Cara menyingkat url atau link

Cara menyingkat url atau link ~ Berbagi URL atau link dari sebuah halaman website kepada teman media social adalah suatu hal yang menyenangkan.

cara menyingkat url atau link

Saat anda mengunjungi sebuah website, terkadang anda merasa halaman tersebut memiliki informasi yang penting dan bermanfaat. Sehingga anda merasa perlu untuk membagikan halaman tersebut kepada teman-teman anda agar apa yang anda ketahui, juga bisa dibaca oleh teman anda. Tentunya hal ini bukanlah sesuatu yang sulit untuk dilakukan, karena pada dasarnya semua website telah dilengkapi dengan tombol berbagi. Anda bisa mengirim tautan ke facebook, twitter, google plus dll.

Lalu bagaimana jika kita ingin berbagi halaman website tersebut melalui komentar atau ingin berbagi ke kronologi facebook fanspage atau facebook teman anda?. Tentu anda harus melakukan copy paste URL halaman tersebut bukan?. Tetapi permasalahannya terkadang sebuah URL atau link dari website tersebut sangat panjang sehingga menjadi tidak efektif dan memakan tempat dan untuk mengatasi hal itu tentunya anda menginginkan URL yang lebih pendek dan mudah diingat.

Ada beberapa cara dalam menyingkat atau memperpendek sebuah URL sehingga lebih mudah untuk diingat, Yaitu dengan cara menggunakan jasa dari beberapa website untuk menyingkat alamat URL halaman sebuah website, sehingga link tersebut akan lebih pendek.

Dan berikut ini beberapa website yang bisa anda gunakan dalam menyingkat URL:

  1. goo.gl
    goo.gl merupakan salah satu dari produk Google. Anda pasti sudah mengenal Google sebagai salah satu mesin pencari terbesar di dunia. Bila anda login dengan menggunakan akun Google, maka url tersebut akan tersimpan di dalam akun anda, sehingga anda akan dengan mudah mengakses link-link yang telah anda ringkas dengan menggunakan goo.gl. Selain itu goo.gl juga memungkinkan anda untuk melihat sudah berapa kali link anda dibuka melalui url yang sudah disingkat. Sehingga anda bisa melihat statistik link anda perbulan bahkan dari mana saja orang yang telah membuka url tersebut.

    » Pertama-tama anda harus masuk ke http://goo.gl

    » Setelah halaman terbuka, Masukkan url yang ingin anda singkat pada kolom di bawah tulisan Paste your long url here lalu klik tombol shorten URL Seperti gambar yang saya tandai:

    cara menyingkat url atau link

    » Selanjutnya akan mucul alamat url yang telah disingkat oleh goo.gl di kanan halaman. kemudian silahkan anda copy

    cara menyingkat url atau link
  2. tiny.cc
    Anda dapat menggunakan tiny.cc tanpa harus registrasi terlebih dahulu, sehingga anda akan lebih mudah untuk mempersingkat atau meringkas sebuah URL, Caranya hampir sama dengan yang pertama. Anda cukup dengan memasukkan URL yang ingin diringkas tiny.cc. Selanjutnya website ini secara otomatis akan meringkas URL tersebut. Bahkan anda bisa melihat statistik dari URL yang telah anda ringkas.
  3. tinyurl.com
    tinyurl.com memiliki fungsi yang hampir sama dengan goo.gl dan tiny.cc, hanya saja tinyurl.com memiliki kelebihan dibanding dengan google.gl dan tiny.cc yaitu memiliki fitur toolbar, karena anda dapat meletakan sebuah toolbar di browser anda, sehingga bisa lebih mudah dalam meringkas/memperpendek sebuah URL/link dengan cepat tanpa harus membuka situs lain. Cukup dengan mengklik toolbar di browser saat anda membuka halaman website maka secara cepat tinyurl.com akan langsung meringkasnya tanpa harus repot-repot melakukan copy paste.


Nah, mulai sekarang anda bisa berkirim link kepada teman anda dengan url yang lebih pendek. Sekian untuk tips kali ini semoga bermanfaat.


Thanks for reading Cara menyingkat url atau link I Tags:

Share Article:

Previous
Next Post »