Usaha Sampingan Untuk Buruh Pabrik

Usaha sampingan untuk buruh pabrik - Bagi anda yang berprofesi sebagai karyawan terutama buruh pabrik, pasti banyak mengalami kendala terutama masalah keuangan bukan?

Namun, sesulit apapun hidup tak seharusnya membuat kita menyerah, kita harus berfikir dan mencari solusi terbaik demi mengatasi setiap kesulitan-kesulitan tersebut.

Untuk menyiasati hal seperti ini, banyak cara yang bisa kita lakukan dalam mencari penghasilan tambahan untuk menutupi kebutuhan hidup sehari-hari, syukur-syukur bisa menabung untuk masa depan kelak.

Usaha sampingan untuk buruh dan karyawan

Berikut ini beberapa ide yang bisa di jalankan sebagai bisnis sampingan untuk karyawan atau buruh sebagai tambahan penghasilan.


1. Bisnis Pulsa Elektrik

Bisnis pulsa elektrik merupakan ide bisnis yang menjanjikan karena meningkatnya pengguna telepon seluler. Jika Anda ingin berbisnis pulsa, Anda bisa memilih pulsa elektrik. Selain tidak berbentuk kartu yang perlu tempat, pulsa elektrik diaktifkan melalui telepon genggam Anda sehingga relatif tidak merepotkan.

Untuk memulai bisnis pulsa elektrik, modal yang Anda perlukan tidak banyak, yaitu berkisar sekitar Rp1 juta s.d Rp3 juta. Selain tidak membutuhkan modal yang terlalu besar, bisnis ini cukup menjanjikan keuntungan yang lebih tinggi dan juga mudah untuk dijalankan dikarenakan beberapa hal berikut ini :
  • Karyawan lebih senang membeli ke temannya dikarenakan lebih simpel.
  • Bisa bayar belakangan (hutang dulu)
  • Bisa isi pulsa kapan saja via sms

2. Bisnis Kredit Barang

Karyawan atau buruh dengan keterbatasan pendapatannya tentu ingin juga memiliki sesuatu sesuai dengan perkembangan jaman dan kemajuan tehnologi, seperti telepon genggam, laptop, dll.

Dikarenakan keterbatasan penghasilan atau belum bisa membeli secara tunai, maka kebanyakan karyawan/buruh ingin mendapatkannya dengan cara di cicil atau kredit. Disinilah peluang buat anda yang ingin punya penghasilan tambahan yang lumayan tiap bulannya.

3. Membuat Blog

Anda sadari atau tidak, ngeblog sedang populer saat ini. Oleh karena itu, ngeblog bisa Anda jadikan sebagai usaha sampingan untuk menghasilkan uang tambahan. Contohnya saya selain menjadi karyawan swasta, saya juga melakukan hal tersebut.

Pondasi untuk menghasilkan uang dari blog adalah postingan berkualitas. Anda bisa mencobanya dengan menulis postingan sesuai keahlian atau hobby Anda. Sebagai contoh, jika Anda bekerja sebagai teknisi listrik, Anda bisa membuat blog dengan topik kelistrikan. Strategi ini akan memudahkan Anda dalam pembuatan postingan. Mengapa? Sederhana saja, karena Anda sudah ahli dalam hal kelistrikan dan mengalami apa yang hendak ditulis.

Berita bagus lainnya adalah modal yang perlu Anda sediakan untuk memulai ngeblog paling banyak Rp100 - 500 ribu setahun. Asumsinya, Anda membeli domain dan hosting di penyedia hosting lokal, dan membuat postingan sendiri. Bahkan, Anda bisa tanpa modal sedikit pun jika anda menggunakan platform blog gratisan, misalnya Blogspot.com dan wordpress.com. Yang anda perlukan hanya sambungan atau koneksi internet

Dengan memiliki blog dan menjadi blogger bisa dijadikan pekerjaan sampingan maupun pekerjaan utama. Memang tidak mudah menjadi seorang blogger sukses. Semua itu memerlukan pengorbanan, kedisiplinan tinggi, keuletan dan kesabaran.

Blogger sukses identik dengan penghasilan yang didapatkan dari aktifitas ngeblog berkisar antara puluhan juta rupiah hingga ratusan juta rupiah perbulan. Tentu tidak gampang meraih predikat blogger sukses yang berpenghasilan puluhan juta perbulan seperti Marixon Manurung, Asritadda, Herman Yudiono, dll. Tapi jika orang lain bisa maka anda pun pasti bisa. Kuncinya adalah kemauan untuk belajar.

4. Membuat toko online

Seperti halnya ngeblog, membuat toko online juga sedang di gemari banyak orang saat ini. Salah satu alasannya adalah gaya berbelanja masyarakat Indonesia sekarang cenderung mulai bergeser ke gaya berbelanja online.

Model bisnis ini tergolong tidak padat aset dan juga mampu meraup pasar yang sangat luas. Selain itu, bisnis jenis ini bisa dilakukan kapan saja, dan dimana saja, bahkan dengan menggunakan smartphone juga bisa. Hal yang paling penting yaitu adanya sambungan atau koneksi internet.

Di lihat dari sisi barang yang dijual, Anda bisa menjual barang sendiri atau barang orang lain. Barang fisik yang umum dijual para pelaku toko online adalah pakaian, obat herbal, kerajinan khas daerah dan elektronik.

Modal yang perlu Anda siapkan untuk membuat toko online tidak besar. Sebagai contoh, modal Anda bisa seperti modal ngeblog di atas jika Anda mampu mendesain sendiri toko online Anda.

Hal menarik lainnya adalah Anda tidak harus repot mengirim barang jika Anda menggunakan sistem dropshipping. Para dropshipper-lah yang akan mengirim barang tersebut ke pembeli Anda. Salah satu dropshipper lokal yang bisa Anda coba adalah Supplier.id

Demikian beberapa contoh ide bisnis sampingan yang cocok untuk karyawan dan buruh pabrik, buat anda yang sedang mencari atau belum menjalankan bisnis diatas, tidak ada salahnya jika ingin mencoba untuk menambah penghasilan anda.
Thanks for reading Usaha Sampingan Untuk Buruh Pabrik I Tags:

Share Article:

Previous
Next Post »