Cara Mengobati Sakit Tenggorokan Secara Alami

Cara Mengobati Sakit Tenggorokan Secara Alami - Pastinya anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya sakit tenggorokan, karena sakit tenggorokan sering dialami oleh sebagian orang termasuk kita.

Sakit tenggorokan adalah sejenis penyakit yang menyerang bagian tenggorokan sehingga orang yang mengalami penyakit ini biasanya akan mengalami sakit dibagian tenggororokan. Penyakit ini memang bukan penyakit yang serius tetapi jika dibiarkan berlarut-larut, penyakit ini bisa menjadi ancaman bagi penderitanya.

Cara mengobati sakit tenggorokan

Penyebab sakit tenggorokan

Sakit tenggorokan bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti; berlebihan mengonsumsi makanan yang mengandung minyak seperti gorengan, makanan yang pedas secara berlebihan dan makanan yang mengandung asam, minuman beralkohol, minuman dingin. Selain itu, sakit tenggorokan juga bisa disebabkan oleh:
  • Virus
  • Batuk dan pilek atau lendir dapat membuat tenggorokan teriritasi.
  • Virus coxsackie.
  • Alergi juga dapat menyebabkan iritasi pada tenggorokan ringan yang bersifat kronis.
  • Bakteri streptokokus.
  • Merokok.
Maka dari itu kita harus berhati-hati jika salah satu dari teman kita sedang menderita sakit tenggorokan karena bisa menular saat si penderita sedang bersin atau batuk.

Banyak gejala yang akan dialami oleh penderita sakit tenggorokan, jika mengalami beberapa gejala sakit tenggorokan sebaiknya langsung melakukan pengobatan untuk menyembuhkannya.

Orang yang menglami sakit ini akan merasa tidak nyaman dengan gejala-gejala yang dia alami, karena sakit tenggorokan juga akan membuat seseorang menjadi pusing. Jika seseorang sudah merasa pusing pastinya dia akan malas untuk melakukan aktivitas.

Gejala Sakit Tenggorokan

Gejala umum dari sakit tenggorokan adalah sensasi terbakar atau rasa gatal di bagian tenggorokan, nyeri, terutama saat menelan dan mungkin juga nyeri di sepanjang leher. Gejala-gejala tersebut dapat disertai dengan:
  • Bersin-bersin dan batuk
  • Suara menjadi serak
  • Demam ringan
  • Merasa lelah
  • Kepala terasa pusing
  • Sakit saat menelan
  • Otot leher terasa kaku dan sakit
  • Pembengkakan pada kelenjar leher

Beberapa gejala diatas akan dialami penderita sakit tenggorokan, pastinya jika anda yang mengalami sakit tersebut anda pasti akan merasa sangat tidak nyaman.

Cara Mengobatinya secara alami

1. Menggunakan Jahe

Tanaman rempah-rempah ini biasa digunakan untuk memasak, tetapi selain digunakan untuk memasak, tanaman ini juga bisa digunakan sebagai cara mengobati sakit tenggorokan yang aman dan berkhasiat untuk tubuh anda. Jahe akan meningkatkan sel-sel, mempercepat proses penyembuhan, dan membilas racun didalam tubuh. Jahe juga bisa membantu melonggarkan sistem pernapasan anda, jadi jahe cocok sekali digunakan untuk menyembuhkan sakit tenggorokan.

Cara membuat ramuan ini sangatlah mudah dan gampang anda hanya cukup menyiapkan jahe yang berukuran besar kemudian cuci jahe tersebut hingga bersih, potong-potong jahe tersebut menjadi kecil-kecil dan rebus air secukupnya, setelah air panas masukan jahe tersebut dan rebus hingga matang.   Kemudian di minum saat masih hangat dan bisa dicampurkan dengan madu saat akan meminumnya, minumlah ramuan ini secara rutin dan teratur agar sakit tenggorokan anda segera membaik.

2. Menggunakan Lemon Dan Madu

Buah lemon kaya akan vitamin C yang bisa membantu anda untuk menyembuhkan sakit tenggorokan. Cara membuatnya cukup mudah anda bisa siapkan 2 buah lemon kemudian anda peras lemon tersebut dan ambil airnya, air perasan lemon bisa anda campurkan dengan madu murni dan bisa langsung diminum. Minum ramuan ini 3 kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam menyembuhkan sakit tenggorokan.

3. Menggunakan Garam

Gunakan garam sebagai obat kumur 3 kali dalam sehari, air garam bisa meningkatkan peredaran darah dan mampu menyembuhkan sakit tenggorokan secara efektif. Anda bisa siapkan 1 gelas air hangat kemudian campurkan dengan garam secukupnya lalu kumur-kumur dengan air garam tersebut, selain membatu menyembuhkan sakit tenggorokan, air garam juga membantu meredakan berbagai infeksi yang menyebar kemana-mana.

4. Menggunakan Daun kemangi

Selain digunakan untuk lalapan ternyata  daun kemangi juga bisa mengobati sakit tenggorokan yang aman dan efektif, cara membuat ramuan ini terbilang cukup mudah karena anda hanya perlu menyiapkan beberapa daun kemangi kemudian anda rebus dengan air secukupnya. Minum air rebusan daun kemangi secara rutin untuk membantu anda menyembuhkan sakit tenggorokan atau anda juga bisa menggunakannya sebagai obat kumur sampai sakit tenggorokan anda membaik dan sembuh.

5. Perbanyak Minum Air Putih


Yang terakhir namun sangat penting adalah memastikan agar tubuh Anda tidak kekurangan cairan. Minum air yang cukup akan membuat mukosa atau dinding tenggorokan Anda selalu lembap, mengencerkan dahak bila terdapat dahak yang kental dan membantu tubuh melawan infeksi kuman. Minumlah air sehingga warna urin tetap kuning muda atau jernih. Untuk menjaga agar tidak jatuh ke dalam keadaan dehidrasi, Anda tidak melulu harus minum air putih, namun juga boleh minum air teh, air dari makanan seperti sup atau juga susu, terserah Anda.
Artikel lain: Berbagai manfaat semangka untuk kesehatan dan kecantikan
Nah, itulah beberapa cara mengobati sakit tenggorokan secara alami dan aman saat anda sedang mengalami sakit tenggorokan. Jika anda mengalami sakit tenggorokan segera praktekkan cara diatas dengan bahan yang alami. Semoga bermanfaat...


Tag: Info kesehatan referensi
Thanks for reading Cara Mengobati Sakit Tenggorokan Secara Alami I Tags:

Share Article:

Previous
Next Post »