Sudahkah anda tersenyum hari ini?

Kita tentu sudah sangat familiar dengan yang namanya senyuman. Nah, berikut ini saya ingin membahas mengenai senyuman.


Pertama saya mulai dari definisi senyum :



Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia definisi senyum adalah; gerak tawa ekspresif yang tidak bersuara untuk menunjukkan rasa senang, gembira, suka dan lain sebagainya dengan mengembangkan bibir sedikit.

Tetapi ada juga yang mendefinisikan senyum sebagai gerak bibir yang sebenarnya ingin tertawa tetapi di tahan agar ekspresi yang dihasilkan terlihat lebih elegan. Namun terkadang ekspresi yang dihasilkan bisa juga seperti orang yang sedang menahan buang air besar.


Senyum memiliki fakta unik. Lalu apa saja fakta uniknya? Berikut ulasannya:


  1. Manusia sudah mulai tersenyum bahkan sejak di dalam kandungan, hal ini berdasarkan pengamatan USG 3D.
  2. Pada awalnya bayi akan tersenyum saat tidur, begitu memasuki usia 3 bulan ia akan mulai menebar senyuman ke orang lain.
  3. Senyuman seseorang bisa terlihat dari jarak sekitar 100 meter. Senyuman jauh lebih mudah dilihat dari ekspresi wajah yg lain.
  4. Hanya dengan senyuman kita bisa melihat orang asing menjadi begitu familiar.
  5. Sering tersenyum dpt memperpanjang umur, bahkan menurut sebuah studi bisa sampai hampir 8 tahun.
  6. Kebahagiaan pasangan suami istri bisa tergambar dari senyuman yg kerap muncul di pasangan tersebut.
  7. Arti senyuman di tiap negara berbeda2, di Jepang senyuman lebih kepada ekspresi mata daripada bibir.
  8. Bila orang Amerika mengekspresikan senyum dengan emoticon : - ) maka orang Jepang lebih memilih ^_^
  9. Bila dibandingkan berdasarkan jenis kelamin maka wanita lebih sering tersenyum bila dibandingkan dengan pria.
  10. Sayangnya senyuman tidak menunjang karir militer. Tentara yang lebih sering tersenyum; karirnya lebih buruk daripada yg sering tampli seram (sangar>.
  11. Anak-anak rata rata bisa tersenyum sebanyak 400 kali dalam sehari. Tidak salah, memang dunia mereka penuh keceriaan.
  12. 30% orang dewasa rata-rata tersenyum lebih dari 20 kali sehari dan 14% tersenyum kurang dari 5 kali/hari. Anda termasuk yang mana?
  13. Seperti halnya menguap, tersenyum pun termasuk aktivitas yang menular. Demikian menurut sebuah studi di Swedia.
  14. Sebuah riset membuktikan bahwa seseorang akan kesulitan untuk marah jika yang diajak marah tersenyum.
  15. Senyuman dapat menurunkan hormon stress, meningkatkan rasa nyaman di otak, dan menurunkan tekanan darah.
  16. Tersenyum dapat memberikan tenaga ekstra saat seseorang melakukan aktivitas yang berat.
  17. Yang terakhir; Sudahkah anda tersenyum hari ini?

Senyum juga memiliki berbagai jenis, antara lain :





1. Senyum terbuka, senyum ini menunjukkan gigi atas dan memberitahukan kepada orang lain bahwa ia ingin berkenalan.(tetep ngeri ya sob)


2. Senyum menyeringai, menarik sudut mulut ke belakang, sehingga menunjukkan gigi. (maaf jika gambar terlalu vulgar)


3. Senyum mulut tertutup, senyum ini merupakan tanda penghargaan, digunakan dengan cara yang sopan.
(gak tau yang ini senyum atau marah)


4. Senyum yang dipaksakan, senyum yang disengaja ini tidak menyebar ke mata.


5. Senyum bibir dikerutkan, jika seseorang mengerutkan bibirnya, ini berarti ia merasa tertarik dengan lawan jenisnya. "maaf kudanya yang senyum tapi gambar kepotong"


Apakah senyum bermanfaat? Tentu saja, Berikut manfaatnya.




  1. Senyum membuat seseorang lebih menarik; Secara tidak sadar senyum bisa membuat orang lebih menarik karena ada faktor daya tarik tertentu dan membuat seseorang terlihat lebih baik dibanding mengerutkan kening, cemberut atau meringis.
  2. Senyum bisa mengubah suasana hati; Tersenyum bisa mengelabui tubuh sehingga membantu seseorang mengubah suasana hatinya menjadi lebih baik. Untuk itu jika merasa sedih, cobalah untuk tersenyum.
  3. Senyum bisa menular; Tersenyum tak hanya mengubah suasana hati orang tersebut tapi juga orang-orang disekitarnya, dan membuat hal-hal menjadi lebih bahagia. Ini karena senyum bisa menular dan membawa kebahagiaan bagi orang lain.
  4. Senyum bisa meredakan stres; Orang yang stres bisa terlihat dari wajahnya, tapi dengan tersenyum bisa mencegah seseorang tampak letih dan lelah. Jika sedang stres, cobalah ambil waktu untuk tersenyum, karena bisa mengurangi stres sehingga lebih mampu mengambil tindakan.
  5. Senyum meningkatkan sistem kekebalan tubuh; Tersenyum bisa membantu sistem kekebalan tubuh untuk bekerja lebih baik. Ketika seseorang tersenyum maka fungsi imun meningkat yang membuat seseorang merasa lebih rileks dan terhindar dari penyakit seperti flu dan pilek.
  6. Senyum menurunkan tekanan darah; Ketika tersenyum maka ada penurunan nilai tekanan darah yang terukur. Cobalah mengukur tekanan darah saat duduk di rumah sambil membaca, lalu tersenyum selama 1 menit dan mengukur tekanan darah kembali, maka akan terlihat perbedaan.
  7. Senyum bisa melepaskan endorfin, penghilang rasa sakit dan serotonin; Studi telah menunjukkan senyum bisa melepaskan endorfin, senyawa yang bisa mengurangi rasa sakit secara alami dan serotonin. Ketiganya bisa membuat orang merasa lebih baik dan menjadi obat yang alami.
  8. Lipatan senyum di wajah bisa membuat orang terlihat lebih muda; Otot-otot yang digunakan untuk tersenyum bisa membantu mengangkat wajah sehingga membuat orang tampak lebih muda. Karenanya cobalah lebih sering tersenyum yang membuat merasa lebih muda dan lebih baik.
  9. Tersenyum bisa membuat orang terlihat sukses; Orang yang tersenyum akan terlihat lebih percaya diri sehingga lebih dipromosikan, selain itu pasang senyum di setiap pertemuan akan memiliki reaksi yang berbeda.
  10. Senyum bisa membantu orang tetap positif; Senyum akan membuat orang lebih positif dan mengurangi pikiran negatif. Dengan mengurangi depresi, stres dan khawatir maka kesehatan seseorang juga akan meningkat dan menghindarinya dari berbagai risiko penyakit.


Padatnya rutinitas dan banyaknya kegiatan memang terkadang membuat kita lelah. Belum lagi jika banyak hal yang menyebalkan terjadi. Suasana hati dapat memburuk secara tiba-tiba. Tapi hal-hal tersebut jangan sampai membuat senyum kita yang indah menghilang. Apapun yang terjadi jalani dengan senyuman.


"SENYUM ADALAH IBADAH KARENA SENYUM DAPAT DIMENGERTI OLEH SEMUA BAHASA"



Sumber 1
Sumber 2
Sumber 3
Thanks for reading Sudahkah anda tersenyum hari ini? I Tags:

Share Article:

Previous
Next Post »