Manfaaf Vitamin C Bagi Kesehatan

Manfaaf Vitamin C Bagi Kesehatan - Vitamin C merupakan salah satu nutrisi yang sangat penting fungsinya bagi kesehatan tubuh, karena vitamin C mempunyai banyak sekali manfaat bagi kesehatan serta membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh agar tubuh terlindungi dari berbagai penyakit. Secara teoritis, tubuh manusia membutuhkan asupan vitamin C sebanyak kurang lebih 1000 mg vitamin C per harinya. Kadar vitamin C ini sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C tubuh dalam satu hari.
Manfaaf vitamin C bagi Kesehatan
Manfaaf Vitamin C untuk kesehatan.
Image: google.co.id

Kekurangan Vitamin C

Kasus kekurangan vitamin C jarang sekali terjadi,  karena hampir semua makanan yang kita makan sehari-hari mengandung vitamin C. Merokok adalah kebiasaan yang bisa menurunkan penyerapan vitamin C oleh tubuh,  sehingga perokok berisiko lebih tinggi kekurangan vitamin C.

Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan

Cukup mendapatkan asupan vitamin C akan sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan. Apa saja manfaat vitamin C? Berikut ulasannya:

1. Imunitas tubuh:
Dosis yang sehat Vitamin C akan melindungi tubuh kita dari infeksi, serta menjaga kesehatan tulang dan gigi. Hal ini juga akan meningkatkan kemampuan tubuh kita untuk memperbaiki luka, serta kebal dari bakteri, virus dan infeksi. Vitamin C  juga diperlukan untuk kolagen, protein struktural utama yang ditemukan dalam jaringan ikat. Vitamin C yang diminum akan membantu untuk menyembuhkan luka lebih cepat dan lebih baik.

Vitamin C bisa mengurangi keparahan gejala demam karena flu biasa, termasuk peradangan, hidung meler dan sakit kepala. Vitamin C juga mengontrol alergi yang bisa menyebabkan demam. Hal ini akan mengurangi kadar histamin, dan seringkali dapat mempercepat menghilangkan demam.

2. Antioksidan
Vitamin C merupakan antioksidan yang kuat dan efektif,  yang berguna untuk melindungi tubuh kita dari radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel, serta aterosklerosis yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

3. Mencegah keracunan timbal
Vitamin C membantu menurunkan tingkat timbal dalam darah kita secara dramatis. Keracunan timbal dapat menyebabkan berbagai masalah perkembangan dan perilaku, terutama pada anak-anak yang tinggal di daerah perkotaan yang tinggi polusi. Hal ini bisa menyebabkan ketidakmampuan belajar, menurunkan IQ, dan terhambatnya pertumbuhan pada anak-anak. Pada orang dewasa mungkin bisa menderita kerusakan ginjal, dan tekanan darah tinggi.

4. Untuk menurunkan berat badan
Vitamin C terbukti bisa membantu menurunkan kadar lemak,  dan menjaga berat badan yang sehat. Ahli diet dan ahli gizi selalu menyarankan vitamin C dari buah-buahan dan sayuran untuk diet, karena ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa makan-makanan yang kaya vitamin C secara teratur akan membantu menurunkan berat badan secara signifikan. Dokter telah menemukan bahwa makan buah-buahan yang kaya vitamin C dapat menurunkan insulin, sehingga tubuh tidak menyimpan gula dan mengkonversinya menjadi lemak untuk digunakan sebagai bahan bakar tubuh.

5. Tabir Surya
Vitamin C melindungi kulit dari radikal bebas karena kelebihan paparan sinar matahari, polusi lingkungan dan merokok. Antioksidan dalam Vitamin C akan melindungi kulit dari radiasi ultraviolet dan efek paparan sinar matahari.

6. Produksi Kolagen
Vitamin C adalah unsur yang diperlukan tubuh untuk memproduksi hidroksiprolin dan hidroksilin, yang dibutuhkan untuk mengikat molekul yang memproduksi kolagen. Hal ini pada akhirnya akan memberikan kulit yang kencang. Kekurangan kolagen dapat membuat kulit menjadi kusam dan tak bernyawa. Kolagen bermanfaat untuk meremajakan kulit, sehingga mengurangi gejala kulit keriput dan penuaan dini.

7. Menyembuhkan Luka lebih cepat
Tubuh menggunakan vitamin C untuk memulihkan kerusakan jaringan, yang akan membantu untuk menyembuhkan luka yang lebih cepat. Luka yang lama tak sembuh mengindikasikan jika tubuh kekurangan vitamin C . Vitamin C berfungsi meningkatkan elastisitas kulit, serta membantu untuk menciptakan jaringan parut dan ligamen untuk pemulihan luka lebih cepat.

Sumber Vitamin C Terbaik

Lantas bagaimana cara memperoleh dan mencukupi asupan vitamin C setiap hari? Tak perlu repot mencari asupan vitamin C, karena ada banyak sumber makanan yang bisa diperoleh dari buah-buahan maupun sayur-sayuran, seperti yang dilansir boldsky.com yaitu:

1. Jeruk
Tentu semua tahu jeruk memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Para ahli gizi banyak menyarankan untuk mengonsumsi jeruk jika mengalami kekurangan vitamin C. Konsumsi satu butir jeruk untuk memenuhi kebutuhan harian vitamin C kamu.

2. Jambu Merah
Banyak yang tidak tahu jika ternyata jambu merah merah memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Satu buah jambu merah mengandung 200 mg vitamin C, yang lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian kamu. Selain itu jambu air juga baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

3. Kiwi
Buah kiwi sangat disarankan untuk dikonsumsi bagi kamu yang kekurangan vitamin C. Konsumsi kiwi dalam menu diet kamu, tidak hanya membantu meningkatkan asupan vitamin C tetapi juga meningkatkan sistem imun kamu.

4. Brokoli
Sayuran ini memiliki banyak kandungan penting yang dibutuhkan tubuh. Brokoli mengandung nutrisi, mineral dan vitamin penting bagi tubuh. Hanya dengan mengonsumsi 100 gram brokoli makan 89.2 mg vitamin C akan kamu peroleh.

5. Ceri
Dengan mengkonsumsi buah ceri setiap hari 1 cangkir, maka kebutuhan Vitamin C akan terpenuhi dengan baik. Karena dari 1
cangkir buah ceri ini mengandung Vitamin C sekitar 1650 mg. Buah ceri juga cocok bagi yang ingin menurunkan berat badan. Karena buah ceri sangat tinggi akan kandungan serat.

6. Cabai
Dari banyaknya jenis cabai, hanya cabai hijau saja yang paling banyak mengandung Vitamin. Jika kita rajin mengkonsumsi cabai hijau dalam kehidupan sehari-hari, maka tubuh akan
dicukupi asupan Vitamin sekitar 182 persen. Selain banyak mengandung Vitamin, cabai hijau juga adalah sumber penghasil antioksidan serta mineral.

7. Pepaya
Buah yang biasa tumbuh di halaman rumah kita seperti pepaya ternyata banyak mengandung Vitamin C sebesar 182 mg. Selain itu buah pepaya sangat kaya akan serat serta Vitamin A.

8. Bayam
Sayuran bayam biasa kita konsumsi dan mungkin kita tidak tahu kalau bayam kaya dengan kandungan yang dibutuhkan tubuh. Bayam sangat kaya juga dengan Vitamin C serta zat besi yang sangat baik demi kesehatan tubuh.

9. Tomat
Selain bisa digunakan untuk pelengkap sayuran dan membuat sambal, tomat juga banyak mengandung Vitamin C. Dari 100 gr tomat saja memiliki kandungan Vitamin C sebesar 100 mg.

10. Paprika
Salah satu makanan yang tidak banyak diketahui memiliki kandungan vitamin C yang tinggi yaitu paprika. Dalam 100 gram paprika dapat memenuhi kebutuhan harian vitamin C kamu. Kamu dapat menambahkan paprika dalam masakan kamu, untuk mendapatkan manfaatnya.

Demikianlah manfaaf Vitamin C bagi kesehatan. Semoga dengan makan makanan yang banyak mengandung vitamin C dapat membantu tubuh kita menjadi lebih sehat dan kuat terhadap serangan segala penyakit.
Thanks for reading Manfaaf Vitamin C Bagi Kesehatan I Tags:

Share Article:

Previous
Next Post »