Cara menyimpan dan Berbagi File Google Drive Menggunakan Android

Pertama, saya ingin mengucap selamat bermalam minggu ria bagi yang mempunyai pasangan. Bagi yang jomblo, daripada tidak ada kegiatan, lebih baik temani admin di sini sambil lihat dan baca artikel blog Sonny Ogawa..hehe

Dalam kesempatan ini (walaupun dalam keadaan sakit gigi), Saya ingin berbagi Tips Cara menyimpan dan berbagi File Google Drive Menggunakan Android. Sebenarnya cara simpan file di google drive pernah saya posting  , namun menurut saya cara itu agak ribet. Oke langsung saja ke materi bahasan..

Google Drive merupakan layanan penyimpanan data di awan atau biasa disebut dengan cloud storage yang dimiliki oleh google.

Cara menyimpan dan berbagi file google drive

Dengan menggunakan Google Drive, Anda bisa menyimpan bahkan bisa menyelamatkan banyak data dan file yang Anda miliki disaat yang tidak terduga, misalnya pada saat perangkat Android Anda rusak atau hilang. Semua file dan data yang sudah kalian backup di Google Drive, dapat Anda kembalikan lagi ke perangkat Anda. Jadi Anda tidak perlu khawatir kehilangan file dan data serta dokumen penting lainnya.

Kelebihan lainnya dari Google Drive selain telah di sebutkan diatas, Google drive juga memberikan ruang penyimpanan gratis sebesar 15 GB, sehingga Anda dapat menyimpan dan mengakses file Anda secara online di mana saja dan kapan saja.

Dengan menggunakan Google Drive, Anda juga dapat berbagi file, data dan dokumen ke teman atau membagikannya ke blog/website. Berikut adalah cara kerjanya:

1. Install dan pasang Google Drive di perangkat Android Anda.
Pasang Google Drive di ponsel dan tablet Android Anda, untuk mendapatkan fitur penyimpanan awan gratis, yang bisa digunakan untuk menyimpan file dengan aman, mudah, dan bisa diakses dari mana saja. Untuk memasang Google Drive di Android, Silahkan Anda menuju Play Store

2. JIka sudah dipasang, buka dan buat akun google drive.

Untuk Membuat akun Google Drive, silahkan menggunakan akun google/gmail Anda. Selanjutnya upload/unggah file yang ingin Anda simpan dengan meng-klik tanda merah lalu klik unggah seperti pada gambar dibawah.


3. Silahkan pilih file di Ponsel Android yang ingin Anda Unggah, misalnya saya ingin unggah mp3 "hidup buruh". Tunggu sampai proses unggah selesai.


4. Setelah proses unggah selesai (ditahap ini untuk proses penyimpanan telah selesai), Anda harus merubah pengaturan file jika Anda ingin membagikan ke teman atau ke blog dan website. Caranya silahkan lihat gambar, setelah halaman terbuka, scroll kebawah dan ganti privaci ke publik sampai tandanya berubah menjadi warna hijau. seperti pada gambar dibawah ini.




5. Berikutnya Anda tinggal mengambil kode file, klik "Bagikan Tautan" lalu copy kode tersebut dan simpan. Lihat gambar dibawah.



6. Seperti ini kode dari file yang Anda copy tadi https://drive.google.com/file/d/0B8ec8WZuBiAEYVpwaUdLWlhuZGs/view?usp=docslist_api Hidup Buruh Mp3.

Anda hanya perlu mengambil kode file yang berwarna biru. Jika Anda ingin meletakan file tersebut di blog/website agar bisa di download, Silahkan tempel kode tersebut menjadi seperti <a href="https://docs.google.com/uc?export=download&id=0B8ec8WZuBiAEYVpwaUdLWlhuZGs" rel="nofollow" target="_blank">Hidup Buruh Mp3</a>

7. Selesai.

Demikianlah tips cara mudah menyimpan dan berbagi file google drive menggunakan ponsel Android. Selain dapat menyimpan dan berbagi file seperti foto, mp3, video, Google Drive juga bisa dijadikan sebagai media untuk penyimpanan dokumen lain seperti CSS dan JAVASCRIPT.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Thanks for reading Cara menyimpan dan Berbagi File Google Drive Menggunakan Android I Tags:

Share Article:

Previous
Next Post »

9 komentar

Write komentar
Anonymous
Admin
15/11/2015, 10:32 Hapus

caranya sangat simple ya mas, sayang nya saya dari awal pakai gmail belum pernah ngepakai mas, mesti saya ke TKpeh ya mas :)

Balas
avatar
Sonny Ogawa
Admin
16/11/2015, 01:43 Hapus

Iya mas...kalo simpan file data dan dokumen jadi aman...hehe

Balas
avatar
Anonymous
Admin
16/11/2015, 09:41 Hapus

betul mas, sudah saya tes dan sudah say upload beberapa file nya mas :)

Balas
avatar
Sonny Ogawa
Admin
16/11/2015, 18:45 Hapus

Alhamdulilah mas...semoga bermanfaat..

Balas
avatar
Ifrod Maksum
Admin
16/11/2015, 18:53 Hapus

ternyata tak beda jauh sama dari dekstop

Balas
avatar
Ifrod Maksum
Admin
16/11/2015, 18:54 Hapus

makasih sudah sharing ke kita

Balas
avatar
Ratu
Admin
16/11/2015, 22:36 Hapus

Naaaaaahhhh!!!!
Udah lama nyari ini...
Bokap gue pake samsung, lah gue pake ponsel beda merk. Nggak ngerti ngerti nguprek samsung. Akhirnya nemu juga.

Balas
avatar
Sonny Ogawa
Admin
17/11/2015, 01:28 Hapus

Iya sob...karena sekarang sudah banyak yg pake ponsel untuk kegiatan online, makanya saya share versi mobilenya

Balas
avatar
Sonny Ogawa
Admin
17/11/2015, 01:30 Hapus

Ok sob..selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Terimakasih telah berkunjung ke blog saya..

Balas
avatar

Silahkan berikan sarannya untuk artikel diatas tanpa spam