Tips Agar Baterai Smartphone Tahan Lama - Sonny Ogawa

Halaman

    Social Items

Tips Agar Baterai Smartphone Tahan Lama

Bicara mengenai Keawetan baterai sudah menjadi isu penting dalam penggunaan smartphone, termasuk Android. Karena Smartphone canggih menjadi kurang mantap jika baterainya cepat habis.

Dengan kapasitas yang bertambah besar, baterai di sebagian besar Handphone Android sekarang memang lebih awet dibanding generasi sebelumnya. Namun ada beberapa cara untuk lebih memaksimalkan performa Baterai.Sebagian tips untuk menambah performa baterai Simak Tipsnya berikut ini:

Jaga Suhu Handphone

Jika Handphone terkena suhu panas, ada kemungkinan baterai melemah daya tahannya dan juga akan lebih cepat rusak.Karenanya, jangan biarkan handphone terpapar suhu panas berlebihan atau terkena sinar matahari secara langsung. Baterai akan lebih awet jika handphone digunakan dalam Ruangan. Jika berada di luar ruangan, lebih baik jika handphone ditaruh saja di dalam tas dan jangan terlalu sering dikeluarkan.

Kurangi Kecerahan Layar & Screen Timeout

Layar memang komponen utama yang paling banyak menghabiskan daya tahan baterai. Karenanya, penting untuk menurunkan tingkat kecerahan layar. Perlakuan ini dipastikan akan menambah daya tahan baterai. Tentunya penurunan tingkat Kecerahan tidak perlu dilakukan sampai total seluruhnya. Turunkan sampai tingkat di mana mata masih dapat melihat layar dengan nyaman.

Selain tingkat Kecerahan, setting screen time out juga perlu diperhatikan. Setting ini mengatur berapa lama layar akan menyala jika tidak lagi disentuh. Ada baiknya untuk mempersingkat waktu screen timeout. Sehingga layar akan segera mati jika tidak dipakai dan Tentunya akan memperpanjang umur baterai.

Gunakan Power Saving Mode & Nonaktifkan Vibrasi

Sebagian Handphone Android punya power saving mode yang bisa diakses dalam setting. power saving mode di tujukan untuk menghemat penggunaan baterai. Jika power saving mode diaktifkan, ia akan melakukan beberapa cara untuk menghemat baterai. Misalnya mematikan koneksi seperti Wi Fi atau Bluetooth, dan menurunkan kecerahan layar. Power saving mode Biasanya memiliki pengaruh cukup signifikan dalam performa Handphone. Jadi dianjurkan agar mengaktifkannya saat baterai mulai melemah.

Mengaktirkan mode getaran atau vibrasi untuk mengingatkan panggilan atau notifikasi lain juga cukup membuat Boros baterai. Jika tidak diperlukan, di sarankan mode vibrasi tidak dipergunakan.

Nonaktifkan Koneksi yang Tidak Perlu

Handphone Android biasanya penuh dengan konektivitas. Termasuk Wi Fi, Bluetooth Dan GPS. Ketiganya menurunkan daya tahan baterai yang tidak sedikit. Maka jika tidak dipergunakan, sebaiknya ketiga fitur tersebut dinonaktifkan saja. Misalnya Bluetooth digunakan hanya pada saat akan mentransfer data atau memakai bluetooth headset. Dan Aktifkan GPS hanya pada saat jika akan mencari arah. Serta Wi Fi hanya diaktifkan jika sudah berada di tempat yang dipastikan punya sinyal Wi Fi.

Penggunaan Flash & Wallpaper

Penggunaan flash Berlebihan di kamera memakan daya tahan baterai cukup besar. Karenanya, jangan terlalu Sering memakainya untuk memperpanjang daya tahan baterai. Demikian juga wallpaper animasi. Memang memakai wallpaper animasi akan terasa lebih keren dan lebih menarik dibandingkan wallpaper statis. Namun wallpaper bergerak akan menghabiskan daya baterai lebih cepat dibandingkan wallpaper statis.

Hentikan Mencari Sinyal

Ada kalanya para pengguna smartphone berada di wilayah atau Berada di area yang susah sinyal, Misalnya di luar Kota. Dalam situasi seperti ini, Handphone tetap akan secara aktif mencari sinyal atau jaringan. Proses pencarian sinyal tersebutlah yang akan memakan daya tahan baterai yang tidak sedikit. Sehingga jika tidak benar-benar dibutuhkan, disarankan Handphone dimatikan saja atau Aktifkan flight mode sehingga proses pencarian sinyal dihentikan.

Demikianlah Tips Agar Baterai Tahan Lama. Semoga Tips ini Bermanfaat.
Loading...