Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

manfaat minum kopi bagi kesehatan


Manfaat Kopi Bagi Kesehatan - Tanpa kita sadari, kopi mengandung zat kimia yang mempunyai manfaat besar bagi kesehatan tubuh manusia. Cara konsumsinya yang mudah kini menjadikan komoditas ini semakin diperhitungkan, terutama oleh masyarakat umum, meskipun baru beberapa gelintir saja karena sisi negatifnya sudah terlanjur mendominasi. Sebelum mengulas kandungan dan manfaat kopi, saya akan menguraikan sedikit tentang kopi, sejarah maupun asal usulnya.

Kopi merupakan salah satu komoditas pertanian bernilai ekonomis tinggi, namun karena selama proses budidayanya memerlukan waktu sangat lama, sehingga budidaya kopi di Indonesia masih dibudidayakan di derah-daerah sentral penanaman saja. Bahkan kebanyakan masih dibudidayakan oleh para pelaku usaha skala besar (perkebunan). Komoditas pertanian ini padahal banyak dibutuhkan oleh pasar baik pasar lokal maupun ekspor. Namun budidaya di Indonesia masih belum mampu memenuhi kebutuhan konsumen yang semakin bertambah.

Hal ini disebabkan karena masih sedikitnya petani kopi disamping produktivitasnya juga masih rendah. Rendahnya produkstivitas ini dikarenakan teknik dan cara budidaya kopi di Indonesia terutama di tingkat petani belum banyak dikuasai oleh mereka. Kebanyakan dari petani membudidayakan secara tradisional ala kadarnya saja, sehingga hasil panennya pun masih jauh dari optimal.

Semakin tingginya permintaan konsumen atas komoditas ini sebetulnya memberikan peluang usaha besar bagi sektor pertanian, ditambah lagi komoditas pertanian ini kini sudah banyak dimanfaatkan di bidang industri, baik industri minuman seperti kopi instan maupun makanan ringan seperti permen.

Secara umum istilah kopi identik dengan minuman kopi, yaitu sejenis minuman yang berasal dari proses pengolahan dan ekstraksi biji tanaman kopi. Awal mulanya, komoditas ini dimanfaatkan oleh bangsa Arab sebagai minuman berenergi tinggi. Hal tersebut sesuai namanya yaitu qahwa.

Qahwa mempunyai arti pencegah rasa ngantuk. Kata qahwa atau qahwain sebenarnya berasal dari bahasa Turki, yaitu kahven. Kemudian kata kahven berkembang sesuai wilayah masing-masing, seperti koffie dalam bahasa Belanda, kaffe dalam bahasa Jerman, coffe dalam bahasa Inggris, dll. Kata koffie inilah sampai akhirnya digunakan serta diserap oleh bangsa Indonesia menjadi kata kopi.

Varietas kopi sebenarnya banyak sekali, namun secara umum ada empat jenis varietas yang banyak dikenal oleh masyarakat, yaitu kopi arabika, robusta, liberika, serta kopi ekselsa. Dari keempat jenis tersebut, kopi arabika dan robustalah yang mempunyai nilai ekonomis paling tinggi dibandingakan varietas lainnya, disamping itu kedua varietas juga memiliki kualitas lebih baik. Diantara keduanya, kopi arabika berkualitas lebih baik dibandingkan robusta.

Kopi sebagai minuman berkhasiat serta berenergi tinggi ditemukan pertama kali oleh Bangsa Etiopia di benua Afrika, yaitu sekitar 3000 tahun lalu (1000 SM). Sesuai penyebarannnya, komoditas pertanian ini kini menjadi minuman paling populer di dunia bahkan beberapa dari jenisnya meskipun harganya sangat mahal tetapi justru menjadi incaran para coffe drinker, seperti kopi gajah maupun kopi luwak. Konon keduanya merupakan rajanya kopi.

Kopi mengandung kafein antara 1-1,5%. Kafein merupakan senyawa kimia alkaloid dikenal sebagai trimetilsantin dengan rumus molekul C8H10N4O2. Selain kafein, juga mengandung antioksidan kuat.

Kandungan antioksidan sangat tinggi tersebut dikuatkan oleh adanya studi yang mengatakan bahwa kandungan antioksidan kopi paling tinggi diantara semua jenis buah dan sayuran, bahkan dikatakannya juga bahwa kandungan antioksidannya merupakan sumber antioksidan nomor satu.

Studi ini menjadi semakin kuat setelah dikuatkan oleh peneliti Edward Giovannucci dari Harvard, dalam penelitian itu mencatat bahwa kopi memiliki antioksidan lebih dari hampir semua jenis sayuran dan buah.

Adanya kandungan kafein maupun antioksidan kuat menjadikan komoditas ini mempunyai khasiat serta manfaat besar bagi kesehatan tubuh manusia.

Selama ini manfaat kopi tidak banyak terlihat manfaatnya, karena kebanyakan orang hanya menilai dari sisi negatifnya saja, meskipun sebetulnya sudah banyak penelitian yang menemukan khasiat serta manfaat kopi sangat besar bagi kesehatan tubuh manusia, namun belum banyak masyarakat yang bisa menerima 'keberadaaan'nya itu baik untuk kesehatan.

Berbagai penelitian mengenai hal ini diantaranya mengatakan mampu memacu otak untuk berpikir positif, meningkatkan kualitas sperma bagi pria, mencegah batu ginjal, mencegah stroke, menghambat penurunan fungsi kognitif, menurunkan risiko terkena penyakit kanker, penyakit diabetes, batu empedu, serta berbagai penyakit jantung (kardiovaskuler), mampu melindungi gigi, mencegah terserang asam urat, mencegah terserang rematik, pembangkit stamina dan energi ekstra, mengurangi rasa sakit kepala maupun migrain (sakit kepala sebelah), membantu menurunkan berat badan, serta mengatasi perubahan suasana hati maupun depresi.

Selain itu, manfaat kopi lainnya dapat dilihat dalam bidang kecantikan, diantaranya dapat dimanfaatkan untuk scrub, body message, nanicure, pedicure, serta menjaga kesehatan kulit kepala maupun keindahan rambut.


KHASIAT DAN MANFAAT KOPI BAGI KESEHATAN TUBUH

Seperti telah disebutkan di atas, khasiat dan manfaat kopi bagi kesehatan ternyata segudang. Alangkah baiknya jika pikiran kita mulai terbuka untuk menerima kenyataan bahwa ini karena tidak mungkin dipungkiri segala sesuatu itu pasti mempunyai kelebihan maupun kelemahan. Berbagai percobaan maupun penelitian mengenai hal ini pun telah banyak dilakukan oleh para ilmuwan di seluruh dunia untuk meneliti khasiat dan manfaat kopi, seperti berikut ini:

Manfaat Kopi Memacu Otak Berpikir Positif

Nilai positif dari komoditas pertanian ini salah satunya adalah mampu memacu otak berpikir positif. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa kafein yang terkandung didalamnya mampu membantu orang yang mengkonsumsinya mengenali kata-kata positif.

Manfaat kopi dalam memacu otak berpikir positif sebenarnya sudah banyak dirasakan orang meskipun mereka tidak menyadarinya, sebagai contoh seperti ketika kita sedang memikirkan suatu masalah untuk menemukan sebuah solusi atau jalan keluar, dengan meminumnya secara terukur pikiran kita terasa lebih fresh, otak lebih segar sehingga otak kita bekerja lebih baik.

Seperti diungkapkan oleh peneliti dari Jerman dalam serangkaian percobaan, bahwa seseorang yang mengkonsumsi kafein dalam jumlah setara dengan meminum kopi sebanyak dua hingga tiga cangkir, ternyata orang tersebut mampu untuk merespon kata-kata positif lebih cepat.

Hal tersebut juga diperkuat oleh penelitian yang dilakukan beberapa orang psikolog, mereka mengungkapkan bahwa orang yang mengkonsumsi kopi sebanyak dua hingga tiga cangkir ternyata memiliki reaksi lebih lambat saat disodori kata-kata negatif. Dalam penelitian lain, seorang peminum kopi ternyata dapat mengenali kata-kata, gambar, maupun suara positif lebih cepat dibanding kata-kata, gambar, maupun suara negatif.

Dalam eksperimen yang dilakukan oleh Lars Kuchinke, sebagai seorang psikolog eksperimental, beserta timnya, menemukan bahwa sebanyak 33 orang yang diberi tablet dengan kandungan 200 mg kafein atau setara dengan dua hingga tiga cangkir kopi, pada 30 menit sebelum dilakukan eksperimen, ternyata mampu mengambil keputusan lebih cepat saat disodori pertanyaan, "apakah bentuk huruf yang ditampilkan pada komputer adalah kata-kata", dibanding dengan 33 orang yang diberi pil laktosa 33 menit sebelum eksperimen dilakukan.

Manfaat Kopi Mencegah Timbulnya Penyakit Jantung atau Stroke

Pada manusia normal (sehat) konsumsi kopi setiap hari untuk menjaga jantung serta menghindari terserang penyakit stroke dapat dilakukan. Hal tersebut karena khasiat dan manfaat kopi sangat besar untuk mencegah timbulnya serangan penyakit jantung maupun penyakit stroke, bahkkan telah dikuatkan dari berbagai penelitian.

Penyakit jantung maupun penyakit stroke dapat dihindari dengan mengkonsumsi kopi secara rutin sebanyak dua hingga tiga cangkir per hari. Studi menunjukkan 83.000 wanita berusia lebih dari 24 tahun yang minum dua sampai tiga cangkir kopi sehari beresiko terkena penyakit stroke 19% lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak minum kopi. Studi terhadap sejumlah pria di Finlandia pun menunjukkan hasil sama.

Manfaat Kopi Menghambat Penurunan Fungsi Kognitif

Apakah Anda ingin awet muda? jika ya maka ada kabar gembira buat Anda para wanita, Anda kini tidak usah repot-repot menghabiskan banyak biaya, cukup minum kopi tiga cangkir saja dalam sehari maka penuaan dini akan segera terhindari karena salah satu manfaat kopi mampu menghambat penurunan fungsi kognitif akibat penuaan. Penurunan fungsi kognitif otak akibat penuaan dapat dihambat dengan mengkonsumsi kopi sebanyak tiga cangkir sehari, terutama pada wanita, karena wanita lebih peka terhadap kafein.

Hal tersebut dikuatkan atas studi di Prancis dari 4.197 wanita dan 2.820 pria yang meminum setidaknya tiga cangkir sehari dapat menghambat penurunan fungsi kognitif otak akibat penuaan hingga 33% pada wanita. Namun, manfaat serupa tidak ditemukan pada pria. Cukup enak dan mudah bukan? Tapi jika Anda seorang pria, mohon bersabar barangkali kedepannya ada kabar gembira dari para ilmuwan buat kalian.

Manfaat Kopi Meningkatkan Kualitas Sperma

Meskipun manfaat kopi dalam menunda penuaan dini tidak dapat dinikmati oleh pria, namun tak perlu berkecil hati, karena ada penelitian lain tentang manfaat kopi dalam meningkatkan kualitas sperma yang juga tentunya tidak ditemukan pada wanita. Studi ini dilakukan di Brazil oleh kelompok peneliti dari Universitas Sao Paulo. Mereka mengutarakan bahwa sperma pria yang rutin minum secangkir kopi setiap pagi lebih lincah berenang dibandingan pria yang tidak pernah minum kopi di pagi hari.

Manfaat Kopi Mencegah Batu Ginjal

Penyakit batu ginjal dapat dicegah juga dengan mengonsumsi secara rutin empat cangkir kopi setiap hari. Penelitian yang dilakukan pada wanita di Harvard ini menunjukkan resiko batu ginjal 25% lebih rendah. Penelitian ini pun telah dilakukan sebelumnya, dimana juga menunjukkan hasil sama.

Manfaat Kopi Mengobati Diabetes dan Mencegah Penyakit Kanker

Penyakit diabetes maupun penyakit kanker merupakan penyakit yang banyak ditakuti oleh hampir setiap orang di dunia, karena kedua penyakit tersebut berpotensi mempercepat kematian. Kini ada kabar baik bagi Anda para penderita diabetes, Anda cukup mengonsumsi kopi setiap hari dalam jumlah dianjurkan karena manfaat kopi mampu mengobati penyakit diabetes juga mencegah timbulnya penyakit kanker.

Kandungan positifnya dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh, sehingga komoditas pertanian ini mempunyai manfaat sebagai obat diabetes melitus. Mengenai masalah diabet, kandungan senyawa dalam kopi mampu mengurangi tingkat kadar gula dalam darah. Selain diabetes melitus, kandungan antioksidannya juga mampu mencegah terjadinya berbagai penyakit kanker, seperti kanker hati, kanker usus besar maupun kanker payudara. Manfaat kopi lain yang penting bagi tubuh yaitu dapat mengurangi risiko penyakit berat lainnya seperti penyakit jantung, sirosis hati, gagal hati dll.

Berbagai penelitian di seluruh dunia (sekitar 20 studi) mengenai masalah penyakit diabetes melitus, kopi mampu mengurangi risiko diabetes tipe 2 hingga 50%. Dari hasil penelitiannya mereka menduga adanya kandungan asam klorogenik dan trigonelin (pro vitamin B3) dalam kopi. Asam klorogenik diduga berperan memperlambat penyerapan gula dalam pencernaan, merangsang pembentukan GLP-1 yaitu zat kimia yang meningkatkan insulin (hormon pengatur penyerapan gula ke dalam sel-sel). Sedangkan trigonelin (pro vitamin B3) diduga membantu memperlambat penyerapan glukosa.

Resiko terserang penyakit kanker payudara bagi wanita dapat dicegah dengan mengonsumsi kopi setidaknya dua hingga tiga cangkir setiap hari. Penelitian yang telah dilakukan pada wanita di Swedia ini dapat dijadikan referensi bagi wanita dalam mencegah penyakit khusus wanita. Selain lebih enak menikmati hidup juga membantu pencegahan penyakit momok bagi para wanita. Tunggu apa lagi?

Manfaat Kopi Menurunkan Resiko Alzheimer dan Parkinson

Penyakit neurodegenerative dapat dihindari dengan minum kopi secara rutin, selain itu juga mampu membantu Anda untuk lebih berkonsentrasi. Sebuah studi mengatakan bahwa wanita yang rutin minum kopi memiliki resiko sampai 60 persen lebih rendah dari Alzheimer dan demensia. Studi lainnya juga menemukan bahwa konsumsi kafein mampu menurunkan resiko terkena parkinson. Bahkan dengan konsumsi dua hingga tiga cangkir setiap hari dapat menurunkan resiko terserang parkinson hingga 25%, penelitian ini dilakukan dalam waktu berbeda.

Manfaat Kopi Mencegah Batu Empedu

Penelitian mengenai manfaat kopi mencegah batu empedu telah dilakukan oleh para ilmuwan di Harvard. Mereka menemukan manfaat kopi dalam mencegah resiko batu empedu hingga 25%, penelitian dilakukan pada wanita yang mengonsumsi sedikitnya empat cangkir sehari. Penelitian sebelumnya juga menunjukkan hasil serupa meskipun dilakukan pada pria.

Manfaat Kopi Mencegah Resiko Penyakit Kanker Mulut dan Melindungi Gigi

Kandungan kopi bersifat antibakteri maupun antiperekat. Adanya kandungan ini, manfaat kopi mampu mengatasi masalah yang berkaitan dengan kesehatan mulut, seperti membantu mengobati sakit gigi berlubang, infeksi pada gusi, serta mengurangi pembentukan plak pada gigi. Selain itu manfaat kopi lainnya yang berkaitan dengan masalah mulut adalah dalam mencegah resiko penyakit kanker mulut.

Manfaat Kopi Mencegah Resiko Terserang Penyakit Asam Urat dan Rematik

Bengkak pada persendian yang ditimbulkan akibat asam urat yang mengkristal dapat dicegah dengan konsumsi rutin setiap hari. Penetian tersebut pernah dilakukan pada pria berusia lebih dari 40 tahun, dimana ia terhindar dari penyakit asam urat (gout) karena mengkonsumsi kafein secara rutin. Sedangkan manfaat kopi untuk mengobati penyakit encok atau rematik diketahui dari penelitian yang mengatakan bahwa konsumsi kopi sebanyak 6 gelas setiap hari memiliki resiko terserang encok 60% lebih rendah.

Manfaat Kopi Sebagai Pembangkit Stamina dan Energi Ekstra

Saat tubuh kita lemas, tanpa energi, kita butuh memacunya untuk mengembalikannnya pada kondisi normal. Hal tersebut bisa Anda lakukan dengan meminumnya secara terukur karena manfaat kopi mampu membangkitkan stamina maupun energi tubuh. Mengenai masalah ini, dapat diketahui bahwa adenosin dalam tubuh kita bekerja untuk membuat orang cepat tertidur, adenosin merupakan senyawa yang terdapat dalam sel otak. Zat kafein bekerja sebaliknya, yaitu mampu menghambat gerakan sel-sel tubuh sehingga memberikan kesegaran, memacu detak jantung, serta menaikkan tekanan darah.

Manfaat Kopi Mengurangi Rasa Sakit Kepala

Jika Anda merasakan sakit kepala baik sakit kepala biasa maupun migran (sakit kepala sebelah), alangkah baiknya Anda mencoba hasil dari peneliti Seimur Damond, M.D, dari Chicago’s Diamond Hadche Clinic dengan meminum kopi pekat. Menurutnya, kandungan kafein dapat mengurangi derita sakit kepala. Penderita sakit kepala atau migran ringan dapat disembuhkan dengan meminum secangkir kopi pekat. Manfaat kopi bagi penderita sakit kepala ini sebenarnya juga sudah banyak dirasakan orang, banyak dari mereka yang merasa sakit kepala tiba-tiba sembuh setelah minum secangkit kopi sekalipun mereka kurang menyadarinya.

Manfaat Kopi Menurunkan Berat Badan

Menurunkan berat badan tanpa bersusah payah adalah impian semua insan, terutama bagi wanita obesitas. Kini Anda hanya perlu minum kopi secara rutin, tentunya disesuaikan kondisi kesehatan tubuh Anda. Pastikan organ tubuh Anda lainnya dalam kondisi baik-baik saja. Mengenai hal ini, adanya kandungan kafein membantu Anda menurunkan nafsu makan. Namun yang perlu diperhatikan, Anda harus mengimbanginya dengan minum air putih karena pada saat mengonsumsi kafein, cairan tubuh Anda akan berkurang sehingga pada saat cairan tubuh berkurang tubuh kita akan memproses panas maupun energi secara berlebih. Untuk itu Anda harus segera menggantikan cairan yang hilang terebut agar tidak membahayakan kesehatan tubuh.

Manfaat Kopi Mengatasi Perubahan Suasana Hati dan Depresi

Begitu besarnya manfaat kopi bagi manusia, mulai dari penyakit ringan, berat hingga depresi sekalipun ternyata dapat diatasinya. Perubahan suasana hati (mood) maupun depresi dapat diatasi dengan minum kopi secara teratur dan terukur (sesuai porsi). Kopi merupakan minuman berkandungan antioksidan kuat sehingga dapat menangkal kerusakan sel otak serta membantu bekerjanya jaringan syaraf. Selain itu, kandungan kafeinnya berfungsi menjaga stimulan tubuh sehingga rangsangan indera lebih kuat dalam meningkatkan laju metabolisme.

Berita ini tentunya menggembirakan bagi para penikmat kopi karena penelitian tentang segudang khasiat dan manfaat kopi kini telah banyak dilakukan, bahkan menunjukkan hasil positif. Namun, segala sesuatu jika dilakukan secara berlebihan pasti mempunyai dampak negatif juga, untuk itu konsumsi dalam jumlah terukur setiap hari adalah tindakan bijak.

MANFAAT KOPI UNTUK KECANTIKAN


Tidak hanya dalam hal kesehatan saja, ternyata manfaat kopi juga telah ditemukan dalam menjaga kecantikan. Namun, sejauh ini masih digunakan sebatas pada pemakaian luar saja. Meskipun digunakan untuk merawat kecantikan, manfaat ini sebetulnya tidak hanya diperuntukkan bagi wanita saja, bagi pria yang ingin mencoba saya kira tidak ada salahnya. Adapun manfaat kopi untuk kecantikan meliputi perawatan kulit kepala, pewarna rambut, hair remover, scrub, menghilangkan selulit, perawatan wajah, maupun perawatan kulit tubuh.

Manfaat Kopi Untuk Kulit Kepala

Manfaat kopi baik untuk menjaga kesehatan kulit kepala, seperti dalam menyuburkan rambut. Antioksidan pada kopi dapat mencegah rambut rontok, bahkan kebotakan terutama pada pria. Hal ini terjadi karena kandungan zat kafein kopi merangsang pertumbuhan folikel kecil pada kulit kepala sehingga kulit kepala menjadi lebih sehat. Penyebab rambut rontok (botak) pada pria disebabkan oleh folikel rambut terpapar oleh DHT yang terlalu banyak. Untuk mengatasinya dibutuhkan lotion topikal berkadar kafein tinggi untuk memblokir efek dari DHT yang merusak.

Manfaat kopi sebagai penyubur rambut caranya sangat mudah, yaitu buat larutan kopi lalu saring agar terpisah dari ampasnya. Setelah itu masukkan ke dalam sprayer. Semprotkan cairan pada seluruh rambut sampai ke akar-akarnya. Jangan langsung dibilas, diamkan terlebuh dahulu beberapa saat, baru dibilas sampai bersih. Lakukan seperti keramas rutin (tiap dua hari sekali).

Manfaat Kopi Untuk Pewarna Rambut

Manfaat kopi untuk mewarnai rambut mungkin masih terdengar aneh di telinga kita, tapi itulah faktanya. Kita dapat memanfaatkan kopi untuk memberi warna pada rambut, selain aman juga lebih murah. Cara pembuatannya pun cukup mudah, yaitu ambil kopi secukupnya, lalu masukkan ke dalam wadah (espresso lebih diutamakan, tetapi tidak dianjurkan menggunakan kopi instan), seduhlah menggunakan sedikit air panas (sampai berbentuk pasta, penyeduhan dilakukan beberapa kali untuk mendapatkan warna lebih pekat), diamkan beberapa saat atau hingga hangat-hangat kuku.

Bersihkah rambut yang akan diwarnai (keramas memenggunakan shampo seperti keramas biasa lalu keringkan). Setelah kering, oleskan pasta pada setiap helai rambut, diamkan kurang lebih 20-30 menit. Bilas menggunakan air hangat. Pewarnaan pada rambut diperuntukkan bagi mereka yang ingin memberi warna hitam, namun tidak dianjurkan jika pernah mewarnai rambut menggunakan bahan kimia, terutama kalau catnya belum hilang.

Manfaat Kopi Untuk Hair Remover (Penghilang Rambut)

Selain manfaat kopi baik sebagai penyubur maupun pewarna rambut, sebaliknya bagi Anda yang ingin menghilangkan bulu-bulu rambut juga bisa memanfaatkan kopi. Tidak hanya itu, ramuan yang akan saya uraikan disini juga bisa dipakai oleh pria untuk menghambat maupun menghilangkan brewok. Caranya, cukup ambil kopi lalu campur soda kue (perbandingan 2:1), aduk hingga bercampur rata. gosokkan ramuan pada bagian tubuh yang diinginkan, lakukan setiap hari secara rutin.

Manfaat Kopi Untuk Scrub

Kandungan senyawa dalam kopi berfungsi sebagai antipenuaan dini. Zat ini mampu mengelupas sel-sel kulit mati serta menggantinya dengan sel kulit baru tanpa menjadikan kulit lebih kering. Cara tersebut cocok dilakukan bagi Anda yang memiliki kulit wajah kering. Jadikan kopi menjadi pasta dengan menambahkan susu kedalamnya (perbandingan kopi:susu 3:1), Setelah itu jadikan ramuan kopi sebagai scrub pada wajah sambil dilakukan pemijatan.

Buat gerakan melingkar ketika memijat wajah, lakukan beberapa saat kemudian biarkan mengering. Setelah kering baru dibilas menggunakan air dingin. Keringkan wajah menggunakan handuk lembut tetapi jangan diusap, cukup menepuk-nepuknya saja. Untuk hasil lebih bagus bisa ditambahkan minyak zaitun.

Manfaat Kopi Untuk Menghilangkan Selulit

Selulit merupakan salah satu masalah pada wanita yang sulit diatasi. Namun kini Anda bisa memanfaatkan kopi untuk membantu mengatasi masalah selulit di tubuh Anda. Selain murah, caranya pun cukup mudah, yaitu ambil kopi secukupnya lalu jadikan pasta, tambahkan sedikit tea tree oil. Aduklah lagi biar bercampur rata. Oleskan pasta pada seluruh selulit di tubuh, biarkan sampai kering, lalu bilas menggunakan air hangat. Lakukan secara rutin agar kulit tubuh kembali kencang. Nah, kini Anda perlu mencoba manfaat kopi untuk menghilangkan selulit di tubuh Anda, lakukan secara rutin, semoga berhasil.

Manfaat Kopi Untuk Masker Wajah

Masker wajah pakai kopi? mungkin terdengar aneh juga di telinga kita. Tapi itulah faktanya, manfaat kopi yang besar ternyata juga dapat digunakan sebagai masker untuk perawatan wajah. Kopi dicampur coklat, molase, serta susu bubuk dapat mengangkat bahkan mengencangkan sel-sel kulit kendur, sebagai krim antimikroba serta membersihkan wajah. Kulit wajah terlihat bersih bersinar dan lebih sehat.

Manfaat Kopi Untuk Body Message, Manicure dan Pedicure

Manfaat kopi untuk body message salah satunya dapat membantu memelihara kulit agar tetap indah, seperti menjaga kelembaban kulit, menghaluskan kulit, bahkan mampu mencegah keriput. Untuk hasil ini, kopi bekerja bersama-sama dengan kakao butter.

Campuran keduanya (dapat juga menggunakan mentega biasa sebagai pengganti kakao butter) digunakan untuk memijat kulit. Selain itu, manfaat kopi lain juga dapat membersihkan tumit retak maupun siku berwarna hitam. Caranya dengan menjadikan pasta, lalu menggosokkan pasta tersebut pada bagian tumit maupun siku. Lakukan pemijatan selama beberapa menit.


Demikian informasi terbaik yang dapat saya sajikan, Semoga artikel Manfaat Kopi bagi kesehatan bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Dan terimakasih atas kujungannya.
Source
Thanks for reading Manfaat Kopi Bagi Kesehatan I Tags:

Share Article:

Previous
Next Post »