Cara cek handphone asli atau palsu lewat IMEI

Cara Cek Handphone Asli Atau Palsu Lewat IMEI -Handphone adalah sebuah perangkat komunikasi yang saat ini sudah menjadi kebutuhan bagi setiap orang. Sejak adanya sistem operasi mobile yang dapat digunakan pada perangkat handphone, Fungsi dari handphone yang tadinya hanya bisa buat TELEPON dan SMS saja, Perlahan mulai bergeser menjadi lebih canggih dengan disematkannya berbagai fitur multimedia yang biasa kita sebut dengan smartphone.

cara cek handphone asli atau palsu lewat imei

Android dan iOS iPhone adalah salah satu pelopor pesatnya perkembangan smartphone saat ini. Kedua sistem operasi tersebut menjadi yang terpopuler di dunia karena fitur - fitur yang ditawarkan sangat beragam dan serba canggih. Peredarannya di pasaran yang sangat banyak, sehingga konsumen dapat dengan mudah menemukan perangkat - perangkat tersebut. Namun anda harus waspada, karena tidak semua handphone yang dijual atau beredar dipasaran adalah barang asli. Terutama untuk handphone yang memiliki harga resmi yang tinggi, Handphone seperti ini sangat rentan untuk dipalsukan karena popularitasnya.

Untuk menghindari handphone palsu tersebut, pada posting kali ini saya akan memberikan tips singkat agar anda dapat memastikan apakah handphone yang akan anda beli adalah handphone asli atau palsu dengan cara mengecek kode IMEI.

Apa itu kode IMEI? Pada handphone umumnya, kode ini merupakan identitas dari masing-masing handphone. Kode tersebut berisi tentang informasi dari kode negara, kode assembling, kode manufaktur, serta serial number. Kode IMEI berfungsi untuk mengetahui apakah handphone yang anda beli adalah handphone asli atau palsu. Dan untuk mengecek keaslian handphone tersebut bisa dengan menggunakan kode IMEI dengan cara sebagai berikut ini :

Pada perangkat handphone, umumnya kita hanya perlu menekan kode *#06# pada menu telepon seperti gambar di bawah ini.


Setelah menekan tombol tersebut, secara otomatis perangkat tersebut akan menampilkan 15 digit kode pada layar handphone yang merupakan kode IMEI dari handphone yang bersangkutan.


Jika setelah anda menekan kode tersebut dan perangkat tidak merespon apapun, maka sudah bisa dipastikan bahwa handphone tersebut adalah PALSU. Jika sudah muncul, silahkan anda Cocokkan kode tersebut dengan kotak/dus dari handphone tersebut. Jika ternyata tidak cocok, besar kemungkinan bahwa handphone yang anda beli adalah hasil dari rekondisi, yakni handphone bekas yang diperbaharui beberapa komponennya lalu dijual kembali dalam keadaan (harga) baru. Jika ternyata cocok, anda bisa melakukan satu langkah lagi agar anda lebih merasa yakin, yakni dengan cara mencocokkan kode tersebut dengan kode yang terdapat di bagian belakang handphone, biasanya ada di bawah baterai, perhatikan gambar dibawah.


Pada Ponsel Android :
Bagi pengguna Android, anda juga bisa mengecek kode ini dengan cara masuk ke menu setting/setelan.

Selanjutnya scroll ke bagian paling bawah menu.

Pilih About Phone/Tentang Ponsel.


Lalu pilih status.


Maka akan muncul beberapa keterangan tentang perangkat anda termasuk IMEI.


Sekian tips dari saya tentang Cara cek handphone asli atau palsu lewat IMEI. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda agar lebih cermat dalam membeli handphone.
Thanks for reading Cara cek handphone asli atau palsu lewat IMEI I Tags:

Share Article:

Previous
Next Post »