Contoh Naskah Pidato dan Kata Sambutan

Contoh Naskah Pidato dan Kata Sambutan - Pidato atau memberikan kata sambutan adalah sebuah kegiatan berbicara atau menyampaikan orasi di depan umum yang bertujuan memberikan penjelasan atau gambaran sesuatu hal atau menyatakan pendapat terhadap subtansi yang dibahas dalam suatu pertemuan.

Dalam kondisi tertentu bisa atau tidak bisa terkadang kita harus memberikan kata sambutan atau berpidato di depan umum. Misalnya dalam sebuah acara yang informal seperti sambutan atas nama tuan rumah dalam sebuah acara keluarga, maupun sambutan resmi dalam sebuah kegiatan yang dilaksanakan disekolah atau organisasi ketenagakerjaan dan lain-lain.

Bagi sobat yang ingin belajar memberikan kata sambutan atau pidato, Berikut ini saya sajikan beberapa contoh naskah pidato atau kata sambutan yang bisa sobat gunakan sebagai referensi. Sobat dapat merubah redaksi sesuai dengan acara yang akan dilaksanakan.

Contoh Naskah Pidato dan kata sambutan

Contoh kata sambutan pada acara syukuran.



Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillahi robbil 'alamin assholatu wassalamu 'ala asyrofil ambiya'i wal mursalin, wa'ala alihi wasohbihi ajma'in 'amma ba'du.

Yang saya hormati Bapak Ustad ..............
Yang saya hormati Bapak Ketua RT......, RW .......
Bapak-bapak, ibu-ibu hadirin hadirot yang berbahagia.

Puji dan syukur marilah sama-sama kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan nikmat, rahmat  serta karunia-Nya yang diberikan kepada kita sekalian, terutama nikmat iman dan nikmat Islam, nikmat sehat wal'afiat serta nikmat panjang umur, sehingga alhamdulillah kita bisa berkumpul di tempat kediaman kami sesuai dengan undangan kami bahwa pada malam hari ini kami ingin melaksanakan tasyakuran atas kelahiran putera pertama kami yang lahir pada hari ....... tanggal ..... dan alhamdulillah dalam keadaan sehat wal'afiat. Semoga acara yang akan dilaksanakan pada malam ini diberikan kelancaran dan senantiasa dalam naungan ridho Allah SWT. Aamiin.

Sholawat dan salam tidak lupa kita mohonkan kehadirat Allah SWT semoga tercurah kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW beserta keluarganya, sahabatnya dan para pengikutnya, semoga kita yang hadir di tempat ini khususnya akan mendapatkan Syafaat Baginda Rasulullah di yaumil qiyamah nanti. Amiin Ya Robbal A'lamin.

Bapak/Ibu hadirin/hadirot yang dimuliakan Allah SWT.
Atas nama tuan rumah yang pertama saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Bapak/Ibu yang telah menyempatkan diri untuk hadir memenuhi undangan kami, semoga langkah kaki Bapak/Ibu sekalian dicatat oleh Allah sebagai amal ibadah yang akan menjadi bekal kita apabila kita telah berpulang ke Rahmatullah nanti. Amiin.

Selanjutnya saya mohon maaf yang seluas-luasnya sekiranya sambutan, tempat maupun jamuan yang kami hidangkan kurang berkenan di hati Bapak/Ibu sekalian.

Tujuan kami mengundang Bapak/Ibu untuk hadir ke kediaman kami sebagaimana telah kami kemukakan di awal adalah sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT atas kelahiran putera pertama kami yang lahir pada hari ....... tanggal ..... dan Insya Allah akan diberi nama ............

Kami mohon do'a para hadirin dan hadirot sekalian agar putera kami tersebut Allah jadikan anak yang sholeh, anak yang berbakti kepada kedua orang tua, berguna bagi agama, nusa dan bangsanya.   

Dan pada kesempatan ini kami mohon kepada Bapak Ustad .................. untuk memberikan tausiyah dan ceramah agamanya untuk kita sekalian.

Demikian kata sambutan yang dapat saya sampaikan, semoga segala hajat kita dikabulkanAllah SWT. Aamiin Ya Robbal 'Alamiin

Wabilahi taufiq wal hidayah, Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Contoh Kata Sambutan Ketua Panitia Halal Bihalal


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Bapak-bapak dan Ibu-ibu yang saya hormati,
Hadirin dan hadirat yang berbahagia,

Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, atas rahmat dan hidayah-Nya yang telah diberikan kepada kita semua, sehinggga pada malam yang berbahgia ini kita masih bisa diberi kenikmatan, sehingga kita semua yang hadir disini dapat bertemu bersilaturahmi, khususnya dalam acara halal bihalal, dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Fitri.

Hadirin dan hadirat yang berbahagia.
Saya atas nama Ketua Panitia halal bihalal, sudah sepantasnya saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada hadirin, yang dengan penuh keikhlasan telah sudi meluangkan waktu untuk menghadiri acara Halal bihalal ini, dengan penuh kesadaran, menghadiri undangan kami.

Sebagai umat Islam sudah selayaknya kita berlapang dada, khususnya terhadap sesama muslim dan muslimah, yang sudah barang tentu dalam kehidupan sehari-hari melakukan hal-hal yang membuat kita khilaf, rasa salah dan rasa berdosa. Untuk itu dalam kesempatan yang berbahgia ini saya mengajak hadirin dan hadirat, untuk melapangkan dada, membuka hati dengan rasa sabar dan penuh keikhlasan, atas ridho Allah meminta dan memberi maaf atas kesalahan di antar kita semua, baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja.

Pada kesempatan yang berbahagia ini pula, acara akan diisi oleh siraman rohani dengan tema “Hikmah dari Halal Bihalal” yang akan disampaikan oleh Bpk Ustad ……..….. Kami mengucapkan banyak terima kasih atas kesediaan Bapak untuk hadir dan memberikan ceramah pada acara yang mulia ini.

Selaku pribadi dan selaku ketua Panitia, saya dalam kesempatan ini mohon maaf kepada hadirin jika ada sesuatu selama ini yang kurang berkenan di hati para hadirin sekalian. Semoga Allah mengampuni dosa dan kesalahan diantara kita semua dan memberikan kekuatan lahir dan bathin. Amin..

Akhirulkalam, Wabilahitaufiqwalhidayah Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Contoh Sambutan Ketua Baru




Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Hidup buruh...hidup buruh...hidup buruh

Yang saya hormati Ketua Umum SBSI 1992

Yang saya hormati ketua DPD SBSI 1992 Banten
Serta Rekan-Rekan Sahabat Juang SBSI 1992 yang saya banggakan,

Sebelumnya marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, atas nikmat dan rahmat yang telah dianugerahkan kepada kita semua, sehingga pada siang hari ini kita semua masih diberi kenikmatan berupa kesehatan jasmani dan rohani. Amien...

Tak lupa juga saya ucapkan terimakasih atas dukungan juga kepercayaan rekan-rekan yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk mengemban tugas yang mungkin tidaklah ringan . Namun dengan dorongan dan motivasi yang telah rekan-rekan berikan kepada saya. InsyaAllah saya tidak akan menyia-nyiakan kesempatan yang telah rekan-rekan berikan kepada saya ini.

Selanjutnya saya sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada segenap rekan-rekan yang dengan tulus ikhlas tanpa paksaan maupun tekanan dari pihak manapun yang telah dengan tulus telah memilih saya untuk mengemban amanat ini.

Rekan-rekan yang saya banggakan, Tanpa kepercayaan rekan-rekan sekalian. Tidaklah mungkin saya bisa berdiri diatas panggung ini dihadapan rekan-rekan semua, jadi tak salah kalau saya ucapkan terimakasih atas semua kepercayaan dan dukungan ini.

Atas nama Ketua baru dan atas nama pribadi, saya memohon juga kepada rekan sekalian untuk bersama-sama menjalankan amanat ini, karena tanpa dukungan dari semua pihak, tidaklah mungkin saya akan bisa menjalankan amanat ini dengan benar yang sesuai dengan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga kita.

Sekali lagi. saya sangat mengharapkan sekali dukungan dari rekan-rekan sekalian. marilah ita saling koreksi bila diantara kita terjadi kesalah pahaman atau berbeda pendapat. Karena dengan saling koreksi, InsyAllah segala sesuatunya akan bisa kita selesaikan secara demokrasi sesuai dengan landasan hukum yang kita anut di negara tercinta ini.

Sekali lagi, terimakasih atas semua kepercayaan ini. Tidak banyak yang dapat saya sampaikan dikesempatan ini. Saya hanya berharap dengan kepemimpinan saya di organisasi ini bisa memberikan dampak positif yang membuat kita lebih maju lagi kedepannya. Amin
Hidup buruh...hidup buruh...buruh

Akhir kata saya ucapkan, wa billahitaufiq walhidayah,
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Contoh Naskah Pidato Acara HUT Kemerdekaan RI




Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Yang terhormat Bapak Kepala Desa….
Yang terhormat Bapak Ketua RW ….
Yang terhormat Bapak Ketua RT ….
Dan hadirin sekalian yang saya muliakan!

Merdeka! Merdeka! Merdeka!

Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah Subhanahu wa Ta’ala, karena atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya, pada hari ini kita semua masih diberi kesempatan untuk ikut serta memeriahkan acara hari ulang tahun kemerdekaan Negara Republik Indonesia yang ke-70 dalam keadaan sehat wal-afiat.

Selanjutnya dengan memperingati hari ulang tahun kemerdekaan kita ini saya berharap, semoga kita lebih meningkatkan rasa cinta kita pada tanah air dan bangsa, lebih meningkatkan daya juang kita terhadap bangsa dan negara, lebih mempersatukan jiwa dan segenap raga kita untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

Hadirin sekalian yang berbahagia, jika kita kenang perjuangan para pahlawan kemerdekaan maka terlintas jelas di benak kita bahwa semangat pertempuran yang bagaikan api yang tak kunjung padam itu begitu hebat menyatu pada jiwa para pahlawan pejuang kemerdekaan itu. Namun demikian tak kalah pentingnya dengan peran kita semua sekarang ini. Perjuangan belumlah selesai. Korban telah banyak berjatuhan maka marilah kita tingkatkan terus jiwa dan semangat kemerdekaan, dengan mewujudkan jiwa pembangunan yang tangguh.

Kemakmuran berdasarkan keadilan dan Ketuhanan Yang Maha Esa belum kita capai. Untuk itu masih banyak yang harus kita perjuangkan. Kemerdekaan sebagai warisan para pahlawan, hendaknya kita isi dengan jiwa pembangunan tanpa mengenal kepentingan pribadi terlebih dahulu.

Jiwa dan semangat kemerdekaan ialah jiwa dan semangat kebersamaan. Jiwa yang mendahulukan kepentingan bersama di atas kepentingan golongan. Untuk itu pula maka kita wajib menigkatkan rasa solidaritas berbangsa dan bernegara. Persatuan dan kesatuan nasional lebih di atas kepentingan kita secara pribadi dan golongan. Tumbuhkan terus semangat kebersamaan dalam memperjuangkan cita-cita kemerdekaan.

Insya Allah harapan bangsa Indonesia mencapai kehidupan yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dengan ridho Allah Subhanahu wa Ta’ala tercapai dengan menumbuhkan semangat persatuan dan kesatuan nasional Indonesia. Amin, yaa robbal ‘alamin.

Akhir kata, selamat berjuang, selamat membangun bangsa dan negara kita tercinta ini.

Dirgahayu Indonesiaku! Merdeka!
Wassalamualikum warahmatullahi wabarakaatuh

Contoh Pidato Panitia Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW




Yang terhormat Bapak ….,
Ibu-ibu, Bapak-bapak, hadirin dan hadirat,
Para remaja yang berbahagia,
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakoatuh.

Bismilahirrahmanirrahim, alhadulillahirabbil ‘aalamin, marilah kita bersama-sama bersyukur ke hadirat Allah SWT, atas rahmat, taufik dan hidayah-Nya kepada kita semua, sehingga hingga detik ini kita masih diberi kesempatan yang baik untuk memperingati “Maulid Nabi” Muhammad SAW junjungan kita.

Salam serta shalawat juga kita panjatkan kepada Nabi Besar kita Muhammad SAW, semoga beliau senantiasa di tempatkan oleh Allah di sisi-Nya sebagai umat yang memperoleh derajat yang paling tinggi di akhirat. Amin !

Hadirin yang mulia, sebagai umat Islam kita wajib menjunjung nilai-nilai agama kita, yakni nilai-nilai yang ada pada kaidah Al Qur’an dan hadits. Pada malam yang berbahagia ini, kita mencoba menggali nilai-nilai agama Islam lebih jauh lagi, khususnya yang berkaitan dengan sejarah lahirnya Nabi Besar kita Muhammad SAW.

Saya yakin bahwa kelahiran Muhammad di dunia ini merupakan petunjuk yang lebih meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT. Untuk itu tepatlah jika kita malam ini mengkaji lebih jauh tentang Nabi Muhammad sebagai Nabi akhir zaman, yang sekaligus menjadi panutan dalam mempraktekkan hidup ini hingga di akhirat nanti.

Atas nama Ketua Panitia, sekali lagi saya menyampaikan selamat datang kepada hadirin, sekaligus selamat mendengarkan ceramah agama tentang Maulid Nabi Muhammad SAW, yang Insya Allah akan segera disampaikan oleh yang terhormat Al Ustad Bapak Kyai Haji.......... ……………&#8 230;….…. 

Terima kasih saya sampaikan pula kepada beliau yang terhormat Bapak Kyai...... yang malam ini telah berkenan hadir untuk memberikan siraman rohani kepada kita semua.

Akhirul kalam, wabillahi taufiq wal hidayah. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Contoh Teks Pidato Kelulusan Sekolah

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Yang saya hormati Bapak Kepala Sekolah SMAN Cikupa
Yang saya hormati Bapak dan Ibu Guru SMAN Cikupa.

Serta teman-temen kelas 12 angkatan 2015 khususnya kelas 12 IPA yang saya cintai.
 

Pertama-tama marilah kita panjatkan Puji dan Syukur kehadirat Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat dan karunia-Nya, sehingga pada hari yang cerah ini kita dapat berkumpul ditempat ini untuk merayakan “Kelulusan dan Perpisahan Siswa/Siswi SMAN Cikupa Angkatan 2015.

Terima kasih juga saya sampaikan kepada panitia Kelulusan dan Perpisahan Siswa/Siswi SMAN Cikupa Angkatan 2015yang telah mengizinkan saya berdiri di sini untuk menyampaikan kata sambutan mewakili teman-teman yang akan meninggalkan sekolah kita tercinta ini dan memberikan salam perpisahan di depan para hadirin sekalian.

Saya ingin mengucapkan selamat kepada teman-teman semua atas keberhasilan kita mengikuti ujian yang sangat menegangkan hingga kita berhasil lulus. Itu semua tak luput dari do'a orangtua kita, usaha yang keras dari Bapak dan Ibu Guru yang telah mendidik kita selama 3 tahun di sekolah yang sangat kita cintai ini.

Oleh karena itu tiada kata yang paling pantas untuk kita ucapkan kepada Bapak dan Ibu Guru, orangtua dan semua yang telah membantu dan mendo'akan kita selain ucapan terima kasih yang tak terhingga. Semoga Allah SWT membalas budi baik dan jasa kalian semua.

Sesaat lagi kita bukan anak SMA lagi, bagi yang melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi kalian akan dipanggil mahasiswa atau mahasiswi. Perjuangan belumlah berakhir, tantangan masih terbentang luas dihadapan kita, masih dituntut keseriusan dan kesungguhan kita untuk belajar di jenjang yang lebih tinggi yaitu bangku kuliah.

Suka duka yang kita alami selama kita mengikuti pelajaran di sekolah ini tidak akan pernah kita lupakan, bahagia, sedih, ceria semua menjadi kenangan yang sangat berharga yang akan selalu terpatri dalam ingatan kita, dan suatu saat nanti entah 1 tahun, 5 tahun bahkan 20 tahun yang akan datang akan menjadi sejarah perjalanan hidup kita. Kita akan bercerita tentang kebersamaan kita selama ini.

Kepada Bapak dan Ibu Guru, Bapak Kepala Sekolah, Bapak dan Ibu TU pada kesempatan ini saya mewakili teman-teman menyampaikan maaf yang sebesar-besarnya kalau selama kami belajar disini banyak melakukan kesalahan dan kealfaan. Kadang kami tidak bisa membedakan mana saat-saat serius dan mana saat bercanda. Semoga jerih payah Bapak dan Ibu Guru serta semua yang bertugas di sekolah ini tidak sia-sia, dan akan dicatat oleh Allah sebagai amal ibadah. Aamiin.

Sebelum mengakhiri pidato ini saya ingin menyampaikan sebuah pantun, bila ada sumur diladang boleh kita menumpang mandi, bila ada umur panjang suatu saat kita akan berjumpa lagi.

Demikian sambutan dari saya atas nama teman-teman yang telah lulus Angkatan 2015, atas segala kekurangannya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Akhirul kalam, Wassalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.

Demikianlah Contoh Naskah Pidato dan Kata Sambutan ini, semoga bermanfaat buat kita semua.

Thanks for reading Contoh Naskah Pidato dan Kata Sambutan I Tags:

Share Article:

Previous
Next Post »

Silahkan berikan sarannya untuk artikel diatas tanpa spam