5 Penyakit Akibat Makan Secara Berlebihan

Tahukah Anda bahwa, makan secara berlebihan dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan?

5 penyakit akibat makan secara berlebihan

Makanan merupakan sumber utama energi untuk tubuh kita, akan tetapi makanan juga bisa menjadi penyebab berbagai penyakit untuk tubuh, jika kita tidak menjaga kualitas dan porsinya.

Maka dari itu, mulai dari sekarang sebaiknya kita menjaga pola makan kita sehari-hari agar terhindar dari berbagai macam gangguan kesehatan.

Dan berikut ini adalah 5 penyakit akibat makan secara berlebihan:

1. Gangguan pencernaan
Dapat menyebabkan berbagai macam keluhan pencernaan seperti mual, diare, dan sembelit. Keluhan semacam ini sering dialami oleh mereka yang memiliki pola makan berlebihan, karena makanan yang dimakan hanya mengandung karbohidrat tinggi, tetapi sedikit mengandung vitamin dan serat yang diperlukan dalam proses pencernaan.

2. Meningkatnya Kolesterol
Makan berlebihan dalat beresiko menderita  kolesterol tinggi, sehingga memungkinkan seseorang terserang darah tinggi, serangan jantung, maupun stroke di usia muda.

3. Kegemukan
Penyakit kegemukan bisa dialami oleh anak-anak maupun orang dewasa, umumnya kegemukan terjadi karena ketidakmampuan untuk mengontrol nafsu makan. Makanan yang dikonsumsi sudah lebih dari cukup dan tubuh tidak memerlukannya lagi. Akhirnya zat-zat yang terkandung dalam makanan tidak mampu dimanfaatkan secara maksimal oleh tubuh dan menumpuk menjadi lemak.

4. Radang lambung
Kapasitas lambung orang dewasa umumnya hanya mampu menampung berkisar 1-1,5 liter (tergantung dari ras dan tinggi badan seseorang). Ketika seseorang makan secara berlebihan, maka lambung dipaksa menampung makanan di luar batas kemampuan, akibatnya lambung dapat mengalami peradangan yang di sebabkan luka karena kelebihan makanan.

5. Kencing manis
Pankreas berfungsi sebagai penghasil hormon insulin untuk membawa gula dalam darah masuk ke dalam sel-sel tubuh menjadi energi. Pola makan yang tidak terkontrol, dapat menyebabkan kadar gula yang melonjak dan akhirnya mengakibatkan gangguan pada pankreas.

Nah..mulai sekarang makanlah secara normal, jangan makan secara berlebihan. Karena salah satu faktor berbagai penyakit tubuh manusia adalah disebabkan oleh makanan yang ia makan.
Thanks for reading 5 Penyakit Akibat Makan Secara Berlebihan I Tags:

Share Article:

Previous
Next Post »