Masjid Terindah dan Unik di Dunia

Masjid Terindah dan Unik di Dunia - Masjid merupakan rumah ibadah atau tempat menjalankan ibadah bagi umat muslim. Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, kini masjid yang di bangun semakin megah dan indah dengan desain unik, serta bergaya futuristik.

Baca juga: Hidup sehat ala Nabi Muhammad SAW

Pesona keindahan yang di tampilkan masjid tersebut tentu dapat memukau siapa saja yang berkunjung ke dalamnya. Apalagi saat bersujud di masjid yang memiliki sejarah, fasilitas, dan arsitektur kubah indah dan megah. Pasti dapat menimbulkan rasa takjub dan bangga.

Lantas dimana saja masjid terindah didunia itu berada? Berikut ini adalah daftar masjid unik dan terindah di dunia:

1. Masjidil Haram di Makkah, Arab Saudi.

Masjid terindah dan unik di dunia
arc.com

Masjidil Haram merupakan tujuan utama dan pusat kegiatan umat Islam dalam melaksanakan ibadah haji dan umrah.

Masjid ini dibangun mengelilingi Kabah yang menjadi kiblatnya para umat Islam yang menunaikan Shalat. Selain menjadi masjid tercantik di dunia, Masjidil Haram juga dinobatkan sebagai masjid terbesar di dunia.

2. Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi.

Qulbunhadi.com

Masjid Nabawi tergolong ke dalam masjid teristimewa, karena dibangun oleh Nabi Muhammad SAW. Selain itu, di masjid ini terdapat makam Rasulullah bersama para sahabatnya. Masjid Nabawi juga masjid terbesar didunia ke dua setelah Masjidil Haram.

Masjid Nabawi ini memiliki desain bergaya klasik dan kontemporer Islamic yang indah. Masjid Nabawi memiliki 10 buah menara. Masing-masing menaranya memiliki tinggi hingga 105 meter.

3. Masjid Al-Aqsha Palestina

masbadr.com

Masjid Al-aqsa berada di palestina. Masjid ini menjadi kiblat pertamanya umat Islam sebelum Masjidil Haram. Di sebut juga sebagai tanah suci dan tempat nabi berangkat saat Isra’ Mi’raj. Untuk itulah kita pun harus mengetahui sejarah perkembangan agama islam . 

4. The Diyanet Center of America, Maryland, USA

Foto: Tribunnews.com

Sebuah masjid megah berdiri kokoh di pusat kota Maryland, Amerika Serikat. The Diyanet Center of America, disebut-sebut sebagai masjid yang paling indah di Amerika Serikat. Bangunan masjid ini mengadopsi gaya bangunan klasik Turki pada abad ke 16 pada masa dinasti Otoman.

Dilengkapi dengan menara yang menjulang tinggi, marmer yang indah, halaman yang asri serta dihiasi berbagai kaligrafi yang dilapisi emas. Kawasan masjid ini juga dilengkapi dengan tempat parkir bawah tanah, sumur geotermal, lima bangunan utama masjid, gedung pusat kebudayaan, rumah tamu, gedung untuk pertukaran pelajar maupun kegiatan pendidikan.

5. Masjid Al-Fateh Turki

Tribunnews.com

Masjid Al-Fateh merupakan salah satu masjid terindah di dunia. Masjid Al Fateh terletak berdekatan dengan Istana Diraja Bahrain, yaitu kediaman resmi Raja Bahrain Hamad ibn Isa Al Khalifah. Masjid ini, memiliki Kubah besar yang dipasang di atas Masjid yang terbuat dari genting kaca asli.

6. Masjid Camlica, Istanbul, Turki

Foto: archiscene.net

Masjid Camlica merupakan salah satu masjid yang terbesar di Istanbul, Turki. Desainnya yang unik menjadikan masjid ini terkenal ke seluruh dunia. Masjid ini dibangun di Bukit Camlica yang memiliki ketinggian mencapai 934 meter di atas permukaan laut. Desain unik masjid ini dirancang oleh dua arsitek wanita bernama Bahar Mzark dan Hayriye Gul Totu. Masjid Camlica menyediakan lahan parkir yang mampu menampng hingga 3.500 kendaraan.

7. Masjid Al-Irsyad, Bandung, Indonesia

Foto: indonesiaexplorer.net

Masjid Irsyad terletak di Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Bandung, Indonesia. Bentuk masjid ini sangat unik sekilas hanya sebuah kubus besar seperti bangunan Kabah di Makkah, Arab Saudi. Masjid Al Irsyad ini termasuk ke dalam Masjid Tercantik di dunia dengan desain yang unik.

Masjid kebanggan umat Muslim Bandung ini diarsiteki oleh Ridwan Kamil, yang kini menjabat sebagai wali kota Bandung. Masjid Al Irsyad memiliki luas sekitar 1.871 meter persegi. Interior masjid ini dihiasi lampu-lampu yang terpasang sebanyak 99 buah sebagai symbol dari 99 Asmaul Husna. Masjid ini mampu menampung 1.500 Jemaah.

8. Masjid Qolsharif, Kazan, Rusia

Foto: suggestkeyword.com

Masjid Qolsharif merupakan masjid terbesar di Rusia dan Eropa, yang terletak di Kazan, Rusia. Masjid tercantik di dunia ini di rancang oleh dua orang arsitektur asal Rusia, yaitu I. Sayfullin dan S. Shakurov. Desain masjid ini merupakan percampuran antara unsur modern dan tradisional. Masjid Qolsharif ini didominasi oleh warna biru langit dan warna putih.

9. Masjid Katedral Moskow Rusia

Foto: indonesia.rbth.com

Masjid Agung Moskow direkonstruksi dan kini menjadi masjid terbesar di Eropa. Masjid ini berlantai enam memiliki menara setinggi 79 meter yang merupakan menara masjid tertinggi di Eropa.

10. Masjid Faisal, Pakistan

thehistoryhub.com

Masjid Faisal terletak di bagian utara Kota Islamabad, Pakistaan dengan latar belakang Bukit Margalla. Masjid ini merupakan salah satu masjid terindah dan termegah di dunia.

Nama Masjid diambil dari salah satu nama Raja, yaitu Raja Faisal bin Abdul. Masjid yang berdiri di atas lahan seluas 5.000 meter persegi ini, secara arsitektural, memasukkan gaya Asia Selatan, Arab, dan Turki. Masjid ini dirancang oleh seorang arsitek asal Turki yang bernama Vedat Dalokay.

11. Masjid London Timur


Masjid London Timur terletak 11 Campden Hill Road, Notting Hill Gate. Masjid ini masih belum diketahui kapan berdirinya. Tetapi, di zaman dahulu, ada sebuah organisasi masyarakat Islam yang memusatkan kegiatannya di masjid itu sejak tahun 1886. Pada tahun 1930-an, diketahui masih aktif.

Tetapi, saat terjadi Perang Dunia II, masjid inidiperkirakan tutup. Ketika Perang Dunia II akan berakhir, komunitas muslim membangun beberapa masjid di London. Salah satu masjid yang di bangun adalah Masjid London Timur atau East London Mosque. Sampai saat ini, masjid ini sudah mengalami beberapa renovas 

12. Masjid Sunshine di Victory Australia

masbadr.com

Masjid Sunshine terletak dipinggir kita melbourne yang dibangun pada tahun 1992 oleh arsitek asal Turki dan dirancang bergaya seperti matahari terbit yang mencerminkan Masjid Sultan Ahmed di Istanbul, Turki. Masjid ini merupakan masjid terbesar di Victoria, Australia. Masjid Sunshine terdiri dari 2 lantai dan memiliki 17 kubah, menara serta satu halaman. Masjid ini juga menjadi pengenal untuk daerah Victoria, Australia. 

13. Masjid Sheikh Zayed di Abu Dhabi

masbadr.com

Masjid Agung Sheikh Zayed merupakan sebuah masjid yang ada di kota Abu Dhabi, Kerajaan Uni Emirat Arab. Nama Sheikh Zayed diambil dari nama tokoh yang memiliki ide untuk membangun masjid tersebut. Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan merupakan tokoh nasional sekaligus pendiri Uni Emirat Arab.

Ukuran masjid setara dengan lima lapangan sepakbola, yaitu 22.412 meter persegi. Dapat menampung kurang lebih 40.960 jamaah. Masjid Agung ini mempunyai 96 tiang yang memiliki ukuran yang besar di ruang utamanya. Semua tiang tersebut dilapisi denganmother of pearl.


14. Masjid Pusat Mashkhur Jusup di Pavlodar, Kazakhstan

masbadr.com

Mashkhur Jusup Central Mosque berdiri tahun 2001 di Pavlodar, Kazakhstan. Nama masjid ini diambil dari penyair dan sejarawan Kazahstan yang bernama Mashkur Jusup.

Mashkhur Jusup Central Mosque memiliki dua ruangan untuk ibadah. Ruangan pertama khusus untuk laki-laki yang bisa menampung hingga 1.200 orang, sedangkan ruangan satunya untuk wanita dengan kapasitas 300 orang.

Ada 4 menara dengan tinggi 63 meter yang membuat masjid ini makin terlihat megah. Bagian dalam masjid juga dilegkapi dengan 434 lampu gantung yang terkesan mewah. Selain untuk ibadah, masjid juga sering digunakan punya ruangan lain untuk perpustakaan dan gedung pernikahan.

15. Masjid Pusat Cologne di Cologne, Germany

masbadr.com

Masjid ini berdiri megah dengan halaman yang terbuka. Luasnya 4,500 meter persegi yang mampu menampung kurang lebih 4,000 jamaah dan masjid Koln ini. Desain dinding masjid berlapis mirip cangkang kerang. Ditengah dinding terdapat ada kubah kaca dengan ketinggian mencapai 35 meter yang dibuat menyerupai bola dunia sehingga bagian dalam masjid dapat dilihat dari luar. Bangunan masjid ini juga dilengkapi dengan dua menara setinggi 55 meter dan didominasi warna putih.

16. Masjid Muhammad Ali Pasha Cairo, Mesir

femina.co.id

Masjid Muhammad Ali Pasha merupakan masjid yang berada di Cairo Ibukota Mesir. Lokasi masjid ini tepat berada di atas Benteng Shalahuddin. Masjid Muhammad Ali Pasha juga dikenal dengan nama Masjid Alabaster. Sebutan itu karena masjid ini dilapisi alabaster yang merupakan salah satu jenis marmer.

Masjid ini dibagi menjadi dua area, yaitu bagian luar dan bagian utama. Bagian luar masjid terdapat tempat untuk berwudhu yang letaknya ditengah-tengah halaman masjid. Selain itu juga ada sebuah menara jam yang merupakan hadiah dari raja Prancis, Louis Philippe I, pada tahun 1846. Bagian lain dari masjid ini adalah bagian utama yang merupakan ruang shalat.



17. Masjid Jame’Asr Hassanil Bolkiah di Bandar Seri Begawan, Brunei

supermengmalaya.blogspot.com

Masjid terbesar di Brunei ini didirikan tahun 1988 dan resmi dibuka untuk umum pada 1994. Dibangun untuk merayakan kepemimpinan Sultan Brunei, Sultan Hassanal Bolkiah, yang memasuki masa kepemimpinan perak, 25 tahun. Dikenal juga dengan sebutan masjid Kiarong.

Terdapat 29 kubah emas menghiasi masjid ini. Dua kubah emas besar dan 27 buah kubah penutup menaranya yang mengelilingi bangunan utama. Dua sembilan mengandung arti, Sultan Hassanal Bolkiah adalah Sultan Brunei yang ke-29.

Ruang utamanya yang berornamen kaligrafi dan khas Arab ini mampu menampung lebih dari 3.500 jamaah. Terdapat lampu gantung kristal indah yang dilapisi emas, yang berasal dari Austria.

18. Masjid Agung di Kota Djenne Mali

masbadr.com

Masjid Agung Djenne yang terletak di kota Djenne, Republik Mali (negara barat Afrika), tercatat sebagai masjid terbesar di dunia yang dibangun dengan bahan baku utama lumpur.

Masjid Agung Djenne dibangun pada tahun 1907 dan termasuk hasil karya terbesar bergaya arsitektur Sudano-Sahelian tanpa meninggalkan ciri khas ornamen keislamannya. Ketinggian masjid mencapai 3 meter dengan ketebalan dinding mencapai 41-61 cm.

Selain merupakan pusat komunitas Djenné, kota ini juga merupakan lambang terkenal Afrika . Bersama dengan "Kota Kuna Djenné", tempat ini menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1988.

19. Masjid Larangbana, Ghana

masbadr.com

Masjid Larabanga merupakan masjid bersejarah yang menjadi ikon dari Kampung Larabanga di Republik Ghana, Afrika Barat. Masjid ini sangat unik karena terbuat dari lumpur khas benua Afrika. Larabanga disebut-sebut sebagai masjid tertua di Ghana dan kawasan Afrika Barat.

Ukuran masjid ini tak terlalu besar, kurang lebih hanya seukuran sebuah surau di Indonesia. Namun, nilai sejarahnya yang tinggi membuat masjid ini masuk dalam daftar 100 situs dunia yang harus diselamatkan versiThe World Monuments Fund's.

20. Masjid Kubah Emas Depok Indonesia


Masjid Dian Al-Mahri atau populer disebut mesjid Kubah Emas ini terkenal karena kubahnya yang dilapisi emas setebal 2-3 mm dan mozaik krystal sebagai ornamen dekoratifnya. Gaya arsitektur bangunan masjid yang mampu menampung sekitar 20.000 jamaah ini secara umum menyerupai bentuk tipologi arsitektur mesjid di Timur Tengah dengan ciri kubah, minaret (menara), halaman dalam serta elemen dekoratif berupa bentuk geometris dan obelisk.

21. Masjid Crystal Malaysia

Foto: santabanta

Salah satu masjid terindah yang bisa didatangi saat sedang melancong ke Negeri Jiran. Masjid Kristal di Kuala Terengganu, Terengganu, Malaysia ini berdiri megah dan berbeda karena bahan bangunannnya merupakan kristal dan kaca.

Masjid ini memiliki luas 2.146 meter persegi dan mampu menampung lebih dari 700 Jamaah. Masjid ini juga memiliki jaringan WIFI gratis untuk mengakses internet guna membaca Al Quran elektronik.

22. Masjid Biru di Mazar-i Sharif Afghanistan

Foto: ruzhiwashere.com

Tak hanya di Turki, Afghanistan juga memiliki masjid yang terkenal dengan sebutan Masjid Biru. Masjid yang berlokasi di Mazar I Sharif, Afghanistan.Masjid ini dibangun pada masa Sultan Ahmad Sanjar, penguasa Dinasti Seljuk. Masjid ini pernah rusak parah ketika agresi Genghis Khan ke wilayah ini pada sekitar 1220 M.

Pada abad ke-15 M, Sultan Husayin Mirza Bayqarah kembali merenovasinya dengan arsitektur yang menawan dan khas warna biru. Sejumlah tokoh dimakamkan di kompleks masjid ini, salah satunya Ali bin Abi Thalib RA. Selain di sini, makamnya juga diklaim berada di kawasan Najf, Irak.

23. Masjid Sultan Omar Brunai Darussalam

masbadr.com

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddinini terletak di Bandar Seri Begawan, Brunei Darusalam, yang termasuk ke dalam masjid kerajaan Kesultanan Brunei. Nama masjid ini diambil dari nama Sultan Brunei ke-28, yaitu Omar Ali Saifuddin III. Arsitektur masjid ini berkiblat pada gaya Italia. Masjid yang dibangun di atas kolam buatan ini dirancang oleh arsitek asal Italia yang bernama Cavaliere Rudolfo Nolli.

24. Masjid Malacca Straits di Malacca Malaysia


Malacca Straits Mosque di Melaka, Malaysia adalah masjid terapung yang terkenal di Negeri Jiran. Masjid yang lebih dikenal dengan nama Masjid Melaka, berada di pinggir Selat Melaka. Tiang-tiang pondasi masjidnya tertancap ke dasar laut di pinggiran pantainya.

25. Masjid Jamie di New Delhi India


Masjid Jami’ Dehli teletak di Kota New Delhi, merupakan salah satu masjid yang sudah tua di India. Pendirinya adalah Kaisar Mughal Shah Jahan, yang juga merupakan pendiri dari Taj Mahal. Masjid dengan kapasitas jamaah sebanyak 35.000. Dibangun pada tahun 1565.


26. Masjid Istiqlal Jakarta Indonesia


Masjid Istiqlal merupakan masjid terbesar di Indonesia bahkan di Asia Tenggara. Pembangunan Masjid Istiqlal diracang oleh seorang arsitek yang merupakan penganut agama Kristen Protestan, Frederich Silaban, ini dimulai pada 24 Agustus 1951.

Berlokasi di timur laut lapangan Medan Merdeka, Jakarta, masjid Istiqlal memiliki gaya arsitektur modern dengan dinding dan lantai berlapis marmer serta dihiasi ornamen geometrik dari baja anti karat. Mesjid yang terdiri dari lima lantai dan satu lantai dasar ini mampu menampung lebih dari 200 ribu jamaah.

27. Masjid Hasan II di Casablanca Maroko


Masjid Hasan II terletak di kota Casablanca, Maroko dan dibangun mulai tahun 1980. Seorang berkebangsaan Perancis yang bernama Michel Pinseau merupakan arsitek dari masjid ini dan Bouygues adalah orang yang membangunnya.Masjid ini memiliki menara setinggi 210 meterdan mampu menampung sebanyak 25.000 jamaah. Jika pelataran masjid juga digunakan, maka setidaknya mampu menampung kurang lebih 80.000 jamaah.

28. Masjid Baiturrahman Banda Aceh Indonesia


Masjid Raya Baiturrahman merupakan masjid dari Kesultanan aceh, dibangun oleh Sultan Iskandar Muda Mahkota Alam, tahun 1022 H/1612 M. Selain menjadi tempat untuk beribadah, Masjid Baiturrahman juga menjadi tempat yang ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah. Keindahan masjid ini bukan hanya membuat mereka yang datang terpukau, tapi juga ingin untuk melaksanakan shalat di dalamnya.

29. Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya Indonesia


Masjid Agung Al-Akbar atau lebih dikenal sebagai masjid Agung Surabaya merupakan masjid kedua terbesar di Indonesia. Masjid yang diresmikan pada tahun 2000 ini dirancang bergaya modern dengan bentuk kubah yang menyerupai daun berwarna biru kehijauan. Masjid ini memiliki menara setinggi 99 meter.

30. Masjid Niujie Beijing China


Masjid Niujie adalah sebuah masjid bersejarah yang terletak di Beijing, Republik Rakyat Tiongkok. Masjid yang telah mengalami renovasi dan perluasan beberapa kali ini merupakan pusat komunitas Muslim Beijing. Arsitekturnya memperlihatkan campuran desain khas Tiongkok-Islam. Masjid terbesar di Beijing ini juga menjadi titik awal masuknya Islam di daratan Tiongkok. Sejarah Masjid Niujie dibangun pada 996 pada masa Dinasti Liao (916-1125), terletak di Niujie, Distrik Xuanwu, Beijing , adalah masjid tertua dan terbesar di Beijing.

31. Masjid Amirul Mukminin Makasar


Masjid Amirul Mukminin disebut-sebut sebagai masjid terapung pertama yang ada di Indonesia. Masjid ini berdiri tepat di tengah laut lepas Pantai Loasari, Makassar.

Masjid ini juga dikenal dengan nama Masjid 99 Al Makazzary. Masjid ini terdiri dari beberapa lantai, di lantai dua adalah tempatnya para jemaah wanita dan lantai dasarnya tempat jemaah pria. Masjid Amirul Mukminin juga menawarkan pemandangan sunset.

32. Masjid Nusrat Djahan Copenhagen Denmark


Masjid unik ini terletak di Kopenhagen IbuKota Demark , meskipun penduduk Denmark mayoritas bukan pemeluk agama Islam namun nilai kerukunan umat beragama disana sangat tinggi. Masjid unik dengan atap menyerupai jamur ini dibangun pada tahun 1967.

33. Masjid Pink di Filipina

Foto: Glen Santillan

Bangunan merah muda menyala ini tentu saja sangat mencolok di Provinsi Maguindanao. Masjid yang dibangun atas inisiatif Datu Saudi-Ampatuan Mayor Samsudin Dimaukom ini dicat merah muda untuk melambangkan perdamaian dan kasih sayang.

34. Masjid-baitun-nur-di-kanada

Foto: annunaki.files.wordpress.com

Majid Baitun Nur adalah masjid terbesar yang didirikan diKota Calgary, Provinsi Alberta, Kanada. Kompleks masjid ini memiliki luas 1,5 hektare yang terdiri dari masjid seluas 4.459 meter persegi dan gedung serba guna seluas sekitar 687 meter persegi. Masjid Baitun Nur ini mampu menampung hingga 1.000 jemaah.

35. Masjid Biru Di Turki


Blue Mosque di Istanbul merupakan masjid paling bersejarah di Turki. Di bangun oleh Sultan Ahmed sengaja memberikan warna biru pada kubahnya. Yang bertujuan, untuk menandingi Hagia Sofia yang berwarna biru.

Blue Mosque sudah berdiri sejak tahun 1609 dan terdapat makam Sultan Ahmed di bagian halamannya. Arsitekturnya yang indah memiliki 6 menara, kaligrafi, corak bunga-bunga, tanaman dan mozaik pada dinding. Langit-langitnya penuh dengan perpaduan warna biru, ungu dan coklat yang sangat artistik. Masjid ini termasuk salah satu masjid terindah di dunia.

36. Masjid An-Nur, Pekanbaru


Masjid An-Nur yang dirancang oleh arsitek Ir Suseno ini disebut-sebut sebagai Taj Mahal Riau. Keanggunan arsitektur bangunan masjid yang selesai dibangun pada tahun 1968 ini memang terinspirasi dari gaya arsitektur Melayu, Turki, Arab dan India.

37. Masjid Agung Jawa Tengah, Semarang

Foto; majalahasri.com

Masjid Agung Jawa Tengah yang dibangun diatas lahan seluas 10 Ha ini memiliki perpaduan gaya arsitektur Jawa dan Yunani. Unsur budaya Jawa diwujudkan melalui desain tanjung di bawah pilar utama. Sementara unsur budaya Yunani ditampilkan melalui 25 pilar berwarna ungu yang terletak di plaza utama. Masjid ini juga dilengkapi dengan enam payung hidrolik raksasa yang dapat membuka dan menutup secara otomatis.


38. Masjid Camii di Tokyo Jepang


Masjid ini merupakan masjid terbesar di Jepang dan berlokasi di dekat stasiun Yoyogi Uehara dan berdiri di atas tanah seluas 734 m² dan total luas bangunan 1477m². Masjid Camii memiliki daya tarik sendiri karena adanya ornamen ala Turki yang indah dengan ukiran-ukiran kaligrafi bernilai seni tinggi, sehingga banyak yang menyebut masjid ini sebagai pusat kebudayaan Turki.

39. Masjid Essalam, Rotterdam, terbesar di Belanda

Foto dari Ajib.fr

Masjid Essalam atau Assalam terletak di kota Rotterdam, Belanda. Pembangunan Masjid Essalam dimulai tahun 2003 dan diresmikan 17 Desember 2010. Masjid ini memiliki dua buah menara yang menjulang setinggi 50 meter ini dapat menampung 3.000 jama'ah dan menjadi masjid terbesar di Belanda.

40. Masjid Agung Sultan Mahmud Badarrudin Palembang

Foto: wiwitprasetyono.wordpress.com

Sekilas bangunan ini merupakan salah satu masjid tanpa kubah yang terdapat di Sumatera. Atapnya bergaya limasan bersusun tiga, menyerupai bangunan masjid yang ada di Jawa. Akan tetapi, hiasan atap yang berwarna merah dan emas serta ukiran-ukiran ornamennya menghadirkan kesan arsitektural China.

Tidak berhenti di situ, menara masjid juga terlihat sangat mirip dengan bangunan pagoda. Lain di luar lain di dalam. Hiasan interior masjid dipenuhi kaligrafi berwarna hijau serta warna-warna semarak lainnya yang sering dijumpai dalam kerajinan lacquer khas Palembang. Walaupun telah mengalami pemugaran berkali-kali, unsur arsitektur China konon sudah ada sejak pertama kali bangunan masjid ini didirikan oleh Sultan Mahmud Badaruddin di abad ke-18.

41. Masjid Sultan Singapura


Masjid Sultan yang terletak di Muscat Street dan North Bridge Road di Kampong Glam Rochor District, masih dianggap sebagai salah satu yang paling penting di Singapura.

Masjid Sultan tidak mengalami perubahan sejak. dibangun. Perbaikan hanya dilakukan di ruang utama pada tahun 1960 dan penambahan ruang baru tahun 1993. Masjid ini ditetapkan sebagai monumen nasional pada 14 Maret 1975.
Thanks for reading Masjid Terindah dan Unik di Dunia I Tags:

Share Article:

Previous
Next Post »