7 Air Terjun Terunik dan Menakjubkan di Dunia


Subhanallah, Sungguh Allah SWT yang menciptakan segalanya, diantaranya adalah alam. Alam menyimpan semua keajaiban dan keunikan yang menakjubkan, dan salah satunya adalah air terjun. Meskipun bukan yang terbesar atau tertinggi, beberapa air terjun ini memiliki keunikan yang luar biasa indah.


Berikut ini 7 air terjun terunik dan menakjubkan di dunia yang dirangkum dari berbagi sumber.

1. Air Terjun Izvorul Bigar, Romania

7 Air Terjun Terunik dan Menakjubkan di Dunia

Air terjun ini tampak seperti air terjun dalam dongeng, bukan? Inilah Izvorul Bigar, salah satu air terjun paling indah di Romania sekaligus nomor satu dari air terjun paling unik di dunia. Izvorul Bigar terletak di barat daya perbatasan Romania, tepatnya di Taman Nasional Cheile Nerei-Beusnisa yang menghuni bagian selatan Pegunungan Anina, Caras-Severin County.

Apa keistimewaan Izvorul Bigar sampai disebut sebagai air terjun paling unik di
dunia? Pola curahan air Izvorul Bigar
memang tidak biasa jika dibandingkan
dengan air terjun lainnya. Airnya menyebar dan jatuh dalam tetesan-tetesan kecil serupa hujan gerimis. Air Izvorul Bigar berasal dari sungai musim semi yang bersumber dari gua di atas bukit, kemudian mengalir sampai ke tebing Izvorul Bigar setinggi 8 meter yang ditutupi lapisan lumut hijau sebelum akhirnya jatuh dan bergabung dengan aliran Sungai Minis di bawahnya. Karena keindahannya yang luar biasa, penduduk setempat menyebut Izvorul Bigar sebagai keajaiban dari Tebing Minis.


2. Air Terjun Asik-Asik, Filipina


Asik-asik adalah nama sebuah air terjun
menakjubkan yang berada di Filipina, tepatnya di Alamada, Cotabato Utara. Yang menjadikan air terjun ini unik adalah airnya yang tidak mengalir dari sungai dataran tinggi, tetapi menyembur dari retakan-retakan tepian tebing yang ditutupi tanaman hijau.

Jadi jika dilihat sekilas tampak seolah-olah air terjun keluar secara ajaib dari celah-celah tumbuhan. Dilaporkan situs Holiday Hometimes, air terjun Asik-Asik terkenal jernih dan mempunyai khasiat penyembuhan. Karena itu banyak pengunjung yang meminumnya tanpa dimasak terlebih dahulu. Sejauh ini belum ada penelitian yang dilakukan untuk menelusuri sumber air Asik-Asik.

3 Air Terjun Horsetail Falls, Yosemite


Nama air terjun ini yaitu 'Horsetail Falls'
yang berlokasi di Taman Nasional Yosemite, California, Amerika. Mempunyai ketinggian sampai 600 meter menuruni tebing batuan granit El Capitan.

Sebuah fenomena alam dari air terjun yang unik dan mempesona ini terjadi karena suatu perstiwa alami yang melibatkan sinar matahari serta posisi geografis dari air terjun tersebut. Fenomena ini berlangsung di waktu matahari tenggelam serta bayangan jalan di muka tebing El Capitan. Sinar peredupan matahari menyentuh air terjun. Hingga, menghadirkan warna air terjun jadi oranye keemasan mirip lahar.

4. Terjun Lengket Thailand


Air mengalir di bebatuan biasanya akan membuat permukaan batu menjadi licin, tetapi tidak dengan Air Terjun Bua Thong di Thailand. Sebaliknya, air terjun ini lengket. Ini di karenakan berkat batu-batu kapur bulat yang berada dibawahnya. Tidak seperti kebanyakan air terjun, air terjun Bua Thong tidak ada lumut atau ganggang di bebatuannya. Bahkan, batu kapur memberikan begitu banyak traksi sehingga memungkinkan untuk berjalan di air terjun ini tanpa terpeleset.

 5 Air Terjun Ruby Falls, Tennessee

Sekitar 341 meter di bawah tanah di jantung Lookout Mountain dekat Chattanooga, Tennessee, terdapat air terjun tertinggi dan terdalam di Amerika Serikat. Dinamakan air terjun Ruby Falls, diambil dari nama istri sang penemunya. Air terjun ini terletak di ujung bagian utama Ruby Falls Cave, dalam poros vertikal besar yang terkikis dari batuan kapur oleh air asin jutaan tahun yang lalu. Air sungai berasal dari air hujan dan mata air alami jatuh dari ketinggian 145 kaki dan membentuk sebuah kolam di lantai gua dan kemudian mengalir melalui gunung sampai akhirnya bergabung dengan Sungai Tennessee di dasar Lookout Mountain. Banyak yang meyakini Ruby Falls telah berusia 30 juta tahun.


6. Air Terjun Plitvice, Kroasia


Danau Plitvice merupakan salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO di Kroasia yang menjadi bagian dari Nacionalni Park Plitvicka Jezera. Di danau ini terdapat belasan air terjun yang mengalir di sela-sela tebing terjal berlapis lumut dan tumbuhan hijau.
Dilansir Lonely planet, belasan air terjun kecil di Plitvice berakhir di danau-danau jernih sewarna batu turqoise (pirus) yang merupakan pertemuan beberapa sungai kecil serta sungai-sungai bawah tanah. Danau-danau tersebut dipisahkan oleh semacam bendungan yang terbentuk secara alami dari endapan tanaman mati, lumut, ganggang, dan bakteri.


7. Air terjun bawah laut, Mauritius


Air terjun bawah laut ini berada di Mauritius, sebuah negara pulau yang terletak di Samudera Hindia, 2.000 KM dari bagian tenggara benua Afrika.
Ini sebenarnya adalah sebuah fenomena ilusi optik yang mengagumkan. Jika dilihat dari atas, danau dan pasir di pantai pulau tersebut menimbulkan ilusi optik yang menyerupai air terjun bawah laut. Dari atas terlihat seperti ada pusaran bawah laut yang muncul di pesisir pantai.

Pemandangan 'air terjun' ini diambil dari satelit Google Map. Seperti dilansir Exposure Guide, pola air terjun ini disebabkan karena ombak yang menerjang pasir pantai, mengakibatkan pasir-pasir tersebut membentuk alur dan garis yang menyerupai curahan air terjun. Meskipun bukan air terjun bawah tanah sungguhan, tetapi pemandangan ini sungguh menakjubkan.


Thanks for reading 7 Air Terjun Terunik dan Menakjubkan di Dunia I Tags:

Share Article:

Previous
Next Post »

4 komentar

Write komentar
24/11/2015, 10:55 Hapus

menakjukan sekali mas semuanya. ada yang seperti lahar padahal kesorot matahari ya

Balas
avatar
Sonny Ogawa
Admin
24/11/2015, 11:57 Hapus

Bener mas...sungguh indah ciptaan Allah

Balas
avatar
24/11/2015, 23:32 Hapus

Sebuah pemandangan Karunia Illahi yang menakjubkan mas.

Balas
avatar
Sonny Ogawa
Admin
25/11/2015, 09:10 Hapus

Ya...karunia Illahi untuk umat manusia, dan kita wajib bersyukur kepadanya

Balas
avatar

Silahkan berikan sarannya untuk artikel diatas tanpa spam