Mengapa Kita Perlu Bersyukur Dan Berterimakasih

Mungkin Anda bertanya-tanya mengapa kita perlu bersyukur?

Sepenting apa sebenarnya bersyukur itu?

Mengapa kita perlu bersyukur

Mensyukuri hal-hal kecil dalam hidup terkadang sulit untuk dilakukan. Udara yang kita hirup, kesehatan yang kita rasakan, pakaian yang kita pakai, rumah yang kita tempati serta makanan yang kita makan setiap hari merupakan beberapa contoh nikmat yang patut kita syukuri.

Selain itu, mensyukuri atas nikmat yang Anda miliki dan mengatakan 'Terima kasih' ternyata dapat menciptakan aura energi positif di sekitar Anda.

Rasa bersyukur akan membawa semua yang Anda inginkan terasa dekat dengan Anda dan membuka jalan bagi kebahagiaan tak terbatas.

Apa arti syukur itu?

Apa sih arti kata syukur sebenarnya?

Dalam Islam kata syukur berasal dari bahasa arab Syakaro-yasykuru-syukron yang artinya “membuka” dalam kontek tersebut, kata syukur dapat diartikan sebagai hati yang terbuka untuk berterima kasih kepada yang memberi nikmat/hadiah kepada kita melalui hati yang tulus, dengan pujian secara lisan, dan perbuatan yang menyenangkan si pemberi nikmat tersebut.

Namun demikian arti atau makna syukur sangat beragam sesuai dengan sudut pandang masing-masing individu.

Tetapi bagi kita (terutama saya) sebagai orang awam syukur sangatlah sering di artikan sebagai suatu ungkapan atau ekspresi rasa dan perasaan sebagai tanda terimakasih, karena telah menerima kenikmatan (sesuatu) dari Tuhan YME meskipun melalui perantara seseorang.

Manfaat bersyukur

Bersyukur itu terasa masuk akal dan tampak menjadi hal yang tepat untuk dilakukan. Namun ternyata bersyukur itu lebih dari itu.

Bersyukur lebih dari sekadar rutinitas untuk membuat kita merasa lebih baik. Berikut manfaat yang akan membuat Anda melihat betapa besarnya kekuatan bersyukur.

1. Membuat momen terasa bahagia.
Bersyukur memaksa kita tidak terjebak dengan hedonic treadmill.

Apa itu hedonic treadmill?

Hedonic treadmill adalah kebiasaan alami untuk menyesuaikan diri dengan keadaan dan kejadian dalam hidup kita. Hedonic treadmill tak peduli keadaan tersebut baik atau buruk.

Kita semua mengalami hedonic treadmill setidaknya satu kali dalam hidup kita. misalnya promosi jabatan, kenaikan pendapatan, pindah rumah, memulai hubungan yang baru dengan seseorang.

Seiring dengan berjalannya waktu, kita menjadi terbiasa dengan momen-momen membahagiakan ini. Akibatnya kebahagiaan yang kita rasakan dari momen-momen spesial ini menjadi semakin berkurang.

Misalnya saja saat pertama kali seseorang pertama kali bekerja. Setelah lulus dari sekoah, lorang ini mendapat pekerjaan. Ia merasa sangat bersyukur. Ia merasa senang bisa melakukan hal yang bisa ia nikmati dan kualitas hidupnya meningkat.

Namun setelah beberapa minggu, rutinitas mulai menerpa. Pergi dan pulang kerja menjadi sesuatu yang biasa. Bekerja sudah tidak menjadi kebahagiaan lagi baginya. Rasanya sama saja seperti sebelum ia bekerja.

Namun, kita bisa aktif melawan rasa puas kita terhadap hedonic treadmill.

Caranya tentu saja: bersyukur.

Alasannya tidaklah mengagetkan. Jika kita merasa bersyukur atas apa yang kita miliki, kita tidak akan merasa terbiasa dan bosan walaupun hal tersebut kecil di mata orang lain.

2. Bisa menyelamatkan pernikahan.
Bukan berarti hanya dengan bersyukur pada satu sama lain akan membuat semuanya baik-baik saja.

Namun bersyukur akan memupuk hubungan yang seimbang dan harmonis dalam jangka panjang.

Mengapa? Setidaknya ada 2 alasan...

Pertama, orang-orang yang dihargai tidak akan mau melukai orang yang menunjukkan penghargaan pada dirinya. Jika saya merasa sangat bersyukur karena kamu mau mencuci piring, membantu mengurus anak dan berbagai pekerjaan rumah tangga lainnya, Anda tidak akan marah padaku pada saat saya baru saja menyelesaikan tugas itu.

Yang kedua, bersyukur menjaga perbandingan Losada. Mungkin istilah ini baru Anda dengar. Tapi teruslah membaca...

Perbandingan Losada adalah angka perbandingan yang sangat efektif untuk menentukan kualitas hubungan pernikahan dalam jangka panjang.

John Gottman telah melakukan riset selama puluhan tahun. ia sudah bisa menentukan dengan tingkat keberhasilan sebesar 90% kalau satu pernikahan akan bahagia atau tidak. Hasilnya adalah perbandingan Losada.

Perbandingan Losada menyebutkan kalau satu pasangan tidak menjaga perbandingan kata-kata positif dengan negatif pada angka 5:1, pernikahan mereka ada dalam masalah yang serius.

Tentu saja mencermati tiap kata yang And dan pasangan ucapkan bisa menyebabkan stres tersendiri. Untuk Itu cukup lakukan audit kecil-kecilan untuk tahu kondisi pernikahan Anda sekarang.

Dalam beberapa hari ke depan, perhatikan berapa kali Anda mengeluh pada pasangan, atau menunjukkan penolakan, tidak mendukung, atau kurang menghargai atas apa yang pasangan Anda lakukan.

Jika Anda bisa menjaga kurang dari 5 perilaku positif untuk setiap 1 perilaku negatif, ada yang perlu diubah dalam hubungan Anda

Hanya dengan berterima kasih pada pasangan beberapa kali setiap hari saja bisa membuat perbandingan Losada dalam pernikahan Anda dalam proporsi yang baik.

3. Membuat lebih kaya
Ini bukan berarti kalau Anda menuliskan hal-hal yang Anda syukuri, tiba-tiba saldo di rekening bertambah. Tapi melatih bersyukur punya dampak yang positif dan logis pada kesejahteraan finansial seseorang.

Bayangkan saja beberapa hal ini.

Pertama, jika Anda bersyukur atas apa yang Anda miliki, secara alami Anda hanya akan menginginkan lebih sedikit kepemilikan materi.

Orang-orang yang benar-benar menghargai semua yang sedang ia miliki dan juga standar hidupnya saat ini, secara alami mereka tidak menginginkan banyak materi karena mereka sadar kalau materi tidak akan meningkatkan kebahagiaan mereka. Toh saat ini saja mereka sudah merasa bahagia.

Akibatnya, orang-orang yang bersyukur belanja lebih sedikit. Hanya ada 2 cara untuk meningkatkan kondisi finansial: "mencari uang lebih banyak, atau menabung lebih banyak".

4. Mengurangi kemarahan secara dramatis.
Tidak ada yang menyukai orang yang mudah marah. Namun terkadang kemarahan bisa mengambil alih kendali dalam hidup kita. Anda bisa mengelola kemarahan dengan berbagai latihan.

Cara sederhana untuk mengurangi kemarahan adalah dengan menghitung keberkahan yang Anda miliki dalam hidup Anda.

Riset menunjukkan bahwa dengan sengaja menghabiskan waktu untuk menghargai hal-hal yang Anda miliki dan orang-orang yang berada di dekat Anda akan membuat Anda jadi pribadi yang lebih ramah, tentu ini mengurangi kemarahan dalam diri.

Riset lainnya menunjukkan orang-orang yang bersyukur itu lebih tidak agresif dan menyimpulkan bahwa bersyukur membuat seseorang memiliki “hati yang lembut.”

Ditambah lagi, penelitian yang mengamati ketahanan pada masyarakat setelah bencana alam besar menunjukkan bahwa rasa syukur adalah perasaan yang sangat membantu untuk mengatasi kejadian traumatis.

Itulah sebabnya bersyukur membantu kita untuk mengembangkan kekuatan psikologis serta mengurangi kemarahan.

Terkadang kita mengalami masa-masa yang membuat kita merasa bahagia tanpa alasan yang jelas.

Pernahkah Anda memperhatikan saat Anda merasa bahagia, tidak ada orang yang mengganggu? Tindakan menyebalkan jadi terasa tidak menyebalkan, Anda bisa memaafkan orang lain dengan mudah, dan semua hal dalam hidup terasa baik. Itulah indahnya hidup penuh rasa syukur.

Bersyukur membuat Anda merasakan euforia sederhana. Dan saat Anda cukup sering merasakannya, Anda akan merasa ingin merasakannya lagi, lagi, dan lagi...

5. Membuat Anda lebih seksi
Kita sudah bahas kalau bersyukur membuat kepribadian kita jadi lebih ramah dan mengurangi kemarahan. Namun sifat ramah dan baik memiliki efek tersembunyi. Ramah membuat Anda jadi lebih menarik.

Bukan basa-basi, menarik ini dalam arti sebenarnya. Banyak yang sudah merasakan hal ini. Kita merasa seseorang itu secara fisik lebih menarik setelah kita mengenal kepribadiannya yang memesona.

Namun pernahkah Anda bertanya apakah itu hanya perasaan hormat dan cinta yang membuat Anda tertarik, ataukah ada alasan biologis di balik perasaan itu?

Ketertarikan fisik sangat tergantung pada nilai kebugaran, yang tentu saja poin yang diinginkan dalam diri pasangan. Yang belum pernah dikaji sejauh ini adalah apa yang menyebabkan ketertarikan fisik.

Baru-baru ini peneliti mencari tahu faktor fisik dan non-fisik yang memengaruhi ketertarikan. Hasilnya, faktor fisik itu sangat penting (terutama dalam hubungan seksual), namun faktor non-fisik seperti keakraban, disukai banyak orang, dan kehormatan itu dinilai lebih menarik dari faktor fisik.

Efek non fisik pada ketertarikan fisik itu sangat signifikan pada kedua jenis kelamin. Walau tidak mengejutkan kalau dampak non-fisik itu lebih rendah saat pria menilai wanita.

Namun, seiring lebih dewasanya seseorang secara psikologis, efek non fisik akan meningkat. Jadi jangan merendahkan pentingnya menjadi pribadi yang berhati baik.

Cobalah untuk tidak terlalu mengkhawatirkan penampilan Anda. Kurangi waktu mengkhawatirkan tampil menarik dan perbanyak waktu menjadi pribadi yang baik. Dengan begitu Anda akan terlihat mengagumkan sampai tua.

6. Membantu Anda memupuk hubungan.
Cobalah tutup mata Anda selama beberapa detik. Bayangkan momen-momen paling membahagiakan dalam hidup Anda.

Momen yang benar-benar Anda syukuri. Momen yang selalu ingin Anda ingat, bahkan saat waktu berhenti dan semua hal dalam hidup Anda sebenarnya baik-baik saja.

Umumnya, kenangan yang Anda simpan dalam hati, ini adalah momen di mana Anda sedang berada bersama orang lain. Mengapa?

Ini karena fitrahnya, manusia itu makhluk sosial. Hubungan kita dengan orang lainlah yang berperan dalam membuat manusia hidup sepenuh hatinya.

Ada penelitian yang menunjukkan bahwa bayi yang baru lahir harus mendapat kontak fisik. Jika tidak, bayi-bayi ini berisiko tinggi meninggal dini.

Cinta bukan hanya sekedar perasaan. Cinta itu kebutuhan manusia yang fundamental. Itulah sebabnya anak-anak panti asuhan yang jarang mendapat sentuhan orang dewasa sering kali mengalami kesulitan kognitif saat tumbuh dewasa.

Berbagi rasa syukur setiap hari dengan pasangan terbukti membantu pasangan memandang bahwa hubungan mereka
berjalan baik.

Penelitian lainnya meminta partisipan untuk melaporkan gestur positif dari pasangannya dan mencatat perasaan
seperti apa yang mereka rasakan saat melihat gestur positif itu. Hasilnya: “baik untuk pria maupun wanita, bersyukur atas interaksi memprediksi meningkatnya keterhubungan dan kepuasan dalam hubungan".

Teori ini dapat diterapkan dalam segala jenis hubungan. Bersyukur ini akan berefek positif pada pesahabatan dan juga pekerjaan. Bersyukur juga membantu kita membangun komunikasi yang konstruktif dan juga pertumbuhan bersama.

7. Melawan rasa takut
Salah satu sifat yang paling tidak diinginkan manusia adalah perasaan khawatir.

Hampir tidak pernah Anda melihat kucing sedang duduk merenung. Kucing tidak pernah mengkhawatirkan apa yang akan terjadi esok hari, apa yang kucing lain pikirkan tentang dirinya.

Rasa khawatir ini hanya terjadi pada manusia, dan hampir seringkali tidak diperlukan. Kegugupan jarang berdampak positif, kecuali kalau Anda berada dalam kondisi yang menentukan hidup atau mati.

Untungnya ada solusinya. Mudah ditebak: bersyukur dan berterima kasih. Rasakanlah hal ini. Saat Anda merasa bersyukur, Anda tidak merasa takut.

Penyebabnya adalah hati dan pikiran Anda tidak bisa merasakan 2 hal pada saat yang bersamaan. Misalnya saja Anda tidak bisa merasa bersyukur atas kesehatan Anda dan mengkhawatirkan biaya kontrakan pada saat yang bersamaan.

Mengetahui apa yang mengagumkan dalam hidup mendorong pikiran Anda untuk fokus pada hal-hal yang positif dan juga membuat Anda menghabiskan lebih sedikit waktu pada masa depan yang tak pasti atau masa lalu yang membuat Anda merasa menyesal. Bersyukur membuat Anda memegang kendali atas kebahagiaan Anda sendiri.


8. Menciptakan distorsi waktu.
Pengalaman kita akan waktu adalah hal yang sangat subjektif. Seringkali kita mendengar dampak positif dari menikmati saat ini.

Melatih bersyukur adalah satu cara untuk hidup dan menikmati saat ini. Bukan karena paksaan. Tapi sebagai dampak sekunder dari pengalaman positif yang kita alami saat ini.

Bersyukur bukan hanya membantu kita fokus pada saat ini (tempat di mana kebahagian yang sebenarnya berada).
Bersyukur juga menciptakan kemampuan dalam pikiran kita untuk menikmati dan meresapi momen-momen membahagiakan yang sedang kita alami.

Begitu kita melatih bersyukur setiap hari, pengaruhnya dalam hidup menjadi sangat besar. Kebiasaan sederhana seperti mandi, memasak, atau hanya sekadar berjalan menjadi aktivitas yang benar-benar menyenangkan. Aktivitas sederhana tidak lagi terasa datar.

Ada banyak hal yang gagal kita nikmati karena pikiran kita memikirkan hal lain yang sebenarnya tidak ada di depan mata kita. Padahal mengamati saat ini adalah esensi dari masa-masa yang sedang kita alami sekarang.

Melewatkan masa-masa indah dalam hidup karena kita terlalu teralihkan oleh berbagai pikiran atau mungkin oleh notifikasi tanpa henti dari handphone dan media sosial.

Pengalih ini justru membuat kita menyesal dan berpikir kalau  seharusnya hidup kita bisa jadi lebih baik. Bersyukur adalah merayakan momen saat ini.

9. Meningkatkan produktivitas bekerja
Delapan akibat sebelumnya itu hanya pada kebahagiaan pribadi dan kualitas hubungan. Namun, bersyukur juga memiliki dampak positif di tempat kerja.

Selain membantu menguatkan hubungan kolega dan kerja tim, bersyukur membantu mengondisikan pikiran kita untuk meningkatkan produktivitas dan juga kemampuan mengambil keputusan.

Bersyukur mengembangkan performa perusahaan karena dampak bersyukur mengurangi keegoisan, meningkatkan
kesabaran, dan juga meningkatkan kemampuan menikmati saat ini.

Merasa puas akan kondisi yang sedang dihadapi mengurangi kebutuhan akan pencarian kesenangan dan juga meningkatkan kesabaran.

Hal ini akan berdampak pada pengambilan keputusan yang lebih logis, seimbang, dan juga penuh pertimbangan. Tentu ini kemampuan yang vital di tempat kerja.

Kesabaran saat mengambil keputusan memiliki efek positif dalam berbagai situasi bisnis. Misalnya saja tidak buru-buru meneken kontrak, tidak mengambil kesempatan yang hanya menguntungkan dalam jangka pendek, dan juga mengurangi diskusi negatif dengan karyawan dengan menjadi lebih saling memahami akan tindakan orang lain.

BEBERAPA CARA MENGEKPRESIKAN SYUKUR

Ada begitu banyak cara dalam mengungkapkan rasa syukur atau terimakasih.

Beberapa orang melakukannya dengan mengirimkan kartu, surat, hadiah dan bunga, sementara yang lain melakukannya melalui kata-kata dan tindakan. Namun, sebagian umat Islam lebih banyak mengucapkan Alhamdulillah.

Apakah memang demikian?

Ucapan Alhamdulillah hanya satu cara. Ada beberapa cara mensyukuri nikmat Allah SWT.

1. Syukur dengan hati.
Ini dilakukan dengan mengakui sepenuh hati apa pun nikmat yang diperoleh bukan hanya karena kepintaran, keahlian, dan kerja keras kita, tetapi karena anugerah dan pemberian Allah Yang Maha Kuasa.

Keyakinan ini membuat seseorang tidak merasa keberatan betapa pun kecil dan sedikit nikmat Allah yang diperolehnya.

2. Syukur dengan lisan.
Yaitu, mengakui dengan ucapan bahwa semua nikmat berasal dari Allah SWT.

"Pengakuan ini diikuti dengan memuji Allah melalui ucapan alhamdulillah. Ucapan ini merupakan pengakuan bahwa yang paling berhak menerima pujian adalah Allah,"

3. Syukur dengan perbuatan.
Hal ini dengan menggunakan nikmat Allah pada jalan dan perbuatan yang diridhai-Nya, yaitu dengan menjalankan syariat, mentaati aturan Allah dalam segala aspek kehidupan.

MENGAPA SAYA HARUS NYATAKAN SYUKUR

Bersyukur dalam segala hal menjadikan Saya dan Anda mengakui dengan sebenar-benarnya, bahwa hanya oleh karena kemurahan Allah semata-mata maka Saya dan Anda masih bisa hidup didunia ini termasuk NGEBLOG.

Bukankah Allah maha pemurah dan maha penyayang?

Apapun kesulitan kita, Bersyukur adalah kemestian. Jangan hanya karena Anda sudah memiliki milyaran di rekening, mobil mewah dan bungalow baru mengucap syukur. Kehilangan semuanya pun Anda harus tetap bersyukur kepada-Nya, karena hanya harta yang hilang dan bukan nyawa.

Bisa jadi Anda miskin secara materi, tapi ingatlah bahwa materi bukanlah segala-galanya. Alangkah lebih indahnya seorang miskin yang pandai bersyukur daripada orang kaya yang hanya tahu bersungut-sungut, menggerutu setiap hari karena dipenuhi rasa tidak pernah puas.

"Bagi mereka yang percaya Allah itu ada, maka mengucap syukur bukan anjuran atau tradisi belaka tapi suatu keharusan"

Untuk Anda - Saya bersyukur dan berterima kasih kepada semua pembaca dan rekan sesama blogger, betapa saya menghargai Anda semua yang telah meluangkan waktu berharga Anda untuk mengunjungi dan menjadi bagian integral dari blog ini.

Sudahkah Anda bersyukur hari ini?

Thanks for reading Mengapa Kita Perlu Bersyukur Dan Berterimakasih I Tags:

Share Article:

Previous
Next Post »