Cara Mengerjakan Sholat Taubat

Sholat Taubat adalah sholat sunat yang dilakukan atau dikerjakan oleh seorang muslim yang telah menyesali perbuatan dosa yang pernah dia dilakukan dan bersumpah tidak akan melakukan atau mengulanginya lagi.

Dalam Al Qur'an banyak perintah untuk bertobat. Agar taubatnya mencapai nasuha (taubat yang sebenar-benarnya), maka alangkah baiknya disertai dengan berpuasa, bersodaqoh maupun dengan sholat. Orang yang berbuat dosa kemudian insyaf dan ingin bertaubat yang sesungguh-sungguhnya, maka hendaklah sholat dua raka'at serta memperbanyak istighfar.
Cara mengerjakan sholat taubat

#Cara mengerjakan Sholat Taubat:

Cara mengerjakan sholat taubat sama seperti cara mengerjakan sholat fardhu, baik bacaannya maupun gerakannya.

#Lafadz niat sholat taubat:
Ushalli sunnatat taubati rak'ataini lillaahi ta'aalaa.

Artinya:
Aku niat sholat taubat dua raka'at karena Allah Ta'aalaa.

Selanjutnya lakukan sebagaimana biasa kita sholat hingga dua rakaat dan lakukanlah salam sebagai bagian terakhir. Sholat taubat dikerjakan paling sedikit dua raka'at dan paling banyak enam raka'at. Dan setiap dua raka'at satu salam. Artinya, Jika ingin melakukan sholat taubat hingga 6 rakaat, lakukan shalat setiap dua raka'at dan dipisahkan dengan salam.

#Doa Setelah Shalat Taubat

Setelah selesai mengerjakan sholat taubat, maka duduklah dengan penuh ketenangan sembari membaca dzikir, baik itu tasbih, tahmid, takbir dan tahlil serta shalawat. Perbanyaklah mengucapkan istighfar karena tujuan dari kita melakukan sholat taubat adalah guna mendapatkan ampunan dari Allah. Lakukan minimal 100 kali. Setelah itu ucapkan kalimat permohonan ampun seperti berikut:
Astagfirullaahal 'azhiim, alladzii laa illaaha illa huwal hayyul qayyuumu wa atuubu illaiih.

Artinya:
"Aku mohon kepada Allah yang maha agung, Dzat yang tiada Tuhan melainkan hanya Dia yang Maha Hidup lagi Berdiri Sendiri. Aku bertaubat kepada-Nya"

Kemudian baca doa seperti berikut:
Allaahumma anta rabbii laa ilaaha illaa anta khalaqtanii wa ana 'abduka wa ana 'alaa 'ahdika wa wa 'dika mastatha'tu a'uudzubika min syarri maa shana'tu. Abuu-ulaka bini'matika 'alayya wa abuu-u bidzambi faghfirlii fa innahu laa yaghfirudz dzunuuba illaa anta.

Artinya:
"Wahai Tuhanku, Engkau adalah Tuhanku, tiada yang patut disembah melainkan hanya Engkau, Engkaulah yang menjadikan aku dan aku adalah hamba-Mu, dan aku dalam ketentuan dan janji-Mu yang Engkau limpahkan kepada ku dan aku mengakui dosa ku, karena itulah ampunilah aku, sebab tidak ada yang dapat memberi ampunan melainkan Engkau wahai Tuhan ku, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan apa yang telah aku perbuat".

Baca juga: Cara Sholat Istikharah

Demikianlah cara mengerjakan sholat taubat. Adapun waktunya bisa kapan saja. Namun yang lebih utama adalah ketika malam hari atau tengah malam dan dikerjakan secara perorangan atau sendiri.
Thanks for reading Cara Mengerjakan Sholat Taubat I Tags:

Share Article:

Previous
Next Post »