nasi. Daun rempah ini memberikan aroma herba yang khas namun tidak keras.

Selain bermanfaat sebagai bumbu penyedap masakan, daun salam juga memiliki manfaat dan khasiat sebagai obat-obatan tradisional untuk membantu mencegah sekaligus mengatasi berbagai masalah kesehatan dan menjaga kebugaran tubuh.

Berdasarkan hasil penelitian, daun salam sangat baik untuk melawan beberapa jenis penyakit. Dengan mengkonsumsi daun salam secara teratur, dapat menjaga meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan.

Daun salam mengandung senyawa kimiawi, vitamin dan mineral sehingga bermanfaat bagi kesehatan. Di dalam daun salam mengandung Vitamin C, Asam Folat, Vitamin B kompleks. Selain folat seperti riboflavin, niacin, pyridoxine, dan asam pantotenat. Mineral dalam daun salam yaitu tembaga, kalium, kalsium, magnesium, mangan, seng, zat besi dan selenium.

Zat atau senyawa aktif berkhasiat tinggi bagi kesehatan. Dalam daun salam terdapat minyak atsiri seperti  pinene, myrcene, limonene, linalool, metil chavicol, neral, terpineol, gernyl asetat p-cymene, dan euganol. Senyawa Chavicol memiliki sifat antiseptik, antioksidan dan bahkan sifat anti kanker. Sedangkan 50% minyak atsiri daun salam mengandung cineol.

Berikut manfaaf dan khasiat daun salam bagi kesehatan:

1. Manfaat untuk Pencernaan
Daun salam baik untuk pencernaan dan dapat mengobati gangguan pencernaan seperti perut terasa mulas dan kembung. Minum  teh daun salam dengan air panas dapat meringankan gangguan pencernaan yang umum seperti sembelit, asam lambung dan buang air besar tidak teratur. Untuk meredakan gangguan pencernaan dan kembung, Anda dapat mengambil 5 gram daun salam dan menambahkan sepotong jahe dan didihkan dengan 200 mili liter air hingga tersisa 1/4 bagian. Bisa juga ditambahkan beberapa sendok madu dan di minum dua kali sehari. Ini juga dapat menambah nafsu makan terutama jika Anda baru saja sembuh dari sakit.

2. Membantu pengobatan Diabetes
Daun salam efektif mengobati diabetes tipe 2 karena dapat menurunkan kadar glukosa, kolesterol dan trigliserida dalam tubuh. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, daun salam dapat dibuat bubuk dan dikonsumsi selama 30 hari. Hal ini akan menyebabkan penurunan kadar gula serta mengatur fungsi jantung. Ini karena daun salam mengandung antioksidan yang memungkinkan tubuh untuk memproses insulin lebih efisien, sehingga membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk penderita diabetes dan orang dengan resistensi insulin.

3. Manfaat bagi kesehatan Kardiovaskular
Fitonutrien yang tinggi dalam daun salam bisa memberikan perlindungan terhadap penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke. Hal ini karena daun salam mengandung senyawa  seperti rutin, salisilat, asam caffeic dan fitonutrien yang meningkatkan kesehatan jantung dan meningkatkan fungsi jantung. Untuk penyakit jantung, rebus 3 gram daun salam dan 3 - 4 gram bunga mawar liar dengan 300 mili liter air sampai tersisa 75 mili liter. Saring lalu  minum.

4. Mengobati demam dan Infeksi
Daun salam efektif meredakan  gejala pilek, flu dan infeksi. Untuk masalah pernapasan, rebus air dan tambahkan 2 sampai 3 lembar daun salam selama 10 menit atau sampai mengeluarkan uap. Rendam kain kedalam air rebusan daun salam dan letakkan di dada untuk meringankan flu, demam dan batuk.

5. Mengatasi masalah kulit
Kaya akan vitamin, mineral dan antioksidan, daun salam bermanfaat untuk keluhan berbagai gangguan kulit. Daun salam membantu menghilangkan stres kulit, sehingga mencegah terjadinya keriput dan penyakit  kulit. Cara membuat ramuan, didihkan 5 lembar daun salam kering dengan 2 gelas air dengan wadah tertutup. Kemudian lepaskan tutupnya dan biarkan mendidih selama sekitar 2 menit. Kemudian tuangkan ramuan ke dalam mangkuk besar dan tutupi kepala Anda dengan handuk dan hirup uapnya.

6. Daun salam Memiliki Sifat Anti kanker
Daun salam mengandung asam caffeic, quercetin, euganol dan catechin yang semuanya  memiliki fungsi melawan  berbagai jenis kanker. Karena daun salam mengandung fitonutrien yang disebut parthenolide yang telah terbukti secara klinis menahan proliferasi sel kanker serviks.

7. Memberikan manfaat selama masa perikonsepsi
Daun salam kaya asam folat, sehingga sangat bermanfaat selama masa perikonsepsi (3 bulan sebelum dan sesudah kehamilan). Dengan asupan asam folat yang cukup dapat  mencegah cacat lahir pada anak dalam kandungan. Tak hanya itu, daun salam juga memiliki sifat merangsang kehamilan.

8. Pengobatan Masalah Ginjal
Daun salam dapat membantu mengobati infeksi ginjal dan batu ginjal. Caranya, didihkan 5 gram daun salam kedalam 200 ml air sampai tinggal 50 ml. Saring dan minum ramuan daun salam dua kali dalam sehari. Hal ini akan menghentikan pembentukan batu ginjal.

9. Dapat Meredakan rasa Sakit atau nyeri
Minyak atsiri yang diekstrak dari daun salam memiliki sifat anti inflamasi yang dapat mengurangi rasa sakit akibat keseleo,  arthritis, rematik serta nyeri biasa. Memijat pelipis dengan minyak daun salam bisa membantu untuk meringankan migrain dan sakit kepala. Hal ini juga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mempromosikan perasaan bahagia. Dalam kasus nyeri sendi, Anda dapat membuat tapal dari daun salam  dan daun jarak, lalu  mengikatnya di sekitar sendi yang meradang untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. Untuk kasus sakit kepala, Anda bisa merebus daun salam selama beberapa menit. Saring dan minum hasil rebusan daun salam ketika masih hangat. Anda dapat membalurkan pasta dari daun salam di dahi untuk meringankan sakit kepala parah.

10. Mengobati Asam Urat
Senyawa alami minyak atsiri, tannin serta minyak esensial dan ekstrak metanol yang dikandung daun salam bermanfaat mengobati penyakit asam urat. Cara mengolahnya menjadi obat yaitu dengan merebus sekitar 10–15 lembar daun salam segar ataupun kering dengan 3 gelas air. Rebus hingga hanya tersisa 1 gelas, minum air rebusan daun salam 2 kali sehari masing-masing setengah gelas.


Itulah beberapa manfaat dan khasiat daun salam untuk kesehatan. Semoga bermanfaat...

Tags: Tips Sehat
Thanks for reading Manfaaf Daun Khasiat Daun Salam Bagi Kesehatan I Tags:

Share Article:

Previous
Next Post »