Tips Mengatasi Komputer atau Laptop yang Lemot - Sonny Ogawa

Halaman

    Social Items

Tips Mengatasi Komputer atau Laptop yang Lemot

Tips Mengatasi Komputer atau Laptop Yang Lemot - Permasalahan komputer ataupun laptop yang lemot dalam bekerja memang seringkali merugikan bagi para penggunanya. Banyak pekerjaan yang tidak kunjung selesai dikarenakan kinerja komputer/laptop yang sangat lemot. Ada beberapa hal yang menyebabkan komputer/laptop sobat berjalan lemot/lambat. Berikut ini adalah cara mengatasinya:

  1. Gunakan alternatif software yang lebih ringan.
    Beberapa software terkandang hanya digunakan untuk beberapa hal yang sederhana. Misalnya menggunakan ACDSee hanya untuk melihat-lihat gambar atau foto saja. Jika hanya ingin melihat-lihat gambar dengan format standard, maka bisa menggunakan Fasilitas bawaan windows, karena ACDSee cukup berat terutama untuk versi terbaru.


  2. Uninstall program, software, dan aplikasi yang tidak dibutuhkan.
    Untuk apa menyimpan software dan program yang jarang dipakai, atau bahkan tidak dibutuhkan sama sekali..?
    Hal tersebut hanya akan membuat memori penuh dan kinerja komputer/laptop makin lambat. Meskipun tidak dijalankan, program yang jarang atau tidak pernah digunakan, bisa ikut mempengaruhi kinerja komputer/laptop. Terutama program yang menyimpan setings-setingsnya di register. karena setiap kali komputer/laptop dijalankan, register windows akan di load di memory, sehingga semakin besar ukurannya, memori yang digunakan akan semakin besar pula.


  3. Defragment hardisk Ini bisa dilakukan melalui menu:
    Properties > System Tools > Disk Defragment. Yang tujuannya adalah untuk menata kembali file sesuai prioritasnya.


  4. Matikan beberapa efek Visual Windows.
    Selain itu beberapa efek windows yang tidak begitu penting sebaiknya di matikan saja. Bisa di dilakukan melalui klik kanan di My Computer selanjutnya pilih Properties. Di tab Advanced dibagian Performance klik tombol Settings. Lalu nonaktifkan Visual efek yang tidak terlalu penting.


  5. Periksa program-program yang otomatis berjalan dengan Windows.
    Hal ini bisa di cek dengan program seperti autoruns. Terkadang ada beberapa program yang biasanya selalu berjalan yang sebenarnya tidak begitu penting. Maka di settings saja autoruns program tersebut menjadi sistem manual.


  6. Bisa jadi penyebab Komputer/laptop menjadi lemot adalah karena sudah membengkaknya file-file temporary (sementara).
    Untuk Windows Xp lokasi file tersebut ada di:" C:\Documents and Settings\nama_user\Local Settings \Temp" dan"C:\WINDOWS\Temp ".
    Untuk membersihkannya, silahkan delete/hapus file-file yang terdapat di kedua lokasi tersebut atau jalankan program Disk CleanUp dengan cara klik start-run, ketik: "cleanmgr" lalu pilih drive yang akan di-cleanup.


  7. Usahakan Hindari penggunakan Skin windows
    terkadang penggunaan tampilan/skin tambahan windows bisa mempengaruhi kinerja komputer/laptop secara signifikan. Terutama penggunaan software tambahan. Sebaiknya jika ingin tampilan yang berbeda gunakan saja Windows Themes (bawaan windows).


  8. Hapus icon di desktop yang tidak penting
    Sering kali program yang di install di komputer/laptop akan membuat shortcut baru (icon) di desktop. Jika jarang menggunakan icon-icon ini, sebaiknya di hapus saja, agar sedikit mengurangi pemakaian memori.


  9. Scan komputer/laptop dari Virus, Spyware, trojan dan sejenisnya. Jika komputer/laptop terinfeksi virus, sebagian besar kinerjanya akan menurun, bahkan komputer/laptop akan menjadi sangat lambat atau lemot. Usahakan paling tidak sebulan sekali untuk melakukan scaning virus.


  10. Matikan komputer/laptop sesuai aturan.Jangan sekali-kali mematikan komputer/laptop dengan cara langsung mencabut power tanpa log off terlebih dahulu. Ini akan membuat sistem korup dan akan semakin memperparah kondisi komputer/laptop. Sebaiknya tutup semua program yang sedang berjalan sebelum mematikan komputer/laptop.


  11. Upgrade hardware
    Jika Sobat memiliki dana lebih dan spesifikasi komputer masih pas-pasan, maka tidak ada salahnya untuk melakukan upgrade hardwarenya seperti Memory, CPU atau VGA. Yang paling utama biasanya Memory dan CPU.


  12. Install Ulang
    Sistem yang sangat lama dan penuh dengan program yang banyak tidak terpakai, meski sudah di optimalisasi masih saja lemot. Jika seperti itu, install ulang adalah solusi yang terbaik, karena dengan system yang lebih “fresh” kinerja komputer/laptop lebih bisa maksimal.

Jika tips mengatasi komputer/laptop yang lemot diatas tidak efektif atau bahkan gagal, Sebaiknya Sobat gunakan cara alternatif yang lain, yaitu:
Pegang komputer/laptopnya, lalu Angkat setinggi-tingginya, setelah itu banting komputer/laptopnya sekuat tenaga ke lantai. Langkah selanjutnya silahkan sobat pergi ke toko komputer/laptop dan belilah komputer/laptop yang baru, Dijamin 100% berhasil (guyon)..haha