Pengaturan Dasar Blogspot Untuk Blogger Pemula

Jika kamu baru saja membuat blog yang berplatform blogger, maka kamu harus baca postingan ini. Dan buat kamu yang belum punya, silahkan kamu Baca terlebih dahulu Cara membuat blog

Ketika kita telah selesai membuat blog khususnya blogspot; hal pertama kali yang harus kita lakukan berikutnya bukan hanya mempercantik tampilan blog atau mendesain blog saja agar terlihat menarik, selain harus mengisi blog dengan content atau artikel yang berkualitas, juga ada faktor penting yang harus diperhatikan, terutama yang berkaitan dengan optimasi seo dan keamanan konten.

Berkaitan dengan pengaturan blog, terutama untuk pengaturan seo dasar sebuah blog, fasilitas tersebut telah disediakan secara lengkap oleh blogspot untuk kita atur dan customisasi supaya tampak dinamis agar mudah ditemukan mesin pencari google atau mesin pencari lainnya.

Pengaturan dasar Blogspot

Pengaturan di blogspot yang telah disediakan harus kita maksimalkan, tetapi harus disesuaikan dengan kebutuhan. Pada postingan kali ini saya akan menjelaskan beberapa pengaturan blog yang wajib dilakukan oleh blogger pemula:

Mengaktifkan deskripsi Penelusuran pada blog

Mengaktifkan deskripsi blog adalah salah satu faktor penting karena berkaitan dengan seo. Karena deskripsi blog mampu memberikan sinyal kuat pada mesin pencari mengenai isi dari konten blog, sehingga dapat meningkatkan jumlah pengunjung yang datang dari mesin pencari.

Deskripsi blog baik itu untuk halaman utama blog maupun untuk setiap artikel, pada umumnya tidak dibuat secara otomatis, jadi kita harus melengkapi atau deskripsi blog, kuta harus mengaturnya secara manual, adapun cara memasangnya adalah sebagai berikut:
  • Masuk ke akun blogspot kamu
  • Masuk ke bagian Dasbord
  • Pada menu sebelah kiri, pilih Menu Setelan kemudian pilih Submenu Dasar
  • Lihat disebelah kanan, cari Label Deskripsi, kemudian tekan tombol edit, maka akan ditampilkan kolom untuk mengisi deskripsi, seperti gambar dibawah ini:

    settings dasar blogspot
  • Isi deskripsi penelusuran di kotak yang di sediakan sesuai topik pada blog kamu, maksimal sebanyak 500 karakter. deskripsi tersebut untuk homepage atau halaman utama blog, jika sudah selesai tekan tombol "Simpan Perubahan".


Dengan mengaktifkan atau memasang deskripsi, maka secara otomatis akan mengaktifkan deskripsi penelusuran pada editor artikel positngan blog, sehingga ketika menulis artikel akan bisa memasukan deskripsi penelusuran untuk artikel tersebut.

Mengatur Feed Blog

Feed merupakan file dengan ektensi xml yang berfungsi untuk memudahkan pembaca blog langganan, sehingga mereka tidak harus mengunjungi blog kamu untuk menemukan artikel terbaru, dengan memanfaatkan fitur ini maka para pelanggan akan mudah membaca setiap ada artikel terbaru dari blog kamu melalui akses rss feed atau atom feed. Lalu dimanakah letak rss dan atom feed blog berflatform blogspot ?, untuk melihat rss atau atom feed blog kamu, kamu bisa akses melalui alamat url berikut:
nama-blog-kamu.blogspot.com/rss.xml
nama-blog-kamu.blogspot.com/atom.xml


Pada umumnya secara default atau bawaan RSS dan ATOM Feed sebuah blog dalam keadaan terbuka, Jika akses rss dan atom feed dalam keadaan terbuka, hal ini akan menampilkan secara keseluruhan artikel blog kamu pada halaman rss dan atom feed blog, jika akses feed dalam keadaan terbuka seperti itu tentu saja akan memudahkan orang lain untuk menduplikasi secara utuh isi konten yang kamu terbitkan. Maka dari itu kita perlu mengatur feed blog agar menjadi pendek, adapun caranya adalah sebagai berikut:
  • Masuk ke akun blogspot kamu
  • Selanjutnya masuk ke bagian Dasbord
  • Pada bagian menu sebelah kiri, pilih Menu Setelan kemudian pilih Submenu Lainnya, seperti gambar dibawah ini:

    cara memperpendek rss feed
  • Di sebelah kanan, pada label Izinkan Umpan Blog, Silahkan pilih singkat atau khusus juga boleh.


Sampai tahap ini, berarti kita sudah berhasil mengatur umpan blog atau feed, dari terbuka menjadi singkat, artikel blog yang ada di rss dan atom feed akan ditampilkan secara singkat.

Mengatur Komentar pada blog

Mengenai pengaturan komentar blog, ada beberapa pilihan yang bisa kamu pilih, tapi saya anjurkan untuk memilih "tersemat"

Mengaktifkan moderasi komentar

Pengaturan fitur ini mempunyai beberapa pilihan yaitu "selalu, kadang-kadang dan tidak pernah". ini berfungsi sebagai moderasi komentar yang masuk apakah komentar diterbitkan secara otomatis atau komentar harus melalui tahap review si pemilik blog, sehingga hanya komentar-komentar yang dianggap bermutu saja yang diterbitkan, untuk mengaktifkan moderasi komentar ini, caranya adalah sebagai berikut:
  • Masuk ke akun blogspot kamu
  • Selanjutnya masuk ke bagian Dasbord
  • Pada menu sebelah kiri, pilih Menu Setelan kemudian pilih Submenu Pos dan Komentar, seperti pada gambar dibawah ini:

    mengaktifkan moderasi komentar blog
  • Pada label Moderasi komentar pilih "Selalu" kemudian tekan tombol Simpan setelan
.
Sekarang kamu sudah berhasil mengaktifkan moderasi pada kotak komentar blog kamu.

Mengaktifkan Template Mobile View

Template mobile view adalah template yang dapat menyesuaikan dengan perangkat pengguna yang mengaksesnya, jika pengunjung menggunakan perangkat mobile atau hp untuk mengakses blog kamu, maka halaman blog harus bisa menyesuaikan dengan lebar layar perangkat yang digunakan sehingga pengunjung tidak harus melakukan scroll ke kiri dan ke kanan.

Dengan mengaktifkan template mobile view, maka blog kamu menjadi mobile friendly. Untuk bisa menjadi mobile friendly, blog kamu harus menggunakan template responsive, untuk menggunakan template responsive, kamu bisa mencari di google secara gratis. Untuk mengaktifkan settings mobile view menggunakan template responsive adalah sebagai berikut:
  • Masuk ke akun blogspot kamu
  • Selanjutnya masuk ke bagian Dasbord
  • Pada menu sebelah kiri silahkan kamu pilih menu "Template", selanjutnya di sebelah kanan pada Label Seluler klik tombol Roda gigi, seperti gambar dibawah ini:
    Cara menampilkan template blog responsive agar mobile friendly
  • Pada tampilan pengaturan seluler, silahkan kamu pilih "Ya, Tampilkan template seluler di perangkat seluler, kemudian Pilih template seluler kemudian pilih "Khusus", jika sudah tekan tombol "Simpan" 

    pengaturan template blog responsive


Sekian untuk postingan kali ini tentang Pengaturan dasar Blogspot untuk blogger pemula, semoga bermanfaat.

Thanks for reading Pengaturan Dasar Blogspot Untuk Blogger Pemula I Tags:

Share Article:

Previous
Next Post »

Silahkan berikan sarannya untuk artikel diatas tanpa spam