Social Items


Cara memulai bisnis online tanpa modal

Apakah Anda sedang mencari cara untuk memulai bisnis online dengan modal ringan tanpa harus meninggalkan pekerjaan utama? Jika Ya...berikut ini yang harus Anda lakukan...

Namun, sebelum saya membahas lebih lanjut, ada baiknya kita coba definisikan terlebih dahulu apa itu bisnis online?

Bisnis online merupakan segala bentuk jenis kegiatan bisnis yang dilakukan secara online melalui media internet. Setiap pelaku usaha yang semua aktivitas bisnisnya dilakukan melalui internet, bisa dikategorikan sebagai bisnis online.

Bisnis online bisa meliputi kegiatan jual beli online maupun menyediakan jasa secara online, dan banyak jenis bisnis lainnya.

Lalu apa kelebihan Bisnis online dibanding Bisnis offline?
  1. Tentu saja hemat biaya, karena Anda tidak perlu menyewa tempat.
  2. Bisa dijalankan dimana saja, kapan saja, dan oleh siapa saja.
  3. Bisnis Lokal dengan potensi International.
  4. Potensi penghasilan sangat besar.
  5. Bisa dijalankan secara otomatis.
  6. Menciptakan banyak sumber income.
Meskipun begitu, ada beberapa tantangan yang harus Anda hadapi dalam menjalankan bisnis online terlebih lagi bagipemula, antara lain:

1.  Penjualan.
Bagi pemula, menghasilkan penjualan pertama mungkin tidak mudah. Namun jika memang tekun mempraktekkan, di jamin penjualan pertama akan segera tercapai.

2. Traffic.
Penjualan erat hubungannya dengan traffic atau jumlah kunjungan ke situs atau blog anda. Semakin banyak pengunjung yang datang, semakin banyak peluang terjadinya penjualan.

3. Sulit Mengatur waktu.
Khususnya bagi anda yang memulai bisnis online sebagai bisnis sampingan, mungkin anda mengalami kesulitan untuk mengatur dan mengelola waktu anda. Selain harus bekerja, anda juga harus memikirkan bisnis online anda. Solusinya? Buat prioritas dan jalankan secara disiplin.

4. Kesulitan Teknis.
Tantangan Anda lainnya adalah soal teknis seperti bagaimana ingin menemukan pasar yang peminatnya banyak, atau memahami tentang cara menggunakan teknologi komputer dan beberapa software pendukungnya, serta cara memanfaatkan internet dengan baik dan benar.

Namun jangan khawatir, jika Anda merasa kurang memahami tentang masalah teknis seperti yang telah di sebutkan diatas, sekarang ini sudah banyak sekali informasi yang bisa Anda dapatkan secara gratis di Google sebagai pendukung supaya Anda bisa lebih memahami tentang hal seperti ini. Yang penting adalah Anda harus tetap belajar dan tetap berusaha.

5. Sulit mempertahankan.
Ini juga yang terjadi di bisnis online. Banyak pebisnis online yang mampu tumbuh dengan cepat, namun secepat itu juga kemudian bisnisnya turun. Karena itu anda harus selalu mengevaluasi bisnis online anda, jangan takut mencoba, tetaplah fokus, terus belajar dan jangan pantang menyerah.

Kiat memulai bisnis online dengan modal ringan.
Bila ingin memulai bisnis online ini. Beberapa kiat ini bisa Anda terapkan untuk memulai menjalankan bisnis online Anda. Antara lain:

1. Pilih bisnis yang memiliki prospek yang bagus.
Pilih satu bisnis terlebih dahulu, fokus dan tekuni baik-baik terlebih dahulu, jangan memilih banyak bisnis.

2. Kembangkan bisnis online Anda. Anda dapat mempelajari strategi dari kompetitor Anda. Lihat dan perhatikan apa yang dilakukan pesaing-pesaing Anda hingga bisnis mereka tetap berjalan dan berkembang hingga saat ini. Modifikasi kembali apa yang mereka lakukan dengan berbagai kreatifitas Anda.

3. Jangan malu atau sungkan untuk bertanya dan belajar.
Jangan pernah merasa malu jika gagal dalam bisnis pertama, tapi jadikan hal tersebut sebagai cambuk dan pelajaran untuk kembali semangat dalam memulai bisnis berikutnya.

Tahapan selanjutnya adalah membuat lapak online.
Lapak sangat di perlukan karena ini adalah tempat Anda jualan online atau berpromosi di internet. Untuk tahapan ini kita bisa memulai dari situs social media, aplikasi social chat, dan situs marketplace.

Ketika Anda memutuskan ingin lebih serius, Anda bisa mulai membuat situs atau blog sendiri. Situs atau Blog ini nantinya akan kita jadikan sebagai lapak online atau kantor Anda di dunia maya.

Dalam proses pembuatan situs atau blog, Anda akan lebih banyak berkutat dengan hal-hal yang sifatnya teknis, seperti sedikit belajar bahasa pemrograman web.

Tidak perlu khawatir, jangan buru-buru bilang saya gaptek, tidak mengerti teknologi, dan kata-kata sejenis lainnya.

Tentang bagaimana cara membuat blog, Anda bisa menggunakan dengan metode blog gratisan terlebih dahulu. Seperti apa? Akan saya bahas singkat dibawah ini.

Ada beberapa penyedia blog gratisan yang sudah cukup terkenal, diantaranya ada WordPress dan Blogspot. Namun jika saya boleh menyarankan, pilihlah blogspot. Knapa harus blogspot?

Karena blogspot sudah banyak dikenal oleh para pengguna internet didunia, dan juga lebih mudah dikenal oleh mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan Bing.

Apabila Anda masih bingung, jangan khawatir, silahkan baca cara membuat blog dan tips blogging yang ada di blog ini.

Ketika Anda memutuskan untuk membuat blog, pilih nama domain, sesuaikan dengan nama Anda, atau topik blog Anda, ataupun jenis usaha Anda. Tujuan blog yang Anda buat ini nantinya akan dijadikan sebagai pusat rujukan dari promosi online yang anda lakukan di situs media sosial.

Meskipun menggunakan blog gratisan, memang kadang dianggap kurang profesional, tetapi cara ini cukup lumayan untuk tahap awal. Nanti, ketika bisnis Anda sudah mulai berjalan, dan mulai ada pemasukan, Anda bisa mempertimbangkan untuk upgrade menggunakan domain tingkat atas alias berbayar.

Mungkin ada beberapa dari Anda yang merasa masih kesulitan untuk membuat blog atau belum ada waktu untuk belajar membuat blog sendiri.

Solusinya, jika Anda masih tetap ingin membuat blog bisnis yang profesional dan mungkin juga dengan nama domain sendiri, Anda bisa meng-outsource-kan ke penyedia jasa pembuatan blog yang banyak tersedia di internet.

Bagaimana, masih mau lanjut? Simak langkah berikut ini:

Setelah blog Anda selesai di buat, Anda bisa mengisinya dengan informasi produk atau jasa yang Anda miliki. Isilah blog dengan konten yang meyakinkan dan gunakan kata-kata yang memang pantas untuk Anda tampilkan diblog. Karena ini akan menjadi sarana promosi online Anda.

Untuk materi konten blog, tampilkan yang simpel dan sederhana dulu agar mudah di mengerti oleh calon pelanggan Anda, dan sebisa mungkin memuat informasi sebagai berikut:
  1. Profil atau tentang usaha Anda.
  2. Galeri produk beserta keterangannya.
  3. Alamat usaha lengkap atau Contact untuk menghubungi Anda.
  4. Cara pemesanan dan form order-nya.

Selanjutnya promosikan situs atau blog Anda.

Jika konten blog Anda sudah jadi, selanjutnya mempromosikan blog bisnis Anda . Tujuannya adalah untuk mendapatkan kunjungan atau trafik ke blog Anda. Anda bisa memulainya dengan memanfaatkan situs social media seperti Google Plus, Facebook, Twitter, Instagram, Line, WhatApps dan situs social media lain. Karena ini adalah cara tercepat dan gratis untuk menyebarluaskan informasi bisnis Anda.

Selain itu, Anda bisa mempromosikan produk Anda ke tingkat yang lebih Advance, yakni melalui mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing, serta yandex dengan teknik SEO.

Cara ini memang lebih teknis dan memerlukan keterampilan khusus, karena harus memahami cara optimasi supaya blog bisa menduduki halaman pertama dalam suatu mesin pencari, dengan kata kunci tertentu. Jika Anda memahami pola SEO, mindset bisnis dan pemasaran online Anda akan lebih tajam.

Adakah bisnis online yang dapat dilakukan dengan biaya ringan?
Jawabannya tentu ada. Berikut ini bisnis online yang dapat dilakukan dengan biaya ringan bahkan nyaris tanpa modal

1. Bergabung dengan google adsense.
Menjadi publisher Google Adsense tidak perlu membutuhkan banyak modal. Anda cukup dengan memiliki blog dan sedikit biaya untuk koneksi internet.

Isilah blog Anda dengan tulisan atau artikel yang berkualitas sehingga menghasilkan banyak pengunjung, selanjutnya menawarkan blog Anda ke pihak google.

Jika blog telah di setujui oleh google, tentu saja mereka akan memasang iklan di blog Anda. Setiap pengunjung yang datang dan mengklik iklan Anda, dollar dapat terus mengalir ke dalam rekening Anda.

Bisnis ini terbukti sangat menguntungkan, karena Anda hanya tinggal mengembangkan kreatifitas Anda dalam menulis konten dan rajin merawat blog.

2. Mengikuti program affiliate.
Dengan mengikuti program ini, Anda tidak perlu repot-repot untuk membuat produk sendiri. Anda hanya perlu ikut membantu menjualkan produk yang di miliki oleh perusahaan lain. Maka Anda akan mendapatkan komisi dari perusahaan tersebut.

Biasanya komisi yang Anda dapatkan bisa mulai dari beberapa persen dari harga jual produk tersebut. Yang Anda perlu lakukan hanya tinggal mengiklankan produk itu lewat internet.

3. Menjual tutorial.
Bila Anda ahli dalam bidang desain, Anda bisa membuat video tutorial, kemudian menjualnya melalui media internet dengan harga yang terjangkau. Setelah ada yang memesan, video pun bisa langsung di kirim via email. Tidak hanya sebatas pada video saja, ebook dan audio pun bisa anda pasarkan secara online.

4. Menjadi dropshipper.
Bisnis online ini tidak membutuhkan modal yang besar. Anda cukup mencari toko online yang terpercaya serta menjual barangnya dengan harga miring, setelah itu Anda bisa menjualnya kembali dengan menaikkan sedikit harganya.

Jika ada yang memesan, Anda hanya tinggal menghubungi toko online tersebut dan segera memesan dengan alamat sesuai pelanggan Anda.

5. Jasa Pembuatan Artikel.
Jika anda memiliki keahlian seperti menulis misalnya, anda bisa memanfaatkan keahlian tersebut dengan membuka jasa pembuatan artikel online.

Karena banyak pemilik blog yang belum tentu bisa mengurus blognya dengan baik, sehingga ini sangat memungkinkan bagi anda untuk mendapatkan penghasilan tambahan serta memiliki bisnis sampingan dengan modal ringan.

Nah, itulah sedikit gambaran tentang bisnis online dan cara mendapatkan uang dari internet dari hasil pengalaman pribadi yang saya padukan dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat..

Bisnis Online Dengan Modal Ringan


Cara memulai bisnis online tanpa modal

Apakah Anda sedang mencari cara untuk memulai bisnis online dengan modal ringan tanpa harus meninggalkan pekerjaan utama? Jika Ya...berikut ini yang harus Anda lakukan...

Namun, sebelum saya membahas lebih lanjut, ada baiknya kita coba definisikan terlebih dahulu apa itu bisnis online?

Bisnis online merupakan segala bentuk jenis kegiatan bisnis yang dilakukan secara online melalui media internet. Setiap pelaku usaha yang semua aktivitas bisnisnya dilakukan melalui internet, bisa dikategorikan sebagai bisnis online.

Bisnis online bisa meliputi kegiatan jual beli online maupun menyediakan jasa secara online, dan banyak jenis bisnis lainnya.

Lalu apa kelebihan Bisnis online dibanding Bisnis offline?
  1. Tentu saja hemat biaya, karena Anda tidak perlu menyewa tempat.
  2. Bisa dijalankan dimana saja, kapan saja, dan oleh siapa saja.
  3. Bisnis Lokal dengan potensi International.
  4. Potensi penghasilan sangat besar.
  5. Bisa dijalankan secara otomatis.
  6. Menciptakan banyak sumber income.
Meskipun begitu, ada beberapa tantangan yang harus Anda hadapi dalam menjalankan bisnis online terlebih lagi bagipemula, antara lain:

1.  Penjualan.
Bagi pemula, menghasilkan penjualan pertama mungkin tidak mudah. Namun jika memang tekun mempraktekkan, di jamin penjualan pertama akan segera tercapai.

2. Traffic.
Penjualan erat hubungannya dengan traffic atau jumlah kunjungan ke situs atau blog anda. Semakin banyak pengunjung yang datang, semakin banyak peluang terjadinya penjualan.

3. Sulit Mengatur waktu.
Khususnya bagi anda yang memulai bisnis online sebagai bisnis sampingan, mungkin anda mengalami kesulitan untuk mengatur dan mengelola waktu anda. Selain harus bekerja, anda juga harus memikirkan bisnis online anda. Solusinya? Buat prioritas dan jalankan secara disiplin.

4. Kesulitan Teknis.
Tantangan Anda lainnya adalah soal teknis seperti bagaimana ingin menemukan pasar yang peminatnya banyak, atau memahami tentang cara menggunakan teknologi komputer dan beberapa software pendukungnya, serta cara memanfaatkan internet dengan baik dan benar.

Namun jangan khawatir, jika Anda merasa kurang memahami tentang masalah teknis seperti yang telah di sebutkan diatas, sekarang ini sudah banyak sekali informasi yang bisa Anda dapatkan secara gratis di Google sebagai pendukung supaya Anda bisa lebih memahami tentang hal seperti ini. Yang penting adalah Anda harus tetap belajar dan tetap berusaha.

5. Sulit mempertahankan.
Ini juga yang terjadi di bisnis online. Banyak pebisnis online yang mampu tumbuh dengan cepat, namun secepat itu juga kemudian bisnisnya turun. Karena itu anda harus selalu mengevaluasi bisnis online anda, jangan takut mencoba, tetaplah fokus, terus belajar dan jangan pantang menyerah.

Kiat memulai bisnis online dengan modal ringan.
Bila ingin memulai bisnis online ini. Beberapa kiat ini bisa Anda terapkan untuk memulai menjalankan bisnis online Anda. Antara lain:

1. Pilih bisnis yang memiliki prospek yang bagus.
Pilih satu bisnis terlebih dahulu, fokus dan tekuni baik-baik terlebih dahulu, jangan memilih banyak bisnis.

2. Kembangkan bisnis online Anda. Anda dapat mempelajari strategi dari kompetitor Anda. Lihat dan perhatikan apa yang dilakukan pesaing-pesaing Anda hingga bisnis mereka tetap berjalan dan berkembang hingga saat ini. Modifikasi kembali apa yang mereka lakukan dengan berbagai kreatifitas Anda.

3. Jangan malu atau sungkan untuk bertanya dan belajar.
Jangan pernah merasa malu jika gagal dalam bisnis pertama, tapi jadikan hal tersebut sebagai cambuk dan pelajaran untuk kembali semangat dalam memulai bisnis berikutnya.

Tahapan selanjutnya adalah membuat lapak online.
Lapak sangat di perlukan karena ini adalah tempat Anda jualan online atau berpromosi di internet. Untuk tahapan ini kita bisa memulai dari situs social media, aplikasi social chat, dan situs marketplace.

Ketika Anda memutuskan ingin lebih serius, Anda bisa mulai membuat situs atau blog sendiri. Situs atau Blog ini nantinya akan kita jadikan sebagai lapak online atau kantor Anda di dunia maya.

Dalam proses pembuatan situs atau blog, Anda akan lebih banyak berkutat dengan hal-hal yang sifatnya teknis, seperti sedikit belajar bahasa pemrograman web.

Tidak perlu khawatir, jangan buru-buru bilang saya gaptek, tidak mengerti teknologi, dan kata-kata sejenis lainnya.

Tentang bagaimana cara membuat blog, Anda bisa menggunakan dengan metode blog gratisan terlebih dahulu. Seperti apa? Akan saya bahas singkat dibawah ini.

Ada beberapa penyedia blog gratisan yang sudah cukup terkenal, diantaranya ada WordPress dan Blogspot. Namun jika saya boleh menyarankan, pilihlah blogspot. Knapa harus blogspot?

Karena blogspot sudah banyak dikenal oleh para pengguna internet didunia, dan juga lebih mudah dikenal oleh mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan Bing.

Apabila Anda masih bingung, jangan khawatir, silahkan baca cara membuat blog dan tips blogging yang ada di blog ini.

Ketika Anda memutuskan untuk membuat blog, pilih nama domain, sesuaikan dengan nama Anda, atau topik blog Anda, ataupun jenis usaha Anda. Tujuan blog yang Anda buat ini nantinya akan dijadikan sebagai pusat rujukan dari promosi online yang anda lakukan di situs media sosial.

Meskipun menggunakan blog gratisan, memang kadang dianggap kurang profesional, tetapi cara ini cukup lumayan untuk tahap awal. Nanti, ketika bisnis Anda sudah mulai berjalan, dan mulai ada pemasukan, Anda bisa mempertimbangkan untuk upgrade menggunakan domain tingkat atas alias berbayar.

Mungkin ada beberapa dari Anda yang merasa masih kesulitan untuk membuat blog atau belum ada waktu untuk belajar membuat blog sendiri.

Solusinya, jika Anda masih tetap ingin membuat blog bisnis yang profesional dan mungkin juga dengan nama domain sendiri, Anda bisa meng-outsource-kan ke penyedia jasa pembuatan blog yang banyak tersedia di internet.

Bagaimana, masih mau lanjut? Simak langkah berikut ini:

Setelah blog Anda selesai di buat, Anda bisa mengisinya dengan informasi produk atau jasa yang Anda miliki. Isilah blog dengan konten yang meyakinkan dan gunakan kata-kata yang memang pantas untuk Anda tampilkan diblog. Karena ini akan menjadi sarana promosi online Anda.

Untuk materi konten blog, tampilkan yang simpel dan sederhana dulu agar mudah di mengerti oleh calon pelanggan Anda, dan sebisa mungkin memuat informasi sebagai berikut:
  1. Profil atau tentang usaha Anda.
  2. Galeri produk beserta keterangannya.
  3. Alamat usaha lengkap atau Contact untuk menghubungi Anda.
  4. Cara pemesanan dan form order-nya.

Selanjutnya promosikan situs atau blog Anda.

Jika konten blog Anda sudah jadi, selanjutnya mempromosikan blog bisnis Anda . Tujuannya adalah untuk mendapatkan kunjungan atau trafik ke blog Anda. Anda bisa memulainya dengan memanfaatkan situs social media seperti Google Plus, Facebook, Twitter, Instagram, Line, WhatApps dan situs social media lain. Karena ini adalah cara tercepat dan gratis untuk menyebarluaskan informasi bisnis Anda.

Selain itu, Anda bisa mempromosikan produk Anda ke tingkat yang lebih Advance, yakni melalui mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing, serta yandex dengan teknik SEO.

Cara ini memang lebih teknis dan memerlukan keterampilan khusus, karena harus memahami cara optimasi supaya blog bisa menduduki halaman pertama dalam suatu mesin pencari, dengan kata kunci tertentu. Jika Anda memahami pola SEO, mindset bisnis dan pemasaran online Anda akan lebih tajam.

Adakah bisnis online yang dapat dilakukan dengan biaya ringan?
Jawabannya tentu ada. Berikut ini bisnis online yang dapat dilakukan dengan biaya ringan bahkan nyaris tanpa modal

1. Bergabung dengan google adsense.
Menjadi publisher Google Adsense tidak perlu membutuhkan banyak modal. Anda cukup dengan memiliki blog dan sedikit biaya untuk koneksi internet.

Isilah blog Anda dengan tulisan atau artikel yang berkualitas sehingga menghasilkan banyak pengunjung, selanjutnya menawarkan blog Anda ke pihak google.

Jika blog telah di setujui oleh google, tentu saja mereka akan memasang iklan di blog Anda. Setiap pengunjung yang datang dan mengklik iklan Anda, dollar dapat terus mengalir ke dalam rekening Anda.

Bisnis ini terbukti sangat menguntungkan, karena Anda hanya tinggal mengembangkan kreatifitas Anda dalam menulis konten dan rajin merawat blog.

2. Mengikuti program affiliate.
Dengan mengikuti program ini, Anda tidak perlu repot-repot untuk membuat produk sendiri. Anda hanya perlu ikut membantu menjualkan produk yang di miliki oleh perusahaan lain. Maka Anda akan mendapatkan komisi dari perusahaan tersebut.

Biasanya komisi yang Anda dapatkan bisa mulai dari beberapa persen dari harga jual produk tersebut. Yang Anda perlu lakukan hanya tinggal mengiklankan produk itu lewat internet.

3. Menjual tutorial.
Bila Anda ahli dalam bidang desain, Anda bisa membuat video tutorial, kemudian menjualnya melalui media internet dengan harga yang terjangkau. Setelah ada yang memesan, video pun bisa langsung di kirim via email. Tidak hanya sebatas pada video saja, ebook dan audio pun bisa anda pasarkan secara online.

4. Menjadi dropshipper.
Bisnis online ini tidak membutuhkan modal yang besar. Anda cukup mencari toko online yang terpercaya serta menjual barangnya dengan harga miring, setelah itu Anda bisa menjualnya kembali dengan menaikkan sedikit harganya.

Jika ada yang memesan, Anda hanya tinggal menghubungi toko online tersebut dan segera memesan dengan alamat sesuai pelanggan Anda.

5. Jasa Pembuatan Artikel.
Jika anda memiliki keahlian seperti menulis misalnya, anda bisa memanfaatkan keahlian tersebut dengan membuka jasa pembuatan artikel online.

Karena banyak pemilik blog yang belum tentu bisa mengurus blognya dengan baik, sehingga ini sangat memungkinkan bagi anda untuk mendapatkan penghasilan tambahan serta memiliki bisnis sampingan dengan modal ringan.

Nah, itulah sedikit gambaran tentang bisnis online dan cara mendapatkan uang dari internet dari hasil pengalaman pribadi yang saya padukan dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat..