Tips mempercepat streaming video

Tips mempercepat streaming video –Streaming video kini menjadi sebuah aktivitas dan hoby tersendiri bagi para pengguna di internet selain aktivitas browsing atau chatting.

Banyak website yang menyediakan layanan streaming video salah satunya adalah Youtube. YouTUbe memang menawarkan berbagai fitur yang menarik serta memudahkan penggunanya untuk menikmati tontonan berbagai video, namun banyak pengguna mengeluhkan kecepatan load video YouTube yang buruk dan membuat streaming menjadi tidak lancar. Seringkali pengguna mengeluhkan buffer streaming YouTube yang kerap muncul dan tentu saja mengganggu.

Selain menghabiskan waktu, kenyamanan terhadap video juga berkurang. Buffering muncul karena masalah koneksi internet yang lambat, sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk mendownload konten video sebelum bisa diputar.

Koneksi internet memang sangat berpengaruh pada kecepatan load video Untuk mempercepat streaming video agar berjalan lancar, maka kita harus tau triknya dalam mengurangi buffer video dengan melakukan pengaturan pada settingan internet.

Berikut ini tips mempercepat streaming video:

1. Pergunakan DNS
DNS memang diklaim bisa meningkatkan kecepatan browsing internet yang juga berimbas pada kecepatan streaming. Gunakan DNS yang dekat dengan server Google seperti Public DNS milik Google.

2. Menggunakan YouTube Feather Beta.
YouTube Feather merupakan layanan dari YouTube untuk mempercepat loading dan streaming video. Cara kerja YoTube Feather adalah dengan menghilangkan fitur diluar YouTube seperti list video alternatif di sebelah kanan video utama. Fitur iklan juga dihilangkan agar bandwith fokus pada video yang diputar. namun kabar buruknya adalah kita akan kehilangan fittur penyaranan video.

3. Mengatur Ulang ISP.
Untuk mempercepat streaming video, kita bisa melakukan pengaturan ulang pada ISP.Cara ini bertujuan aga Yotube mengirimkan video langsung kepada pengguna bukan versi cache. Seperti yang kita ketahui sebelumnya, bahwa Sebenarnya yang kita putar adalah cache video YouTube. Dengan melakukan pemblokiran terhadap IP yang membawa cache, dengan demikian bisa mempercepat streaming video. Simak langkahnya berikut ini:

Pilih dan klik Start Menu lalu ketikkan cmdi pada kolom search, klik kanan command prompt kemudian plilih Run As Administrator.

4. Jika ada pemberirahuan tag UAC prompt klik Yes , jika tidak ada lanjutkan.

5. Copy command berikut:

netsh advfirewall firewall add rule name=”YoutubeBufferTrick”dir=in action=block remoteip=173.194.55.0/24,206.111.0.0/16 enable=yes

6. Lalu Klik kanan pada command prompt dan pastekan, lalu tekan Enter.

7. Jika ingin menghilangkan pengaturan ini dari network lakukan hal yang sama tetapi dengan command yang berbeda. Berikut command_nya:

netsh advfirewall firewall delete rule name=”YoutubeBufferTrick”

Demikianlah Tips mempercepat streaming video pada YouTube. Semoga tips diatas bermanfaat dan Selamat mencoba.
Thanks for reading Tips mempercepat streaming video I Tags:

Share Article:

Previous
Next Post »

Silahkan berikan sarannya untuk artikel diatas tanpa spam