Cara mudah membaca atau membuka file berformat PDF via opera mini atau handphone

PDF merupakan kependekan dari Portable Document Format yang dibuat oleh Adobe System, biasanya mengandung teks dan gambar yang hanya dapat dibuka dengan menggunakan aplikasi atau software tertentu yang dinamakan aplikasi pembaca file pdf (pdf reader).

Mobile akan mengalami kesulitan untuk membaca file-file pdf tanpa menggunakan aplikasi pdf reader tersebut, apalagi jika handphone anda belum mendukung pdf reader.

Nah, jika handphone anda belum mendukung pdf reader, anda bisa menggunakan trik ini untuk membuka dan membaca file PDF yaitu dengan browser opera mini pada ponsel atau handphone tanpa harus install applikasinya terlebih dahulu.

Cara membuka file PDF dengan menggunakan opera mini adalah dengan menggunakan jasa web atau situs online. Berikut cara dan langkah-langkanya:

1. Copy URL file PDF yang akan dibuka atau yg akan di baca contoh : url pdf http://sonny.heck.in/files/inpres-2013-no-009.pdf

2. Lalu Kunjungi alamat di bawah ini
  1. https://docs.google.com
  2. view.s amurajdata.se
  3. www.pdfescape. com
Untuk yg satu ini, anda di haruskan login terlebih dahulu. Anda bisa login menggunakan akun google atau akun facebook anda. Setelah itu pilih Load PDF from Internet atau anda juga bisa pilih Upload PDF to PDFescape

3. Selanjutnya anda masukkan URL file PDF pada kotak atau kolom alamat yang telah di sediakan

4. Kemudian Klik tombol View atau load dan lihat hasilnya atau klik di sini untuk melihatnya

5. Langkah berikutnya Klik halaman/file tersebut untuk memperbesar teks atau tekan tombol 1 pada handphone atau tab halaman jika anda menggunakan handphone layar sentuh, kemudian pilih buka gambar/ open image jika ingin membacanya dan Bila ingin disimpan pada ponsel klik saja tombol Simpan/save. Tunggu hinggah proses download selesai.

Cara Mengambil Url File pdf via HP Mungkin sebagian ada yang kesulitan untuk menemukan serta mengambil url setiap file pdf pada link target yang kita inginkan melalui handphone, namun ada cara yang paling mudah.

Klik saja link pdf kemudian lihat di kolom adress bar operamini atau kolom alamat pada opmin lalu Copy url tersebut kemudian pastekan sesuai yang telah diuraikan di atas.

Sekian untuk postingan kali tentang Cara mudah membuka atau membaca file pdf menggunakan hp via opmin. Selamat mencoba dan Semoga bermanfaat.
Thanks for reading Cara mudah membaca atau membuka file berformat PDF via opera mini atau handphone I Tags:

Share Article:

Previous
Next Post »