Cara Melindungi Akun Facebook - Sonny Ogawa

Halaman

    Social Items

Cara Melindungi Akun Facebook

Perlu sobat ketahui bahwa hinggah detik ini facebook masih menjadi situs jejaring sosial terbesar no satu di dunia. Hampir semua orang memiliki akun facebook, namun sayangnya, tidak semua pengguna facebook menyadari pentingnya keamanan data login akun facebook mereka. Seringnya terjadi pembobolan oleh hacker adalah salah satu bukti kesadaran pengguna jejaring sosial masih rendah dan cenderung menyepelekan aspek keamanan akun facebook.

Pada umumnya, orang membobol akun facebook agar bisa mendapatkan akses penuh terhadap akun tersebut dan kemudian menyalahgunakan akun korban untuk kepentingan pribadinya. Satu hal yang harus sobat perhatikan; Hacker biasanya hanya bisa membobol akun facebook jika sobat melakukan kesalahan.

Lalu bagaimana Cara Mengamankan Akun Facebook Dari serangan para Hacker yang tidak bertanggung jawab..?

Aktifkan fitur jelajah aman (secure browsing). Dengan menggunakan protokol HTTPS saat sobat menggunakan facebook, baik itu sebelum maupun sesudah login akan memberikan tingkat keamanan akun facebook sobat.

Masuk ke Pengaturan dan privacy selanjutnya pilih Keamanan dan Klik Jelajah Aman.

#FACEBOOK PALSU - PHISHING PAGE

Apakah sobat pernah menerima pemberitahuan lewat email atau menerima pesan di inbok facebook yang mengatasnamakan facebook..?

Dalam pesan tersebut biasanya tercantum alamat situs yang mirip facebook.com dan sobat diminta untuk memasukkan data pribadi akun facebook.

Pembuat situs palsu biasanya menggunakan berbagai macam cara untuk bisa mendapatkan data login akun facebook sobat, mulai dari tampilan situs yang mirip facebook hingga tawaran dapat hadiah dll. Sobat juga bisa melaporkan email phishing melalui www.facebook.com/help jika sobat merasa dirugikan silahkan kirimkan keluhan atau hanya ingin memberikan informasi pada pihak facebook.

#Gunakan password yang rumit - STRONG PASSWORD. 

Dalam pembuatan atau memilih kata sandi usahakan yang serumit mungkin agar orang lain tidak mudah dalam menebak password akun facebook sobat saja. Berikut ini tips dalam memilih kata sandi/ password:
  1. Minimal jumlah huruf kata sandi adalah 8, kombinasikan huruf BESAR, huruf kecil dan Simbol
  2. Jangan memakai angka atau huruf yang berurutan seperti 12345678 atau abcdefgh
  3. Jangan menggunakan kata sandi dari nomor handphone, tanggal lahir atau nama orang terdekat sobat
  4. Gunakanlah kata sandi/password yang unik dan berbeda untuk setiap akun facebook, jika sobat memiliki facebook lebih dari satu
  5. Gantilah kata sandi facebook sobat secara berkala, silahkan kunjungi situs passwordmeter gunanya adalah untuk mengetahui seberapa kuat kata sandi yang sobat buat.
#Tambahkan Email Baru.

Caranya mudah saja, sobat masuk ke Pengaturan lalu tambahkan alamat email baru. Ini berguna saat akun sobat berhasil dibobol oleh orang lain. Dengan memiliki lebih dari satu alamat email di akun facebook, maka besar kemungkinan sobat untuk dapat memulihkan akun facebook yang sudah di hack tidak akan mengalami kesulitan.

Klik pengaturan, kemudian pilih Umum. Klik Email selanjutnya Tambahkan email lain, Dan setelah itu jangan lupa untuk mengkonfirmasi alamat email yang baru ditambahkan, dengan cara bfuka email yang baru di tambahkan dan klik tautan yang di kirim pihak facebook di kotak masuk email sobat.

#Aktivkan fitur teman terpercaya- TRUSTED CONTACTS.

Belum lama ini facebook resmi memperkenalkan fitur keamanan baru yaitu Trusted Contacts (teman terpercaya) trusted contacts. Fungsi Fitur ini adalah untuk membantu pengguna facebook yang lupa kata sandi atau data login yang sudah dibobol orang lain. Nantinya, teman yang telah sobat daftarkan sebagai trusted contacts akan menerima kode keamanan untuk membantu memulihkan akun facebook sobat yang terkena serangan hacker dan sebagainya.
Sekian uraian tentang Cara mengamankan akun facebook dari serangan hacker walaupun cara ini tidak menjamin 100% aman, tetapisetidaknya udah ada usaha dalam melindungi akun facebook kita dari orang yang tidak bertanggung jawab...