Tips Tetap Sehat Dan Bugar Saat Puasa Ramadhan Bagi pekerja

Tips Tetap Sehat  Saat Puasa Ramadhan Bagi Pekerja - Seseorang yang menjalankan ibadah puasa harus bisa menahan diri dari tuntutan biologis yang dapat membatalkan puasa. Hal tersebut tentu tidak mudah bagi para pekerja dengan kesibukannya yang membutuhkan banyak tenaga. Di satu sisi, ibadah dan melaksanakan pekerjaan tidak dapat dipisahkan.

Namun disisi lain, berpuasa tanpa menjaga kesehatan dengan baik justru akan mengganggu aktivitas bekerja. Agar kegiatan sehari-hari tetap terus berjalan. Banyak kiat yang bisa dicoba agar Anda tetap aktif dan bugar saat berpuasa.

Tips Tetap Sehat Dan Bugar Saat Puasa Ramadhan Bagi pekerja

Kali ini Sonny Ogawa akan memberikan beberapa tips agar tetap sehat dan bugar selama menjalani puasa Ramadhan Bagi Pekerja.

1. Jangan Pernah Lewatkan Sahur
Sama halnya dengan sarapan yang menjadi waktu makan terpenting setiap hari. Makan sahur sangat diperluka selama Ramadhan. Melewatkan waktu sahur ibarat memperpanjang waktu puasa sehingga tubuh akan mengambil cadangan energi lebih banyak. Akibatnya, tubuh akan mudah merasa lelah dan cepat haus selama puasa. Sertakan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan protein sebagai sumber energi Anda. Karbohidrat kompleks ini akan dicerna secara lambat oleh tubuh sehingga Anda bisa merasa kenyang lebih lama.

2. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh
Ketika puasa, tubuh akan kehilangan banyak cairan. Kekurangan cairan tubuh dapat menyebabkan dehidrasi. Apalagi kita tinggal di daerah tropis yang cuacanya cenderung panas. Cukupi kebutuhan cairan saat sahur dan berbuka. Air putih paling dianjurkan, idealnya minumlah minimal 4 gelas pada saat makan sahur dan 2 gelas pada saat berbuka, sedangkan pada malam hari minumlah 2-3 gelas atau bisa digantikan dengan susu atau jus buah murni. Sebaliknya, hindari minuman berkafein seperti kopi, teh, dan cola yang memiliki sifat diuretik. Perbanyak juga asupan buah-buahan yang tinggi cairan seperti jeruk dan semangka.

3. Perbanyak makan buah dan sayur
Cukupi kebutuhan vitamin dan gizi anda saat berpuasa dengan rutin mengonsumsi buah dan sayur segar. Sayur dan buah akan memberikan banyak energi ketika Anda tidak makan selama berpuasa. Untuk itu, pada menu makan sahur dan berbuka anda sediakanlah beberapa jenis buah untuk dikosumsi, seperti Apel, semangka atau buah kurma seperti yang dilakukan Rasulullah SAW.

4. Pilih menu sehat untuk sahur dan berbuka
Langkah yang tepat untuk tetap bugar pada saat berpuasa adalah dengan membuat daftar menu sehat untuk sahur dan berbuka. Menu yang sehat tentunya menu yang terdiri dari makanan yang memiliki gizi dan serat yang tinggi, tujuannya agar kebutuhan gizi anda tetap terpenuhi dengan baik selama berpuasa. Sebaiknya hindari mengonsumsi junkfood dan makanan pedas yang berlebihan ketika sahur dan berbuka. Karena makanan tersebut memiliki dampak yang kurang baik untuk pencernaan anda. Satu lagi, hindari untuk minum es terlalu banyak. karena es dapat memperlambat sirkulasi darah pada tubuh.

5. Tetap berolahraga
Berpuasa bukan berarti kita berhenti berolahraga, namun tidak pula memaksakan diri untuk melakukan olahraga berat. Sebaiknya, cukup lakukan olahraga ringan seperti jogging ringan dan bersepeda saat ngabuburit atau menjelang berbuka. Usahakan untuk selalu mengikuti salat berjamaah di masjid, termasuk salat wajib dan tarawih. Selain membentuk kebiasaan baik, cara ini juga akan membuat Anda rutin berjalan dan bergerak setiap hari. Menjalankan salat tarawih juga membantu tubuh mencerna makanan yang Anda konsumsi saat berbuka. Percayalah bahwa aktivitas-aktivitas tersebut dapat memperlancar sirkulasi oksigen dalam tubuh sehingga tubuh anda pun tetap prima.

6. Tidur Secukupnya
Selama bulan Ramadhan biasanya seseorang cenderung lebih banyak beraktivitas pada malam hari seperti menjalankan shalat tarawih yang diteruskan dengan Tadarus Al qur'an. Namun ada juga yang bermalas-malasan dirumah dan terus tidur sepanjang hari. Perlu diketahui, kekurangan tidur pada saat berpuasa dapat menyebabkan tubuh tidak prima, begitu juga sebaliknya, jika terlalu banyak tidur akan menyebabkan zat-zat glukosa tidak berfungsi dengan baik, akibatnya tubuh pun mengalami kondisi lesu dan lemah yang berlebihan.

Demikian 6 tips tetap sehat dan bugar saat puasa yang bisa saya bagikan, semoga dapat bermanfaat dan dapat menjalankan puasa dengan baik dan lancar.

Di rangkum dari berbagai sumber
Thanks for reading Tips Tetap Sehat Dan Bugar Saat Puasa Ramadhan Bagi pekerja I Tags:

Share Article:

Previous
Next Post »