Cara Mengganti Template Blog menggunakan Hp Android

Definisi Template Blog
Template blog adalah suatu desain halaman blog beserta seluruh komponennya yang memuat rangkaian kode html dan kode-kode program lainnya seperti CSS dan Javascript yang menjadi dasar dalam pembentukan sebuah tampilan blog agar menghasilkan sebuah blog yang dinamis.


Cara mengganti template blog




Tips Memilih Template Blog

Ketika kita baru membuat blog, biasanya masih menggunakan template default atau template bawaan dari blogger, pada umumnya template bawaan blogger belum memenuhi kriteria sebuah template yang seo friendly dan juga dari segi tampilan dan desainnya kurang begitu menarik, sehingga banyak para blogger lebih memilih menggunakan template lain hasil desain blog atau situs lain.


Dalam memilih template blog, sebenarnya kamu bebas menentukan template blog mana yang ingin kamu gunakan tergantung selera sesuai dengan pilihan kamu, namun yang harus diperhatikan adalah struktur template yang akan di gunakan, apakah template yang akan kamu gunakan sudah mengacu kepada SEO Friendly.
Tiga hal berikut ini yang harus kamu perhatikan dalam memilih template blog.
  1. Responsive :Template blog responsive adalah template blog yang secara otomatis bisa menyesuaikan dengan kondisi layar perangkat yang digunakan pengguna untuk mengakses halaman blog atau situs, baik itu melalui perangkat PC, tablet dan handphone.
  2. Clean & User Friendly :Template yang desainnya sederhana, minimalis dan bersih. jenis Template ini sangat di sukai oleh google, oleh karena itu disarankan untuk memilih template jenis ini.
  3. Fast loading:Template yang mempunyai kecepatan loading blog yang lambat (berat) akan membuat para pengunjung blog segera meninggalkan blog kamu, jadi di sarankan untuk memilih template yang loadingnya cepat (ringan).

Jika kamu tidak mau repot dalam mencari template, kamu bisa kunjungi Situs tempat download template sesuai dengan kreteria diatas mulai dari template yang Premium sampai yang Free.


Mengganti Template Blogspot

Untuk mengganti template blog sebenarnya sangat mudah, namun  bagi yang baru memulai ngeblog, terkadang hal ini cukup menyulitkan apalagi bagi blogger mobile, untuk itu maka pada kesempatan kali saya akan berbagi tips tentang Cara Mengganti Template Menggunakan Hp Android kepada kamu semua khususnya blogger mobile.


Langkah pertama, kamu harus download Template terlebih dahulu yang sesuai dengan pilihan mu, setelah proses download template selesai, selanjutnya buka file manager di hp android kamu. ekstrak terlebih dahulu, karena biasanya file template yang kamu download masih dalam bentuk .zip atau .rar. Setelah proses ekstrak file selesai, template akan berbentuk .xml. 

Untuk proses upload template ke blog, sebaiknya kamu gunakan Browser bawaan hp android atau bisa juga menggunakan Browser Chrome mobile. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  1. Pertama silahkan kamu login atau masuk ke akun blogspot kamu
  2. Selanjutnya masuk ke bagian Dasbord Pada menu sebelah kiri, pilih Menu template, seperti pada gambar dibawah ini.
    Cara mengganti template blog
  3. Selanjutnya silahkan klik tombol CADANGKAN/PULIHKAN Pada kanan atas layar hp kamu, seperti pada gambar dibawah ini.
    Cara mengganti template blog
  4. Kemudian akan muncul jendela pop up, klik tombol unduh template lengkap untuk menyimpan template kamu saat ini sebagai antisipasi jika terjadi kesalahan.
  5. Jika proses pengunduhan sudah selesai, dibawah tulisan Unggah template dari file di hard drive atau file manager Klik tombol pilih file/berkas, dan cari template file .xml yang sudah kamu download dan ekstrak tadi di hp android kamu. Seperti pada gambar di bawah ini.
    Cara mengganti template blog
  6. Jika sudah silahkan klik UNGGAH
  7. Tunggu beberapa saat sampai proses unggah semua file/berkas selesai.
  8. Jika terjadi kesalahan, kamu hanya perlu memasang kembali template lama yang tadi kamu download. Cukup ulangi langkah 5-7 untuk file .xml asli dari blog kamu
  9. Selesai
Sekian untuk postingan Cara mengganti template menggunakan hp android untuk blogger pemula, semoga apa yang saya bagikan bisa bermanfaat bagi blogger mobile yang kesulitan dalam mengganti template blogspot dan jangan lupa baca juga Cara pengaturan dasar blogspot untuk pemula. Atas kunjungannya di blog sederhana ini saya ucapkan terimakasih
Thanks for reading Cara Mengganti Template Blog menggunakan Hp Android I Tags:

Share Article:

Previous
Next Post »

Silahkan berikan sarannya untuk artikel diatas tanpa spam