Sholat Istikharah

Shalat Istikharah adalah shalat yang bertujuan untuk mendapatkan petunjuk dari Allah Swt atau mohon dipilihkan salah satu diantara dua hal (perkara) atau lebih untuk menghilangkan kebimbangan hingga hati kita menjadi mantap tidak timbul rasa kecewa di kemudian hari. Misalnya:

1. Untuk memilih pekerjaan
2. Untuk memilih pasangan hidup (jodoh)
3. Untuk memutuskan suatu perkara
4. Dan lain-lain

Tentunya shalat Istikharah yang kita lakukan hanya untuk memohon petunjuk agar tidak menyimpang dari aturan dan ketentuan Syar'i (Syariat agama). Selain itu shalat Istikharah tidak untuk memilih antara halal dan haram. Sebab itu perkara tersebut perlu dilakukan shalat Istikharah.

Shalat Istikharah

Agar kabar baik yang kita peroleh dari Allah Swt itu mudah kita dapatkan, maka lakukan langkah-langkah sebagai berikut ini:
  1. Puasa sunat sebelum kita melakukan shalat Istikharah.
  2. Banyak shodaqoh dan melakukan amal sholeh.
  3. Sebelum melakukan shalat Istikharah, memperbanyak bacaan istigfar.
  4. Sebelum shalat Istikharah, ucapkan niat terlebih dahulu.
  5. Dalam melakukan shalat Istikharah hendaknya usahakan sekhusyuk-khusyuknya.
Shalat sunnat Istikharah dikerjakan dengan dua rakaat, Adapun waktu mengerjakannya tidak ditentukan, sehingga dapat dikerjakan kapan saja, baik siang maupun malam. Namun yang lebih utama dikerjakan pada malam hari sebagaimana shalat Tahajud, yaitu pada sepertiga malam yang terakhir.

Adapun bacaan dan cara mengerjakannya sama dengan Shalat Dhuha hanya beda niatnya. Berikut Lafadz niat Shalat Istikharah:

أُصَلِّي سُنَّةَ اْلإِسْتِخَارَةِ رَكْعَتَيْن لِلَّهِ تَعَال

Ushalli sunnatal Istikhaarati rak'ataini lillaahi ta'aalaa.

Artinya:
"Saya niat shalat Istikharah dua raka'at karena Allah Ta'ala"

Setelah selesai melakukan shalat Istikharah bacalah doa ini:

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ، وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ، وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ، وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ. اَللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ -وَيُسَمَّى حَاجَتَهُ- خَيْرٌ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ فَاقْدُرْهُ لِيْ وَيَسِّرْهُ لِيْ ثُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْهِ، وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ شَرٌّ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ فَاصْرِفْهُ عَنِّيْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْ لِيَ الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِيْ بِهِ

Allaahumma innii asta-khiiruka bi'ilmika wa astaqdiruka biqudratika wa as'aluka min fadhikal 'azhiim, fainnaka taqdiru wa laa aqdiru wa ta'lamu wa laa a'lamu wa anta'allamul ghuyuub. Allaahumma in kunta ta'lamu anna haadzal amra khairun lii fii diinii wa ma'aasyii wa'aaqibatu amrii faqdurhu lii wa yasirhu lii, tsumma baariklii fiihi wa inkunta ta'lamu anna haadzal amra syarrun lii fii diinii wa ma'aasyii wa'aaqibati amri fash rifhu 'anni washrifnii 'anhu waqdurliyal khaira tsumma ardhinii bihii.

Artinya:
"Ya Allah sesungguhnya aku mohon petunjuk-Mu yang baik dengan pengetahuan-Mu, dan aku mohon kekuatan dengan kekuatan-Mu, dan aku mohon kemurahan-Mu dan luas, karena sesungguhnya Engkau Maha Kuasa dan aku tidak memiliki kekuasaan itu, lagipula Engkau mengetahui yang ghaib-ghaib, dan bila Engkau tahu sesungguhnya hal ini baik bagiku dalam agamaku, kehidupanku, dan masa depanku, maka pastikan dia padaku dan mudahkanlah dia padaku, kemudian berikan berkah padanya. Dan Engkau mengetahui bahwasannya kejahatan bagiku, buat agamaku, buat hidupku. dan buat hari kemudian, maka jauhkanlah dariku, dan jauhkan aku darinya, dan berilah aku kebaikan padaku, dimana saja aku berada. Kemudian jadikanlah aku orang yang ridho dengan pemberian itu".

Semoga dengan melaksanakan shalat istikharah dapat memantapkan keyakinan hati dalam menetapkan sebuah urusan. dan alangkah indahnya jika shalat istikharah kita dilanjutkan dengan melakukan Sujud Syukur.

Demikiankah cara melaksanakan shalat istikharah. Shalat Istikharah perlu di ulang-ulang agar mendapat petunjuk kabar yang baik dan memantapkan hati dan pikiran. Semoga bermanfaat dan mohon maaf jika ada kekurangan dalam penulisannya.

Thanks for reading Sholat Istikharah I Tags:

Share Article:

Previous
Next Post »